Ditulis oleh - Diperbaharui 18 Januari 2019

Buat yang nggak sempat pergi ke gym karena kesibukan atau mungkin belum sepenuhnya ingin, ada beberapa olahraga ringan yang bisa kamu pilih. Salah satunya push-up. Selain ringan, push-up juga merupakan olahraga yang cenderung mudah dan bisa dilakukan di mana saja. Murah pula, kamu nggak perlu mengeluarkan uang atau alat khusus.

Seperti hal lainnya, push-up terasa sulit di awal-awal saja. Mungkin kamu meragukan dirimu sendiri, atau mungkin juga kamu ragu apakah ini akan ada gunanya? Sampai akhirnya kamu nggak pernah memulai sama sekali. Perlu diingat, olahraga apapun pasti ada gunanya untuk tubuhmu. Dengan catatan, kamu melakukannya secara rutin.

Ringan tetapi rutin jauh lebih baik daripada olahraga berat sesekali. Sebagai permulaan, kamu bisa menantang dirimu sendiri. Sebelum keluar uang untuk bayar gym, coba dulu dengan push-up yang dilakukan secara rutin. Apakah kamu sanggup melakukannya? Untuk mendukung itu, ada beberapa tips dari Bacaterus yang akan dibagikan di sini supaya kamu kuat push-up.

10 Tips Agar Kuat Push-Up

1. Makan yang Cukup

Makan yang Cukup

* sumber: www.societyofcryosurgery.org

Untuk menjadi kuat, tubuhmu butuh asupan energi yang cukup. Itu bisa didapat dari makanan. Kalau pola makanmu berantakan, atau lebih parah kamu malas makan, niscaya tubuhmu akan mudah lelah. Jangan push-up, aktivitas yang wajar saja akan terasa melelahkan.

Maka, sebaiknya pastikan dulu kalau tubuhmu punya energi yang cukup untuk mendukung kegiatan olahragamu. Kalau sekiranya kamu akan melakukan push-up siang hari, pastikan kamu sarapan di pagi harinya. Kalau kamu lebih suka berolahraga sore hari, pastikan kamu makan siang  beberapa jam sebelumnya.

2. Perhatikan Gerakan Bukan Hitungan

Perhatikan Gerakan Bukan Hitungan

* sumber: www.coreexercisesolutions.com

Banyak orang berpikir kalau semakin banyak push-up maka akan semakin bagus. Lalu, akan semakin cepat pula tubuh mereka terbentuk. Asumsi yang nggak salah, tetapi akan percuma kalau gerakanmu masih salah. Kalau gerakanmu salah, kamu cuma akan dapat lelahnya saja.

Pastikan gerakanmu sudah cukup baik, supaya pengorbananmu nggak sia-sia. Kalau gerakanmu baik, tubuhmu akan merespon sama baik. Lama kelamaan, kekuatanmu juga akan bertambah. Jadi, pastikan gerakanmu sudah baik dan benar sebelum berbangga diri pada hitungan, ya.

3. Mengatur Tempo

Mengatur Tempo

* sumber: www.outsideonline.com

Biasanya orang suka nggak sabaran. Maunya cepat selesai. Perasaan itu cuma akan mengacaukan fokus pada tubuhmu. Kamu jadi terburu-buru akhirnya tenaga yang keluar nggak terukur dengan baik. Hindari itu dengan mengatur tempo. Jaga tempo dari awal sampai akhir.

Perlu diingat kalau kamu sedang berolahraga, bukan berlomba. Nggak ada yang memintamu untuk buru-buru selesai. Dengan mengatur tempo, kamu juga bisa mengatur tenaga yang kamu keluarkan. Manfaatnya, tenaga yang kamu keluarkan benar-benar terukur. Kalau kamu bisa menjaga tempo dan nggak terburu-buru, kamu bisa bertahan lebih lama.

4. Bertahap

Bertahap

* sumber: www.videoblocks.com

Kalau kamu memasang target untuk melakukan push-up sebanyak 100 kali setiap hari, jangan melakukan itu sekaligus. Lakukanlah secara bertahap. Kamu bisa mencoba dengan membagi itu menjadi 10 sesi dengan masing-masing 10 repetisi.

Tubuhmu akan kaget kalau kamu langsung memaksanya push-up 100 repetisi. Bertahap adalah cara terbaiknya. Dicicil nggak masalah kok. Setiap 10 repetisi, kamu bisa mengambil napas sejenak. Dengan begitu, tenagamu nggak akan langsung terkuras habis.

5. Konsisten

Konsisten

* sumber: globalnews.ca

Ini yang paling penting. Konsisten berarti membiasakan tubuhmu untuk kegiatan itu. Akan lebih baik kalau kamu melakukan 20 repetisi setiap hari ketimbang 100 repetisi tetapi cuma satu kali seminggu. Semakin terbiasa, semakin kuat pula tubuhmu.

Di awal-awal, jangan dulu membebani tubuhmu terlalu berat. Pasang target yang ringan dulu, yang sekiranya bisa kamu jalani setiap hari. Misalkan, 30 repetisi setiap hari. Kalau kamu sudah sanggup melakukan itu selama seminggu, barulah kamu boleh menambah repetisinya.

6. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang Cukup

* sumber: www.businessinsider.com

Ketika kamu sedang kurang istirahat, badanmu sudah pasti akan kacau. Jangankan olahraga, aktivitas sehari-hari saja bisa terganggu karena itu. Sebelum kamu memutuskan untuk rutin berolahraga, kamu juga harus memaksakan diri untuk beristirahat yang cukup. Kalau nggak begitu, usahamu akan sia-sia.

Hindari begadang, dan usahakan untuk tidur lebih awal. Sebisa mungkin jangan sampai kamu tidur sangat larut. Kalau kamu ingin tubuhmu cukup kuat, kamu juga harus bisa memastikan kalau kamu akan memberi istirahat yang cukup untuk tubuhmu. Sebenarnya, olahraga yang baik perlu didukung oleh gaya hidup yang baik.

7. Asupan Gizi

Asupan Gizi

* sumber: www.pptbackgrounds.org

Makan yang teratur akan lebih baik kalau yang dimakan punya asupan gizi yang cukup. Hindari makanan yang nggak menyehatkan. Sebaliknya, mulailah konsumsi makanan yang bergizi. Nggak perlu suplemen khusus atau makanan mahal, kamu bisa memulainya dengan minum susu.

Makanan tinggi protein akan membantu membentuk massa otot. Artinya, akan membantu menambah kekuatan tubuhmu. Contoh makanan yang disarankan dan mudah didapatkan adalah, putih telur, tempe, dan susu.

8. Mengatur Napas

Mengatur Napas

* sumber: www.menshealth.com

Ini yang sering dilupakan mereka yang belum paham. ketika push-up napas mereka cenderung nggak beraturan. Dalam arti, mereka menarik napas dan membuang napas sembarangan. Kamu akan lebih cepat lelah kalau melakukan ini.

Maka, penting sekali untuk mengatur napas. Ketika push-up, cara mengatur napas yang benar adalah menarik napas ketika turun dan membuang napas ketika naik. Ketika naik, kamu mengangkat beban tubuhmu dan umumnya membuang napas dilakukan ketika kamu mengeluarkan tenagamu.

9. Variasi Gerakan

Variasi Gerakan

* sumber: gaurani.almightywind.info

Gerakan push-up itu ada banyak sekali variasi. Mungkin yang sering kamu lihat cuma satu gerakan yang sangat umum. Padahal, selain itu ada banyak sekali variasi gerakan bisa kamu coba. Kamu bisa mencarinya dengan mudah di internet.

Membuat variasi gerakan cukup penting supaya tubuhmu nggak jenuh karena melakukan gerakan yang itu-itu saja. Kalau kamu melakukan 100 repetisi, coba bagi itu menjadi 4 variasi gerakan yang berbeda supaya tubuhmu terbiasa. Setiap variasi memiliki beban yang berbeda, artinya tubuhmu diolah dengan cara yang berbeda. Sangat baik untuk menambah daya tahan tubuhmu.

10. Menambah Repetisi

Menambah Repetisi

* sumber: www.youtube.com

Kalau 20 sudah terasa terlalu ringan, coba tambah pelan-pelan. Jangan menambah terlalu banyak karena tubuhmu nggak akan kuat. Cukup tambah perlahan. Minggu ini 20, minggu depan 30, terus bertambah setiap minggunya.

Menambah repetisi akan membiasakan tubuhmu dengan beban baru yang lebih berat. Beban yang berat itu, akan menjadi ringan seiring berjalannya waktu karena daya tahan tubuhmu juga bertambah. Semakin tubuhmu terbiasa ketika bebannya ditambah, semakin kuat pula tubuhmu.

Demikian beberapa tips yang bisa disampaikan agar kamu kuat push-up. Perlu diingat bahwa kemampuan tubuh setiap orang berbeda-beda. Bisa jadi 50 repetisi mudah untuk orang lain, tetapi terasa sulit untukmu. Kamu nggak perlu khawatir apalagi merasa minder soal itu. Karena ini bukan ajang adu kuat.

Kalau hari ini kamu cuma kuat 20 repetisi, nggak apa-apa. Tetaplah lakukan itu berulang-ulang sampai 20 terasa ringan dan kamu merasa sudah waktunya untuk menambah beban. Selain push-up, coba juga sit up dengan membaca artikel gerakan sit up yang benar.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .