Bacaterus / Jalan-Jalan / Wisata Jawa Timur / Rayakan Pergantian Tahun di 9 Tempat Tahun Baru di Malang Ini

Rayakan Pergantian Tahun di 9 Tempat Tahun Baru di Malang Ini

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 Agustus 2018

Apa rencana Anda di malam tahun baru? Pergantian tahun memang harus dirayakan bersama orang terdekat. Anda bisa memilih perayaan berupa makan dan berdoa bersama, pesta kembang api, atau berbaur dengan masyarakat lainnya. Kalau tidak ingin merayakannya sendiri, Anda bisa bergabung dengan masyarakat lain di tempat-tempat yang biasanya dipadati orang banyak setiap malam tahun baru.

Jika Anda tinggal atau sedang berlibur di Malang, tidak sulit menemukan tempat tahun baru di Malang. Kota yang memiliki banyak tempat wisata ini menyediakan berbagai tempat yang asyik untuk melihat kembang api dan merayakan pergantian tahun bersama. Bacaterus akan mengulas satu persatu tempat yang bisa Anda datangi di Malang untuk merayakan pergantian tahun.

9 Tempat Tahun Baru di Malang

1. Jalan Soekarno Hatta

Jalan Soekarno Hatta Tempat Tahun Baru di Malang

Jalan Soekarno Hatta adalah sebuah jalan protokol yang biasa dijadikan sebagai tempat tahun baru di Malang. Jalan yang di persimpangannya terdapat Monumen Pesawat MIG-17 Fresco ini selalu dipadati oleh masyarakat ketika malam tahun baru tiba. Tak hanya masyarakat, para pedagang kaki lima juga tumpah ruah di jalanan ini ketika tanggal 31 Desember.

Masyarakat bisa merayakan tahun baru dengan berjalan kaki sambil membeli jajanan yang dijual oleh para pedagang kaki lima tersebut. Di Jalan Soekarno Hatta, kita juga bisa melihat pesta kembang api secara gratis. Selalu ada saja masyarakat yang menyumbangkan kembang apinya untuk memeriahkan perayaan malam tahun baru di jalanan ini.

2. Alun-alun Malang

Alun-alun Malang

* sumber: www.instagram.com

Tak sulit menemukan tempat tahun baru di Malang yang gratis dan ramai. Alun-alun Malang ini adalah salah satu contoh tempat ekonomis untuk merayakan pergantian tahun. Jangan takut kesepian karena banyak masyarakat maupun wisatawan memadati alun-alun ini di malam tahun baru.

Alun-alun Malang adalah tempat yang sangat asri dan nyaman untuk merayakan tahun baru. Di sini terdapat toilet, bangku taman, dan air mancur. Anda bisa duduk di sini sambil menikmati jajanan yang dibeli di luar alun-alun sembari menunggu tengah malam. Dari sini Anda dapat menyaksikan kembang api yang menghiasi langit Malang di malam hari.

3. Balai Kota Malang

Balai Kota Malang

* sumber: travelingyuk.com

Kantor pemerintahan Kota Malang ini terlihat sangat asri di siang hari dan di malam hari juga terlihat indah. Bangunannya yang terlihat lawas nampak masih terawat dan sorotan lampu di sekitarnya justru semakin menambah nilai estetikanya.

Beberapa tahun terakhir selalu ada panggung hiburan yang digelar di Balai Kota Malang saat malam tahun baru tiba. Banyak masyarakat yang datang kemari untuk menikmati hiburan yang ada atau sekedar duduk-duduk di tamannya. Biasanya kepadatan dari Balai Kota Malang ini menjalar sampai ke taman yang berada di depan Stasiun Kota Malang, lho.

4. Jalan Ijen

Jalan Ijen

* sumber: www.jejakpiknik.com

Kalau Anda bingung mencari tempat tahun baru di Malang yang tidak menguras kantong, datang saja ke Jalan Ijen. Jalan ini akan otomatis ditutup untuk kendaraan bermotor saat malam tahun baru karena jalanan tersebut dipadati oleh masyarakat yang berjalan kaki.

Jalan Ijen mendadak jadi seperti sebuah pasar malam ketika tanggal 31 Desember. Banyak pedagang kaki lima yang membuka lapaknya di sepanjang jalan ini dan masyarakat pun tampak santai berjalan kaki menikmati malam tahun baru. Di sini, Anda bisa melihat pesta kembang api secara gratis. Biasanya masyarakat akan membawa kembang api sendiri dan menyalakannya ketika tengah malam. Apakah Anda juga tertarik membawa kembang api juga?

5. Alun-alun Kota Wisata Batu

Alun-alun Kota Wisata Batu

* sumber: www.jejakpiknik.com

Kalau ada lomba alun-alun terbaik dari setiap kota di Indonesia, mungkin Alun-alun Kota Wisata Batu inilah pemenangnya. Tak hanya asri, alun-alun ini bisa menghipnotis masyarakat untuk ingin datang kemari. Bagaimana tidak, di sini ada bianglala yang bisa dipakai oleh kalangan umum. Karcis untuk naik ke bianglala ini juga sangat murah meriah.

Alun-alun Kota Wisata Batu buka selama 24 jam. Oleh karena itu, Anda bisa menghabiskan malam tahun baru di sini bersama ratusan masyarakat lainnya. Tak tanggung-tanggung di alun-alun ini juga biasa digelar pesta kembang api yang cukup meriah.

6. Pantai Balekambang

Pantai Balekambang

* sumber: www.malang123.com

Malang tak hanya terkenal dengan wisata pegunungannya, kota ini juga memiliki sejumlah pantai cantik yang keberadaannya kurang banyak dieksplor oleh masyarakat. Salah satu pantai yang bisa menjadi tempat tahun baru di Malang adalah Pantai Balekambang. Pantai eksotis ini setiap tahunnya menjadi jujugan bagi masyarakat yang ingin menghabiskan akhir tahun di pantai.

Di pantai ini biasa digelar pesta kembang api. Bahkan, pernah sempat ada panggung hiburan yang juga diselenggarakan pada malam tahun baru di sekitar Pantai Balekambang. Booking saja penginapan yang ada di sekitar pantai jika Anda berencana merayakan malam tahun baru di Pantai Balekambang.

7. Paralayang Gunung Banyak

Paralayang Gunung Banyak

* sumber: www.surabayaadventure.com

Di siang hari, tempat ini memang berfungsi sebagai tempat olahraga paralayang, tetapi di malam hari tempat ini seolah menjadi tempat wisata yang memanjakan mata setiap pengunjungnya. Paralayang Gunung Banyak adalah tempat terbaik untuk menikmati pemandangan Kota Malang dari ketinggian.

Pada malam tahun baru banyak masyarakat yang datang kemari untuk merayakan pergantian tahun. Bahkan, tak sedikit masyarakat yang membawa kembang api dan menyalakannya saat tengah malam. Jika Anda tak membawa kembang api pun tak masalah karena di sini kita bisa menikmati pesta kembang api dari setiap sudut Kota Malang.

8. Batu Night Spectacular

Batu Night Spectacular

* sumber: www.ikutilangkahkaki.com

Batu Night Spectacular (BNS) adalah tempat wisata malam yang buka setiap hari. Ada berbagai wahana dan taman lampion yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan maupun masyarakat sekitar. Sebagai tempat wisata malam tentu saja BNS turut memberikan serangkaian acara perayaan malam tahun baru yang meriah.

Habiskan malam akhir tahun Anda dengan bermain di BNS. Tempat ini akan buka sampai tengah malam pada tanggal 31 Desember. Selain itu, BNS juga menyediakan pesta kembang api saat tengah malam tiba. Pokoknya, malam tahun baru Anda akan sangat seru deh!

9. Taman Slamet

Taman Slamet

* sumber: www.instagram.com

Sudah pernah berkunjung ke Taman Slamet? Taman yang satu ini juga selalu menjadi jujugan bagi masyarakat yang ingin merayakan pergantian tahun baru secara ekonomis. Penataan taman yang begitu asri membuat masyarakat merasa betah menghabiskan akhir tahun di sini.

Taman Slamet memiliki sejumlah bangku taman dan fasilitas seperti WiFi gratis. Tentu saja di sekitar taman juga banyak pedagang makanan yang bisa Anda singgahi untuk mengisi perut sembari menanti pergantian tahun. Dari taman ini kita juga menyaksikan pesta kembang api secara gratis, lho!

Inilah 9 tempat tahun baru di Malang yang pasti akan memberikan pengalaman tahun baruan yang mengesankan bagi Anda. Mau merayakan tahun baru secara gratis atau berbayar? Semuanya ada di Kota Malang! Jangan lupa untuk membaca artikel tempat liburan tahun baru di Indonesia yang direkomendasikan oleh Bacaterus, ya!

Baca juga artikel lainnya tentang , atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment