Ditulis oleh - Diperbaharui 27 Oktober 2018

Fisik yang kuat bukan berarti Anda harus bisa mengangkat barbel yang beratnya berkilo-kilo, bisa lari selama berjam-jam, atau berenang paling cepat. Tapi, fisik yang kuat adalah tubuh yang sehat dan dapat menunjang kegiatan sehari-hari dengan baik.

Banyak orang yang mendambakan fisik kuat, tapi bingung untuk memulai dari mana. Ada yang berpikiran kalau nge-gym saja cukup. Ada juga yang berpikiran kalau makan makanan sehat sudah cukup. Tapi, semua itu belum tepat. Berikut adalah tips agar fisik kuat dan sehat dari Bacaterus:

10 Tips Agar Fisik Kuat dan Sehat

1. Tidur Cukup

tidur cukup tips agar fisik kuat

Langkah pertama dalam tips agar fisik kuat adalah dengan mendapatkan tidur cukup. Di era digital ini, rasanya jam 12 malam juga masih terlalu subuh untuk tidur. Lalu, pada akhirnya banyak orang yang mengidap insomnia dan kelelahan.

Tidur yang cukup merupakan awal dari semua kegiatan Anda. Dengan tidur yang cukup, tubuh Anda menjadi lebih segar dan siap untuk diajak beraktivitas. Dan, jika Anda menginginkan fisik kuat dan sehat, Anda wajib mendapatkan tidur cukup sesuai usia Anda.

2. Makan 4 Sehat 5 Sempurna

Makan 4 Sehat 5 Sempurna

Setelah mendapatkan tidur yang cukup, Anda juga harus mendapatkan gizi yang cukup. Gizi dapat Anda dapatkan dari makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Kita diajari sejak taman kanak-kanak untuk memakan makanan 4 sehat 5 sempurna, dan itu bukanlah sesuatu yang hanya menjadi memori masa kecil saja, tapi harus dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

Makanan 4 sehat 5 sempurna meliputi: kalori, karbohidrat, mineral, vitamin, protein, dan susu. Selain memakan dan meminum yang sehat, Anda juga harus memerhatikan waktu mengonsumsinya. Karena, percuma saja jika Anda makan dan minum yang sehat tapi hanya sesekali.

Anda harus teratur mengonsumsinya. Minimal, sisipkan salah satu makanan sehat di menu santapan Anda sehari-hari, seperti menyelipkan serutan wortel di dalam telur dadar.

3. Jadikan Buah-buahan Camilan

Jadikan Buah-buahan Camilan

Kadang kita malas mengonsumsi buah-buahan. Maka dari itu, Anda harus pintar dalam berkreasi, menjadikan buah-buahan lebih menarik untuk dimakan. Misalnya, Anda bisa membuat fruit posicles seperti gambar di atas. Atau, sekali-sekali Anda bisa membuat banana split sendiri di rumah.

Sekarang sudah banyak, kok, resep snack dari buah-buahan. Selain enak dan sehat, makanan ringan dari buah tentunya aman buat yang sedang diet.

4. Hindari Rokok dan Alkohol

Hindari Rokok dan Alkohol

Tips agar fisik kuat yang selanjutnya adalah dengan menghindari rokok dan alkohol. Sulit memang, apalagi jika Anda merupakan cigar dan alcohol addict. Tapi, bagaimana pun juga, rokok dan alkohol merupakan benda yang sangat berbahaya buat tubuh.

Rokok dan alkohol merupakan cikal bakal dari banyak jenis penyakit. Dan, tidak hanya penyakit ringan seperti batuk dan sakit perut saja, tapi bisa sampai kanker, liver, jantung dan komplikasi.

Mengonsumsi alkohol, terutama saat menjelang tidur, merupakan kebiasaan yang sangat buruk. Merokok juga bisa membuat tekanan darah naik dan insomnia. Sebagaimana telah kita ketahui, kalau tidur yang cukup merupakan salah satu syarat tips agar fisik kuat.

5. Konsumsi Kopi Secukupnya

Coffee Kayoe

Konsumsi kopi secukupnya merupakan salah satu syarat tips agar fisik kuat. Jadi, selain menghindari alkohol, minuman berkafein seperti kopi dan teh juga patut Anda perhatikan jumlah konsumsinya. Memang, akan sulit, terutama jika Anda membutuhkan kopi dan teh untuk bekerja lebih fokus. Boleh-boleh saja, kok, Anda mengonsumsi kopi dan teh, asal dalam jumlah yang wajar.

Efek samping dari mengonsumsi kopi berlebihan adalah gangguan waktu tidur, sakit kepala, dan mood swing. Jadi, ujaran untuk membatasi kopi bukan hanya sebuah perintah tanpa makna, ya, tapi benar-benar ada manfaatnya untuk tubuh.

6. Gula Bukanlah Penambah Energi

Gula Bukanlah Penambah Energi

Sudah menjadi pengetahuan umum di Indonesia, kalau tubuh lemas, minum saja teh manis. Atau, ketika sedang hiking, jangan lupa membawa gula merah sebagai penambah energi. Memang, paham tersebut bukanlah sesuatu yang salah. Tapi, anggapan kalau gula merupakan makanan penambah energi itulah yang kurang tepat.

Gula memang bisa meningkatkan energi, tapi hanya dalam jangka pendek. Ketika kadar gula dalam tubuh Anda turun kembali, tubuh Anda malah akan jadi lebih cepat lelah. Jadi, yang harus Anda jaga adalah kadar gula pada tubuh Anda. Usahakan untuk tidak mengalami lonjakan penurunan atau kenaikan kadar gula secara tiba-tiba. Jika Anda ingin tetap berenergi secara stabil, konsumsilah biji-bijian, bukan gula.

7. Olahraga

Olahraga secara teratur

Anda pasti sudah terbayang, kalau menginginkan fisik yang kuat, pasti olahraga lah jawabannya. Olahraga sangat bermanfaat untuk tubuh. Tidak hanya untuk menjaga kebugaran, olahraga juga bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Jika Anda rutin berolahraga, kemampuan metabolisme tubuh juga semakin baik. Lalu, keringat yang keluar ketika Anda berolahraga itu merupakan proses keluarnya racun dari tubuh juga, loh!

Selain itu, kelebihan berolahraga adalah, sirkulasi darah menjadi lebih lancar, otak mendapatkan pasokan oksigen yang cukup, dan dapat meningkatkan hormon wanita agar haid lancar dan cepat hamil.

So, olahraga merupalan salah satu kebiasaan baik, apalagi jika dilakukan secara rutin setiap hari. Olahraganya tidak perlu yang rumit, jika Anda hanya mampu jogging, skipping, atau naik sepeda keliling komplek juga tidak apa-apa, asal rutin dilakukannya, ya.

8. Perbanyak Protein

Perbanyak Protein

* sumber: nuts.com

Kalau Anda sedang membentuk tubuh, atau bahasa kerennya adalah body building, Anda pasti dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang banyak mengandung protein. Karena, memang protein merupakan salah satu zat penting untuk membentuk tubuh. Jika kekurangan protein, maka tubuh akan jadi rentan terhadap penyakit dan cenderung tidak stabil.

Penyakit yang dapat muncul jika Anda kurang protein adalah: gangguan pencernaan hingga gangguan hati, dehidrasi, dan daya tahan tubuh menurun. Protein juga berpengaruh besar terhadap kecantikan fisik. Jika Anda kurang asupan protein, rambut bisa mudah rontok, luka lama sembuhnya, warna kulit kusam. Protein bisa Anda dapatkan dari telur, dada ayam, almond, yoghurt, susu, gandum, ikan, dan daging sapi.

9. Minum Air Putih

Minum Air Putih

Air putih merupakan kunci dari tips agar fisik kuat. Banyak orang yang menyepelekan air putih. Bisa Anda perhatikan ketika sedang makan di tempat makan, rata-rata orang memilih minuman berasa daripada air putih, bukan? Seperti cappuccino, frappe, latte, milk shake, sirup, dan lain sebagainya.

Sering juga terdengar alasan orang tidak meminum air putih adalah karena air putih tidak memiliki rasa, sehingga tidak menarik dan tidak enak. Padahal, air putih sangat penting untuk manusia. Anda mungkin pernah mendengar kalau 70% dari tubuh manusia adalah air? Jika kadar air dalam tubuh kurang dari 70%, maka orang tersebut akan mudah terserang penyakit.

Memperbanyak konsumsi air putih dapat menjaga tubuh dari dehidrasi, stres, sakit kepala, migrain, dan kelelahan. Air putih juga baik untuk kecantikan rambut dan kulit. Jadi, masih malas minum air putih?

10. Aktivitas Fisik

Aktifitas Fisik

* sumber: www.dietsinreview.com

Tips agar fisik kuat yang terakhir adalah dengan melakukan aktivitas fisik. Lalu, bedanya apa dengan olahraga? Aktivitas fisik merujuk kepada gerakan yang membutuhkan kontraksi otot. Dan ini, tanpa Anda sadari, dapat membentuk kekuatan fisik Anda. Aktivitas fisik meliputi kegiatan sehari-hari seperti berkebun, beres-beres rumah, dan naik turun tangga.

Sedangkan, kalau berolahraga merupakan bentuk aktivitas fisik yang terencana dan sengaja dilakukan dengan tujuan membuat tubuh semakin sehat. Contoh olahraga adalah berenang, jogging, senam, yoga, bersepeda, hingga nge-gym.

Nah, itu dia sepuluh tips agar fisik kuat dan sehat dari Bacaterus. Bagaimana, langkah-langkah di atas mudah dilakukan, bukan? Bahkan ada yang bisa dilakukan di rumah. Biasakan makan dengan pola teratur dan gizi seimbang, lalu berolahraga secara rutin, maka tubuh kuat dan sehat akan menjadi milik Anda. Apakah Anda punya tips lainnya selain ke-10 tips di atas?

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .