Bacaterus / Jalan-Jalan / Wisata Indonesia / Ajak Si Kecil ke 10 Tempat Wisata Anak di Bali yang Seru Ini!

Ajak Si Kecil ke 10 Tempat Wisata Anak di Bali yang Seru Ini!

Bali bukan sekedar tempat honeymoon yang romantis, lho. Sejatinya, Pulau Dewata ini bisa dikunjungi oleh segala usia, termasuk anak-anak. Namun, sering kali orang tua merasa bingung hendak mengajak si kecil jalan-jalan ke mana ketika berada di Bali. Padahal, ada begitu banyak tempat wisata anak di Bali yang sayang bila dilewatkan begitu saja.

Nah, jika Anda ingin si kecil menikmati liburannya di Bali, ajak ke 10 tempat wisata anak yang Bacaterus rekomendasikan berikut ini. Biarkan si kecil mengunjungi tempat-tempat yang sesuai dengan usianya agar ia lebih menikmati liburannya kali ini.

10 Tempat Wisata Anak di Bali

1. Waterbom Bali

Waterbom Bali Tempat Wisata Anak di Bali

Di antara banyaknya tempat wisata anak di Bali, Waterbom Bali mungkin adalah satu yang paling favorit. Taman bermain air ini memang tidak hanya dikunjungi oleh anak-anak saja, tetapi muda-mudi dan orang dewasa pun nampak menikmati waktu bermain di Waterbom Bali ini.

Wisata bermain air ini menempati tanah seluas 3,8 hektar. Ada 9 wahana permainan di sini, seperti Pipeline, Super Bowl, Boogie Ride, Boomerang, Lazy River, dll. Lokasi Waterbom Bali ada di Jalan Kartika Plaza, Tuban.

2. Bali Safari & Marine Park

Bali Safari & Marine Park

Anak-anak tentu suka pergi ke kebun binatang. Nah, saat berada di Bali tak ada salahnya jika Anda mengajak si kecil ke Bali Safari & Marine Park. Di sini, buah hati Anda akan memperoleh pengalaman melihat langsung satwa liar dari dalam kendaraan. Ada sekitar 60 spesies satwa dari Indonesia, India, dan Afrika di kebun binatang ini.

Anak-anak pasti antusias melihat aneka satwa yang belum pernah ia lihat sebelumnya. Kebun binatang seluas 14 hektar ini hanya berjarak 17 KM di sebelah timur Kota Denpasar. Alamat Bali Safari & Marine Park ada di Jalan Bypass Prof. Dr. Ida Bagus Mantra KM 19,8, Gianyar.

3. Circus Waterpark

Circus Waterpark

Satu lagi taman bermain air yang sangat menyenangkan bagi anak-anak, yakni Circus Waterpark. Sama seperti Waterbom Bali, taman bermain air ini juga menawarkan berbagai wahana permainan yang menarik, seperti Lazy River, Spiral Slide, Speed Slide, Wave Slide, dan Trampoline.

Selain tiket masuknya lebih murah dibanding Waterbom Bali, Circus Waterpark ini juga letaknya sama-sama di kawasan Kuta. Jadi, bila Anda menginap di kawasan Kuta, Anda tinggal memilih mau ke Waterbom Bali atau Circus Waterpark yang ada di Jalan Kediri, Tuban, Kuta Selatan.

4. Alas Kedaton

Alas Kedaton

Ingin mengajak si kecil untuk berinteraksi langsung dengan monyet-monyet liar? Ajak saja ia untuk mengunjungi Alas Kedaton. Ini adalah salah satu tempat wisata anak di Bali yang akan memberikan si kecil pengalaman langsung berinteraksi dengan monyet-monyet dalam jumlah banyak. Bahkan, si kecil juga bisa memberi makan monyet-monyet tersebut.

Tak perlu khawatir karena monyet-monyet yang ada di Alas Kedaton ini jinak asalkan tidak diganggu. Dari pintu gerbang saja kita sudah disambut oleh kawanan monyet yang lucu. Namun, hati-hati saat membawa barang bawaan karena jika barang yang dibawa terlalu mencolok bisa-bisa mengundang monyet untuk mengambilnya. Alas Kedaton berlokasi di Jalan Raya Alas Kedaton, Kukuh, Tabanan.

5. Bali Treetop Adventure Park

Bali Treetop Adventure Park

Tempat wisata anak yang ada di Pulau Dewata tidak hanya didominasi dengan taman bermain air atau kebun binatang saja, lho. Bali Treetop Adventure Park adalah tempat wisata yang menawarkan permainan outbound untuk anak maupun dewasa.

Sebagai orang tua Anda tidak perlu khawatir ketika si kecil bermain di arena outbound di Bali Treetop ini karena semua keamanan si kecil akan terjaga. Dengan wisata bermain outbound ini, anak bisa menjadi lebih berani, percaya diri, dan mampu mengambil keputusan. Tunggu apalagi, ajak si kecil berkunjung ke Eka Karya Bali Botanical Garden, Candikuning.

6. Penangkaran Penyu Bali

Penangkaran Penyu Bali

Percaya atau tidak, tempat penangkaran penyu yang berada di Tanjung Benoa ini selalu menjadi destinasi wisata favorit keluarga. Hanya di sini kita bisa berinteraksi langsung dengan penyu. Namun, di sini juga ada wisata glass bottom di mana kita akan menaiki perahu dan dibawa ke tengah lautan (Sekitar 300 – 500 meter dari pantai) untuk melihat langsung berbagai jenis ikan hias di laut melalui kaca bening di bawah perahu Anda.

Sementara itu, di tempat penangkaran penyu sendiri kita bisa mengetahui proses penyu bertelur sampai menetaskan telur-telurnya. Anak juga bisa berpose sambil membawa penyu, lho.

7. Bali Bird Park

Bali Bird Park

Bali Bird Park adalah tempat wisata anak di Bali yang sarat akan edukasi. Di tempat ini, si kecil dapat mengenal berbagai jenis burung karena ada koleksi sekitar 250 jenis burung di sini. Banyak burung-burung langka di taman ini, seperti Jalak Bali, Elang Jawa, dan Cendrawasih. Anak juga bisa berinteraksi langsung dengan beberapa jenis burung di sini.

Selain bird park, tempat ini juga memiliki reptile park di mana kita bisa melihat berbagai satwa reptil. Anda tak perlu membayar karcis lagi ketika masuk ke reptile park ini. Bali Bird Park berlokasi di Jalan Serma Cok Ngurah Gambir, Sukawati, Gianyar.

8. Ubud Monkey Forest

Ubud Monkey Forest

Dinamakan Ubud Monkey Forest karena memang banyak sekali monyet liar yang berkeliaran di sekitar tempat ini. Sekedar informasi, di tempat wisata ini terdapat sebuah pura sakral bagi umat Hindu. Di depan loket ada yang menjual pisang untuk diberikan oleh pengunjung kepada monyet-monyet tersebut.

Meskipun monyet-monyet di sini sudah jinak, tapi kawanan monyet ini bisa menjadi sangat agresif bila diganggu atau lapar. Jadi, sebaiknya sediakan makanan untuk diberikan kepada monyet-monyet ini.

9. Taman Nusa Bali

Taman Nusa Bali

Pernah pergi ke Taman Mini Indonesia Indah? Atau setidaknya Anda pernah melihat foto tempat wisata tersebut? Nah, Taman Nusa Bali ini adalah tempat wisata keluarga dengan konsep serupa dengan TMII. Meskipun tidak sebesar TMII, tapi display miniatur rumah adat khas Indonesia di Taman Nusa Bali ini cukup lengkap.

Anak-anak bisa belajar mengenai perjalanan waktu Bangsa Indonesia dari masa ke masa, mulai dari jaman prasejarah, perunggu, kerajaan, penjajahan, sampai dengan era kemerdekaan. Taman Nusa berada di Jalan Taman Bali – Banjarangkan, Desa Sidan, Gianyar.

10. Bali Zoo

Bali Zoo

Masih membahas seputar tempat wisata di kawasan Gianyar, kali ini Bali Zoo yang merupakan kebun binatang yang sudah dibangun sejak 2002 silam. Tidak heran jika koleksi satwa di Bali Zoo ini begitu lengkap, yakni hingga sekitar 350 spesies hewan.

Di tempat ini orang tua dapat memberikan pengetahuan mengenai dunia fauna kepada anak-anak. Tak hanya itu saja, Bali Zoo juga menyediakan sebuah permainan outbound, yakni flying fox. Bali Zoo bertempat di Jalan Raya Singapadu Banjar Seseh, Sukawati, Gianyar.

Sejumlah tempat wisata anak di Bali yang seru ini bisa menjadi alternatif pilihan tempat wisata yang “friendly” untuk anak-anak. Jika sudah puas mengunjungi pantai-pantai di Bali, tak ada salahnya mengajak anak ke salah satu atau lebih dari tempat wisata di atas.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment