Bacaterus / Jalan-Jalan / Wisata Jawa Tengah / 10 Tempat Wisata Anak di Semarang yang Bikin Si Kecil Senang

10 Tempat Wisata Anak di Semarang yang Bikin Si Kecil Senang

Ditulis oleh

Mau mengajak si kecil berlibur ke tempat wisata alam di Semarang? Eits, nanti dulu! Pasalnya, tidak semua tempat wisata “ramah” bagi si kecil. Ada beberapa jenis tempat wisata yang tidak “ramah” kepada anak, misalnya tempat wisata yang medannya terlalu berat (seperti hidden beach atau trekking pegunungan). Sebagai orang tua, Anda harus tanggap dalam memilih tempat wisata yang cocok bagi anak-anak.

Bacaterus akan memberikan daftar 10 tempat wisata anak di Semarang yang “ramah” terhadap anak-anak dan tentunya bisa membuat si kecil senang. Tak perlu berlama-lama lagi, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

10 Tempat Wisata Anak di Semarang

1. Old City 3D Trick Art Museum

Cari tempat wisata anak di Semarang yang aman bagi buah hati Anda? Yuk, datang saja ke Old City 3D Trick Art Museum. Ini merupakan museum yang menipu mata. Ada ratusan foto 3D yang nampak seperti nyata. Pengunjung bebas berfoto di setiap foto yang ada di dalam museum ini.

Tidak hanya sampai di situ, tempat ini juga menyediakan beberapa wahana, seperti Omah Kwalik yang merupakan ruangan dengan properti asli (seperti kulkas, perabot, mesin cuci, dll) yang memang dipasang terbalik.

Ada juga wahana Ames Room yang membuat tubuh kita menjadi seperti raksasa dan seorang lainnya lagi nampak bertubuh super mini saat difoto. Old City 3D Trick Art Museum berada di Jalan Letjen Suprapto No. 26, Tanjungmas.

2. Wonderia

Wonderia

Wonderia adalah taman rekreasi yang menyediakan wahana permainan yang cukup lengkap. Bukan cuma wahana permainan darat saja, Wonderia juga memiliki taman bermain air yang cukup besar. Si kecil pasti suka berada di sini.

Adapun wahana permainan yang terdapat di taman wisata ini adalah Merry Go Round, Typhoon Coaster, Boom Boom Car, Kiddy Boat, Super Rally, dan masih banyak lagi. Wonderia membuka wahana permainan daratnya hingga malam. Kunjungi Wonderia di Jalan Sriwijaya No. 29, Candisari.

3. Kampung Pelangi

Siapa sangka sebuah perkampungan yang dulunya kumuh dan tidak dipandang sebelah mata kini disulap menjadi sebuah kampung warna-warni yang menarik dipakai untuk berfoto? Adalah Kampung Pelangi yang merupakan sebuah perkampungan di Semarang yang di mana rumah-rumah warganya dicat dengan warna-warna yang berbeda sehingga tampak seperti pelangi.

Kepopuleran Kampung Pelangi menjadi sorotan dunia. Bahkan, banyak sekali wisatawan dari luar Kota Semarang yang mampir kemari untuk sekedar berfoto. Ajaklah buah hati Anda kemari untuk berjalan-jalan dan sekedar berfoto. Dijamin, buah hati Anda akan sangat antusias melihat rumah-rumah dengan warna-warni yang semarak.

4. Puri Maerokoco

Tempat wisata anak di Semarang tidak hanya berupa taman wisata saja, lho. Ternyata ada sebuah tempat wisata edukasi yang harus Anda kunjungi bersama si kecil, yakni Puri Maerokoco. Banyak yang mengatakan bahwa Puri Maerokoco adalah Taman Mini-nya Kota Semarang.

Meskipun lahannya tidak sebesar Taman Mini Indonesia Indah yang berada di Jakarta, tapi di sini sudah ada anjungan rumah adat dari 35 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah. Tak hanya melihat-lihat rumah adat saja, di Puri Maerokoco kita juga bisa bermain sepeda air atau naik perahu. Objek wisata edukasi ini berada di Jalan Yos Sudarso, tepatnya sekitar 5 KM dari Tugu Muda.

5. Taman Kelinci

Satu lagi tempat wisata di Semarang yang pasti akan sangat disukai oleh anak-anak, yaitu Taman Kelinci. Ini merupakan tempat wisata terpadu di mana ada berbagai kegiatan yang bisa dilakukan oleh anak-anak. Ada kolam renang dengan perosotan yang cukup lengkap, lalu ada juga area outbound bagi anak-anak yang suka dengan permainan outbound yang cukup menantang.

Bagi anak yang tidak suka berenang, Taman Kelinci juga memiliki area playground. Kita juga bisa menyewa kuda untuk ditumpangi oleh si kecil. Lokasi Taman Kelinci berada di Jalan Raya Muncul, 11 Ds. Kalibeji, Kec. Tuntang.

6. Umbul Sidomukti

Pondok Wisata Umbul Sidomukti

Apakah Anda sedang mencari tempat wisata yang cocok untuk anak maupun orang dewasa? Umbul Sidomukti adalah pilihan yang cocok untuk Anda dan si kecil. Ini merupakan tempat wisata alam dengan panorama yang sangat indah.

Terdapat sebuah kolam renang infinity yang berada di lereng gunung dengan ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Dari kolam renang tersebut kita dapat menikmati pemandangan perbukitan hijau dengan udara sejuk khas pegunungan.

Di sekitar Umbul Sidomukti juga terdapat area outbound, sehingga si kecil bisa menjajal berbagai permainan outbound seperti flying fox, ATV, rappeling, dan marine bridge.

7. Kampung Wisata Taman Lele

Kampung Wisata Taman Lele

Sebuah tempat wisata anak di Semarang yang satu ini memang sangat cocok dijadikan sebagai tempat rekreasi keluarga. Kampung Wisata Taman Lele ini menyediakan berbagai hiburan yang cukup lengkap. Terdapat kebun binatang mini dengan koleksi satwa yang terbilang cukup banyak.

Selain itu, Kampung Wisata Taman Lele memiliki danau buatan di mana Anda dapat mengajak si kecil naik bebek-bebekan sambil mengitari danau tersebut. Puas bermain, Anda bisa langsung menyewa penginapan yang masih berada di kawasan tempat wisata ini. Kunjungi Kampung Wisata Taman Lele di Jalan Siliwangi, Tambakaji.

8. Eling Bening

Ingin refreshing dan menjauh dari hiruk pikuk kepadatan kota? Ajak buah hati Anda untuk berlibur di Eling Bening. Tempat ini memang bukan tempat wisata khusus anak-anak, tapi setidaknya si kecil bisa menikmati berbagai fasilitas yang ada di Eling Bening.

Selain menawarkan pemandangan alam yang mengagumkan, Eling Bening turut memberikan berbagai fasilitas yang pasti disukai anak-anak, seperti area playground, kolam tangkap ikan, kolam renang infinity dan area bermain outbound. Eling Beni berlokasi di Jalan Sarjono, Ambarawa, Kab. Semarang.

9. Taman Margasatwa Semarang

Kebun binatang adalah tempat yang paling “ramah” anak. Ketika berada di Semarang, kunjungi Taman Margasatwa Semarang bersama si kecil. Tentu saja di tempat ini si kecil antusias melihat berbagai macam satwa yang mungkin selama ini hanya pernah ia lihat di TV atau komputer.

Menariknya, di sini adalah fasilitas berkeliling sambil naik gajah untuk anak-anak. Bahkan, Anda dan si kecil bisa naik sepeda air mengelilingi danau buatan yang ada di tempat ini.

10. Cimory on the Valley

Ternyata Cimory on the Valley tidak hanya ada di kawasan Puncak Bogor! Di Semarang telah dibuka Cimory on the Valley, salah satu cabang restoran dan milk factory dari produk yogurt terkenal di Indonesia itu. Tentu saja di sini kita bisa menikmati berbagai makanan dan minuman olahan dari produk Cimory.

Di samping itu, si kecil juga dapat melihat sapi-sapi perah dan ada arena playground juga di sini. Penasaran dengan tempatnya? Langsung saja berkunjung ke Cimory on the Valley di Jalan Raya Soekarno Hatta KM 30, Jatijajar, Bergas.

Yuk, bawa buah hati Anda untuk berlibur ke 10 tempat wisata anak di Semarang ini! Si kecil pasti sangat antusias bila diajak berwisata ke tempat yang tidak membosankan untuknya.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment