Bacaterus / Jalan-Jalan / Wisata Jogja / 10 Tempat Wisata di Kulon Progo yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Kulon Progo yang Wajib Dikunjungi

Dari menjelajahi semua tempat wisata di Magelang selain Candi Borobudur, kita bisa melanjutkan liburan ke Kulon Progo. Ini adalah sebuah kabupaten di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Apabila Anda memulai perjalanan dari Magelang, maka waktu yang Anda butuhkan untuk sampai ke Kulon Progo adalah 1,5 jam karena Anda akan menempuh perjalanan darat sejauh 52 KM.

Ingin tahu apa saja tempat wisata di Kulon Progo yang sangat seru dan menarik? Bacaterus sudah merangkum semua daftarnya untuk referensi Anda, lho. Mari simak ulasan selengkapnya mengenai rekomendasi tempat wisata ketika Anda berada di Kulon Progo.

10 Tempat Wisata Seru di Kulon Progo

1. Wisata Kalibiru

Jika Anda pengguna media sosial aktif, maka Anda pasti tidak akan asing dengan tempat wisata di Kulon Progo ini. Adalah Hutan Wisata Kalibiru yang merupakan destinasi ekowisata dengan latar pepohonan hijau. Salah satu spot yang sering mangkal di Instagram atau Path adalah gardu pandang yang ada di Kalibiru ini.

Cukup membayar sebesar tiga ribu rupiah saja, maka pengunjung boleh naik ke gardu pandang pohon pinus ini dari tangga. Biasanya pengunjung yang naik ke gardu pandang akan berfoto-foto ria dengan latar belakang panorama alam yang begitu mengagumkan.

2. Gunung Ijo

Gunung Ijo Tempat Wisata Di Kulon Progo

Bagi pecinta alam yang tergila-gila dengan panorama alam dari ketinggian, maka Anda wajib mengunjungi Gunung Ijo. Tempat wisata ini berada di perbatasan antara Kulon Progo – Yogyakarta dengan Purworejo – Jawa Tengah. Gunung Ijo adalah puncak tertinggi dari Perbukitan Menoreh.

Untuk sampai ke Gunung Ijo Anda harus trekking terlebih dahulu. Anda dapat memilih jalur pendek dengan jalan yang jelek atau jalur panjang tetapi jalannya cukup mulus. Sesampainya di Gunung Ijo, Anda bisa menikmati pemandangan Kota Wates, Kota Yogyakarta, Waduk Sermo, sampai dengan Pantai Parangtritis dari ketinggian 1.000 mdpl.

3. Pantai Glagah

Pantai Glagah

Sangat mudah untuk mengenai Pantai Glagah karena pantai ini memiliki batu-batu besar dan berbentuk di tepi pantai. Pantai yang berbatasan langsung dari Samudra Hindia ini hanya berjarak sekitar 15 KM dari ibu kota Kulon Progo, yaitu Wates.

Pemandangan yang ditawarkan oleh Pantai Glagah ini begitu eksotis, di mana kita bisa mendengar deburan ombak, santai sambil dibelai dengan air pantai yang semilir sampai dengan memancing. Di sekitar Pantai Glagah juga terdapat kebun Buah Naga dan Melon yang juga bisa dikunjungi oleh wisatawan.

4. Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo

Yang satu ini adalah tempat wisata di Kulon Progo yang paling cocok untuk menikmati keindahan matahari terbit dari ketinggian. Ya, Puncak Suroloyo adalah tempat di mana terdapat sebuah gardu pandang di Pegunungan Menoreh. Dari atas ketinggian 1.019 mdpl kita bisa menikmati pemandangan matahari terbit yang tidak kalah dengan pemandangan dari gunung-gunung lain yang ada di Jogja.

Melalui gardu pandang di Puncak Suroloyo ini kita bisa melihat pemandangan Gunung Merapi, Merbabu, Sumbing, dan Sindoro. Bahkan, Candi Borobudur juga bisa terlihat dari Puncak Suroloyo ini, lho. Untuk sampai kemari, pengunjung harus mendaki 290 anak tangga terlebih dahulu.

5. Puncak Widosari

Puncak Widosari

* sumber: dolandolen.com

Yang satu ini adalah tempat wisata di Kulon Progo yang lagi happening dan banyak sekali dikunjungi oleh muda-mudi. Adalah Puncak Widosari yang menawarkan pemandangan dari ketinggian sebuah gugusan di Gunung Menoreh. Tempat ini bisa menjadi spot foto yang menarik untuk Anda dan rombongan.

Puncak Widosari berada tak jauh dari Kebun Teh Nglinggo. Apabila Anda menempuh perjalanan dari Yogyakarta, Anda akan menemukan Ngargosari yang ke arah Kebun Teh Nglinggo. Setelah memasuki kawasan wisata kebun teh ada jalan bercabang dan pilih jalan yang ke arah kanan. Lanjutkan perjalanan Anda sampai menemukan tempat parkir wisata Puncak Widosari.

6. Kebun Teh Nglinggo

Suasana kebun teh yang sejuk dan tenang selalu menjadi tempat wisata yang bisa membuat Anda merasa kembali segar. Udara di sekitar kebun teh umumnya masih sangat bersih. Di Kebun Teh Nglinggo Anda tidak hanya disuguhkan dengan pemandangan hamparan kebun teh saja, tetapi juga ada hutan pinus berserta bukit-bukit hijau yang sedap dipandang.

Berjalan kaki menyusuri kebun teh lalu naik ke bukit-bukit yang ada di wilayah ini adalah sejumlah aktivitas yang bisa Anda lakukan di sini. Kebun Teh Nglinggo berlokasi di Dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo, Kec. Samigaluh, Kulon Progo.

7. Kedung Pedut

Kedung Pedut

Walaupun tidak terlalu tinggi, tetapi Kedung Pedut menjadi objek wisata air terjun yang saat ini sedang hits di Kulon Progo. Air terjun tiga tingkat ini sangat rendah. Ada jalan setapak di sebelah air terjun yang bisa kita lalui untuk naik ke puncak air terjun ini.

Selain itu, daya tarik dari Kedung Pedut adalah airnya yang berwarna biru dan sangat jernih. Bahkan, karena air di sini sangat jernih banyak para traveler yang berenang di sini dan mengambil foto underwater. Lokasi Kedung Pedut ada di Desa Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kulon Progo.

8. Waduk Sermo

Waduk Sermo

Meskipun hanya danau buatan, tapi tempat wisata di Kulon Progo ini selalu menjadi destinasi wisata favorit bagi masyarakat setempat. Waduk Sermo memiliki panorama yang nampak seperti telaga alami. Perbukitan Menoreh menjadi latar belakang Waduk Sermo ini.

Aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung di sini adalah menyewa perahu untuk berkeliling waduk atau memancing ikan. Jenis ikan yang paling sering didapat di sini adalah Ikan “Setan Merah” yang memang merupakan spesies utama yang menghuni waduk ini. Ingin berwisata di Waduk Sermo? Datang saja ke Dusun Sermo, Desa Hargowilis, Kec. Kokap, Kulon Progo.

9. Waduk Mini Kleco

Dinamakan Waduk Mini Kleco karena ukurannya memang lebih kecil dibanding Waduk Sermo. Namun, ada yang spesial dari waduk yang terletak di salah satu puncak kawasan perbukitan Menoreh ini. Ya, Waduk Mini Kleco menawarkan pemandangan Kulon Progo dari ketinggian. Dari sekitar waduk kita bisa menikmati pemandangan kawasan wisata Kulon Progo yang asri dan menyegarkan mata.

Waduk seluas 20 hektar ini mampu menampung air hingga 8.500 meter kubik. Air yang menggenangi waduk buatan ini nampak sangat hijau dan bersih. Belum lagi udara di sekitar waduk memang sangat menyegarkan. Kawasan wisata Waduk Mini Kleco ini sangat cocok untuk Anda yang ingin refreshing dari hiruk pikuk kota.

10. Pantai Congot

Pantai Congot

* sumber: piknikasik.com

Tak banyak yang mengetahui bahwa di sebelah selatan Kulon Progo terdapat sebuah pantai pasir hitam yang sangat eksotis, yaitu Pantai Congot. Pantai ini tidak terlalu ramai pengunjung, sehingga kesannya pun terasa lebih privat. Pemandangan di sini tidak kalah menarik dengan Pantai Glagah yang sudah diketahui banyak wisatawan.

Pantai Congot merupakan muara dari Sungai Bogowonto. Usai bermain-main di pantai Anda bisa menuju ke sebelah barat kawasan pantai untuk mengunjungi Hutan Mangrove Kulon Progo. Jadi, ketika Anda memutuskan untuk berlibur kemari maka Anda bisa langsung berwisata ke dua tempat berbeda sekaligus.

10 tempat wisata di Kulon Progo ini menanti untuk Anda kunjungi, lho. Punya rekomendasi tempat wisata menarik lainnya di Kulon Progo? Yuk, berbagi dengan kami melalui kolom komentar di bawah ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment