Bacaterus / Serba Serbi / Edukasi / 8 Tips Lancar Berbicara di Depan Umum Tanpa Gugup Berlebihan

8 Tips Lancar Berbicara di Depan Umum Tanpa Gugup Berlebihan

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 September 2018

Ada kalanya kita akan mendapat kesempatan untuk berbicara di depan umum. Entah itu pada saat presentasi, sidang skripsi, kampanye pemilihan ketua, atau mungkin menjual produk dagangan.

Semua kegiatan tersebut memerlukan keahlian yaitu ‘berbicara’. Berbicara disini bukan hanya tentang mengeluarkan kata-kata semata, karena berbicara dengan orang yang sudah Anda kenal dengan berbicara dengan orang asing sungguh sangat berbeda.

Anda pernah mengalami gugup luar biasa, keringat mengucur deras, jantung berdegup kencang, gemetar, atau bahkan mual dan sakit perut saat Anda harus berbicara di depan umum? Hal-hal seperti ini mungkin sering Anda temui bagi Anda yang tidak biasa berbicara di depan umum.

Beberapa orang memang ada yang dengan mudah mengatasi kegugupan tapi tidak bagi Anda. Anda sangat kesulitan mengalami kegugupan tersebut dan akhirnya malah membuat Anda berbicara kesana-kemari.

Jangan dulu menyerah ketika Anda mendapat kesempatan untuk berbicara di depan umum. Untuk mengatasi hal tersebut ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Simak dan langsung praktekkan ya!

1. Watch and learn!

watch n learn

Hal pertama yang harus Anda mulai ketika ingin latihan berbicara di depan umum adalah watch atau tonton. Tontonlah video-video talkshow seperti TED talks, atau pidato-pidato. Kemudian learn atau pelajari bagaimana orang-orang tersebut melakukan praktek ‘berbicara di depan umum’.

Dengan menonton, Anda akan lebih mudah meniru dan mempraktekan para ‘speaker’ itu ketika tengah berbicara dan Anda jadi punya gambaran bagaimana harus bersikap ketika harus berbicara di depan umum.

2. Buat catatan

take notes

Ketika melihat orang lain berbicara di depan umum dan mencontek catatan, apakah itu tanda bahwa mereka tidak professional? Salah. Tidak semua yang mencontek catatan berarti tidak mempersiapkan penampilan dengan baik. Justru, catatan ini adalah sebagai alat pengingat, berisi hal-hal apa saja yang harus Anda sampaikan agar pembicaraan Anda jadi tidak melebar kemana-mana.

Maka dari itu, mempersiapkan catatan ini sangat penting. Tulislah poin-poin penting di dalam catatan tersebut. Catat yang perlu saja sesuai dengan tujuan Anda berbicara di depan umum.

3. Berlatih berbicara di depan teman

talk to friend

Sudah pasti latihan sangat penting dilakukan sebelum Anda berbicara di depan umum. Namun apakah latihan di depan cermin saja cukup? Tentu saja tidak. Latihan di depan cermin memang baik, tetapi ingat, cermin hanyalah cermin. Cermin tidak akan merespon apapun yang Anda katakan.

Karena itu, cobalah untuk latihan di depan orang lain. Yang paling mudah adalah minta teman Anda untuk menjadi audience dan cobalah berbicara di depan mereka. Sekaligus mintalah koreksi dari teman Anda mengenai penampilan Anda seperti apa ada yang harus ditambahkan atau tidak.

4. Sapalah orang sebanyak-banyaknya

greet people

Kalau biasanya jika Anda berpapasan dengan orang lain Anda lewat-lewat saja. Mulai sekarang, cobalah sapa mereka meskipun Anda tidak mengenal orang itu sama sekali. Saya tahu cara ini mungkin akan sedikit sulit dilakukan mengingat kebiasaan kita yang cuek-cuek aja kalau ada orang lewat. However, trust me! It will help you so much!

Menyapa orang lain bahkan orang asing sekalipun membuat Anda terbiasa berhadapan dengan orang lain. Kalau Anda sudah terbiasa seperti ini, rasa gugup ketika harus berbicara di depan umum akan sangat berkurang. Selain bisa mengurangi rasa gugup ketika berhadapan dengan orang lain, Anda juga tentu akan menjadi manusia yang lebih ramah, bukan?

5. Keep calm and have a chat with friends!

relax

Kebanyakan orang ketika berbicara di depan umum, mereka akan fokus latihan, latihan, dan latihan. Memang betul latihan sangat baik dan membantu kita berbicara dengan lancar di depan umum. Namun jangan lupa untuk tetap relaks dan jangan terlalu fokus terhadap apa yang akan penonton pikirkan tentang Anda.

Tarik nafas mendalam dan mengobrol lah dengan orang lain sebelum tampil, tapi usahakan untuk membicarakan hal-hal yang ringan saja. Buatlah dirimu se-tenang dan se-santai mungkin agar rasa gugup itu tidak terlalu membebani pikiranmu

6. Buat penonton santai dengan sedikit humor

laughing audience

Saat Anda mulai berbicara di depan umum, ajaklah penonton untuk tertarik dengan obrolan Anda. Anda bisa memancing ketertarikan penonton dengan membuat jokes-jokes ringan. Selain penonton akan jadi lebih santai, hal itu akan membantu Anda juga untuk tetap tenang dan tidak tegang saat menghadapi penonton.

Namun tentu saja hal ini tidak berlaku di semua kesempatan. Saat Anda harus berbicara di depan umum dengan tujuan yang lebih serius seperti ‘mengumumkan berita duka’ atau ketika Anda menjadi pembawa acara formal, tentu saja Anda tidak bisa melemparkan jokes di awal pembicaraan.

7. Fokus pada respon positif penonton

positive

Saat Anda berbicara di depan umum, Anda mungkin akan gugup seketika bila melihat penonton tidak bergeming, atau saling berbisik-bisik, atau bahkan berisik. Jangan khawatir dan tetap tenang. Anda harus tetap fokus pada apa yang akan Anda sampaikan.

Jangan terlalu memikirkan apa yang akan orang pikirkan tentang Anda pada saat itu. Karena tujuan Anda saat itu hanyalah agar maksud Anda tersampaikan dengan jelas ke penonton. Fokus saja pada penonton yang memperhatikan Anda. Yakini bahwa mereka saat itu sedang menunggu apa yang ingin Anda sampaikan.

8. Be expressive!

expressive

Kita mungkin bukan orang yang senang berekspresi tapi bukan berarti tidak bisa dilatih. Ekspresi bisa dibuat asal kita melatihnya. Kebayang kan kalau penonton tertidur mendengar ocehan kita, apa yang akan kita rasakan? Karena itu, agar pembawaan kita lebih menarik, latihlah diri Anda agar lebih ekspresif.

Anda bisa melakukan senam wajah dengan mempraktekkan AIUEO selebar-lebarnya di wajah Anda. Latihlah wajah Anda agar tersenyum, mengernyit, atau berbagai ekspresi lainnya. Dengan begitu, Anda akan lebih luwes dalam berekspresi dan tidak ragu untuk mengeluarkan ekspresi di wajah.

Inti dari semua tips di atas adalah keyakinan. Anda harus yakin dengan tujuan Anda berbicara di depan umum dan yakin bahwa Anda bisa melewati ini. Seperti yang dikatakan Nikki Stone dikutip dari tulisannya di huffingtonpost.com ‘Confidence comes from within and no one can create it for you. You won’t build confidence if you don’t take action.‘ Anda tidak akan bisa membangun kepercayaan diri itu jika Anda tidak mengambil langkah atau memulainya. Jadi, cobalah tips-tips diatas, mulailah berlatih, dan percaya bahwa Anda bisa melakukannya.

Yuk share jika dirasa artikel ini bermanfaat!

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

She loves the smell of brand new book, loves to eat after 7pm, and loves to listen to Maliq and d’essentials.

Leave A Comment