Bacaterus / Tempat Angker di Dunia / 10 Tempat Teraneh di Dunia yang Bikin Orang Penasaran

10 Tempat Teraneh di Dunia yang Bikin Orang Penasaran

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Februari 2019

Bumi masih memiliki misteri yang belum terpecahkan, mulai dari makhluk hidup sebagai penghuninya hingga tempat aneh yang membuat kebanyakan orang enggan untuk mengunjunginya.

Tempat-tempat itu kemudian dianggap misterius dan aneh, sebab banyak hal ganjil yang terjadi dan tak jarang disangkutpautkan pada kejadian mistis. Misalnya, ada tempat yang dianggap sebagai “pintu neraka” di Karakum, Turkmenistan. Sampai saat ini, orang-orang masih menganggap tempat tersebut sebagai pintu neraka meski para ilmuan telah memaparkan sebuah teori mengenainya.

Selain itu, ternyata masih banyak tempat-tempat aneh yang membuat sebagian orang tidak percaya jika wilayah tersebut benar-benar ada di bumi. Maka dari itu, Bacaterus akan memberikan 10 tempat teraneh di dunia kepada Anda yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

10 Tempat Teraneh di Dunia

1. Danau Natron, Tanzania, Afrika

* sumber: www.livescience.com

Sekilas, danau ini terlihat sebagai destinasi menyenangkan karena panorama yang diberikan cukup memesona. Namun siapa sangka, danau ini ternyata menjadi neraka bagi para hewan kecil dan burung di sekitarnya.

Hewan-hewan malang itu bisa mati dalam sekejap. Kematian itu ternyata disebabkan kandungan garam danau. Airnya memiliki potensial Hidrogen (pH) sampai 10,5 sehingga dapat membakar kulit dan mata hewan yang tidak bisa beradaptasi dengannya. Tak hanya itu, suhu airnya bisa mencapai 60 derajat Celcius. Kandungan mineral danau juga malahan bisa berfungsi sebagai pengawet bangkai hewan yang tercebur ke dalam air dan membeku.

Meski mengerikan, Danau Natron adalah tempat berkembang biaknya Lesser Flamingoes (burung bangau) yang terancam punah. Burung berkaki panjang itu juga adalah satu-satunya hewan yang bisa hidup di sana.

2. Hutan Crooked (bengkok), Polandia

Hutan Crooked (bengkok), Polandia

* sumber: www.businessinsider.sg

Di hutan ini terdapat sekitar 100 pohon pinus yang menjulang tinggi. Tapi ada yang unik, bentuknya tidak benar-benar lurus. Bagian pangkal batangnya bengkok 90 derajat. Anehnya, semua bentuk pohon sangat mirip.

Hingga saat ini belum ada teori yang dapat menjelaskan kejanggalan ini, mulai dari deformasi pohon, terkena hujan salju lebat, dilindas tank Soviet, hingga kisah-kisah misteri sebagai cerita rakyat. Namun, ada juga yang menganggap bahwa pohon yang ditanam sekitar 1930-an itu sengaja dibengkokkan manusia, karena bentuknya yang sama persis.

Meski aneh dan cukup menyeramkan, hutan bengkok yang berada di desa Nowe Czarnowo ini telah menjadi objek wisata yang tak boleh dilewatkan ketika mengunjungi Polandia.

3. Richat Structure, Gurun Sahara, Mauritania

Richat Structure, Gurun Sahara, Mauritania

* sumber: www.atlasobscura.com

Tempat aneh selanjutnya berada di bagian barat daya Gurun Sahara yang disebut Richat Structure atau dikenal “Eye of The Sahara”. Struktur ini merupakan bentuk geografis lingkaran yang unik, bahkan setiap jaraknya sangat teratur.

Sejak ditemukannya lingkaran berdiameter 50 kilometer, tempat ini menjadi perhatian para ilmuan. Banyak yang mengatakan, struktur itu terbentuk akibat jatuhnya sebuah benda langit, mengaitkannya dengan alien, dan akibat gunung meletus. Tapi baru-baru ini, peneliti menyimpulkan bahwa struktur itu disebabkan aktivitas geologis.

4. Area 51

Area 51

* sumber: science.howstuffworks.com

Area 51 adalah tempat milik pemerintah Amerika Serikat yang berada di Nevada. Beberapa sumber mengatakan, Area 51 merupakan wilayah rahasia sebagai tempat khusus militer AS, mulai dari uji coba senjata nuklir, peluncuran pesawat mata-mata, hingga berhubungan dengan alien.

Badan intelejen Amerika Serikat (CIA) juga mengakui jika tempat tersebut ada dan berhubungan dengan penelitian alien. Bahkan banyak yang percaya, di sana terdapat tubuh-tubuh alien yang telah diteliti ilmuan Amerika.

5. Segitiga Bermuda

Segitiga Bermuda

* sumber: kitescafe.com

Siapa pun pasti pernah mendengar tempat ini, termasuk Anda, bukan? Ya, wilayah ini berada di Samudra Atlantik yang membentuk garis segitiga antara Bermuda, Puerto Riko, dan Miami. Tempat ini menjadi terkenal karena bencana yang selalu menimpa pesawat dan kapal yang tiba-tiba hilang.

Banyak pihak menyangkutpautkan kejadian itu dengan beragam hal. Ada yang mengatakan itu sebagai kejadian mistis sehingga sulit dijelaskan, ada juga yang berpikir misteri di sana disebabkan gejala alam.

Memang, mereka yang mengatakan kejadian itu sebagai mistis beralasan karena tidak ditemukannya bangkai kapal atau pesawat yang hilang, seakan raib menuju dunia lain. Sementara yang percaya itu adalah kejadian alam, berteori tentang adanya awan-awan pembunuh (killer clouds). Awan-awan ini dapat menyebabkan angin berkecepatan hingga 273,6 km/jam, sehingga dikenal sebagai bom udara.

Meski demikian, misteri yang masih terjadi di sana membuat Segitiga Bermuda adalah tempat yang aneh dan misterius. Maka tak heran jika Segitiga Bermuda masuk ke dalam salah satu misteri dunia yang belum terungkap.

6. Pulau Sentinel Utara, India

* sumber: www.forbes.com

Wilayah ini mencuri perhatian sekitar 2006 silam. Dua orang nelayan secara ilegal mendekati pulau tersebut diklaim telah dibunuh suku primitif yang tinggal di sana, yakni Sentinelese.

Setelah kejadian di salah satu pulau paling kecil di bumi itu, pemerintah India mencoba menjalin hubungan dengan para Sentinelese, tapi tidak membuahkan hasil. Akhirnya, mereka memberlakukan zona eksekusi dalam jarak tiga mil.

Sejumlah pihak pun terus menggali tentang pulau beserta penduduknya. Tak ada yang mengetahui secara pasti ada apa saja di sana. Semua penduduk sangat tertutup pada apa pun yang datang dari luar. Namun para ahli memperkirakan, ada sekitar 50 hingga 300 Suku Sentinelese yang tinggal di sana.

7. Whale Bone Alley, Siberia

* sumber: www.amusingplanet.com

Seperti namanya, tempat ini adalah sebuah pulau terpencil bernama Yttygran, di Laut Bering, Siberia, yang memiliki belasan hingga puluhan tulang belulang ikan paus sepanjang 550 meter. Tulang-tulang itu merupakan tengkorak dan rusuk paus yang disusun secara rapi dan menancap ke tanah.

Whale Bone Alley ditemukan para arkeolog Soviet sekitar empat puluh tahun yang lalu. Mereka percaya pulau itu adalah tempat pertemuan suci suku Eskimo pada Abad ke-14. Pada saat itu, mereka berada di zaman es, di mana musim dingin yang berkepanjangan mengakibatkan kekurangan makanan.

Karena kelaparan, kematian pun tak bisa dihindari. Mereka akhirnya mencari tempat baru untuk berburu paus dan hewan laut lainnya. Tak hanya itu, mereka pun membuat tempat yang sakral dengan menggunakan tulang belulang paus sebagai simbol yang sakral. Saat ini, Whale Bone Alley di Pulau Yttygran telah populer sebagai tujuan wisata para turis lokal maupun asing.

8. Garis Nazca – Peru

* sumber: www.nytimes.com

Garis-garis geoglif misterius ini berada di Gurun Nazca, bagian Gurun Sechura, Peru. Banyak yang mengatakan, garis yang membentuk pola hewan atau garis sederhana itu dibuat makhluk asing karena ukurannya yang sangat besar. Namun para peneliti meyakini, semua pola itu dibuat orang Nazca yang tinggal di sana sekitar tahun 200 hingga 700 masehi silam menggunakan teknologi sederhana.

Tempat ini pertama kali ditemukan seorang penumpang pesawat pada 1920-an. Sejak saat itu, para arkeolog dari berbagai belahan dunia pergi ke sana untuk memastikan keberadaannya lalu mengungkap misteri yang ada. Namun hingga saat ini, tempat yang dijadikan situs warisan dunia UNESCO tersebut masih menjadi misteri bagaimana cara pembuatannya, karena bentuk yang dihasilkan sangatlah simetris.

9. Zona Sunyi, Meksiko

* sumber: id.wikipedia.org

Daerah sunyi ini adalah julukan bagi gurun sepanjang 50 kilometer dekat Bolson de Mapimi di Meksiko. Penduduk sekitar kota telah mengetahui misteri gurun sebagai zona sunyi yang tidak bisa ditembus sinyal radio dan sejumlah alat komikasi yang selalu terganggu.

Kejadian yang menarik terjadi pada 1970, ketika sebuah roket diluncurkan dari Utah. Roket itu mendarat tidak sesuai titik seharusnya, malah mendarat di zona sunyi dan jatuh berantakan. Pemerintah Amerika Serikat pun mengambil puing-puing roket. Sesampai di sana, para peneliti merasakan ada yang aneh di sana. Semua komunikasi mulai dari televisi, sinyal satelit, dan radio, terganggu serta menghilang begitu saja.

Akhirnya, sejumlah ilmuan menyimpulkan bahwa ada medan magnet yang telah menciptakan tempat itu sebagai zona sunyi. Namun bagi yang menyukai teori konspirasi, mereka menyangkut pautkan dengan alien dan menjadi tempat mendarat pesawat UFO.

10. Bukit Magnet, India

Bukit Magnet, India

* sumber: traveltriangle.com

Bukit yang terletak di Jalan Raya Nasional Leh-Kargil-Baltik di India, dipercaya memiliki sifat magnetik yang dapat menarik sebuah benda ke atas. Bahkan, bukit di sana bisa menarik sebuah pesawat terbang.

Beberapa teori dicetuskan para ilmuan untuk bukit tersebut, di antaranya adalah gaya magnet yang berasal dari bukit dan ilusi optik. Teori ini mengatakan bahwa sebenarnya tidak ada gaya magnet dari bukit, melainkan hanya ilusi optik yang membuat lereng jalan tampak seperti gunung. Sehingga, seseorang akan melihat jalanan seperti menanjak, padahal itu adalah jalanan menurun.

Meski demikian, penduduk lokal memiliki kepercayaan atau semacam takhayul. Konon, di sana pernah ada jalan yang membawa orang ke surga. Mereka yang berhak ke surga akan ditarik langsung ke dalamnya.

Nah, beberapa tempat di atas itu masih menyimpan misteri dan keanehan yang tak bisa dijelaskan secara ilmiah. Sehingga, para pelancong yang penasaran akan terus berbondong-bondong untuk mengunjunginya. Lantas, apakah Anda termasuk salah satu pelancong yang tertarik mengunjungi satu atau dua tempat aneh di atas?

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *