bacaterus web banner retina

10 Tips Diet Penggunaan Plastik agar Lingkungan Lebih Bersih

Ditulis oleh Arrin Nur Fitriani - Diperbaharui 26 Desember 2020

Sudahkah kamu memulai diet kantong plastik? Plastic campaign atau yang disebut kampanye diet kantong plastik sudah sangat gencar dilakukan di seluruh dunia. Tujuan kampanye ini tentu saja untuk mengurangi pencemaran sampah terutama sampah plastik yang berakhir di lautan.

Kasihan kan laut dan ekosistem di dalamnya? Tapi, diet kantong plastik bukan hanya untuk laut dan ekosistemnya saja yang terkena dampaknya lho, manusia juga terkena dampaknya karena mengonsumsi hewan dan tanaman laut yang mungkin saja sudah tercemar sampah plastik.

Masih mau, kan, makan seafood yang lezat, bergizi, dan sehat tidak tercemar sampah plastik? Jadi, sudah sepatutnya kamu mengikuti atau berpartisipasi dalam plastic campaign ini untuk mencegah bahaya yang ditimbulkan sampah plastik.

Bagaimana caranya? Kamu bisa mengurangi konsumsi atau penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari. Nah, kamu bisa ikuti poin-poin di bawah ini sebagai peranan untuk mengurangi sampah plastik. Yuk, simak!

10 Cara Mengurangi Penggunaan Plastik

1. Gunakan Tas Belanja Reusable

* sumber: www.papermart.com

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Mulai sekarang, bawa selalu tas belanjamu, karena hal ini membantu mengurangi konsumsi kantong plastik yang biasa digunakan setelah kita berbelanja. Terlebih saat kamu berbelanja bulanan, yang biasa membawa banyak sampah kantong plastik ketika sampai rumah.

Tas belanja atau shopping bag ini praktis untuk dibawa dan digunakan, karena bisa juga dilipat dan disimpan tanpa memakan banyak tempat. Biasanya terdapat ukuran yang beragam, sehingga bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan penggunaannya. Sebenarnya, tas belanja ini bisa berupa tas apapun, yang penting dapat menampung barang belanjaan kamu. Kamu belum punya shopping bag yang reusable ini? Jangan khawatir, kamu bisa beli tas ini secara online.

2. Gunakan Kardus atau Paper Bag

* sumber: www.europages.co.uk

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Ini adalah alternatif dari tas belanja, kamu bisa gunakan kardus atau paper bag untuk menampung barang belanjaan kamu. Selain ramah lingkungan, paper bag ini juga cukup mudah dibawa dan tidak memakan banyak tempat. Bahkan, paper bag ini juga tergolong reusable dan bisa digunakan kembali untuk menampung belanjaan kamu yang lain di kemudian hari. Paper bag juga bisa kamu beli secara online.

3. Gunakan Dustbag

* sumber: www.blanja.com

Kamu tahu kan kain tipis yang biasa kita dapatkan saat membeli tas? Nah, dustbag ini bisa kita pakai sebagai pengganti kantong plastik lho. Dustbag biasanya memang tidak memiliki jinjingan, tetapi tetap dapat kamu gunakan untuk menampung barang belanjaan, seperti buah-buahan, sayuran, atau telur saat di supermarket.

Dustbag juga bisa kamu gunakan untuk memisahkan jenis barang belanjaan, seperti alat mandi agar tidak bercampur dengan bahan makanan ketika dimasukkan dalam tas belanja. Dengan begini, kamu bisa mengurangi penggunaan kantong plastik saat berbelanja. Kalau kamu belum punya dustbag, maka silakan beli secara online.

4. Manfaatkan Kantong Plastik Bekas

* sumber: theoutline.com

Jika kamu memang terpaksa menggunakan kantong plastik, maka gunakan kantong plastik bekas. Kamu bisa menyimpan kantong plastik bekas tersebut untuk digunakan kembali jika diperlukan. Usahakan memakai kantong plastik bekas dalam jangka waktu yang lama, sehingga kantong plastik tidak cepat menjadi sampah dan tidak menghamburkan kantong plastik lainnya.

5. Kreasikan Jus dan Snack Sendiri

* sumber: www.rebootwithjoe.com

Kebanyakan jus siap minum yang dijual di supermarket dikemas dalam botol plastik dengan berbagai ukuran. Nah, makanya di sini kami sarankan untuk mulai membuat jus sendiri sehingga bisa memangkas penggunaan botol plastik. Jus buatan sendiri juga lebih segar, sehat, dan tanpa ada bahan pengawet tentunya.

Kamu juga harus mulai mengurangi konsumsi snack dalam kemasan dan kantong plastik yang beragam dan tak terhitung jumlahnya. Pilihlah snack yang dibungkus dalam paper bag, atau cobalah membuat snack atau camilan sendiri untuk kamu makan sendiri ataupun bersama teman dan keluarga.

6. Gunakan Tumbler

* sumber: www.stashtea.com

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Mulailah menggunakan tumbler sebagai tempat minum yang mudah dan praktis untuk kamu bawa saat bepergian, baik itu ke sekolah, kampus, kantor, hingga saat kamu pergi berjalan-jalan atau berlibur.

Mengapa? Karena dengan menggunakan tumbler, kamu bisa mengurangi penggunaan botol minum plastik yang pada akhirnya akan dibuang dan menjadi sampah plastik. Sekarang ini di fasilitas publik sudah banyak disediakan air galon atau air isi ulang, sehingga kamu bisa mengisi kembali air minum jika tumbler yang kamu bawa sudah kosong. Belum punya tumbler yang OKE?

7. Mulailah Menggunakan Sedotan Reusable

* sumber: www.amazon.fr

 

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Kalian tahu, kan, kalau sedotan plastik yang ukurannya beragam itu sangat sulit untuk dihancurkan? Pernah dengar tentang sedotan reusable? Yap, sedotan yang bisa kita pakai berulang-ulang ini sekarang sudah mulai banyak diproduksi lho. Sedotan ini dibuat dari bahan yang tahan lama dan aman digunakan, di antaranya dari bahan bambu, kaca, dan stainless. Warna dan bentuk dari sedotan ini juga cukup beragam dan eye-catching lho.

Jika kita membeli sedotan reusable ini, biasanya akan disertai wadah penyimpanan dan sikat kecil untuk mencuci dan membersihkan sedotan setelah pemakaian. Jadi, yang perlu kamu lakukan adalah membawa wadah tersebut jika diperlukan dan jangan lupa untuk merawat kebersihannya. Ingin punya sedotan reusable ini?

8. Mulailah Gunakan Utensil Non-plastik (Eco friedly)

* sumber: id.pinterest.com

Penggunaan utensil berbahan non-plastik adalah alternatif yang harus kamu coba. Peralatan atau perkakas berbahan non-plastik seperti dari kayu, bambu, dan stainless biasanya lebih awet dan lebih aman digunakan. Selain itu, perawatannya juga mudah, jadi tidak ada salahnya kan mengganti utensil berbahan plastik untuk di rumah ataupun di kantor kamu.

Dari beberapa poin di atas pastilah ada yang bisa kamu lakukan. Mulailah dari diri sendiri, mengingatkan keluarga, teman, dan orang sekitar juga bisa kamu lakukan sebagai bentuk plastic campaign lho. Jangan malas memungut sampah yang berceceran di jalan atau tempat publik lainnya, agar nantinya sampah yang kita pungut dapat berakhir di TPS (Tempat Pembuangan Sampah) bukan di lautan.

Hilangkan pikiran bahwa menggunakan plastik adalah hal yang praktis, karena alasan praktis itulah yang membuat sampah plastik menumpuk dan berakhir di lautan seperti saat ini. Intinya penggunaan plastik seminimal mungkin harus diusahakan.

So, sudah siap berpartisipasi dalam diet kantong plastik ini, kan? Tunggu apalagi? Mau sampai kapan laut dan biotanya menunggu untuk diselamatkan? Yuk selamatkan dan jaga kebersihan lingkungan mulai dari diri kita sendiri.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram