bacaterus web banner retina

Tingkatkan Branding Produk dengan Membangun Toko Online Sendiri

Ditulis oleh Hilman - Diperbaharui 24 November 2021

PERHATIAN

Artikel Sponsor PERMANEN LINK JETORBIT

Ada satu permasalahan yang dialami para pelaku usaha online, terlalu bergantung pada layanan ketiga. Layanan ketiga dalam hal ini bisa disebut sebagai layanan yang mempertemukan antara penjual atau pembeli.

Di dunia jasa, banyak situs yang menyediakan layanan semacam ini. Misalnya, layanan yang mempertemukan pencari desain desain logo dengan penyedia desain logo, orang yang mencari jasa penerjemah dengan penerjemah, dan sebagainya.

Di dunia penjualan barang, layanan ini disebut lokapasar atau bahasa yang lebih dikenalnya marketplace. Layanan ini populer karena memudahkan orang untuk berbelanja tanpa repot ke pasar atau toko.

Selain itu, marketplace juga sering mengadakan tanggal promo cantik yang selalu hadir tiap bulan. Belum diskon-diskon yang tentunya selalu menarik minat penggunanya untuk terus berbelanja.

Karena itu, kehadiran marketplace ini semakin menguntungkan penjual juga. Banyak yang bisnisnya naik karena hadirnya situs marketplace ini.

Namun, marketplace ini sebenarnya lebih banyak menguntungkan pembeli bukan penjual.

Alasan Tidak Mengandalkan Situs Marketplace

marketplace
*

Klaim tersebut bukan tanpa dasar. Fakta di lapangan menunjukan jika para penjual sebaiknya tidak terlalu mengandalkan situs marketplace.

Beberapa alasan yang mendasari hal tersebut adalah sebagai berikut.

1. Pembeli yang tidak loyal

Karena semakin banyaknya penjual di situs marketplace, pembeli tidak akan terlalu loyak dengan satu toko yang berjualan. Misalnya, jika Anda menjual pakaian anak. Bulan ini, ada pembeli A yang membeli di toko Anda. Bulan depan, belum tentu Anda mendapatkan pembeli dari pengguna yang sama.

Pembeli lebih cenderung fokus pada barang yang dicari bukan toko langganannya. Memang bakal ada yang berlangganan pada satu toko tapi jumlahnya biasanya sedikit. Kalaupun ada dan si pembeli membeli jumlah banyak, ada kemungkinan si pembeli menjual kembali barang yang ia beli.

2. Perbandingan harga

Situs marketplace punya “kuasa” untuk menghadirkan informasi yang dibutuhkan kepada pelanggan. Jika ia mencari harga termurah, maka situs marketplace akan memberikan informasi dari harga termurah.

Tidak ada yang salah dengan hal ini tetapi efeknya pelanggan hanya fokus pada perbandingan harga saja. Mereka tidak akan fokus pada value lain yang diberikan penjual. Terlebih di marketplace, banting-banting harga adalah hal lumrah.

3. Persaingan dengan pemain besar

Dulu, para pemain marketplace banyak diisi para penjual dari kalangan UMKM. Ketika pamornya naik, bukan hanya UMKM yang berjualan. Para pemain besar atau bahkan brand itu tersendiri berjualan di marketplace.

Tidak heran jika di situs marketplace banyak toko resmi yang berjualan. Mereka ini adalah penjual resmi dan memiliki tingkat kepercayaan yang lebih tinggi dibandingkan para penjual biasa.Harga yang ditawarkan biasanya memang lebih tinggi tetapi ada trust yang dibangung sehingga membuat pembeli lebih percaya membeli produk di penjual di situs marketplace dengan embel-embel official store.

Ada faktor lain juga yang membuat para pemilik toko online, terutama UMKM, sebaiknya tidak mengandalkan situs marketplace. Namun, 3 faktor tersebut bisa jadi perwakilan saja.

Toh, sebenarnya memang tidak salah menjual di marketplace. Ingat, kami tidak melarang menjual di situs marketplace! Kami hanya menyarankan untuk tidak terlalu mengandalkan situs marketplace ketika berjualan.

Strategi Lain dalam Penjualan: Branding

branding
*

Pertanyaannya, jika jangan terlalu bergantung pada marketplace, lantas apa yang harus dilakukan? Pertanyaan tersebut, dijawab dengan judul pada artikel ini, yakni tingkatkan branding.

Anda masih tetap bisa berjualan di marketplace tetapi Anda juga perlu membangun strategi lain. Strategi ini dibutuhkan ketika Anda ingin meningkatkan penjualan dengan cara lain. Siapa tahu nanti Anda malah bisa berjualan sendiri tanpa tergantung pada situs marketplace.

Strategi tersebut adalah membangun branding. Di era media sosial ini, branding adalah hal yang penting dalam membangun bisnis.

Anda bisa meningkatkan penjualan dengan branding dari produk Anda atau justru dari toko Anda. Dengan branding, orang akan selalu ingat dengan produk Anda. Ketika orang ingat produk Anda dan orang membeli, Anda pun bisa tahu kalau branding produk Anda sudah berhasil.

Untuk melakukan branding di era sekarang juga tidak sulit. Anda bisa membangung branding dengan membuat akun media sosial dari toko atau produk yang Anda jual. Anda bangun branding media sosial tersebut dan memberikan konten yang bermanfaat.

Selanjutnya, Anda perlu identitas pada toko online Anda. Hal ini dilakukan dengan tujuan ketika orang ingat produk Anda, dia akan datang mengunjungi Anda. Ketika dia jadi pelanggan Anda, dia bakal langsung mendatangi Anda, bukan mencarinya di marketplace.

Branding dengan Membangun Situs Toko Online

branding toko online
*

Karena itu, strategi selanjutnya dengan membangun toko online Anda sendiri. Toko online ini sangat penting, bukan hanya sebagai tempat Anda berjualan langsung ke konsumen tetapi juga sebagai identitas bahwa produk atau toko Anda memiliki situs resmi.

Anda juga tidak perlu bingung perihal pembuatan toko online. Saat ini, ada banyak tutorial bagaimana membuat toko online yang sederhana dan mudah. Anda bisa belajar di Google.

Yang paling penting, Anda juga harus sudah menentukan nama domain dari toko Anda. Anda bisa memilih nama domain yang baik dan yang tersedia.

Namun, yang perlu Anda perhatikan dalam membangun toko online adalah masalah hosting. Anda sebaiknya memilih hosting Indonesia yang menawarkan berbagai keunggulan, seperti Jetorbit.

Jetorbit

Jetorbit.com menghadirkan  layanan hosting dengan harga yang terjangkau. Layanan hosting ini juga memiliki keunggulan seperti jaminan uptime 99%, keamanan situs, kecanggihan hosting, dan dukungan bantuan jika terjadi apa-apa.

Keunggulan Jetorbit

Bahkan, pembelian hosting di Jetorbit bisa mendapatkan domain dan sertifikat SSL. Sertifikat SSL ini sangat dibutuhkan karena Google saat ini mengutamakan situs yang sudah memiliki sertifikat keamanan agar tampil di halaman pencarian Google.

Selain membangun toko online, Anda juga perlu membangun email hosting. Penggunaan email hosting Indonesia ini sangat berguna dalam branding. Anda bisa memilih email hosting di Jetorbit juga karena layanan ini menawarkan berbagai keunggulan seperti yang terlihat pada gambar berikut.

Keunggulan email hosting

Penggunaan email hosting ini akan membuat pelanggan lebih percaya kepada Anda dibandingkan email gratisan.

Misalnya, jika produk anda adalah kaos dengan brand  KAOSXYZ, Anda pun membuat email untuk komunikasi dengan alamat email [email protected] Tentu penggunaan alamat gmail kurang begitu dipercaya.

Akan lebih dipercaya jika Anda memakai alamat email dari domain Anda sendiri. Jika alamat domain KAOSXYZ adalah kaosxyz.com, maka dengan layanan email hosting, Anda akan punya alamat email  [email protected] atau [email protected] .

Anda bebas menentukan nama alamat email, yang pasti toko online Anda akan memiliki tingkat kepercayaan lebih tinggi dengan alamat email resmi. Penggunaan alamat email resmi juga bisa jadi andalan bahwa Anda serius membangun toko online Anda karena alamat email Anda bukan gratisan.

Dengan strategi branding lewat media sosial yang keren dan informatif, situs toko online sendiri yang canggih, serta dukungan email resmi, Anda bisa meningkatkan nilai brand Anda yang otomatis akan meningkatkan penjualan di kemudian hari. Anda pun tidak akan terlalu bergantung dengan berjualan di marketplace.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram