Bacaterus / Jalan-Jalan / Wisata Dunia / 10 Tempat Wisata di India yang Sangat Menarik Bagi Wisatawan

10 Tempat Wisata di India yang Sangat Menarik Bagi Wisatawan

Ditulis oleh - Diperbaharui 3 Oktober 2018

India merupakan negara yang serba unik, baik budayanya, makanannya, sampai dengan tempat wisatanya. Negara dengan jumlah populasi terbanyak kedua di Asia ini sebenarnya memiliki beragam tempat wisata yang menarik. Hanya saja popularitas wisata di negara ini kalah dengan sejumlah negara lain di Asia, seperti Jepang, Hong Kong, dan Korea Selatan.

Bagi Anda yang menyukai wisata ke tempat-tempat anti-mainstream, Anda boleh merencanakan kunjungan ke India. Bacaterus akan melengkapi itinerary Anda dengan memberikan informasi mengenai 10 tempat wisata di India yang paling menarik bagi wisatawan.

10 Tempat Wisata di India

1. Taj Mahal

Taj Mahal Tempat Wisata di India

Belum ke India kalau Anda belum berkunjung ke tempat wisata paling terkenal di negara tersebut, yakni Taj Mahal. Landmark negara India ini merupakan salah satu keajaiban dunia. Bangunan yang mewah dan sarat akan sejarah ini merupakan bukti cinta dari Kaisar Mughal Shah Jahan kepada istrinya yang meninggal ketika bersalin.

Taj Mahal memiliki arsitektur seperti masjid, tetapi bukan masjid. Bangunan yang didominasi dengan warna putih ini memiliki tiga kubah dan beberapa menara yang berdiri di sekitarnya. Konon, bangunan iconic ini dibangun oleh 20 ribu pekerja selama 22 tahun. Sayang sekali jika Anda tidak berkunjung ke Taj Mahal ketika berada di India.

2. Hawa Mahal

Hawa Mahal

Tempat wisata di India ini juga terkenal di kalangan wisatawan asing, letaknya di Jaipur. Bangunan ini berfungsi sebagai istana, monumen, dan observatorium. Banyaknya jendela yang terdapat pada bangunan megah ini membuatnya dapat julukan “Palace of Winds” karena di dalamnya pasti adem berkat angin yang berhembus dari jendela-jendelanya.

Hawa Mahal dibangun pada tahun 1799 oleh Maharaja Sawai Pratap Singh. Ada yang mengatakan jika Anda ingin melihat bangunan ini dengan pesona yang sangat indah, maka datanglah kemari di pagi hari ketika matahari mulai terbit.

3. Amer Fort

Amer Fort

Hampir semua tempat wisata di India mengingatkan kita tentang negeri dongeng. Kali ini, Bacaterus ingin mengajak Anda berjalan-jalan di seputar Jaipur. Di sini ada sebuah benteng yang sangat memesona, yakni Amer Fort. Tak seperti benteng yang biasa terkesan angker, Amer Fort menawarkan keindahan yang hakiki.

Benteng yang dibangun oleh Raja Man Singh ini mempunyai taman yang indah, candi yang berfungsi sebagai tempat ibadah, pintu masuk yang terlihat megah, dan arsitektur yang sangat menawan. Belum lagi pemandangan pegunungan di sekitar benteng ini juga menjadi nilai tambah tersendiri untuk diabadikan dalam frame kamera Anda.

4. Agra Fort

Agra Fort

Ada Aber Fort, ada juga Agra Fort. Benteng yang satu ini juga tidak kalah menarik untuk dikunjungi Arsitektur dan interior Agra Fort juga membuatnya terlihat tidak seperti benteng, maklum saja pada tahun 1650 benteng yang sudah berdiri tahun 1565 ini diubah menjadi istana yang sangat mewah. Meskipun usianya sudah ribuan tahun, benteng ini tetap terlihat kokoh dan terawat.

Memasuki bagian dalam Agra Fort, Anda akan merasa berada di istana Aladdin. Interior dinding, langit-langit, bahkan lantai tempat ini benar-benar memukau. Anda akan menemukan banyak spot foto menarik di Agra Fort ini. UNESCO juga telah mengakui Agra Fort sebagai situs warisan dunia yang harus dilestarikan.

5. Mecca Masjid

Mecca Masjid

Bertempat di Hyderabab, Mecca Masjid merupakan masjid terbesar di dunia dan juga yang tertua di India. Sempatkan diri untuk shalat di dalam masjid yang sangat terkenal ini. Masjid ini dibangun pada tahun 1614 oleh Mohammed Quli Qutub Shah. Butuh waktu 80 tahun untuk menyelesaikan masjid dengan kapasitas 10 ribu orang ini.

Mecca Masjid memiliki 15 besar lengkungan dan pilar yang terbuat dari lembaran tunggal granit hitam. Di pelataran masjid biasanya banyak burung-burung merpati yang singgah dan beterbangan. Anda pasti tidak ingin melewatkan kesempatan untuk bisa menunaikan ibadah shalat di masjid yang benar-benar berserjarah ini, bukan?

6. Mehrangarh

Mehrangarh

India ternyata memiliki beberapa benteng yang sangat megah dan terkenal, salah satunya adalah Mehrangarh atau Mehran Fort yang lokasinya berada di Jodhpur, Rajasthan. Mehrangarh adalah benteng terbesar di dunia yang dibangun oleh Rao Jodha pada tahun 1460.

Jika dilihat dari kejauhan, Mehrangarh terlihat tampak sangat megah dan menyerupai kastil negeri dongeng. Tak heran jika benteng ini juga kerap kali dijadikan lokasi syuting film. Pasalnya, setiap sudut benteng bisa menjadi spot yang menarik untuk syuting atau diabadikan di lensa kamera wisatawan.

Mehrangarh memiliki kolam dengan air berwarna hijau dan jernih. Benteng yang terletak di ketinggian 400 meter di atas permukaan laut ini benar-benar sangat indah dan selalu dijadikan jujugan wajib bagi para wisatawan yang datang ke India.

7. Akshardham

Akshardham

Anda akan dibuat takjub sekali lagi dengan keindahan tempat wisata di India jika Anda berkunjung ke Akshardham. Bangunan yang sangat megah dan unik ini merupakan komplek kuil Hindu yang sakral. Relief-relief pada dinding dan pilar bangunan ini memberikan kesan cantik yang menarik perhatian para wisatawan.

Kuil ini lebih mirip istana yang megah. Apalagi taman yang berada di sekitar kuil juga dirawat dengan sangat baik sehingga menambah nilai plus Akshardham di mata para wisatawan. Di malam hari, lampu-lampu yang menyorot bangunan kuil ini akan memberikan kesan dramatis tersendiri yang membuat Akshardham terlihat lebih memesona.

8. Harmandir Sahib

Harmandir Sahib

Harmandir Sahib memang cocok disebut Golden Temple. Kuil yang dibangun pada tahun 1577 ini memang didominasi dengan warna emas. Pura yang mulai dibuka pada tahun 1604 ini memadukan arsitektur Islam dan Hindu sehingga menjadi salah satu bangunan yang unik dan memesona.

Mengingat Harmandir Sahib dibangun di atas kolam suci, maka jika Anda berkunjung kemari di malam hari, Anda akan melihat pantulan lampu-lampu kuil ini di kolam tersebut. Kunjungi Harmandir Sahib di malam hari agar Anda bisa melihat kuil ini dihiasi dengan lampu-lampu yang membuatnya tampak semakin megah dan dramatis.

9. Shimla

Shimla

Berada di India Utara, Shimla adalah tempat wisata di India yang wajib dikunjungi jika Anda ingin berwisata salju. Ya, kota yang berada di atas ketinggi 2.000 di atas permukaan laut ini “kebagian” musim salju. Bahkan, di sini memiliki musim seperti di Eropa, yakni musim salju, semi, gugur, dan panas.

Pastikan Anda mengunjungi Shimla di musim salju agar Anda bisa menikmati wisata dan pemandangan yang menakjubkan. Di kota kecil ini juga terdapat tiga kawasan non-vehicle, yakni The Ridge, The Mall, dan Scandal Point. Kebijakan pemerintahan setempat ini membuat Shimla menjadi kota yang bebas polusi.

10. Ladakh

Ladakh

Salah satu tempat tertinggi di dunia ini berada di wilayah Pegunungan Himalaya. Anda tidak boleh melewatkan kunjungan ke Ladakh yang mendapat julukan sebagai “Little Tibet” ini. Ladakh sendiri terdiri dari padang pasir yang luas yang dikelilingi oleh pegunungan.

Sayangnya, tempat seeksotis ini kurang begitu terekspos. Alhasil, Ladakh masih terlihat sebagai wilayah yang suci dan sakral. Apalagi di sini juga banyak biara-biara Budha. Tertarik untuk mengunjungi tempat wisata yang anti-mainstream ini?

Itulah 10 tempat wisata di India yang sangat menarik untuk dikunjungi. Mulailah perjalanan Anda ke India maka Anda akan jatuh cinta dengan negara yang sangat unik dan sarat akan budaya tersebut. Jangan lewatkan juga 10 makanan khas India jika Anda berlibur ke sana.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment