Bacaterus / Jalan-Jalan / Wisata Jawa Barat / 10 Tempat Wisata Alam di Jawa Barat yang Paling Memukau

10 Tempat Wisata Alam di Jawa Barat yang Paling Memukau

Jawa Barat adalah salah satu provinsi di Indonesia dan ibu kotanya berada di Bandung. Jawa Barat meliputi Kota Bandung, Depok, Cimahi, Banjar, Tasikmalaya, Bekasi, Bogor, Cirebon, Sukabumi, dan masih banyak lagi. Saking luasnya, jumlah tempat wisata alam di Jawa Barat tidak dapat dihitung satu per satu. Tapi tenang saja, Bacaterus telah merangkumnya menjadi 10 tempat wisata yang paling memukau.

Banyak orang yang datang ke daerah Jawa Barat karena mencari udara segarnya juga pemandangannya alamnya yang indah. Warga lokal memanfaatkan hal ini dengan mengembangkan potensi yang mereka punya dengan menciptakan tempat wisata yang menggunakan alam sebagai daya tariknya. Berikut adalah 10 tempat wisata alam di Jawa Barat rekomendasi Bacaterus:

Kawah Gunung Galunggung

Tempat wisata alam di Jawa Barat yang satu ini terletak di Desa Linggajati, Kabupaten Tasikmalaya. Lebih tepatnya lagi, berada di Gunung Galunggung, sebuah gunung dengan ketinggian sekitar 2.167 meter di atas permukaan laut. Salah satu daya tarik Gunung Galunggung adalah kawahnya yang memiliki danau berwarna hijau yang cantik.

Kawah Gunung Galunggung terkenal sebagai spot yang bagus untuk memancing karena di danau kawah tersebut menjadi tempat hidup banyak sekali ikan. Jika Anda ingin berlama-lama di sana, Anda dapat berkemah di sekitar kawah. Karena Gunung Galunggung telah dikelola oleh Perhutani, jadi sekarang ini terdapat beberapa alternatif wisata lainnya seperti pemandian air panas dan kolam renang.

Gunung Papandayan

gunung papandayan

Gunung Papandayan merupakan salah satu destinasi wisata alam terfavorit di kabupaten Garut. Gunung ini memiliki keindahan alam berupa area kawah yang luas bekas letusan gunung api, area hutan mati paska letusan, dan juga padang bunga Edelweiss yang sangat luas di Tegal Alun. Di Gunung Papandayan juga tersedia area perkemahan jika Anda ingin berkemah, namanya adalah Pondok Saladah.

Ketinggian Gunung ini hanya sekitar 2665 mdpl, sehingga termasuk kategori mudah untuk mendaki atau hiking. Jadi, jika Anda tidak terbiasa mendaki gunung, cobalah datang ke Gunung Papandayan karena jalur pendakiannya tergolong mudah untuk pemula, tidak terlalu banyak tanjakan ekstrem dan medan yang sulit.

Pulau Biawak

pulau biawak

Sesuai dengan namanya, di pulau ini Anda dapat bertemu dengan biawak yang hidup bebas. Jika Anda takut dengan hewan tersebut, Anda dapat bermain di sekitar pantainya saja. Jika Anda penasaran ingin bertemu dengan biawak, Anda dapat mencari mereka di sela pepohonan. Biawak memang tidak seagresif komodo, tapi tetap saja biawak dapat menggigit dan menyabet dengan ekornya, sehingga Anda perlu berhati-hati dan menjaga jarak aman saat melihat para biawak.

Pantai di Pulau Biawak ini berpasir putih dan masih sangat bersih. Saat pertama datang, Anda akan disambut oleh sebuah mercusuar kuno yang sangat megah setinggi 65 meter. Mercusuar itu sudah berdiri sejak jaman Belanda, loh! Serunya lagi, Anda dapat naik ke puncak mercusuar melalui tangga berputar, jadi Anda dapat melihat seluruh bagian pulau. Anda juga jangan melewatkan snorkling karena pemandangan bawah laut Pulau Biawak sangat cantik.

Goa Buniayu

goa buniayu

Tempat wisata alam di Jawa Barat biasanya meliputi gunung, bukit, tebing, danau, kawah, dan pantai. Jika Anda bosan dan ingin merasakan sensasi wisata yang unik, cobalah datang ke Goa Buniayu. Tempat ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai tantangan.

Bayangkan saja, Anda akan masuk ke perut bumi dan melakukan perjalanan selama sekitar 4-5 jam sambil menikmati keindahan unik khas dasar bumi seperti stalagtit dan aneka hewan yang tidak bisa ditemui di atas permukaan tanah. Goa Buniayu ini berada di Cipicung, Sukabumi.

Gunung Lembu

Gunung Lembu berada di Desa Panyindangan, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta. Untuk patokannya adalah Pasar Anyar Sukatani. Nama Gunung Lembu diambil dari bentuknya yang menyerupai hewan lembu yang sedang duduk. Untuk memasuki tempat wisata alam di Jawa Barat ini Anda akan dikenai biaya Rp 10 ribu/orang, murah sekali, bukan?

Di Gunung Lembu terdapat hot spot untuk memandang Waduk Jatiluhur, yaitu di ujung Batu Lembu. Untuk mencapainya, Anda harus turun dengan menggunakan bantuan tali yang memang telah disediakan di sana. Landscape-nya sangat indah, membuat siapapun betah berlama-lama di Gunung Lembu.

Pantai Puncak Guha

Pantai Puncak Guha terletak di Garut Selatan. Pantai ini merupakan paket lengkap, karena tidak hanya menawarkan wisata pantai, tapi juga perbukitan. Secara administratif, pantai ini berada di Desa Sinarjaya, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut. Untuk patokannya, Pantai Puncak Guha ini dekat dengan Pantai Rancabuaya (sekitar 3 KM).

Pantai Puncak Guha sendiri merupakan semenanjung kecil yang berupa tebing. Kenapa diberi nama Guha, karena di bawahnya terdapat gua yang berisi ratusan kelelawar yang masih dihuni hingga saat ini. Jika Anda pernah membaca atau menonton Perahu Kertas, Anda pasti tahu kalau karakter Kugy dan Keenan bertemu kembali setelah berpisah beberapa tahun di Pantai Puncak Guha ini.

Situ Bagendit

situ bagendit

Kabupaten Garut memang memiliki banyak sekali destinasi wisata alam, karena memang daerah Garut banyak yang masih sangat alami. Salah satu tempat wisata alam di Jawa Barat di Garut yang terkenal adalah Situ Bagendit. Tempat in merupakan danau yang memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan.

Air danaunya sangatlah bersih dan kondisi di sekitar danau pun sangat terawat. Anda dapat menikmati Situ Bagendit sambil bermain sepeda air, menaiki perahu kecil, atau juga menaiki kereta mini di tepi danau. Jika Anda datang bersama keluarga, boleh dicoba juga kolam renangnya, tersedia kolam untuk dewasa dan anak-anak. Situ Bagendit dapat dikunjungi setiap hari dari jam 7 pagi – 5 sore.

Tebing Citatah

tebing citatah

Tebing Citatah merupakan kawasan tebing yang terletak di Citatah, Kabupaten Bandung Barat, atau lebih tepatnya di Padalarang KM 5. Kawasan Tebing Citatah akan terlihat berbeda dari tempat wisata alam di Jawa Barat lainnya, karena tempat ini sebagian besar terdiri dari bukit yang mengandung kapur. Jelas saja, karena daerah Citatah merupakan tempat pertambangan kapur.

Di Citatah terdapat tiga tebing yang dapat Anda kunjungi, yaitu Tebing Citatah 48, Tebing Citatah 90, dan Tebing Citatah 125. Karena tingkat kesulitan yang cukup tinggi serta besarnya risiko, tebing Citatah 90 dan Citatah 125 hanya diperuntukkan bagi pendaki berpengalaman saja.

Tebing Citatah ini menjadi tempat tujuan para instagramer untuk berfoto dengan pose yang sedang hits, yaitu duduk santai menggunakan hammock di tengah tebing, pose berkemah lengkap dengan tendanya, atau berdiri sambil menjaga keseimbangan.

Green Canyon Pangandaran

tempat wisata alam di jawa barat

Green Canyon Pangandaran merupakan salah satu tempat wisata alam di Jawa Barat yang paling terkenal. Jika Anda sedang berwisata di daerah Pangandaran, pasti terasa tidak lengkap jika belum datang ke Green Canyon atau masyarakat setempat sering menyebutnya sebagai Cukang Taneuh.

Sebenarnya wisata Green Canyon ada beberapa di Jawa Barat, namun tetap saja yang terbaik ada di Pangandaran, tepatnya di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran. Di sini Anda dapat menikmati pemandangan sungai dan tebing yang ciamik. Selain itu, sungai ini memiliki arus yang cukup menantang sehingga tidak jarang orang berdatangan untuk bermain olahraga arung jeram dan body rafting.

Situ Cilembang

situ cilembang

Situ Cilembang berada di Dusun Curug, Desa Hariang, Kecamatan Buah Dua, Sumedang. Situ Cilembang merupakan sebuah danau yang berwarna biru cerah. Airnya sangat bening, sehingga Anda dapat melihat dasar danau yang merupakan mata air tersebut. Situ Cilembang mirip dengan tempat wisata Labuan Cermin yang ada di Kalimantan, hanya saja dalam ukuran yang lebih kecil.

Banyak orang yang datang mengunjungi Situ Cilembang karena penasaran dengan warna biru dan kejernihan air danau tersebut. Untuk menjaga kejernihan air danau, pengunjung Situ Cilembang hanya diperbolehkan menikmati dengan melihat saja. Anda dilarang keras untuk berenang, apalagi mengotori dengan membuang sampah secara sembarangan.

Itulah 10 tempat wisata alam di Jawa Barat yang paling recommended menurut Bacaterus. Anda tertarik untuk berkunjung ke sana? Jika Anda memiliki rekomendasi wisata lainnya boleh dibagikan di kolom komentar.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Syuri
Syuri, ’94 liner, make up enthusiast, smeraldo flower admirer, calico cat snuggler.

Leave A Comment