Bacaterus / Jalan-Jalan / Wisata Jakarta / Yuk, Ajak Si Kecil ke 10 Tempat Wisata Anak di Jakarta Ini!

Yuk, Ajak Si Kecil ke 10 Tempat Wisata Anak di Jakarta Ini!

Sudah ada rencana untuk mengisi liburan si kecil? Jangan sampai si kecil hanya berdiam diri di rumah. Sempatkan diri untuk menemani anak jalan-jalan saat mereka liburan. Ada sejumlah tempat bermain anak di Jakarta yang bisa Anda kunjungi, tetapi ada juga beragam tempat wisata anak di Jakarta yang sayang bila dilewatkan begitu saja.

Tidak tahu harus ke mana saat mengajak anak liburan? Berikut ini Bacaterus akan memberikan 10 tempat wisata anak yang wajib di kunjungi di Jakarta. Jadi, selain membawa si kecil ke tempat bermain, bawalah ia ke tempat-tempat keren ini.

10 Tempat Wisata Anak di Jakarta

1. Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah

Tempat wisata anak di Jakarta yang sarat nilai-nilai edukasi dan budaya ini memang pantas berada di urutan pertama. Di tempat ini, si kecil dapat mengenal berbagai suku, agama, dan budaya di Indonesia.

Wahana permainan di Taman Mini Indonesia Indah juga sudah disesuaikan agar cocok untuk anak-anak. Di tempat wisata seluas 150 hektar ini kita bisa menemukan 15 museum, 10 taman, teater. Pokoknya, buah hati Anda tidak akan bosan ketika berada di Taman Mini Indonesia Indah.

2. Sea World Ancol

Sea World Ancol

Kenalkan buah hati Anda pada kehidupan di bawah laut. Namun, Anda tidak perlu mengajak anak menyelam langsung ke dalam laut. Di Sea World Ancol, anak-anak dapat menikmati pemandangan yang serupa dengan panorama bawah laut.

Mereka pun dapat belajar mengenai jenis-jenis mahluk hidup yang berada di laut. Melalui akuarium yang dibentuk seperti terowongan ini, si kecil bisa melihat hewan-hewan laut secara lebih jelas. Pada waktu tertentu ada juga aksi pawang memberikan makan untuk hiu atau sekedar bermain dengan lumba-lumba yang ternyata sudah jinak.

3. Planetarium Taman Ismail Marzuki

Planetarium

Siapa bilang belajar mengenai ilmu astronomi itu membosankan? Di Planetarium Taman Ismail Marzuki ini, anak-anak dapat belajar mengenai benda-benda langit dengan cara yang asyik. Di dalam kubah yang nanti lampunya akan dipadamkan kita dapat melihat gugusan bintang dan planet-planet yang ada di tata surya.

Jadi, ketika memasuki kubah di Planetarium ini kita memang serasa seperti berada di dalam gedung bioskop. Di kawasan Planetarium ini juga ada teater yang menampilkan berbagai jenis kesenian, sampai dengan bioskop yang memang memutar film-film terbaru.

4. Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan

Liburan murah tapi menyenangkan bagi anak-anak, apakah ada? Tentu saja ada, Kebun Binatang Ragunan ini adalah salah satu contohnya. Kebun binatang memang merupakan tempat wisata wajib jika kita membawa anak-anak. Di kebun yang berdiri di atas lahan seluas 147 hektar itu ada 2.000 satwa dan sekitar 50 ribu pohon untuk membuat suasana kebun binatang ini lebih asri dan sejuk.

Tak hanya itu saja, Kebun Binatang Ragunan juga menyediakan berbagai wahana permainan yang pastinya akan membuat anak-anak betah di tempat ini. Selain itu, anak-anak juga bisa menunggangi satwa, seperti unta, gajah, atau kuda.

5. Waterbom Jakarta

Waterbom Jakarta Tempat Wisata Anak di Jakarta

Anak-anak pasti suka bermain di taman bermain air. Oleh karena itu, ajak mereka untuk berkunjung ke Waterbom Jakarta. Taman rekreasi air di Jakarta Utara ini menawarkan berbagai jenis papan seluncur yang menguji adrenalin.

Namun, Anda tak perlu khawatir karena setiap wahana yang ada di Waterbom Jakarta ini bisa disesuaikan dengan usia si kecil. Selain aneka papan seluncur yang menguji adrenalin, Waterbom Jakarta juga menyediakan permainan lain yang lebih aman untuk anak-anak.

6. Dunia Fantasi

Dunia Fantasi

Dunia Fantasi atau yang akrab dikenal sebagai DuFan ini merupakan tempat wisata anak di Jakarta yang tak lekang oleh waktu. Meskipun sudah ada semenjak puluhan tahun yang lalu, DuFan tetap menjadi destinasi wisata yang menari bagi anak-anak. Berbagai wahana permainan yang seru dan mengasyikkan bisa Anda temukan di DuFan.

Dari waktu ke waktu, DuFan terus menambah wahana permainannya satu persatu untuk memanjakan pengunjung yang datang kemari. Lokasi DuFan ini sangat dekat dengan Sea World. Anda bisa mampir ke DuFan setelah mengajak anak-anak ke Sea World atau sebaliknya juga bisa.

7. Atlantis Water Adventure

Atlantis Water Adventure

Satu lagi taman rekreasi air yang pasti akan disukai oleh si kecil, yakni Atlantis Water Adventure. Taman bermain ini berada satu komplek dengan Dunia Fantasi dan Sea World Ancol. Berbagai permainan tersedia di tempat ini. Kisaran jumlah permainan di Atlantis Water World mencapai 13 permainan dan 8 jenis kolam yang siap menghibur anak-anak Anda.

Bagi anak-anak yang masih balita, ada Kiddy Pool yang lebih aman untuk mereka. Bahkan, Atlantis Water Adventure juga memiliki Highest longest slide yang merupakan papan seluncur dengan panjang sekitar 129 dan 149 meter.

8. Kidzania

Kidzania

Berbicara mengenai tempat wisata anak di Jakarta, tentu saja Anda tidak akan melewatkan Kidzania. Di tempat ini, Anda dapat menggali cita-cita si kecil melalui tempat bermain anak yang didesain menyerupai seperti kota pada umumnya. Ada beragam profesi yang bisa dipilih anak sesuai dengan minatnya, mulai dari dokter, polisi, chef, pemadam kebakaran, dan masih banyak lagi.

Tak hanya sekedar memilih profesi saja, anak-anak juga bisa mempraktekkan langsung pekerjaan yang harus dilakukan oleh profesi yang dipilih. Tempat bermain yang sangat edukatif ini wajib Anda kunjungi bersama si kecil. Lokasi Kidzania ada di Pacific Place, Jakarta Selatan.

9. Setu Babakan

Setu Babakan

Kawasan cagar budaya yang satu ini sangat recommended untuk dikunjungi bersama anak. Danau di Setu Babakan ini memiliki beberapa permainan, salah satunya adalah sepeda air. Anak-anak tentu akan sangat antusias mencoba permainan ini. Di Setu Babakan, kita juga bisa mengenal lebih dalam seputar kebudayaan Betawi.

Bila sedang beruntung, Anda dapat menyaksikan pertunjukan kebudayaan Betawi kala berkunjung kemari. Usai bermain-main di Setu Babakan, akhiri wisata Anda dengan mencicipi kuliner khas Betawi yang banyak dijual di sini, mulai dari kerak telor, kue apem, hingga Soto Betawi.

10. Kandank Jurank Doank

Kandank Jurank Doank

Kandank Jurank Doank adalah sekolah alam yang didirikan oleh artis bernama Dik Doank. Sekolah ini ditujukan untuk anak-anak yang tidak mampu yang tinggal di sekitar tempat ini. Seiring berjalannya waktu, Kandank Jurank Doank dibuka sebagai tempat wisata edukatif untuk umum.

Pengunjung yang didominasi oleh anak-anak boleh mencoba berbagai permainan yang ada di sini. Semua permainan di tempat ini membuat anak berada lebih dekat dengan alam. Ada juga permainan sejenis jembatan gantung dan flying fox di tempat ini.

Bila libur telah tiba, jangan lupa untuk mengajak si kecil berkunjung ke tempat wisata anak di Jakarta ini. Jika Anda ingin menambahkan tempat wisata anak lainnya yang ada di ibukota, silakan tinggalkan rekomendasi Anda di kolom komentar yang tersedia di bawah ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Referensi dan Sumber Gambar :

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment