Ditulis oleh - Diperbaharui 3 Maret 2019

Area yang  pertama kali akan disambangi oleh tamu saat berkunjung ke rumah Anda adalah ruang tamu. Area ini biasanya tidak jauh dari pintu masuk utama dan membutuhkan penataan yang ciamik sehingga membuat tamu betah serta nyaman berlama-lama bercengkrama dengan penghuni rumah. Bagi Anda yang memiliki rumah dengan tipe diatas 36, mungkin tidak akan terlalu kebingungan dalam menata ruang tamu Anda.

Tapi bagi Anda yang memiliki rumah minimalis tentu ruangan yang akan didekorasi tidaklah terlalu luas dan Anda harus cermat dalam menatanya. Pemilik rumah minimalis harus pintar menata perabotan agar tidak terlalu penuh sesak dan terlihat rapi.

Rumah minimalis biasanya sudah memiliki ukuran ruang tamu yang minimalis pula, namun agar tidak terlihat membosankan tentu anda harus mendesain ulang sehingga terlihat berbeda dan unik daripada rumah-rumah minimalis pada umumnya. Dalam mendekorasi ruang tamu minimalis banyak faktor yang harus dipertimbangkan supaya bisa mendapatkan hasil yang diinginkan. Apa saja ya faktor-faktor tersebut?

Dekorasi Interior

Dekorasi Interior

Dalam mendesain ruang tamu pada rumah minimalis untuk pemilihan furniture dan hiasan lainnya haruslah memilih bentuk dan warna yang tidak akan membuat ruangan tamu Anda tampak ‘penuh’. Dan sebisa mungkin hindarilah memasang terlalu banyak aksesoris dan hiasan dinding maupun pemasangan jam dinding karena hal tersebut akan membuat ruangan terkesan ramai.

Bahkan memasang foto keluarga berukuran besar dengan pigura yang mahal sepertinya sudah menjadi dekorasi yang sangat umum untuk ruang tamu di setiap rumah. Selain memajang lukisan, Anda juga bisa memajang foto keluarga. Foto keluarga sebaiknya ditata sedemikian rupa agar terlihat lebih menarik dan menjadi hiasan yang unik daripada foto – foto keluarga lainnya.

Misalnya Anda dapat memasang foto tersebut dengan membuat seperti pohon keluarga. Selain foto, pemilik rumah juga dapat meletakkan vas bunga berisi bunga – bunga yang berwarna – warni untuk memberikan kesan lebih ceria di dalam ruang tamu untuk rumah minimalis Anda.

Penggunaan Perabotan

Penggunaan Perabotan

Ruang tamu untuk rumah minimalis akan tercermin dari perabotan yang digunakan. Kita harus benar-benar memilih perabotan yang tepat yang akan digunakan di ruang tamu. Pemilihan meja, sofa dan lemari juga harus disesuaikan dengan ukuran ruang tamu Anda. Tentukan material bahan meja, sofa dan lemari seperti terbuat dari kayu misalnya. Pilihlah ukiran sofa yang tidak terlalu panjang, misalnya yang cukup untuk 2 orang.

Pilihlah meja dengan ukuran kecil yang cukup untuk menyajikan minuman dan makanan ringan untuk tamu yang berkunjung ke rumah Anda. Serta pilihlah lemari kecil yang cukup untuk memajang foto, vas bunga atau hiasan lainnya yang bisa membuat ruang tamu untuk rumah minimalis Anda tampak lebih indah. Untuk furniture pada dekorasi ruang tamu pada rumah minimalis, furniture serba putih sangat cocok agar ruangan tampak luas.

Pilih furniture berupa sofa minimalis berwarna putih dengan bantal yang juga berwarna putih. Jika ingin menghadirkan warna, bantal sofa tersebut dapat menggunakan cover yang berwarna – warni. Disarankan memilih sofa berukuran kecil dibandingkan dengan memilih sofa dengan ukuran besar yang pastinya akan membuat ruang tamu Anda menjadi sempit.

Pemilihan dan Penyesuaian Warna

Pemilihan dan Penyesuaian Warna

Ruang tamu pada rumah minimalis akan sangat terlihat dari penggunaan dan sentuhan warna yang melekat, tidak hanya warna dindingnya, tapi juga pada warna lantai, karpet, perabotan dan sebagainya. Anda bisa memulainya dengan menentukan warna dasar pada dinding dan lantai. Warna dari tema minimalis banyak menggunakan warna yang agak cerah. Untuk warna lantai Anda bisa gunakan warna kayu atau warna yang netral.

Sedangkan untuk dinding, Anda bisa menggunakan wallpaper atau cat dengan warna terang. Setelah itu, anda bisa melanjutkan dekorasi ruang tamu untuk rumah minimalis dengan memilih furniture yang anda butuhkan. Jangan lupa untuk menyesuaikan bentuk dan warna sesuai dengan konsep ruangan.

Jika Anda ingin menjadikan foto keluarga sebagai dekorasi utama di ruang tamu Anda, maka dinding ruang tamu tersebut sebaiknya di cat dengan warna yang terang seperti warna putih atau warna terang lainnya sehingga mampu membuat semua mata di ruangan akan tertuju pada foto keluarga tersebut.

Desain Lantai dan Atap

Desain Lantai dan Atap

Pemilihan lantai yang tepat akan semakin menambah kesan minimalis pada ruang tamu untuk rumah minimalis anda. Jika Anda ingin lebih praktis, pilihlah parket kayu sebagai desain lantai ruang tamu anda. Selain itu atap ruangan yang tinggi, pemilihan lampu yang unik serta penerangan yang pas juga akan menambah kesan full minimalis ruang tamu anda.

Tampilan dekorasi rumah memang sangat mempengaruhi keindahan dan juga kenyamanan dari sebuah hunian atau tempat tinggal. Tentu bukan suatu hal yang mudah untuk menciptakan suatu konsep yang indah dan maksimal pada rumah karena setiap rumah biasanya memiliki desain, furniture dan gaya yang berbeda.

Mungkin banyak orang yang menyepelekan dekorasi pada rumah minimalis. Banyak dari mereka yang sekedar ingin memilki rumah yang terlihat mewah namun dengan dekorasi yang seadanya karena disesuaikan dengan kebutuhan dan budget mereka, tanpa ada rasa ingin memadukan dan menampilkan rumah yang nyaman dan indah di pandang.

Semoga tips dekorasi ruang tamu untuk rumah minimalis ini bisa menjadi inspirasi. Cukup mudah bukan, untuk mendapatkan ruang tamu yang indah untuk rumah minimalis Anda?