Bacaterus / Jalan-Jalan / Wisata Jawa Barat / 10 Tempat Wisata di Cirebon yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Cirebon yang Wajib Dikunjungi

Hampir setiap wilayah di Jawa Barat memiliki tempat wisata unik yang wajib Anda kunjungi. Beberapa waktu lalu Bacaterus sempat memberi ulasan mengenai tempat wisata di Kuningan. Dari Kuningan Anda bisa melanjutkan rekreasi Anda ke Cirebon. Pasalnya, jarak antara Kuningan dan Cirebon hanya sekitar 35 KM atau bisa ditempuh dalam waktu 1 jam berkendara.

Butuh informasi mengenai tempat wisata di Cirebon untuk berekreasi? Bacaterus akan memberikan beberapa pilihan tempat wisata yang bisa Anda kunjungi kala sedang berada di Cirebon. Penasaran? Mari langsung saja kita simak tempat wisata Cirebon yang direkomendasikan Bacaterus ini.

10 Tempat Wisata Di Cirebon

1. Taman Ade Irma Suryani Nasution

Adakah tempat wisata di Cirebon yang edukatif sehingga si kecil bisa berekreasi sambil belajar di sana? Ada, ajak buah hati Anda untuk berkunjung ke Taman Ade Irma Suryani Nasution. Di sini, kita bisa menemukan kebun binatang mini dan tempat bermain anak.

Daya tarik dari taman ini tidak hanya sampai di situ saja.  Di sini, Anda juga bisa menemukan tempat bermain air yang cukup megah dan beberapa spot kuliner. Taman Ade Irma Suryani Nasution adalah pilihan tempat wisata yang murah dan letaknya strategis karena cukup mudah dijangkau.

2. Pantai Kejawanan

Pantai Kejawanan Tempat Wisata Di Cirebon

Dari Taman Ade Irma Suryani Nasution, Anda bisa langsung mampir ke Pantai Kejawanan. Lokasi pantai ini sangat dekat dengan taman tersebut dan Pelabuhan Cirebon. Meskipun pantai ini tidak secantik pantai-pantai yang ada di Lombok atau Papua, tetapi Pantai Kejawanan tetap menjadi objek wisata favorit bagi masyarakat setempat.

Pantai Kejawanan lebih ramai dikunjungi masyarakat pada sore hari menjelang sunset dan akhir pekan. Wisatawan juga dapat menyewa perahu karet untuk berkeliling di sekitar pantai.

3. Situ Sedong

Situ Sedong

Waduk atau danau buatan yang satu ini memang sangat bermanfaat bagi penduduk sekitar. Situ Sedong dibuat untuk menampung air hujan dan air sungai sehingga dapat dimanfaatkan untuk pengairan pertanian penduduk. Namun, di satu sisi Situ Sedong juga dikelola menjadi tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Pemandangan di waduk ini nampak sangat asri dengan air yang tenang. Di waduk ini juga banyak disewakan sepeda air yang bisa dipakai oleh wisatawan yang ingin berkeliling Situ Sedong. Kunjungi waduk ini pada sore hari karena Anda bisa berkeliling waduk tanpa terpapar sinar matahari yang terik.

4. Keraton Kasepuhan

Keraton Kasepuhan

Salah satu tempat wisata di Cirebon yang menjadi favorit bagi wisatawan dari luar Kota Cirebon adalah Keraton Kasepuhan. Keraton megah yang didominasi dengan warna putih ini dibangun pada tahun 1529 oleh Pangeran Mas Mochammad Arifin II, yang merupakan cicit Sunan Gunung Jati.

Ketika tiba di sini, Anda akan disambut dengan dua patung macan putih dan gerbang yang menyerupai pura di Bali. Bangunan keraton ini memang memadukan budaya Jawa, Sunda, Cina, India, Bali, Arab, dan Eropa. Di dalam Keraton Kasepuhan Anda bisa melihat benda-benda peninggalan sultan. Ada juga Kereta Singa yang hanya dikeluarkan setiap tanggal 1 Syawal Hijriyah untuk dimandikan.

5. Wanawisata Ciwaringin

Ingin berekreasi ke satu tempat wisata yang menawarkan banyak aktivitas yang seru dan menyenangkan? Datang saja ke Wanawisata Ciwaringin yang terletak di Desa Ciwaringin. Lokasi wisata ini didominasi dengan pohon-pohon yang rindang, bahkan Anda bisa menemukan pohon kayu putih di sini.

Tak cukup sampai di situ, di Wanawisata Ciwaringin adapula Danau Ciranca yang bisa dikelilingi dengan menggunakan sepeda air. Jika suka memancing, Anda juga dapat memancing di danau ini. Wanawisata Ciwaringin adalah satu tempat wisata yang menawarkan beragam aktivitas menarik untuk berekreasi.

6. Desa Wisata Cikalahang

Anda memiliki hobi memancing? Desa Wisata Cikalahang bisa menjadi destinasi wisata yang tepat bagi Anda. Tempat wisata ini menyediakan kolam pemancingan khusus untuk pengunjung. Jika Anda mendapat ikan, maka Anda bisa meminta pengelola tempat wisata di sini untuk mengolah ikan tersebut menjadi hidangan yang lezat.

Tidak ingin repot memancing ikan? Tak masalah karena Anda bisa langsung memesan ikan di restoran yang ada di Desa Wisata Cikalahang ini. Suasana yang asri khas pedesaan akan membuat Anda semakin betah menikmati kuliner lezat di Desa Wisata Cikalahang ini.

7. Keraton Kanoman

Keraton Kanoman

Hanya berjarak sekitar 600 meter Keraton Kasepuhan ada sebuah keraton yang juga wajib Anda singgahi ketika berada di Cirebon. Adalah Keraton Kanoman yang dibangun pada tahun 1588 oleh Sultan Badaruddin. Keraton ini memiliki museum yang menyimpan barang-barang peninggalan yang bersejarah, seperti piring-piring antik dari Eropa yang menjadi koleksi sang sultan pada zaman dahulu.

Keraton Kanoman juga masih ditinggali oleh keturunan ke-12 kesultanan, yaitu Raja Muhammad Emiruddin berserta dengan keluarganya. Nah, apakah Anda berminat untuk berwisata sejarah ke Keraton Kanoman ini?

8. Taman Sari Gua Sunyaragi

Taman Sari Gua Sunyaragi

Cagar budaya yang satu ini merupakan tempat wisata di Cirebon yang menempati lahan seluas 1,5 hektar. Situs peninggalan bersejarah ini dibangun pada tahun 1703 oleh Pangeran Kararangen atau yang juga dikenal dengan nama Pangeran Arya Carbon. Dahulu, kompleks Taman Sari Gua Sunyaragi ini adalah tempat yang dipakai untuk bermeditasi atau bertapa.

Di kompleks ini terdapat dua bangunan utama, yakni pesanggrahan dan gua. Satu hal yang membuat tempat ini unik adalah keberadaan gua yang sekilas mirip dengan candi. Di bagian dalam gua terdapat banyak lorong sehingga bentuknya lebih menyerupai labirin. Untuk masuk ke dalam kompleks wisata Taman Sari Gua Sunyaragi Anda hanya perlu membayar karcis masuk senilai 10 ribu rupiah.

9. Wisata Banyu Panas Palimanan

Wisata Banyu Panas Palimanan

Tak ada yang lebih menyenangkan dari rekreasi sambil bersantai dan berendam di dalam kolam air panas. Selain pegal dan capek hilang, segala jenis penyakit kulit juga bisa hilang dengan berendam di air panas. Wisata Banyu Panas Palimanan adalah kolam pemandian air panas yang tidak boleh Anda lewatkan ketika berkunjung ke Cirebon.

Sumber air panas di kolam ini diklaim mengandung belerang sehingga dapat mengatasi berbagai macam penyakit kulit. Tertarik untuk datang ke Wisata Banyu Panas Palimanan? Anda hanya perlu berkendara selama 30 menit dari pusat Kota Cirebon untuk sampai ke tempat ini.

10. Kampung Batik Trusmi

Kampung Batik Trusmi

Wisata tak harus mengunjungi objek wisata alam. Anda juga bisa sesekali berekreasi dengan melakukan wisata belanja. Di Cirebon, tempat yang paling cocok untuk berwisata belanja adalah Kampung Batik Trusmi.

Di tempat ini, Anda bisa berbelanja batik khas Cirebon dengan harga yang terjangkau. Koleksi pakaian batik di Kampung Batik Trusmi sangat mengikuti perkembangan mode. Jadi, Anda bisa memuaskan hasrat belanja sekaligus membeli oleh-oleh khas Cirebon di Kampung Batik Trusmi.

Tempat Wisata di Cirebon Lainnya

Belum puas mengelilingi kota yang ada di ujung timur Jawa Barat ini? Tenang saja, Bacaterus masih punya rekomendasi tempat wisata lainnya yang bisa Anda kunjungi di Cirebon. Berikut daftar lengkapnya:

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment