Bacaterus / Jalan-Jalan / Wisata Jawa Timur / Ini Dia 10 Tempat Tahun Baru di Surabaya yang Paling Ramai

Ini Dia 10 Tempat Tahun Baru di Surabaya yang Paling Ramai

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Oktober 2018

Akhir tahun hanya tinggal menghitung hari, tapi Anda dan kawan-kawan belum punya rencana untuk menghabiskan malam tahun baru? Kalau Anda tinggal di Surabaya seharusnya Anda tidak bingung mencari tempat untuk merayakan tahun baru di kota tersebut. Surabaya punya sejumlah tempat ekonomis sampai dengan yang eksklusif untuk merayakan malam tahun baru.

Nah, daripada buang-buang waktu, lebih baik Anda merencanakan acara akhir tahun di 10 tempat tahun baru di Surabaya yang akan Bacaterus rekomendasikan ini. Dijamin, malam tahun baru Anda bakal meriah dan sangat berkesan.

10 Tempat Tahun Baru di Surabaya

1. Jalan Tunjungan

Tahun Baru Jalan Tunjungan Tempat Tahun Baru di Surabaya

* sumber: www.julajuli.com

Sebuah jalan legendaris di Surabaya ini juga selalu menjadi tempat terbaik untuk merayakan tahun baru. Beberapa tahun terakhir, Jalan Tunjungan selalu ditutup untuk kendaraan bermotor saat 31 Desember. Alhasil, masyarakat bisa menikmati malam tahun baru sambil jalan-jalan di sepanjang Jalan Tunjungan, hunting foto, dan membeli jajanan di pedagang kaki lima dadakan.

Merayakan pergantian tahun baru di Jalan Tunjungan sama sekali nggak merugikan, lho. Malah kita bisa menikmati kembang api gratis dari hotel maupun café yang berada di sekitar Jalan Tunjungan. Cukup parkir kendaraan Anda di tempat yang disediakan dan nikmati malam pergantian tahun sambil jalan-jalan santai di Jalan Tunjungan ini.

2. Pantai Kenjeran

Tahun Baru Pantai Kenjeran

* sumber: ksmtour.com

Surabaya juga memiliki sebuah pantai yang fenomenal, namanya Pantai Kenjeran. Setiap akhir tahun pantai ini selalu ramai dikunjungi masyarakat. Ada banyak pedagang makanan sampai dengan barang-barang lainnya yang membuka lapak di sekitar pantai ini. Anda bisa mengisi acara malam tahun baru dengan bersantai di pantai sambil berbelanja.

Tak ketinggalan, di pantai ini juga ada acara pesta kembang api yang meriah. Apalagi kita tidak dipungut biaya untuk bisa menikmati pesta kembang api di Pantai Kenjeran ini. Cukup sediakan uang saku secukupnya saja untuk membeli minuman dan makanan kalau-kalau Anda merasa lapar dan haus sebelum acara pergantian tahun dimulai.

3. Tugu Pahlawan

Surabaya

* sumber: wahyualam.com

Landmark kebanggaan arek-arek Suroboyo ini juga menjadi tempat tahun baru di Surabaya yang tidak pernah sepi. Bahkan, setiap tahunnya jumlah pengunjung Tugu Pahlawan di akhir tahun selalu bertambah. Maklum, di tempat ini biasanya ada pasar malam dadakan yang membuat masyarakat Surabaya semakin tertarik untuk berkunjung kemari di malam tahun baru.

Tugu Pahlawan juga menyediakan pesta kembang api gratis bagi masyarakat Surabaya yang menghabiskan malam tahun barunya di sini. Kembang api yang melesat dari sisi Tugu Pahlawan yang kokoh akan nampak begitu indah dan sayang untuk dilewatkan.

4. Jembatan Suramadu

Tahun Baru Jembatan Suramadu

* sumber: ksmtour.com

Satu lagi tempat tahun baru di Surabaya yang selalu indah di malam hari. Jembatan Suramadu memang selalu terlihat cantik setiap hari meskipun tidak sedang dalam rangka merayakan tahun baru. Dulu di jembatan ini pernah diadakan pesta kembang api, tapi saat ini acara tersebut sudah ditiadakan.

Namun, Anda masih bisa berkunjung ke jembatan ini di malam pergantian tahun. Dari jembatan ini, kita bisa melihat kembang api dari tempat-tempat di Surabaya yang menyelenggarakan pesta pergantian tahun. Jalan-jalan saja dengan sepeda motor atau mobil melintasi Jembatan Suramadu, lalu ketika sudah sampai di Madura Anda bisa kembali lagi ke Surabaya dengan melewati jembatan yang sama.

5. Jembatan Suroboyo

Jembatan Suroboyo

* sumber: dolandolen.com

Sebuah jembatan yang baru diresmikan pada tahun 2016 ini merupakan tempat tahun baru di Surabaya yang sangat menarik untuk dikunjungi. Pasalnya, di jembatan ini ada Air Mancur Menari, sebuah air mancur yang terlihat cantik dengan sorotan lampu warna-warni. Air mancur ini bergerak dengan pola yang teratur dan terlihat sangat menawan dengan lampu-lampu hias di sekitarnya.

Jembatan yang lokasinya tidak jauh dari Pantai Kenjeran ini langsung menjadi magnet tersendiri bagi warga Surabaya yang ingin menghabiskan malam tahun barunya dengan berbaur bersama masyarakat lainnya. Apalagi dari sini kita juga bisa melihat kembang api dari Pantai Kenjeran atau tempat-tempat lain di sekitar jembatan yang turut menyalakan kembang api.

6. Taman Bungkul

Taman Bungkul

Siapa bilang tahun baruan di taman kota tidak asyik? Kalau tamannya seperti Taman Bungkul di Surabaya, tahun baruan Anda pasti lebih dari sekedar asyik, dong! Taman yang berada di Jalan Darmo, Surabaya, ini merupakan taman yang pernah mendapatkan penghargaan The 2013 Townscape Award dari PBB sebagai taman terbaik se-Asia Tenggara.

Taman ini rasanya tidak pernah sepi pengunjung, hampir setiap waktu selalu ada saja warga Surabaya yang bersantai di taman ini. Hal tersebut karena Taman Bungkul memiliki fasilitas yang cukup lengkap, seperti WiFi, BMX Track, Jogging Track, dan area untuk panggung hiburan.

Ketika malam tahun baru tiba, banyak warga Surabaya yang memilih untuk menghabiskan akhir tahun di sini. Tentu saja dari taman ini kita bisa melihat pesta kembang api atau konvoi kendaraan yang melintasi Jalan Darmo.

7. Pasar Malam Kodam V Brawijaya

Pasar Malam Kodam V Brawijaya

Lapangan Kodam V Brawijaya setiap malam selalu menjadi pasar malam permanen. Bukan musiman, pasar malam ini selalu buka di lapangan tersebut setiap malam. Di waktu-waktu tertentu seperti malam tahun baru, lapangan tersebut juga sering dijadikan lokasi panggung musik yang mendatangkan musisi ibu kota.

Malam tahun baru di Lapangan Kodam V Brawijaya dijamin meriah dan semarak. Selain ada pasar malam, kalau beruntung Anda juga bisa menyaksikan panggung hiburan yang mendatangkan musisi ibu kota itu. Di penghujung tahun akan ada acara perhitungan mundur dan pesta kembang api di lapangan ini.

8. Tanjung Perak

Tanjung Perak

* sumber: www.kabarbisnis.com

Tanjung Perak tepi laut, siapa suka boleh ikut..”

Pernah dengar lirik lagu keroncong tersebut? Lagu itu menggambarkan tentang pelabuhan tersibuk kedua di Indonesia, yaitu Pelabuhan Tanjung Perak. Di sini Anda bisa melihat kapal-kapal yang berhenti di dermaga atau mulai berlabuh.

Di malam hari, cahaya-cahaya dari kapal akan tampak sangat memesona, apalagi jika Anda kemari saat malam tahun baru. Biasanya ada atraksi pesta kembang api yang dinyalakan dari kapal. Tentu saja atraksi tersebut akan memberikan pengalaman malam tahun baru yang tak terlupakan bagi Anda.

9. Suroboyo Carnival Park

Suroboyo Carnival Park

Tak perlu bingung mencari tempat tahun baru di Surabaya yang family-friendly, Suroboyo Carnival Park adalah taman hiburan yang buka di malam hari. Anda bisa mengajak keluarga untuk mencoba berbagai wahana menarik di sini saat malam tahun baru.

Di taman hiburan ini pasti diselenggarakan acara tutup tahun yang sangat meriah. Berbagai atraksi dan panggung hiburan sengaja ditampilkan sampai tengah malam nanti. Tentu saja dari Suroboyo Carnival Park ini Anda bisa menyaksikan pesta kembang api yang megah.

10. Surabaya Town Square

Surabaya Town Square

Ada banyak mall yang pasti menggelar midnight sale ketika malam tahun baru. Namun, kalau Anda tidak suka belanja datang saja ke Surabaya Town Square. Mall yang satu ini beda dari mall-mall lain karena sebagian besar tenant-nya merupakan café dan restoran. Di hari biasa, mall ini memang buka sampai tengah malam.

Pada malam tahun baru berbagai café, bar, dan restoran di Surabaya Town Square pasti menggelar berbagai acara yang menarik. Jangan lewatkan acara pesta kembang api yang selalu digelar di panggung utama mall ini.

Itulah rekomendasi tempat tahun baru di Surabaya dari Bacaterus. Sudah menemukan tempat tahun baruan yang asyik? Kalau punya rekomendasi tempat lain, Anda dapat meninggalkan komentar di kolom yang tersedia. Baca juga artikel tempat libur tahun baru di Indonesia untuk membuat liburan akhir tahun Anda semakin menyenangkan.

Baca juga artikel lainnya tentang , atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment