Bacaterus / Rumah / Mau Beli Rumah? Kenali 9 Tipe Rumah Hunian di Indonesia

Mau Beli Rumah? Kenali 9 Tipe Rumah Hunian di Indonesia

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Rumah adalah tempat berlindung yang paling aman. Saat ini rumah telah menjadi kebutuhan pokok bagi setiap keluarga. Selain sebagai tempat  bernaung, rumah juga kerap dijadikan barang investasi yang cukup menjanjikan di masa depan. Harga rumah yang setiap tahun semakin mahal memang menjadi sebuah keuntungan tersendiri bagi sang pemilik. Meskipun demikian banyak pula yang menganggap harga menjadi kendala utama bagi masyarakat yang tak mampu memilikinya.

Terlepas dari itu semua. Di Indonesia sendiri terdapat 9 tipe rumah hunian yang kerap jadi pilihan untuk tempat tinggal. Nah, tipe-tipe apa saja yang ada? Berikut adalah ulasannya.

1. Tipe 21/24

Tipe 21 24

* sumber: vivahealth.co.id

Tipe rumah 21/24 merupakan tipe rumah yang paling banyak diminati oleh masyarakat. Terutama bagi pasangan baru atau pasangan yang belum memiliki anak. Tipe 21/24 merupakan tipe rumah kecil berukuran 3 x 7 meter atau 4 x 6 meter.

Meskipun terbilang kecil, namun Tipe rumah 21/24 dilengkapi berbagai ruangan yang dibutuhkan oleh keluarga. Fasilitas ruangan yang ada pada rumah tipe 21/24 adalah dua kamar tidur, satu ruangan multifungsi, dapur, ruang keluarga, kamar mandi dan tepat parkir kendaraan.

Harga yang ditawarkan untuk rumah tipe ini berkisar 150-300 juta. Harga biasanya berbeda-beda tergantung dari luas tanah, fasilitas serta kota atau lokasi tempat pembangunan rumah.

2. Tipe 36

Tipe 36

* sumber: www.dekoruma.com

Tipe rumah selanjutnya yang juga banyak diminati oleh masyarakat Indonesia adalah rumah Tipe 36. Rumah Tipe 36 biasanya memiliki luas tanah beragam mulai dari 60 meter, 72 meter dan 90 meter persegi dengan luas bangun 36 meter persegi.

Pada dasarnya fasilitas yang ada di rumah Tipe 36 hampir sama seperti Tipe 21/24 seperti dua kamar tidur, ruang keluarga, ruang tamu, dapur, kamar mandi, area parkir. Hanya saja pada rumah tipe ini memiliki halaman dalam dan belakang rumah yang lebih luas. Harga yang ditawarkan, yaitu berkisar 250-450 juta tergantung kota dan lokasi pembangunan rumah.

3. Tipe 45

Tipe 45

* sumber: ruangarsitek.id

Tipe rumah berikutnya yang juga banyak diburu oleh masyarakat adalah rumah tipe 45. Rumah tipe 45 ini memiliki ukuran sekitar 7,5 meter x 6 meter. Rumah tipe ini sendiri biasanya terdiri dari 3 kamar tidur, rumah tamu, ruang keluarga, dapur, ruang makan, toilet dan juga area parkir dan halaman yang cukup luas.

Rumah tipe ini termasuk ke dalam rumah hunian kelas menengah yang banyak diminati oleh masyarakat. Rumah ini terbilang cukup nyaman. Mengingat setiap ruangan dalam rumah memiliki ukuran yang lebih luas sehingga membuat pemilik tampak leluasa. Harga yang ditawarkan oleh rumah tipe 45 ini juga cukup tinggi tergantung lokasi dan kota pembangunan.

4. Tipe 54

Tipe 54

Rumah Tipe 54 adalah rumah yang berdiri di lahan sekitar 60 meter persegi atau 72 meter persegi dengan luas bangunan 54 meter persegi. Berdiri di atas tanah yang cukup luas membuat rumah tipe ini memang sangat nyaman bagi keluarga.

Pihak pengembang sendiri kerap menyebut rumah tipe ini dengan smarthouse. Mengingat ruangan dalam rumah dapat dikembangkan atau direnovasi tanpa harus menghancurkan keseluruhan bangunan.

Rumah ini pun termasuk dalam rumah hunian masyarakat menengah atas karena harga yang relatif tinggi. Untuk harga sendiri biasanya disesuaikan dengan lokasi. Rumah tipe ini biasanya terdapat di lokasi perumahan elit.

5. Tipe 60

Tipe 60

* sumber: www.dekoruma.com

Setingkat di atas tipe 54 ada rumah tipe 60. Rumah tipe 60 memiliki beberapa jenis ukuran yang bervariasi mulai dari 6 x 10 meter, 8 x 7 meter atau 6 x 12 m. Sama seperti rumah tipe 54, rumah tipe ini juga memungkinkan pemilik merenovasi dan membangunnya menjadi dua tingkat.

Dengan luas bangunan yang memadai, pemilik rumah pun dapat dengan leluasa membangun kebutuhan ruangan bagi tiap anggota keluarga. Rumah Tipe ini tergolong rumah hunian kelas menengah atas. Harga yang ditawarkan untuk tipe rumah ini berkisar 700-1,3 miliar tergantung kota dan lokasi pembangunan.

Baca juga: Jenis Batu Alam untuk Mempercantik Dinding Rumah

6. Tipe 70

Tipe 70

* sumber: www.dekoruma.com

Bila kamu memiliki keluarga besar. Maka rumah tipe 70 memang cocok untuk dijadikan tempat hunian kamu sekeluarga. Rumah tipe ini biasanya memiliki ukuran berbeda-beda mulai dari 7 x 10 meter atau 5 x 14 meter. Rumah tipe 70 biasanya memiliki area halaman yang cukup luas baik di depan maupun belakang rumah.

Rumah tipe ini memang diperuntukkan bagi masyarakat menengah ke atas. Mengingat harga yang ditawarkan untuk rumah tipe ini cukup tinggi. Sama seperti rumah tipe 54 dan 60, rumah tipe 70 juga memungkinkan pemilik melakukan renovasi untuk banyak ruangan atau pun dibuat menjadi rumah bertingkat.

7. Tipe 90

Tipe 90

* sumber: www.designrumah.co.id

Selanjutnya ada rumah tipe 90. Rumah tipe 90 pun memiliki ukuran dimensi yang cukup beragam mulai dari 10 x 9 meter, 11.25 x 8 meter, hingga 15 x 6 meter. Memiliki rumah dengan bangunan yang luas merupakan idaman setiap orang. Karena ukuran yang sangat luas pemilik pun dapat dengan leluasa membangun berbagai ruangan khusus untuk setiap keperluan.

Hal ini tentu membuat keluarga nyaman dan betah tinggal di rumah. Dengan luas bangun yang besar, kamu tidak hanya bisa menyiapkan ruangan untuk keluarga atau rekan yang akan menginap, namun juga bagi para pekerja yang bekerja di rumahmu. Rumah tipe 90 sendiri bisa diklasifikasikan ke dalam hunian mewah.

8. Tipe 120

Tipe 120

* sumber: kompasdesainrumah.blogspot.com

Salah satu tipe rumah yang juga termasuk dalam kategori hunian mewah adalah rumah tipe 120. Rumah tipe ini memiliki dimensi bangunan yang cukup beragam. Meskipun demikian umumnya ukuran yang sering ditemukan di lapangan adalah 10 x 12 meter dan 8 x 15 meter.

Karena luas bangunan yang cukup besar, rumah ini pun sudah cukup memenuhi ruangan bagi keluarga tanpa harus dibuat bertingkat. Meskipun begitu ada pula masyarakat yang sengaja membuatnya bertingkat. Sehingga membuat ruangan lebih banyak dan terlihat lebih megah.

Harga yang ditawarkan untuk rumah tipe ini pun memang terbilang sangat tinggi. Rumah tipe ini sendiri biasanya diperuntukkan bagi masyarakat dengan kemampuan beli yang luar biasa seperti konglomerat atau para pengusaha.

9. Tipe 160

Tipe 160

* sumber: denarumah.blogspot.com

Dan terakhir adalah rumah tipe 160. Tipe rumah ini tergolong dalam hunian mewah selanjutnya. Biasanya tipe rumah ini dilengkapi dengan fasilitas yang cukup lengkap bahkan bisa dibilang mewah seperti studio pribadi, taman dengan gazebo dan juga area parkir yang luas.

Karena memiliki luas lahan yang besar, pemilik pun dapat membangun berbagai ruangan sesuai dengan fungsi yang diinginkan. Untuk harga sendiri biasanya rumah tipe 160 dibanderol dengan harga beberapa kali lebih mahal dibanding dengan harga jual rumah sederhana.

Hal tersebut tentu cukup masuk akal mengingat tipe rumah ini tidak hanya memiliki area yang luas, namun juga memiliki segala fasilitas ruangan yang lengkap.

Nah, itulah 9 Tipe Rumah hunian yang ada di Indonesia yang berhasil Bacaterus rangkum untuk kamu. Pastikan tipe rumah yang kamu beli sesuai dengan kemampuan beli kamu dan kebutuhan kamu sekeluarga. Semoga informasi mengenai tipe rumah di atas bisa menjadi gambaran bagi kamu untuk bisa memiliki rumah idaman.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *