bacaterus web banner retina

Ini Dia Tips Bermain Layang-Layang yang Menyenangkan

Ditulis oleh Syarip Ahmad D - Diperbaharui 29 Mei 2020

Bermain layang-layang merupakan aktivitas yang menyenangkan ketika kecil. Selain populer di Indonesia, permainan ini pun bisa ditemukan juga di beberapa negara yang ada di dunia. Keseruan saat menerbangkan layang-layang memang tidak hanya bisa dirasakan oleh anak-anak akan tetapi juga oleh orang yang telah beranjak dewasa.

Meskipun terlihat mudah namun permainan yang satu ini memerlukan teknik yang tepat saat menerbangkannya. Nah, bagi kamu yang ingin tahu cara menerbangkan layang-layang yang benar. Kali ini Bacaterus akan membagi informasi dan tips cara bermain layang-layang yang menyenangkan bersama teman. Simak ulasannya berikut ini yuk!

Layang-layang di Beberapa Negara

Layang-layang di Beberapa Negara

Bila kita berbicara layang-layang, kita tentu sering bertanya-tanya dari mana asal muasal permainan tradisional tersebut. Di beberapa negara Asia, Eropa bahkan Amerika layang-layang memang sudah diketahui sejak ratusan tahun silam.

Di Tiongkok layangan digunakan untuk mambantu dalam peperangan. Dimana bunyi-bunyian yang dihasilkan layangan dimanfaatkan untuk menakuti musuh. Sementara di Indonesia sendiri layang-layang atau layangan diketahui sebagai mainan tradisional yang terbuat dari kertas tipis berkerangka yang diterbangkan ke udara.

Permainan ini biasanya terhubung dengan benang yang dikendalikan oleh seseorang dari tanah. Layang-layang sendiri memiliki banyak jenis dan bentuk. Sementara itu, di negara Eropa dan Amerika. Layang-layang bahkan digunakan sebagai media untuk melakukan penelitian ilmiah.

Seperti yang dilakukan oleh Alexander Wilson dan Thomas Melvil dari Skotlandia pada tahun 1749. Dimana pada layang-layang dipasang sebuah termometer untuk mengukur temperatur suhu di permukaan Bumi.

Selain itu penelitian yang sangat populer juga pernah dilakukan oleh Benjamin Franklin, ilmuwan asal Amerika Serikat pada tahun 1752. Dimana ia telah berhasil membuktikan teorinya bahwa petir mengandung muatan listrik.

Layang-layang Tertua di Dunia

Layang-layang Tertua di Dunia

Bila sebelumnya para peneliti mengklaim bahwa layang-layang tertua berasal dari, Tiongkok pada masa 2800 tahun silam. Maka informasi yang terbaru menyebutkan bahwa layang-layang tertua datang dari Indonesia. Tepatnya di pulau Muna, Sulawesi Tenggara. Hal itu dikemukakan oleh Wolfgang Bierck, seorang ahli layang-layang internasional.

Klaim tersebut berdasarkan sebuah lukisan yang ditemukan di dinding gua Sugi Patani yang diduga telah ada sejak 9000-5000 SM.  Karena hal tersebut layang-layang yang ada di pulau Muna pun diklaim berusia jauh lebih tua dibanding dengan yang ada di Tiongkok.

Hasil penelitian Bieck sendiri telah dipublikasikan pada tahun 2003 di sebuah majalah keluaran Jerman dengan judul The First Kitman. Masyarakat pulau Muna sendiri memiliki layang-layang tradisional khas yang bernama Kaghati.

Layang-layang tersebut terbuat dari daun kolope atau ubi hutan. Dimana rangka layang-layang Kaghati terbuat dari kulit  bambu. Sementara benangnya terbuat dari serat nanas hutan yang dipintal sebagai tali.

Layang-layang Kaghati ini memang cukup unik karena tahan air dan mampu bertahan di udara selama berhari-hari. Oleh sebab itu pada tahun 1997, layang-layang Kaghati pun dinobatkan sebagai pemenang dalam kontes layang-layang internasional Berck sur Mer yang diadakan di Perancis. Serta menjadi awal petualangan Bierck menyusuri asal muasal layang-layang tertua yang ada di Indonesia.

Bagi masyarakat Muna sendiri layang-layang bukan hanya sekedar permainan namun juga memiliki nilai filosofi serta sisa-sisa peninggalan sejarah nenek moyang terdahulu yang tetap bertahan selama hampir ribuan tahun. Masyarakat Muna sendiri biasanya menerbangkan layangan Kagahti setelah panen raya.

Persiapan Sebelum Bermain Layang-layang

Persiapan Sebelum Bermain Layang-layang

Setelah kita mengetahui sedikit informasi mengenai layang-layang. Saatnya untuk melakukan persiapan sebelum bermain layang-layang. Meskipun layang-layang memang menyenangkan namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum bermain agar tidak mengganggu keseruan permainan. Hal-hal apa saja itu? Simak ulasannya berikut ini yuk!

‌1. Makan Sebelum Bermain

Salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan bila ingin bermain layang-layang tentu adalah makan. Meskipun permainan layang-layang terlihat sederhana namun bermain layang-layang adalah aktivitas fisik yang membutuhkan energi saat bermain.

Oleh karena itu untuk mencegah perut lapar atau lupa makan karena terlalu asyik bermain layang-layang. Maka sebaiknya makan terlebih dahulu untuk mencegah kamu jatuh sakit atau pingsan karena bermain layang-layang.

2‌. Persiapkan Layang-layang

Setelah perut kamu terisi dengan baik. Selanjutnya kamu mempersiapkan layang-layang beserta benang yang akan kamu mainkan. Pilihlah layang-layang yang menurut kamu bagus dan memiliki presisi yang seimbang agar layang-layang kamu bisa tenang dengan stabil di udara.

Bila kamu tidak kuat dengan cuaca panas atau sinar matahari. Kamu bisa bawa kacamata dan topi. Dengan persiapan yang baik. Permainan layang-layang kamu pasti lebih menyenangkan.

‌3. Pilih Lokasi yang Tepat

Setelah kamu mempersiapkan semuanya. Kamu tinggal pilih lokasi yang tepat untuk bermain. Biasanya lapangan menjadi pilihan bagi banyak orang. Selain karena arenanya yang luas, kondisi angin yang banyak pun menjadi alasan tepat untuk bermain layang-layang.

Hindari area-area yang dekat dengan tiang listrik atau area sumber tegangan tinggi atau sutet. Karena hal tersebut bisa sangat membahayakan bagi kamu maupun orang banyak.

‌4. Pilih Hari yang Tepat

Selanjutnya pilih hari yang tepat untuk bermain layang-layang. Mengingat cuaca sangat berpengaruh untuk permainan yang satu ini. Bermainlah di hari yang cerah dengan angin yang cukup banyak namun tidak terlalu besar.

Bila kondisi cuaca tiba-tiba mendung saat bermain layang-layang. Maka sebaiknya hentikan permainan karena hal itu sangat membahayakan. Dan yang terpenting bagi para pelajar. Bermainlah ketika libur atau sepulang sekolah agar tidak menganggu waktu belajar.

‌5. Bermain Bersama Teman

Agar lebih menyenangkan saat bermain. Kamu juga bisa mengajak teman kamu untuk bermain layang-layang bersama. Bila kamu kesulitan saat menerbangkan layang-layang. Kamu pun bisa meminta bantuan teman untuk menerbangkan. Kamu juga bisa bergantian mengendalikan layang-layang serta mendapat pengalaman seru ketika bermain.

Tips Menerbangkan Layang-layang

Tips Menerbangkan Layang-layang

Bagi orang ahli atau terbaisa menerbangkan layangannya sendiri tentu bukan hal yang sulit. Namun bila kamu belum terbiasa atau merasa kesulitan saat menerbangkan layang-layang seorang diri. Kamu pun bisa melakukan cara-cara yang akan dibahas di bawah. Berikut adalah panduan lengkapnya:

1. Lihatlah arah mata angin yang ada di area bermain. Kemudian mintalah bantuan kepada teman kamu untuk menerbangkan layang-layang milikmu. Lepaskan benang dari gulungan. Kemudian biarkan teman kamu berjalan beberapa meter sejajar dengan tempat kamu berdiri. Kemudian mintalah teman kamu untuk memegang bagian sayap kanan dan kiri layang-layang.

2. Bila posisi teman kamu dirasa sudah pas. Kamu tinggal beri aba-aba teman kamu untuk melepaskan layang-layang dengan membantu mendorongnya. Pastikan angin di area bermain tidak terlalu kecil atau besar agar layang-layang kamu bisa mengudara dengan sempurna.

3. Setelah layang-layang berada di udara. Kamu bisa memberi tegangan dengan menarik benang kemudian melepaskan benang pada gulungan agar layang-layang meluncur ke udara.

4. Lepaskan benang pada gulungan untuk membuat layangan terbang lebih tinggi di udara. Setelah itu kamu bisa mengatur ketinggian layang-layang dengan menarik dan mengulur benang sesuai ketinggian yang kamu inginkan.

Nah, itulah informasi dan tips cara bermain layang-layang yang menyenangkan. Dapatkan tips menarik lainnya yang akan Bacaterus bahas untuk kamu. Selamat mencoba!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram