Bacaterus / Tips Backpacking Hemat, Naik Kereta Jalan-Jalan Di Garut

Tips Backpacking Hemat, Naik Kereta Jalan-Jalan Di Garut

Ditulis oleh - Diperbaharui 13 November 2019

Tidak hanya Bandung saja yang menjadi kota wisata di Jawa Barat. Beberapa pelancong juga mulai melirik kota Garut. Kota ini juga memiliki beragam kekayaan alam yang memukau. Belum lagi, untuk menuju garut sekarang juga semakin lebih mudah. Sudah ada beragam kereta ke Garut yang bisa kamu pilih.

Naik kereta memang menjadi pilihan terbaik untuk para backpacker. Bukan hanya harganya yang murah saja, melainkan juga cepat sampai tujuan, tak ada lagi macet selama naik kereta. Buat liburan ke Garut kamu lebih hemat lagi, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu contoh dari para backpacker.

1. Beli tiket kereta di tempat terpercaya

tiket kereta api Traveloka

tiket kereta api

Sebelum benar – benar memutuskan untuk naik kereta menuju ke Garut, pastinya kamu harus memiliki tiket kereta terlebih dahulu. Biar tidak kehabisan tiket kereta, kamu bisa memesan tiket kereta menuju Garut dari jauh – jauh hari. Lagian booking tiket kereta sekarang lebih mudah. Kamu bisa memesannya melalui situs resmi PT. KAI. Tidak hanya itu saja, Traveloka menjadi agen pemesanan tiket kereta api terpercaya.

Jadinya kamu bisa tidak perlu lagi repot – repot dan keteteran harus membeli tiket kereta di loket. Itung – itung sebagai tabungan sebelum jalan – jalan ke Garut kamu dimulai. Bahkan bisa saja kamu mendapatkan promo tiket kereta yang tentunya akan membuat perjalanan kamu lebih hemat lagi. Lagipula harga tiket kereta api juga tidak pernah berubah selama ini.

2. Bawa barang seperlunya

packing backpacker

Tujuan dari backpacking adalah dengan berjalan – jalan dan tidak bermewah – mewahan. Tentunya, barang yang dibawa tidak terlalu banyak. Dibandingkan membawa koper, para backpacker lebih enak kalau bawa tas ransel saja. Segala keperluannya dimasukan ke dalam tas ransel tersebut. Oleh karena itu, sebelum mulai berpetualang di Kota Garut, pastikan kamu sudah packing apa-apa saja barang yang harus dibawa. Tidak perlu berlebihan, seadanya saja.

3. Buat rencana perjalanan

itinerary garut

Tips travel hemat ala backpacker selanjutnya adalah dengan membuat dan mengatur rencana perjalanan kamu. Bagi para travellers sejati, rencana perjalanan wajib hukumnya ada, terlebih lagi jika perjalanan kamu on budget. Banyak sekali para traveller yang lepas kontrol saat sampai di tempat tujuan dan akhirnya menghambur-hamburkan uang. Jika begitu, prinsip hemat tidak ada lagi.

Jadi jangan malas untuk membuat rencana perjalanan kamu agar liburan tetap hemat dan kamu mendapatkan pengalaman dan kesenangan yang diinginkan.

4. Gunakan transportasi umum atau berjalan kaki 

jalan-jalan di garut

Inti dari para backpacker adalah perjalanan hemat atau setidaknya tidak melebihi budget yang ada. Oleh karena itu, manfaatkan transportasi umum yang ada di Kota Garut untuk sampai ke tempat wisata. Jika jarak antara tempat penginapan dan objek wisata dekat, kamu bisa berjalan kaki. Dengan begitu, kamu bisa lebih hemat lagi. Lagipula, panorama kota Garut sayang untuk dilewatkan dengan naik mobil saja.

5. Pilih homestay atau hostel

homestay garut

Dibandingkan dengan hotel, para backpacker lebih suka menggunakan hostel sebagai tempat menginap. Selain murah, kamu juga bisa mengenal orang lokal. Dengan begitu, kamu akan merasa lebih dekat dengan kebudayaan dan keseharian masyarakat Garut lebih dekat lagi.

6. Bawa makanan dan minuman sendiri

makanan ringan

Di kereta sendiri memang sudah ada petugas yang menjajakan makanan dan minuman selama perjalanan. Namun untuk bisa lebih menghemat, kamu bisa membawa makanan dan minuman sendiri. Lagipula tidak ada larangan membawa makanan dari luar menuju ke dalam gerbong kereta.

Apalagi jika di hostel tempat kamu menginap juga sudah disediakan dapur kecil untuk umum. Kamu bisa memasak makanan siap saji seperti merebus mie, sekedar untuk dapat mengganjal perut kamu yang lapar agar tenang untuk sementara waktu.

7. Bawa obat-obatan pribadi

obat-saat-traveling

Sakit saat traveling pasti akan sangat mengganggu. Maka dari itu, jangan lupa untuk bawa vitamin, obat-obatan pribadi dan perlengkapan kebersihan lainnya. Walaupun kalian merasa sehat, tetapi cuaca di kota tujuan bisa saja berubah dan tidak sama dengan kota asal kamu. Terlebih lagi, perjalanan kereta yang panjang bisa membuat kamu mual. Daripada menyesal nantinya, lebih baik siap sedia untuk membawa obat-obatan yang diperlukan.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu coba jika ingin berjalan-jalan ke Garut ala backpacker dengan menggunakan kereta api. Jika kamu memiliki tips dan trik yang lain, boleh share di kolom komentar, ya! Selamat berlibur!

 

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *