Bacaterus / Kesehatan / Ini Dia 10 Rahasia Agar Sendi Tetap Fit Selama Mudik

Ini Dia 10 Rahasia Agar Sendi Tetap Fit Selama Mudik

Tradisi mudik saat lebaran memang menyenangkan. Anda akan pulang ke kampung halaman untuk berkumpul bersama keluarga terkasih. Saat mudik, Anda akan terbebas dari rutinitas pekerjaan sehari-hari. Namun, jika Anda memiliki permasalahan pada persendian, Anda tidak bisa terbebas dari masalah tersebut meskipun sedang mudik.

Ada 4 jenis permasalahan pada sendi, mulai dari osteoartritis, rematik, asam urat, sampai dengan rheumatoid arthritis. Jika sedang kambuh, keempat masalah persendian ini bisa sangat menyiksa. Masalah akan menjadi lebih serius ketika Anda harus mengemudikan kendaraan sendiri atau naik transportasi umum yang kurang nyaman.

Biar Anda bisa mudik dengan tenang dan nyaman, Bacaterus punya 10 tips agar sendi tetap fit selama mudik. Tips ini harus Anda lakukan sebelum dan saat mudik agar lebih efektif.

10 Tips Agar Sendi Tetap Fit Selama Mudik

1. Lakukan Latihan untuk Memperkuat Otot dan Sendi

Lakukan Latihan untuk Memperkuat Otot dan Sendi Tips Agar Sendi Tetap Fit Selama Mudik

1-2 minggu sebelum Anda mudik, biasakan diri untuk melakukan latihan. Namun, yang satu ini bukan latihan biasa karena Anda harus melakukan sejumlah gerakan untuk melatih kekuatan otot dan sendi. Jenis latihan yang cocok untuk memperkuat sendi adalah squat, leg curl, dan calves raise.

Tips agar sendi tetap fit selama mudik dengan latihan khusus ini harus Anda lakukan setiap hari. Luangkan waktu selama 15 menit untuk berlatih. Latihan ini bisa memperkuat otot dan sendi kaki sehingga Anda lebih kuat mengendarai kendaraan atau berdiri untuk jangka waktu lama saat Anda tidak mendapat kursi di dalam bus.

2. Hindari Makanan yang Memperburuk Kesehatan Sendi

Hindari Makanan yang Memperburuk Kesehatan Sendi

Tahukah Anda bahwa ada sejumlah makanan yang bisa memperburuk kesehatan sendi? Makanan ini merupakan pantangan bagi penderita radang sendi atau asam urat. Sejumlah makanan yang harus dijauhi adalah makanan yang tinggi akan purin seperti ikan teri, sarden, makarel, melinjo, kacang-kacangan. Makanan tinggi kolesterol seperti daging merah (daging kambing, sapi) dan jeroan.

Makanan yang disebutkan tersebut dapat membuat penyakit sendi Anda kambuh. Hindari makan-makanan tersebut beberapa waktu sebelum mudik dan saat berada di kampung halaman.

3. Banyak Bergerak, Tapi Jangan Berlebihan

Banyak Bergerak, Tapi Jangan Berlebihan

Tips agar sendi tetap fit selama mudik adalah memperbanyak aktivitas agar tubuh lebih sering bergerak. Selain berolahraga, Anda harus membiasakan diri untuk melakukan aktivitas apapun agar Anda tidak terus menerus berdiam diri. Setiap gerakan yang Anda buat akan melatih persendian agar tetap kuat saat menempuh perjalanan jauh menuju kampung halaman.

Namun Anda juga harus menjaga agar tubuh tidak terlalu banyak bergerak. Biar bagaimana pun Anda tetap membutuhkan istirahat sebelum mudik. Jangan sampai Anda merasa kelelahan menjelang mudik karena hal tersebut akan memperburuk masalah pada persendian Anda.

4. Jaga Postur Tubuh Tetap Baik

Jaga Postur Tubuh Tetap Baik

Para ahli ortopedi menyarankan seseorang yang memiliki masalah pada persendian untuk selalu menjaga postur tubuh agar tetap baik. Postur tubuh ini meliputi berdiri, duduk, dan berjalan.

Menjaga postur tubuh adalah salah satu usaha untuk membuat berat tubuh terbagi rata dan seimbang. Ketidakseimbangan berat badan hanya akan membuat salah satu sendi yang menopang tubuh Anda terasa sakit (pada umumnya adalah lutut). Jadi, selalu pastikan bahwa tulang punggung lurus sejajar ketika Anda duduk, berjalan, atau berdiri. Postur tubuh yang baik juga akan membuat penampilan semakin prima.

5. Konsumsi Makanan yang Bagus untuk Persendian

Konsumsi Makanan yang Bagus untuk Persendian

Jika sebelumnya ada beberapa pantangan makanan yang harus dihindari oleh pemilik masalah sendi. Ternyata, ada juga sejumlah makanan yang justru bagus untuk persendian. Makanan yang baik untuk memelihara kesehatan sendi antara lain adalah buah-buahan dan sayuran berwarna (seperti ceri, blueberry, blackberry, jeruk, tomat, dll).

Selain itu, Anda juga harus memperoleh asupan kalsium dan Vitamin D alami dari berbagai jenis ikan, salah satunya adalah salmon dan sardin. Bagi Anda yang sering mengalami peradangan sendi, konsumsi makanan yang dapat berperan sebagai anti-inflamasi untuk mencegah peradangan, seperti kunyit dan oatmeal. Konsumsi makanan sehat ini sebelum dan saat mudik untuk memastikan kesehatan sendi Anda.

6. Jangan Duduk atau Berdiri Terlalu Lama

Jangan Duduk atau Berdiri Terlalu Lama

Takut sendi terasa sakit ketika duduk atau berdiri terlalu lama? Tips agar sendi tetap fit selama mudik adalah membiasakan diri untuk tidak duduk dan berdiri terlalu lama. Sebagai contoh, ketika Anda mengemudikan sepeda motor atau mobil untuk pulang kampung, sesekali berhentilah di tempat yang aman untuk sekedar berdiri dan meregangkan otot-otot tubuh.

Bagi Anda yang harus berdiri dalam jangka waktu lama saat mudik, sesekali cobalah berjongkok atau duduk di setiap ada kesempatan. Kesimpulannya, jangan berada dalam satu posisi tubuh yang sama untuk waktu lama.

7. Diet Sehat untuk Menjaga Berat Badan Ideal

Diet Sehat untuk Menjaga Berat Badan Ideal

Permasalahan pada sendi biasa dialami oleh orang-orang dengan berat badan berlebih. Hal tersebut karena otot dan sendi harus menopang berat tubuh yang over. Ketika otot dan persendian harus menopang tubuh yang sangat berat, lama kelamaan otot dan sendi dapat mengalami peradangan.

Apabila Anda tidak ingin masalah persendian ini mengganggu waktu mudik Anda, cobalah melakukan diet beberapa bulan sebelum lebaran. Jika Anda serius dan konsisten dalam melakukan diet, berat badan Anda akan turun beberapa kilo. Tentu saja hal tersebut dapat meringankan “tugas” persendian dalam menopang berat tubuh Anda.

8. Gunakan Alas Kaki yang Nyaman

Gunakan Alas Kaki yang Nyaman

Nyaman atau tidaknya alas kaki yang Anda gunakan tentu mempengaruhi kesehatan persendian. Bagi wanita, menggunakan sepatu hak tinggi mungkin bisa membuat penampilan jadi lebih anggun dan elegan. Sayangnya, sepatu hak tinggi dapat meningkatkan risiko peradangan sendi.

Jika ingin mudik Anda terasa nyaman, gunakan saja alas kaki yang nyaman dan hindari sepatu hak tinggi. Alas kaki yang nyaman akan membuat Anda terasa nyaman saat bersilaturahmi saat hari raya.

9. Hindari Minuman Bersoda

Hindari Minuman Bersoda

Saat perjalanan mudik atau saat melakukan perjamuan hari raya, minuman bersoda yang manis dapat menjadi penyegar dahaga. Sayangnya, minuman bersoda dapat membuat sendi terasa tidak nyaman, lho.

Bagaimana bisa? Minuman bersoda dapat menurunkan kepadatan tulang dan menghambat kesehatan sendi. Hal ini disebabkan karena soda meningkatkan asam fosfat dalam darah yang menyebabkan penipisan kalsium tulang. Ketidakseimbangan antara kalsium fosfor di dalam tubuh dapat membahayakan tulang dan persendian. Lebih baik minum air putih atau jus buah segar saja ketika mudik.

10. Konsumsi Suplemen Persendian

Osteokom

Bukan hanya orang-orang yang mengalami masalah di persendian, orang normal juga harus mengonsumsi suplemen persendian. Seiring bertambahnya usia, sendi bisa terasa kaku dan nyeri. Jika Anda ingin menempuh perjalanan jauh, konsumsi saja suplemen persendian yang dapat menjaga kesehatan persendian.

Osteokom adalah salah satu suplemen persendian terbaik di tanah air yang bekerja dengan menstimulasi pembentukan tulang rawan sendi. Bahkan, Osteokom juga dapat membantu mengurangi inflamasi atau radang penyebab rasa nyeri di area sendi, itu dikarenakan osteokom mengandung MSM yang mencegah dan menyembuhkan peradangan, sehingga nyeri sendi hilang.

Itulah 10 tips agar sendi tetap fit selama mudik. Masalah di area persendian bisa terjadi seiring bertambahnya usia. Tips-tips di atas akan membantu Anda untuk memiliki sendi yang kuat selama mudik dan seterusnya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment