Bacaterus / Jalan-Jalan / Wisata Jawa Tengah / 9 Tempat Tahun Baru di Semarang Paling Ramai Dikunjungi

9 Tempat Tahun Baru di Semarang Paling Ramai Dikunjungi

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 Agustus 2018

Siapa pun pasti antusias menyambut tahun baru. Anda pun pasti sudah memiliki sejumlah resolusi tahun baru yang mungkin belum tercapai di tahun ini. Kalau resolusi sudah siap, apakah Anda juga sudah menyiapkan tempat untuk menghabiskan malam tahun baru?

Bagi Anda yang berada di Semarang dan belum tahu ingin menghabiskan malam tahun baru di mana, Bacaterus akan memberikan ide 9 tempat tahun baru di Semarang yang paling ramai karena sudah menjadi langganan dikunjungi oleh masyarakat setiap tanggal 31 Desember malam.

9 Tempat Tahun Baru di Semarang

1. Simpang Lima Semarang

Simpang Lima Semarang Tempat Tahun Baru di Semarang

* sumber: jateng.tribunnews.com

Kawasan Simpang Lima menjadi tempat tahun baru di Semarang yang paling favorit. Simpang Lima selalu dipadati oleh masyarakat Kota Semarang yang ingin berbaur untuk merayakan malam pergantian tahun. Tentu saja pedagang kaki lima juga tak ketinggalan meramaikan lapangan ini dengan membuka lapak dadakan.

Di kawasan Simpang Lima Semarang biasanya ada panggung hiburan musik setiap malam tahun baru. Saat tengah malam, kawasan ini juga menyelenggarakan pesta kembang api yang bisa kita saksikan secara gratis. Sambil ngemil jajanan yang dibeli di pedagang kaki lima, kita bisa menikmati panggung hiburan dan ikut menghitung mundur saat menjelang pergantian tahun.

2. Bandungan

Bandungan

* sumber: cerita.picmix.it

Bandungan adalah dataran tinggi yang berada di Semarang. Tempat ini selalu menjadi jujugan wajib wistawan dan masyarakat Semarang yang ingin menghabiskan malam tahun baru dengan suasana pegunungan dan hawa yang sejuk.

Di kawasan Bandungan banyak terdapat penginapan yang bisa disewa pada malam tahun baru. Namun, jangan lupa untuk booking jauh-jauh hari agar Anda kebagian kamar. Selain itu, dari Bandungan kita juga bisa menikmati pesta kembang api sambil menatap lampu-lampu dari Kota Semarang yang nampak seperti kunang-kunang.

Bandungan juga merupakan tempat tahun baru di Semarang yang ramah terhadap anak. Pasalnya, ada banyak tempat wisata yang bisa Anda kunjungi untuk membuat buah hati Anda merasa gembira.

3. Pantai Marina

Pantai Marina

Semarang memiliki sebuah pantai yang selalu ramai setiap harinya. Akan tetapi, pantai ini jadi berkali-kali lipat lebih ramai dari hari biasa ketika malam tahun baru. Maklum saja, di Pantai Marina ini kita bisa melihat pesta kembang api secara gratis. Jadi, banyak warga yang antusias untuk bersama-sama merayakan pergantian tahun di tepi pantai ini.

Nggak cuma kembang api saja, di sekitar pantai terdapat warung dan pedagang kaki lima yang menjajakan makanan ringan sampai dengan makanan berat. Sambil menunggu tengah malam, manjakan lidah dan perut Anda dengan kuliner di warung-warung sekitar pantai sembari menikmati hembusan angin yang sepoi-sepoi.

4. Taman Tirto Agung

Taman Tirto Agung

* sumber: www.rumahumkm.net

Malam tahun baru adalah malam yang panjang. Kita akan begadang sampai tengah malam untuk menanti pergantian tahun dan melihat kembang api yang menghiasi langit malam. Namun, keseruan malam tahun baru sangat sayang jika dilewatkan seorang diri. Berbaurlah dengan masyarakat lainnya untuk bersama-sama merayakan malam tahun baru di Taman Tirto Agung.

Sebuah taman di Semarang ini selalu menjadi favorit muda-mudi maupun keluarga untuk merayakan malam tahun baru. Di taman ini juga terdapat playground untuk anak-anak yang ikut serta dengan orang tuanya merayakan malam tahun baru. Anda pun tak perlu takut kelaparan karena di sekitar Taman Tirto Agung banyak terdapat warung makanan yang murah meriah.

5. Bukit Gombel

Bukit Gombel

* sumber: phinemo.com

Menikmati malam baru dari ketinggian memang sangat asyik. Salah satu tempat tahun baru di Semarang yang akan kami bahas ini merupakan dataran tinggi yang biasa dikunjungi masyarakat setiap akhir pekan. Namun, pada malam tahun baru jumlah pengunjung kawasan bernama Bukit Gombel ini semakin bertambah.

Bukit Gombel adalah tempat terbaik untuk menikmati pemandangan malam Kota Semarang dari ketinggian. Dari bukit ini kita bisa melihat kembang api yang dinyalakan dari berbagai sudut Kota Semarang. Kalau ingin bermalam, di sekitar Bukit Gombel juga banyak penginapan berupa villa atau homestay.

6. PRPP Jateng

PRPP Jateng

Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan Jawa Tengah atau yang disingkat menjadi PRPP Jateng adalah tempat tahun baru di Semarang yang sangat hits. Biasanya di sini akan digelar berbagai acara sepanjang Bulan Desember untuk menyambut tahun baru.

PRPP Jateng menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan maupun masyarakat. Apalagi di malam puncak pergantian tahun juga diselenggarakan pesta kembang api yang sangat meriah. Ajak teman, pasangan, atau keluarga untuk turut berbaur dengan ratusan pengunjung lainnya yang ingin menghabiskan malam tahun baru di PRPP Jateng ini.

7. Semarang Nol Kilometer

Semarang Nol Kilometer

* sumber: simpanglima.wordpress.com

Pusat tahun baru di Kota Semarang memang berada di Lapangan Simpang Lima, tetapi kalau Anda ingin merayakan malam tahun baru dengan suasana yang berbeda, datang saja ke Semarang Nol Kilometer. Titik nol kilometer Kota Semarang ini selalu ramai ketika tanggal 31 Desember malam. Adapun masyarakat akan memadati jalan di sekitar Semarang Nol Kilometer ini.

Pedagang kaki lima juga biasa menggelar lapak dadakan di sekitar Semarang Nol Kilometer. Tentu saja Anda bisa menyaksikan pesta kembang api gratis dari tempat ini. Buat yang penasaran dengan lokasi Semarang Nol Kilometer, tempat ini berada di sebuah taman yang letaknya di ujung Jalan Pemuda (antara Gedung Keuangan Negara dan Gedung Dipenda), dekat Jembatan Berok.

8. Tugu Muda

Tugu Muda

* sumber: simpanglima.wordpress.com

Tak jauh dari Lapangan Simpang Lima ada Tugu Muda yang berada persis di depan Gedung Lawang Sewu. Tugu Muda juga menjadi tempat tahun baru di Semarang yang selalu dipadati oleh masyarakat yang berjalan kaki. Jika tak ingin sumpek berada di Simpang Lima yang padat, Anda bisa berjalan-jalan di sekitar Tugu Muda ini.

Tepat pukul 12 malam biasanya masyarakat akan menyalakan kembang api untuk merayakan pergantian tahun. Acara puncak di Tugu Muda begitu meriah karena kembang apinya saling “sahut menyahut” dengan kembang api yang dinyalakan di Simpang Lima.

Jarak antara Tugu Muda dengan Simpang Lima hanya sekitar 2 kilometer saja. Jadi, Anda bisa menempuh kedua lokasi ini hanya dengan berjalan kaki. Di sekitar Tugu Muda juga banyak lapangan parkir dadakan untuk memarkir kendaraan Anda.

9. Hotel dan Restoran

Tahun Baru di Semarang

* sumber: www.instagram.com

Seperti di kota-kota lain, hotel dan restoran yang berlokasi di Semarang juga tak ingin ketinggalan membuat acara malam tahun baru yang meriah. Setiap tahun hotel-hotel berbintang di Semarang pasti membuat acara old and new yang sangat meriah. Ada paket buffet dan hiburan tersendiri yang ditawarkan oleh setiap hotel.

Sementara itu, beberapa restoran di Semarang juga tak mau kalah. Salah satu restoran yang tak pernah absen menyelenggarakan acara malam tahun baru adalah Kampung Laut. Restoran ini menawarkan pesta kembang api sambil menyantap hidangan laut segar yang memuaskan lidah dan perut.

Anda bisa mendapatkan informasi mengenai perayaan tahun baru di hotel dan restoran dengan mengikuti media sosial official-nya atau membaca surat kabar di Semarang. Dari 9 tempat tahun baru di Semarang ini, manakah yang paling menarik untuk Anda coba? Jangan lupa bagikan juga rekomendasi tempat tahun baruan lainnya di Semarang kepada kami dan pembaca Bacaterus, ya! Oh iya, Anda juga jangan melewatkan 10 Tempat Liburan Tahun Baru di Indonesia yang seru dan asyik ini.

Baca juga artikel lainnya tentang , atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment