Bacaterus / Rokok / 10 Tips Ampuh untuk Menghentikan Kebiasaan Merokok

10 Tips Ampuh untuk Menghentikan Kebiasaan Merokok

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kita semua tahu bahwa rokok adalah suatu hal yang dapat mengancam kesehatan pribadi kita. Perokok aktif sangat rentan terkena penyakit jantung, paru-paru, stroke, kanker, hingga impotensi. Meskipun sampai saat ini kesehatan tubuh Anda tetap prima meskipun menjadi perokok aktif, tetapi pernahkah terbayangkan jika suatu hari nanti Anda akan mengalami penyakit yang mengerikan karena menjadi perokok?

Jangan korbankan kesehatan diri sendiri dengan menjadi perokok. Ingatlah, bahwa keluarga Anda masih membutuhkan Anda. Mulailah menyusun rencana untuk benar-benar berhenti merokok. 10 tips cepat berhenti merokok dari Bacaterus ini mungkin bisa membantu Anda.

1. Miliki niat untuk benar-benar berhenti

Miliki niat untuk benar-benar berhenti

Perokok tentu sudah mengetahui bahaya rokok bagi kesehatan. Bahkan, di kemasan rokok pun sudah ditulis sejumlah penyakit yang dapat dialami perokok dan dilengkapi dengan gambar penyakit yang mengerikan. Sayangnya, peringatan di kemasan rokok sering dianggap remeh atau bahkan tidak dipandang sama sekali. Para perokok tetap tidak bergeming menanggapi hal ini.

Oleh karena itu, tips cepat berhenti merokok yang pertama adalah dimulai dari niat yang tumbuh dalam diri sendiri. Niat bisa dibangun apabila Anda mempertimbangkan beberapa faktor, salah satunya adalah kesehatan diri sendiri.

2. Jauhi segala hal yang mengingatkan terhadap rokok

Jauhi segala hal yang mengingatkan terhadap rokok

Rokok nampak seperti candu, di mana banyak orang yang tidak bisa menahan diri untuk tidak merokok saat sedang proses berhenti total dari merokok. Cara yang tepat untuk berhenti mengingat soal rokok adalah menjauhi berbagai macam hal yang dapat mengingatkan Anda terhadap rokok.

Untuk sementara waktu sebaiknya hindari berkumpul dengan orang-orang yang memiliki kebiasaan merokok. Buanglah segala rokok, korek, atau benda-benda lain yang mengingatkan Anda terhadap rokok.

3. Minta bantuan kepada orang terdekat

Minta bantuan kepada orang terdekat

Meskipun ada beberapa orang yang mampu menghentikan kebiasaan rokok tanpa bantuan orang lain, tapi terkadang kita pasti merasa memerlukan bantuan orang lain untuk benar-benar lepas dari kebiasaan merokok. Tidak perlu ragu untuk meminta bantuan dari orang terdekat agar Anda bisa segera berhenti merokok.

Bantuan bisa berupa semangat, mengingatkan apabila Anda ingin merokok, dukungan dengan tidak merokok di hadapan Anda, sampai dengan memberi denda jika Anda ketahuan merokok. Dengan bantuan dari orang terdekat, maka Anda akan merasa mendapatkan support untuk segera meninggalkan rokok.

4. Kurangi jumlah rokok secara bertahap

Kurangi jumlah rokok secara bertahap

Tips cepat berhenti merokok adalah dengan membuat target untuk mengurangi jumlah rokok setiap harinya. Apabila Anda memiliki kebiasaan menghabiskan 2 bungkus rokok setiap harinya, cobalah untuk mengurangi 1-2 batang hari ini. Keesokan harinya, kurang lagi menjadi 3 batang.

Proses pengurangan rokok ini cukup efektif untuk menghentikan kebiasaan merokok. Akan tetapi, sangat disarankan untuk langsung mengambil konsekuensi berhenti merokok sama sekali. Pasalnya, apabila tekad Anda sudah bulat, maka semuanya terasa mudah untuk dapat langsung menghentikan kebiasaan itu.

5. Kunyah permen karet

Kunyah permen karet Tips Cepat Berhenti Merokok

Ada yang bilang jika tidak merokok maka bagian dalam mulut terasa pahit. Hal tersebut hanya dialami oleh perokok aktif yang tiba-tiba harus berhenti merokok. Untuk menjaga agar bagian dalam mulut tidak terasa pahit, kunyahlah permen karet setiap kali Anda merasa ingin merokok. Jangan lupa untuk memilih permen karet sugar free agar kesehatan gigi dan mulut tetap terjaga.

Namun, perlu Anda diingat bahwa jangan membiasakan diri untuk terus menerus mengunyah permen karet. Cara ini hanya berlaku sementara sampai Anda benar-benar terbiasa untuk tidak menyulut rokok dan tidak lagi merasakan pahit di dalam mulut.

6. Lakukan kegiatan untuk melupakan keinginan merokok

Lakukan kegiatan untuk melupakan keinginan merokok

Lagi duduk-duduk di balkon sambil menikmati kopi, mungkin rasanya kurang apabila tidak sambil merokok ya? Apabila Anda sedang dalam usaha untuk berhenti merokok, maka sebaiknya hindari kegiatan yang mengingatkan Anda akan kebiasaan merokok, seperti minum kopi, konsumsi minuman beralkohol, atau melamun.

Lakukan berbagai kegiatan positif yang membuat Anda sibuk sehingga lupa pada keinginan untuk merokok. Jika tidak ada kegiatan yang bisa dilakukan, bersihkan saja kamar tidur, rumah, dan kendaraan Anda. Sesudah itu, tontonlah film kesukaan Anda sehingga pikiran Anda akan tertuju kepada film tersebut.

7. Cari kesibukan setelah makan

Cari kesibukan setelah makan

Pernahkah Anda memperhatikan bahwa hampir semua perokok aktif selalu menyulut rokok setelah menyantap makanan? Apakah Anda juga memiliki kebiasaan demikian? Tips cepat berhenti merokok adalah segera cari kesibukan tertentu setelah Anda makan. Misalnya, tawarkan kepada keluarga untuk mencuci piring.

Sesudah itu, Anda bisa ngobrol dengan teman atau keluarga, sehingga Anda lupa menyulut rokok. Bila perlu, gosoklah gigi sesaat setelah makan agar bagian dalam mulut tidak terasa pahit.

8. Konsumsi permen pengganti rokok untuk sementara

Konsumsi permen pengganti rokok untuk sementara

Tahukah Anda bahwa saat ini sudah ada beberapa merk permen pengganti rokok? Permen ini bukan permen biasa dan hanya ditujukan untuk perokok aktif yang sudah ingin menghentikan kebiasaan merokok. Di dalam permen pengganti rokok ini terdapat kandungan nikotin, tapi jumlahnya tidak sebanyak yang terdapat di dalam rokok kretek atau filter.

Permen jenis ini diklaim ampuh untuk mengurangi kebiasaan merokok secara efektif. Namun, hal yang harus Anda ingat adalah permen ini hanya bagus untuk menggantikan rokok sementara waktu saja. Jangan jadikan permen ini sebagai pengganti rokok untuk jangka waktu lama.

9. Perbanyak minum air putih dan istirahat

Perbanyak minum air putih dan istirahat

Skyword:844876

Apa hubungan antara minum air putih dengan merokok? Tentu saja ada. Air putih dapat mengurangi rasa asam di dalam mulut ketika Anda mencoba berhenti merokok. Selain itu, air putih juga dapat membuat tubuh jadi lebih sehat dan membantu proses hidrasi tubuh.

Imbangi konsumsi air putih ini dengan istirahat yang cukup. Banyak perokok aktif yang mengeluh jika tubuhnya menjadi lemah ketika ia benar-benar berhenti merokok. Solusinya adalah perbanyak waktu istirahat Anda. Lebih baik tidur dibanding kembali merokok, bukan?

10. Konsultasi kepada perokok yang sudah berhasil berhenti

Konsultasi kepada perokok yang sudah berhasil berhenti

Jika Anda memiliki kenalan mantan perokok aktif yang kini sudah berhasil berhenti, cobalah untuk berkonsultasi dengan dia. Minta tips dan saran agar Anda dapat berhenti merokok seperti beliau.

Bila perlu, jangan ragu untuk bergabung pada komunitas bebas rokok atau tembakau. Di dalam komunitas ini biasanya ada berbagai penyuluhan dan dukungan agar para perokok aktif bisa benar-benar berhenti merokok dan kembali menjalani hidup yang lebih sehat.

Hal yang paling utama dalam 10 tips cepat berhenti merokok di atas adalah niat dari diri sendiri. Apabila niat Anda sangat kuat dan tekad pun sudah bulat, maka usaha untuk berhenti merokok ini akan terasa sangat mudah. Bahkan, karena niat Anda yang sangat besar, Anda bisa berhenti merokok tanpa bantuan dari siapa pun.

Sudah siapkah Anda untuk meninggalkan rokok dan menjalani hidup yang lebih sehat? Ingat, satu batang rokok bisa mengurangi satu hari hidup Anda. Jika Anda memiliki tips lainnya untuk berhenti merokok, silakan bagikan melalui kolom komentar di bawah ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *