Bacaterus / Jalan-Jalan / Wisata Jogja / 10 Tempat Wisata Malam Di Jogja yang Tak Boleh Dilewatkan

10 Tempat Wisata Malam Di Jogja yang Tak Boleh Dilewatkan

Liburan ke Jogja memang tak cukup dilakukan dalam 1-2 hari saja. Anda butuh waktu yang lebih lama untuk menjelajahi semua tempat wisata dan mencicipi kuliner di berbagai tempat makan enak yang ada di Jogja. Satu lagi, Anda juga tidak boleh melewatkan beberapa tempat wisata malam yang ada di kota pelajar ini.

Ketika berada di Yogyakarta, Anda bisa berjalan-jalan sehari penuh mengunjungi tempat wisata yang buka di pagi hari sampai ke tempat wisata yang hanya ramai dikunjungi masyarakat pada malam hari. Berikut ini Bacaterus sudah membuat daftar mengenai tempat wisata malam di Jogja yang tak boleh dilewatkan begitu saja.

Bukit Bintang

Tempat wisata malam di Jogja yang satu ini sudah beberapa kali diulas oleh Bacaterus. Ya, Bukit Bintang merupakan tempat wisata malam yang romantis dan banyak dikunjungi oleh muda-mudi dari Kota Yogyakarta. Pemandangan lampu-lampu dari kota Yogyakarta pada malam hari memang sangat menakjubkan. Anda bisa menyaksikan pemandangan tersebut dari ketinggian.

Di samping itu, udara di sekitar Bukit Bintang juga terasa sangat sejuk. Anda bisa mengunjungi tempat ini pada malam hari untuk menyaksikan pemandangan kota Yogyakarta pada malam hari sambil makan jagung bakar.

Titik Nol Kilometer

Titik Nol Kilometer Tempat Wisata Malam Di Jogja

Kawasan Titik Nol Kilometer yang berada di persimpangan Kantor Pos besar ini adalah salah satu spot wisata malam yang tidak pernah sepi pengunjung. Hampir setiap malam kita bisa menemukan muda-mudi yang asyik nongkrong di kawasan Titik Nol KM Jogja ini. Lampu-lampu dengan cahaya temaram yang menghiasi kawasan ini membuat suasana di sana menjadi lebih hangat.

Belum lagi tempat ini sering dijadikan tempat gathering bagi komunitas-komunitas yang ada di Yogyakarta. Di samping itu, bangunan-bangunan peninggalan zaman Belanda di kawasan ini juga membuat kawasan Titik Nol Kilometer ini terkesan sangat vintage.

Alun-Alun Lor (Utara)

Alun-Alun Lor (Utara)

Ada alun-alun kidul, ada pula alun-alun lor. Alun-alun utara ini memang tidak seramai alun-alun kidul. Akan tetapi, tempat ini bisa menjadi sebuah tempat wisata malam pada saat menjelang peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Pasalnya, saat menjelang Maulid Nabi, di alun-alun utara akan dibuka pasar malam yang bernama Pasar Sekaten.

Saat Pasar Sekaten dibuka, ada banyak wahana permainan ala pasar malam yang bisa Anda temukan di tempat ini. Bahkan, mulai banyak pedagang kaki lima yang berdatangan dan membuka stan di kawasan alun-alun lor. Suasana di tempat ini akan terasa semakin meriah karena pengelola pasar malam memutar musik dangdut atau house.

Malioboro

Malioboro

Jangan ngaku sudah pernah ke Jogja jika Anda belum berkunjung ke Jalan Malioboro. Tempat wisata malam di Jogja ini sebenarnya buka sejak siang hari. Namun, tempat ini akan menjadi lebih ramai dan gemerlap pada malam hari.

Puluhan stan yang berjajar di depan ruko-ruko sepanjang Jalan Malioboro akan menambah ramai suasana di sini. Belum lagi ada beberapa delman yang melintas di Jalan Malioboro ini. Tak hanya sampai di situ, di jalan yang sangat terkenal ini Anda juga bisa menemukan pusat perbelanjaan modern. Malioboro adalah tempat wisata malam yang bisa dikunjungi bersama keluarga, teman, dan pasangan.

Alun-Alun Kidul (Selatan)

Yang satu ini adalah tempat wisata malam yang paling terkenal di Jogja. Adalah alun-alun kidul (Selatan) yang selalu ramai setiap hari, baik itu siang maupun malam hari. Jika ingin berkunjung kemari, sebaiknya Anda datang pada malam hari.

Di alun-alun kidul ada sepeda dan becak yang sudah dimodifikasi dan dihias dengan lampu berwarna-warni. Anda bisa menyewa sepeda ini untuk mengitari alun-alun yang cukup luas ini. Harga sewa sepeda tersebut cukup murah meriah. Satu sepeda bisa dikendarai mulai dari 2-6 orang, tergantung jenis sepeda hias yang disewa.

Sindu Kusuma Edupark

Beberapa waktu lalu, Bacaterus sempat mengulas Sindu Kusuma Edupark sebagai tempat wisata romantis di Jogja. Walaupun buka sejak siang hari, tetapi taman bermain ini juga buka hingga pukul 9 malam. Wahana utama yang ditawarkan oleh Sindu Kusuma Edupark adalah bianglala.

Ya, wahana berbentuk kincir angin yang begitu besar ini dihiasi dengan lampu sehingga tampak paling menonjol di tempat ini. Jadi, jika siang hari Anda sibuk menjelajahi tempat wisata di Magelang dan Jogja, pada malam hari Anda bisa berkunjung ke Sindu Kusuma Edupark ini.

Oyot Godhong Cabaret Show

Oyot Godhong Cabaret Show

Untuk melihat cabaret show Anda tidak perlu jauh-jauh ke Thailand kok. Di Jogja, Anda juga bisa melihat pertunjukan dari lady boy ini di Mirota Batik. Adalah Oyot Godhong Cabaret Show yang merupakan gabungan dari pertunjukan musik, drama, tari, komedi, dan sebagainya yang diperagakan oleh para waria dari Indonesia.

Acara ini sangat seru dan tidak kalah dengan cabaret show yang ada di Thailand. Akan tetapi, pementasan ini hanya digelar seminggu dua kali, yakni pada hari Jumat dan Sabtu, pukul 19:00 dan 20:30. Nah, Anda berminat menonton Oyot Godhong Cabaret Show? Acara ini digelar di Oyot Godhong Cafe, tepatToko Hamzah Batik (Mirota 3) Lantai 3, Jalan Margo Mulyo, Yogyakarta.

Taman Pelangi

Taman Pelangi Jogja

Anda pasti setuju jika Bacaterus memasukkan Taman Pelangi sebagai tempat wisata malam di Jogja. Pasalnya, pesona dari taman ini memang lebih terlihat pada saat malam hari. Berbagai lampion hias tampak menerangi seisi taman ini.

Lampion yang ada di Taman Pelangi ini hadir dalam berbagai macam bentuk, mulai dari alat transportasi, binatang, bunga, benda antik, dan replika keajaiban dunia. Jangan lupa untuk berfoto-foto di Taman Pelangi karena tempat ini sangat Instagrammable.

Sendratari Ramayana Prambanan

Sendratari Ramayana Prambanan

Wisata bisa dilakukan dengan menonton pertunjukan budaya di tempat yang Anda kunjungi. Pada hari Selasa, Kamis, dan Sabtu datanglah ke Candi Prambanan pada pukul 19:30 karena di sekitar candi akan digelar pertunjukan Sendratari Ramayana ini.

Di bulan Mei hingga Oktober, pertunjukan dilakukan di panggung terbuka dengan latar belakang Candi Prambanan yang disorot dengan lampu. Namun, jika Anda datang kemari pada bulan November sampai April, maka pertunjukan tetap digelar tapi di dalam Gedung Trimurti yang lokasinya tak jauh dari panggung terbuka.

Tugu Jogja

Tugu Jogja

Jangan lupa untuk mengunjungi landmark Kota Jogja yang satu ini. Tugu Jogja bisa Anda kunjungi selama 24 jam penuh. Akan tetapi, di malam hari lebih banyak muda-mudi yang datang untuk nongkrong di kawasan sekitar Tugu Jogja ini.

Adapun banyak wisatawan yang berfoto dengan latar belakang Tugu Jogja yang disorot dengan lampu pada malam hari. Bahkan, para wisatawan rela menunggu jalanan di sekitar tugu agak sepi agar bisa mencari angle yang bagus untuk berfoto.

10 tempat wisata malam di Jogja ini memang benar-benar tak boleh Anda lewatkan begitu saja. Nah, apakah Anda pernah mengunjungi beberapa tempat wisata di atas? Jika pernah, share pengalaman Anda ketika berkunjung ke tempat wisata tersebut di kolom komentar.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment