Bacaterus / Jalan-Jalan / Wisata Jakarta / 7 Tempat Tahun Baruan di Jakarta yang Paling Meriah

7 Tempat Tahun Baruan di Jakarta yang Paling Meriah

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 Oktober 2018

Momen pergantian tahun selalu menjadi suatu hal yang menarik untuk dirayakan. Anda bisa berbaur dengan ratusan atau ribuan orang lainnya untuk bersama-sama merayakan tahun baru di suatu tempat. Bagi Anda yang tinggal di Jakarta tentu tidak sulit menemukan tempat untuk merayakan tahun baru secara massal. Ada banyak spot yang biasa dijadikan sebagai tempat untuk merayakan tahun baru bagi warga Jakarta dan sekitarnya.

Menjelang akhir tahun, Bacaterus akan memberikan beragam informasi mengenai tempat perayaan tahun baru di kota-kota besar di Indonesia, termasuk Jakarta. Simak rekomendasi tempat tahun baruan di Jakarta paling meriah berikut ini.

7 Tempat Tahun Baruan di Jakarta

1. Monas

Tahun Baru Monas Tempat Tahun Baruan di Jakarta

Tak perlu bingung mencari tempat tahun baruan di Jakarta karena ada berbagai tempat yang menawarkan perayaan tahun baru yang semarak dan ekonomis, salah satunya adalah Monas. Monumen Nasional ini memang sudah menjadi tempat perayaan tahun baru dari tahun ke tahun. Siapa pun yang menjadi gubernur DKI Jakarta, pasti perayaan malam tahun baru di Monas selalu berlangsung meriah.

Mulai dari panggung musik yang mendatangkan musisi ibu kota sampai dengan pesta kembang api yang meriah bisa Anda nikmati ketika merayakan malam tahun baru di Monas. Acara tahun baru di Monas ini juga dikenal dengan nama Jakarta Night Festival, di mana acara ini memang berlangsung setiap tahun.

Nah, dari pada gabut dan bingung harus merayakan tahun baru di mana, lebih baik Anda ajak teman dan keluarga untuk bersama-sama ke Monas pada tanggal 31 Desember mendatang, ya!

2. Bundaran HI

Bundaran HI

* sumber: poskotanews.com

Selain di Monas, alternatif tempat tahun baruan di Jakarta yang murah meriah adalah Bundaran HI. Di malam tahun baru, jalan di Bundaran HI ini sudah pasti ditutup untuk membuat perayaan pergantian tahun. Tak tanggung-tanggung, biasanya akan ada belasan panggung hiburan yang berdiri di sekitar Bundaran HI ini. Panggung tersebut berdiri dari balai kota sampai dengan kawasan Sudirman.

Pedagang kaki lima juga pasti memadati kawasan Bundaran HI ini. Jadi, Anda tidak perlu khawatir kehausan atau kelaparan saat ikut dalam perayaan tahun baruan di sana.

Menjelang tengah malam, tentu saja ada countdown pergantian tahun dan diakhiri dengan pesta kembang api yang sangat meriah. Daripada menikmati pesta kembang api di hotel berbintang, lebih baik menikmati pesta kembang api yang gratis dan tak kalah meriah di kawasan Bundaran HI ini.

3. Ancol

Tahun Baru Ancol

Ancol selalu menjadi jujugan bagi wisatawan dari luar Kota Jakarta. Namun, pada saat malam tahun baru kawasan ini tidak hanya dipadati oleh wisatawan, tetapi ada banyak warga Jakarta yang ingin merayakan tahun baru secara massal di tepi pantai.

Sudah menjadi tradisi jika setiap tahunnya Ancol selalu didaulat menjadi tempat perayaan tahun baru dan pesta kembang api. Selain letaknya yang berada di tepi pantai, kawasan Ancol juga mampu menampung warga dalam jumlah banyak.

Alasan lain mengapa Anda harus memilih Ancol sebagai tempat tahun baruan di Jakarta adalah panggung musiknya yang selalu meriah. Panggung musik di Ancol ini biasanya diisi oleh penampilan dari musisi ibu kota. Biasanya penyelenggara panggung musik di malam tahun baru adalah stasiun televisi nasional.

4. Kota Tua

Tahun Baru Kota Tua

* sumber: lensa.fotokita.net

Ingin merayakan tahun baru dengan sedikit sentuhan nilai sejarah? Yuk, datang ke kawasan kota tua. Kawasan yang dikelilingi oleh bangunan bersejarah ini juga selalu menjadi tempat perayaan malam tahun baru. Walaupun tidak semarak perayaan tahun baru di Monas atau Bundaran HI, tapi tetap saja kawasan kota tua selalu dipadati oleh warga Jakarta ketika malam tahun baru tiba.

Di malam hari, biasanya pemerintah setempat akan memberlakukan peraturan car free night, di mana kendaraan bermotor dilarang melintasi kawasan kota tua agar warga dapat menghabiskan malam tahun baru sambil berjalan-jalan di antara bangunan-bangunan bersejarah.

Tak jarang pula ada panggung musik dan pasar malam yang menyemarakkan acara tahun baru di kawasan kota tua ini. Selain itu, perayaan pergantian tahun baru di kota tua juga pasti ditutup dengan pesta kembang api yang cukup meriah.

5. Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah

* sumber: www.twisata.com

Siapa yang tak kenal dengan Taman Mini Indonesia Indah? Tempat rekreasi yang satu ini juga selalu menjadi destinasi wisata wajib bagi wisatawan dari luar Jakarta. Namun, tahukah Anda bahwa pada tanggal 31 Desember Taman Mini selalu menjadi salah satu tempat tahun baruan di Jakarta yang menarik untuk dikunjungi?

Berbeda dengan tempat tahun baru lainnya di ibu kota, Taman Mini memberikan hiburan yang sarat akan kesenian dan budaya. Biasanya di sini akan digelar pertunjukan wayang kulit semalam suntuk, ketoprak, dan pementasan keroncong.

Bagi Anda yang bosan dengan acara tahun baruan yang begitu-begitu saja setiap tahunnya, cobalah untuk menghabiskan malam tahun baru Anda di Taman Mini. Dijamin, malam tahun baruan di Taman Mini pasti akan menjadi kenangan yang tak terlupakan seumur hidup Anda.

6. Kepulauan Seribu

Tahun Baru Kepulauan Seribu

Selain Ancol, Anda juga bisa menghabiskan malam tahun baru di Kepulauan Seribu. Tempat yang satu ini juga selalu menawarkan pesta malam tahun baru di tepi pantai. Dari tahun ke tahun, pihak penginapan di pulau-pulau yang ada di Kepulauan Seribu inilah yang menyelenggarakan acara malam tahun baru. Jadi, Anda bisa merayakan tahun baru secara lebih eksklusif hanya dengan tamu-tamu penginapan lainnya.

Beberapa pulau di Kepulauan Seribu kerap kali mengadakan panggung musik di malam tahun baru, seperti Pulau Bidadari dan Pulau Untung Jawa. Tentu saja acara musik tersebut juga diakhiri dengan pesta kembang api yang sangat meriah.

7. Pusat Perbelanjaan

Tahun Baru Mal Kelapa Gading

Jakarta terkenal dengan banyaknya pusat perbelanjaan yang megah dan ramai. Anda dapat menemukan mall-mall dari kalangan kelas menengah ke bawah sampai dengan mall elit ketika berada di Jakarta. Nah, kalau Anda ingin mencari tempat tahun baruan di Jakarta yang meriah dan gratis, kunjungi saja mall-mall terdekat dengan tempat tinggal Anda.

Setiap mall pasti menggelar acara malam tahun baru yang dibarengi dengan sesi hitung mundur saat menjelang tengah malam. Beberapa mall juga berani menampilkan pesta kembang api meskipun tidak semeriah di Monas atau Bundaran HI.

Sejauh ini, mall di Jakarta yang tidak pernah absen membuat acara malam tahun baru adalah La Piazza, Central Park, Kemang Village, dan juga Pondok Indah Mall. Beberapa di antaranya juga menggelar acara midnight sale dengan potongan harga yang fantastis bagi Anda yang ingin merayakan tahun baru dengan berbelanja.

Sudah siap untuk merayakan malam tahun baru di Jakarta? 7 tempat tahun baruan di Jakarta ini memang tidak pernah absen menggelar acara malam pergantian tahun. Namun, Anda juga bisa mencari informasi mengenai perayaan tahun baru di café, tempat hiburan malam, atau hotel berbintang di Jakarta jika ingin memperoleh referensi lainnya. Jangan lewatkan juga, artikel 8 Tempat Liburan Tahun Baru di Indonesia sebagai referensi liburan tahun baru di kota lain selain Jakarta.

Baca juga artikel lainnya tentang , atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment