Bacaterus / Serba Serbi / Tips Belanja Online Yang Hemat, Cermat, dan Anti rugi

Tips Belanja Online Yang Hemat, Cermat, dan Anti rugi

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 November 2018

Akhir-akhir ini, saya lagi kecanduan buka youtube dan instagram nih, Good Readers. Yang saya tonton biasanya channel-channel make up dan kalau buka instagram, yang sering banget saya buka adalah akun-akun model atau fashion. Biasanya, setelah saya nonton channel youtube tersebut atau buka akun instagram itu, saya langsung punya ]ilham’ dan punya keinginan yang sulit saya bendung yaitu: belanja.

Ya! Rasanya saya ingin memiliki brush make up yang dipakai youtuber itu, atau eyeshadow palette yang Ia gunakan, atau pengen juga bergaya pakai celana kulot yang di pakai model itu. Ah pokoknya keinginan itu jadi muncul dan hampir ga terbendung. Kamu pernah mengalaminya, Good Readers?

Kalau sudah begitu, biasanya saya langsung buka aplikasi toko-toko online dan ‘kalap’ beli beberapa barang yang saya suka. Sebenarnya gak ada yang salah dengan belanja online. Terlebih, belanja online itu sangat memudahkan bagi kita yang males pergi-pergi dan antri di kasir.

Kalau belanja online, kita tinggal duduk manis (atau tiduran juga boleh)  scroll scroll, pilih, dan langsung bayar.  Praktis banget ya! Plus-nya lagi, biasanya harga di toko online itu bisa jauh lebih murah daripada toko offline yang biasa kita temui di jalan atau di mall. Sayangnya, belanja online yang keterusan juga gak bagus buat dompet. Hiks..

Nah, buat kamu yang suka belanja online, tapi gak mau rugi (seperti saya, hehe..) ada beberapa tips yang bisa kamu coba. Tips-tips ini sukses bikin saya ‘saving money’ meskipun suka belanja online. Baca terus yaa…

Simpan belanjaan di shopping cart selama semalam

shopping cart

Biasanya, setelah kamu pilih-pilih barang, barang yang kamu pilih akan tersimpan di keranjang belanja atau shopping cart. Nah, kalau sudah begitu, jangan dulu buru-buru di bayar, Good Readers. Tunggulah sampai besok pagi untuk mengetahui apakah barang tersebut dibeli karena kamu butuh atau ‘emang pengen aja’.

Biasanya, kalau kita tidak terlalu membutuhkan barang itu, kamu akan sedikit lupa dengan barang tersebut. Kalau sampai besoknya kamu masih kepikiran, mungkin tandanya kamu memang harus membelinya.

Periksa dulu!

make up shelf

Kalau kamu kecanduan beli kosmetik atau fashion item, sebelum membeli, ada baiknya kamu periksa lagi kotak make up kamu, atau lemari bajumu, atau rak sepatumu. Biasanya kamu akan menemukan ‘hidden treasure’ yang mungkin kamu sendiri gak sadar memilikinya atau memang jarang tersentuh.

Kalau kamu sadar kamu punya barang dengan fungsi yang sama tapi masih dalam keadaan baik, mungkin kamu akan berpikir dua kali untuk berbelanja lagi.

Non-aktifkan mobile banking kamu

mobile banking

Kenapa? Karena belanja akan lebih mudah ketika kamu punya mobile banking. Kamu benar-benar tidak perlu pergi ke atm untuk melakukan pembayaran. Kamu hanya tinggal duduk manis dan transfer uangnya melalui ponsel kamu. Ketika kamu gak punya mobile banking, kamu pasti punya rasa ‘malas’ itu untuk mencari atm terdekat dan membayar. Dan akhirnya, kamu jadi gak belanja deh. Hehe..

‘Belanja sambil menabung’

Kalau keinginan belanja kamu masih sulit ditahan, tenang, masih ada cara lain. Carilah barang-barang yang sedang diskon atau manfaatkan fasilitas cashback, biar kamu ‘gak rugi-rugi amat’.

Ingin tetap belanja tapi juga sekaligus menabung? Bisa banget kok. Untungnya ada aplikasi shopback! Di shopback ini kamu bisa dapat berbagai macam diskon dengan presentase yang berbeda-beda. Kamu pun bisa dapat cashback setelah selesai belanja.

Btw, cashback itu apa ? cashback adalah uang yang kamu dapatkan sekian persen dari harga awal kamu belanja. Kalau kamu gila belanja, shopback bisa jadi salah satu cara agar kamu tetap bisa menabung meskipun kamu suka belanja.

Cara menggunakan shopback juga sangat mudah! Begini loh..

1. Buka shopback.co.id dari web kamu (kamu juga bisa download aplikasinya di playstore ataupun apple store)

harbolnas

2. Klik ‘daftar’ dan masukan akun email beserta password yang akan kamu gunakan. Tenang, daftarnya gratis kok, tidak dipungut biaya sama sekali.

daftar shopback

3. Setelah kamu berhasil daftar, kamu tinggal memilih toko online yang kamu inginkan.

blibli

4. Setelah memilih,klik ‘shop now’ atau ‘belanja sekarang’, kamu akan langsung dihubungkan dengan toko online yang kamu tuju.

pilih

5. Kamu tinggal berbelanja seperti biasa dan lakukan pembayaran seperti biasa.

bayar

6. Done! Kamu tinggal menunggu cashback hasil belanja kamu di dompet shopback kamu dalam 48 jam. Gampang kan? Semakin sering kamu berbelanja lewat shopback, tentu saja pundi-pundi rupiahmu malah semakin bertambah.

Namun harus diingat ya Good Readers, ketika kamu menggunakan shopback, kamu harus selalu membaca syarat dan ketentuan mendapatkan cashback tersebut. Kamu pun harus lihat produk-produk apa saja yang akan diberikan diskon atau cashback. Jangan lupa, kalau kamu ingin dapat cashback-nya, kamu harus memulai dari buka akun shopback kamu.

Oiya, shopback juga  lagi punya diskon gede-gedean loh dalam rangka Hari Belanja Online Nasional yaitu. Kamu bisa cek ratusan diskon dari toko-toko online favorit kamu seperti blibli.com, lazada.com, ataupun bukalapak.

Produk-produk yang tengah diskon pun macam-macam, dari mulai baju, sepatu, barang-barang elektronik, tiket pesawat, tiket hotel, dan masih banyak lagi. Dengan diskon dan cashback tersebut, pengeluaran belanja online kamu tentu saja bisa jadi lebih hemat daripada kamu berbelanja di toko biasa.

Gimana, kamu masih takut atau khawatir belanja online? Kalau kamu punya pengalaman atau punya tips lain agar belanja online mu hemat, yuk share di kolom komentar dibawah ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Lady S
She loves the smell of brand new book, loves to eat after 7pm, and loves to listen to Maliq and d’essentials.

Leave A Comment