Bacaterus / Jalan-Jalan / Wisata Jogja / 8 Tempat Tahun Baruan di Jogja yang Wajib Anda Kunjungi

8 Tempat Tahun Baruan di Jogja yang Wajib Anda Kunjungi

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 November 2018

Menjelang akhir tahun, banyak masyarakat Indonesia yang merencanakan liburan ke luar kota. Yogyakarta adalah salah satu kota yang selalu dipilih bagi masyarakat Indonesia untuk menghabiskan liburan akhir tahun. Jangan heran jika menjelang malam tahun baru, jalan-jalan di Kota Yogyakarta ini terlihat padat dan menimbulkan kemacetan.

Sebagai kota yang selalu menjadi destinasi wisata akhir tahun bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, Jogja ternyata memiliki sejumlah tempat yang bisa Anda kunjungi untuk merayakan pergantian tahun. Penasaran di mana saja tempatnya? Simak ulasan lengkap dari Bacaterus ini, yuk!

8 Tempat Tahun Baruan di Jogja

1. Malioboro

Tahun Baru Malioboro Tempat Tahun Baruan di Jogja

* sumber: thetanjungpuratimes.com

Ide tempat tahun baruan di Jogja yang pertama adalah salah satu jalan paling legendaris di kota pelajar, yakni Malioboro. Dapat dipastikan bahwa setiap tanggal 31 Desember, Malioboro selalu dipadati oleh masyarakat maupun kendaraan yang terlihat tumpah ruah. Hal ini menandakan bahwa masyarakat Yogyakarta dan wisatawan ingin merayakan malam tahun baru di landmark kota ini.

Tentu saja di Malioboro juga terdapat pertunjukan musik dan kesenian yang sangat menghibur. Apalagi para pedagang kaki lima juga pasti turut memadati jalan ini sehingga Anda pun bisa berbelanja atau jajan sembari menanti tengah malam tiba.

2. Alun-alun Kidul

Tahun Baru Alun-alun Kidul

* sumber: www.sayangi.com

Tempat tahun baruan di Jogja yang berikutnya adalah Alun-alun Kidul. Sebuah alun-alun yang sangat luas ini memang selalu ramai dikunjungi masyarakat setiap malam meskipun tidak sedang malam tahun baru. Berbagai hiburan bisa Anda temukan di sini, mulai pedagang kaki lima yang menjajakan dagangannya sampai dengan sepeda yang sudah dimodifikasi dan dihias dengan lampu berbagai warna.

Untuk bisa merayakan malam tahun baru di Alun-alun Kidul Anda tidak dikenakan biaya sepeser pun. Tentu saja ini akan membuat Anda jauh lebih hemat karena Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan. Meskipun gratis, Anda bisa melihat kembang api yang pasti akan dipasang oleh masyarakat di alun-alun ini.

3. Titik Nol Yogyakarta

Titik Nol Yogyakarta

* sumber: sosialbudayaindonesia5.blogspot.com

Ketika Anda baru tiba di Yogyakarta dan berhenti di Stasiun Tugu Yogyakarta, Anda akan melihat sebuah tempat yang juga menjadi landmark kota ini, namanya Titik Nol Kilometer Yogyakarta. Tempat yang nampak biasa-biasa saja ini ternyata juga merupakan tempat tahun baruan di Jogja favorit masyarakat.

Titik Nol Yogyakarta menjadi salah satu kawasan yang pasti dipadati oleh masyarakat pada malam pergantian tahun. Kadang-kadang, di sini juga digelar pertunjukan seni dan budaya pada malam tahun baru. Walaupun tidak ada acara spesial, tahun baruan di Titik Nol Yogyakarta tetap seru kok. Ketika tahun berganti, orang-orang yang datang kemari akan menghidupkan kembang api yang tak kalah meriah dengan tempat-tempat lainnya.

4. Imogiri

Tahun Baru Imogiri

* sumber: www.instagram.com

Hutan Pinus Imogiri ternyata juga merupakan salah satu tempat tahun baruan di Jogja yang dapat Anda kunjungi di tanggal 31 Desember mendatang. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang ingin merayakan tahun baru di tempat yang tenang dan jauh dari keramaian penduduk.

Tak perlu takut untuk tahun baruan di Hutan Pinus Imogiri karena ada banyak juga masyarakat yang memilih untuk menghabiskan malam tahun baru di sini meskipun jumlahnya tidak sebanyak seperti di Alun-alun Kidul atau Malioboro. Merayakan pergantian tahun di Imogiri bisa dilakukan dengan suasana yang santai. Apalagi udara di sini sangat sejuk sehingga kita pun merasa nyaman berada di sana semalaman.

5. Bukit Bintang

Tahun Baru Bukit Bintang

* sumber: bonvoyagejogja.com

Jogja memang memiliki beberapa pilihan tempat tahun baru yang asyik dan mungkin tidak bisa Anda temukan di kota-kota lain. Tempat tahun baruan di Jogja yang anti-mainstream tapi pasti akan membuat Anda bahagia adalah Bukit Bintang. Salah satu titik tertinggi di Yogyakarta ini akan memberikan Anda pengalaman malam tahun baru yang luar biasa memukau.

Bukit Bintang adalah tempat terbaik untuk menikmati pemandangan Kota Yogyakarta di malam hari. Lampu-lampu yang berasal dari rumah dan bangunan di Yogyakarta akan nampak seperti kunang-kunang saat malam.

Ketika Anda berkunjung kemari di malam tahun baru, Anda pun bisa menikmati kembang api yang dinyalakan di Kota Yogyakarta. Tak tanggung-tanggung, Anda akan menikmati gemerlap kembang api yang seolah tiada henti dari atas Bukit Bintang.

6. Candi Prambanan

Tahun Baru Candi Prambanan

* sumber: www.rappler.com

Candi Prambanan merupakan tempat istimewa untuk merayakan tahun baru. Malam tahun baru di Candi Prambanan biasanya berlangsung dengan begitu meriah dan tak kalah dengan spot tahun baruan lainnya yang ada di Yogyakarta. Pada malam tahun baru, biasanya selalu ada pertunjukan seni dan budaya yang diselenggarakan di Candi Prambanan. Bahkan, ada pesta kembang api juga yang berlangsung di candi ini.

Candi Prambanan bagaikan magnet yang menyedot perhatian wisatawan mancanegara. Banyak wisatawan mancanegara yang memilih Candi Prambanan ini sebagai tempat untuk merayakan pergantian tahun.

7. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis

* sumber: www.jogjaspace.com

Dari sekian banyak tempat tahun baruan di Jogja, nampaknya tempat yang satu ini sangat jarang dikunjungi oleh wisatawan, meskipun pada hari-hari biasa tempat ini begitu terkenal sebagai destinasi wisata favorit ketika berkunjung ke Yogyakarta. Adalah Pantai Parangtritis, pantai terkenal di kota pelajar yang juga menawarkan kemeriahan perayaan tahun baru,

Walaupun jumlah pengunjung pantai ini tidak sebanyak Pantai Kuta, Bali, ketika malam tahun baru, tapi tetap saja pantai ini bisa menjadi pilihan yang menyenangkan untuk malam tahun baruan bersama teman, pasangan, atau keluarga.

Di Pantai Parangtritis juga ada pesta kembang api yang cukup meriah kok. Anda bisa berbaur dengan warga setempat dan wisatawan lainnya untuk bersama-sama menghitung mundur dan menyalakan kembang api sambil ditemani dengan angin sepoi-sepoi dan suara deburan ombak.

8. Kaliurang

BBQ Tahun Baru

Kaliurang merupakan “puncak-nya” Yogyakarta. Di kawasan ini banyak penginapan dan tempat rekreasi yang biasa dikunjungi oleh warga Yogyakarta ketika akhir pekan. Tempat ini juga menjadi jujugan bagi wisatawan dari luar Yogyakarta untuk berlibur sekaligus merayakan tahun baru.

Banyaknya penginapan di sini sangat memudahkan wisatawan untuk stay atau menginap sampai berhari-hari di kawasan Kaliurang. Ada beberapa penginapan yang menyediakan alat BBQ bagi pengunjung yang ingin menghabiskan malam akhir tahun sambil memanggang daging, ayam, dan ikan.

Kalau tak ingin repot, di Kaliurang juga banyak pedagang kaki lima atau rumah makan yang bisa kita kunjungi. Di akhir tahun, biasanya pedagang kaki lima akan membuka lapaknya sampai tengah malam, sehingga kita bisa mencari makan sambil nongkrong di kawasan ini untuk merayakan tahun baru.

Nah, itulah 8 tempat tahun baruan di Jogja yang pasti akan memberikan kebahagiaan tersendiri bagi Anda dan rombongan. Dengan banyaknya pilihan tempat, Anda bebas memilih ingin merayakan tahun baru dengan hingar bingar kepadatan warga Jogja atau merayakan dengan tenang di tempat-tempat seperti Hutan Pinus Imogiri atau Bukit Bintang.

Apabila Anda memiliki ide tempat tahun baruan lainnya yang ada di Jogja silakan tulis nama tempatnya di kolom komentar yang tersedia. Berencana liburan tahun baru di kota lain selain Jogja? Cari referensinya pada artikel 8 Tempat Liburan Tahun Baru di Indonesia yang asyik dan seru ini.

Baca juga artikel lainnya tentang , atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment