Bacaterus / Jalan-Jalan / Wisata Jawa Barat / 10 Rekomendasi Tempat Tahun Baru di Bogor yang Meriah Banget

10 Rekomendasi Tempat Tahun Baru di Bogor yang Meriah Banget

Ditulis oleh - Diperbaharui 1 November 2018

Tahun baru hanya tinggal menghitung hari. Sudahkah Anda memiliki rencana keren untuk menghabiskan malam tahun baru? Siapa pun partner Anda untuk merayakan tahun baru, Anda harus memilih tempat yang kece agar malam tahun baru Anda jadi lebih berkesan. Bogor adalah kota yang selalu menjadi tujuan bagi warga Jakarta dan sekitarnya untuk merayakan pergantian tahun dengan suasana yang adem dan berkesan.

Pada kesempatan kali ini, Bacaterus akan memberikan rekomendasi mengenai 10 tempat tahun baru di Bogor yang dijamin meriah. Tempat-tempat ini sudah menjadi langganan bagi masyarakat Bogor dan wisatawan untuk merayakan pergantian tahun setiap tanggal 31 Desember.

10 Tempat Tahun Baru di Bogor

1. Puncak Bogor

Tahun Baru Puncak Bogor

Setiap menjelang akhir tahun, jalur menuju Puncak Bogor pasti dipadati oleh kendaraan bermotor. Bukan hanya dari kalangan masyarakat Bogor saja, tetapi orang-orang yang datang ke puncak juga berasal dari Jakarta, Tangerang, Depok, Bekasi, dan sekitarnya.

Puncak merupakan tempat tahun baru di Bogor paling favorit. Setiap malam tahun baru selalu ada panggung hiburan dan pesta kembang api yang meriah di kawasan puncak ini. Sambil menunggu pergantian tahun, Anda pun dapat bersantai sambil menyantap jagung bakar atau makanan lainnya yang banyak dijajakan di Puncak Bogor.

2. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor Tempat Tahun Baru di Bogor

* sumber: travelingyuk.com

Tempat tahun baru di Bogor yang satu ini sangat istimewa. Pasalnya, di hari biasa Kebun Raya Bogor hanya buka sampai pukul 18:00 WIB, sedangkan di malam tahun baru kebun yang sangat asri dan luas ini dibuka sampai tengah malam, lho.

Untuk bisa merayakan malam tahun baru di Kebun Raya Bogor Anda tidak perlu membayar biaya apapun. Semua orang boleh menikmati malam tahun baru di kebun ini. Jika ingin mendapat tempat untuk piknik, usahakan untuk datang sejak sore hari karena jumlah pengunjung Kebun Raya Bogor di akhir tahun akan sangat membludak.

3. Tugu Kujang

Tugu Kujang

Rayakan malam tahun baru bersama dengan ratusan masyarakat Kota Bogor di Tugu Kujang. Jalan di sekitar tugu ini pasti akan dipadati oleh lautan manusia yang ingin merayakan malam tahun baru secara massal. Saran kami, hindari membawa kendaraan untuk melintas di sekitar Tugu Kujang jika Anda tidak ingin terjebak dalam kemacetan panjang.

Setiap malam pergantian tahun selalu ada pesta kembang api yang bisa dinikmati secara gratis di Tugu Kujang. Apalagi lokasi tugu ini dekat dengan hotel-hotel berbintang yang juga menggelar perayaan malam tahun baru. Alhasil, masyarakat yang datang kemari juga bisa melihat kembang api dari hotel-hotel berbintang tersebut.

4. Taman Air Mancur

Taman Air Mancur

* sumber: ndgblog.com

Sejak pertama kali diresmikan untuk umum, Taman Air Mancur ini selalu ramai dikunjungi warga Bogor, terutama pada sore hari. Meskipun air mancurnya tidak selalu menyala setiap saat, tapi tempatnya yang bersih dan luas membuat warga betah berada di sini, khususnya komunitas skateboard atau sepeda, dll.

Kalau Anda mencari tempat tahun baru di Bogor yang berada di tengah-tengah jalan besar yang selalu ramai, Taman Air Mancur adalah tempat yang tepat. Di taman ini biasanya ada masyarakat yang membawa kembang api lalu menyalakannya tepat pukul 12 malam. Selain itu, di sekitar taman juga banyak warung tenda yang bisa disinggahi untuk mengisi perut.

5. Lapangan Tegar Beriman

Lapangan Tegar Beriman

Malam tahun baru identik dengan panggung musik untuk menghibur masyarakat. Nah, biasanya Lapangan Tegar Beriman ini selalu menjadi lokasi berdirinya panggung hiburan malam tahun baru. Seluruh warga Bogor tumpah ruah di lapangan ini untuk menyaksikan hiburan gratis.

Tahun baruan di Lapangan Tegar Beriman memang asyik. Di malam tahun baru lapangan ini akan dipenuhi dengan pedagang kaki lima yang menjual makanan, minuman, dan barang-barang lainnya. Tak ada yang lebih membahagiakan dari kesempatan untuk merayakan pergantian tahun bersama masyarakat lainnya, bukan?

6. Taman Safari Bogor

Taman Safari Bogor

Ingin mengajak anak merayakan tahun baru? Ada tempat tahun baru di Bogor yang sangat family-friendly, yaitu Taman Safari Bogor. Kebun binatang yang satu ini pernah menyediakan acara tahun baru dan pesta kembang api. Bahkan, ada atraksi danĀ safari night di mana pengunjung bisa menjelajah melihat hewan di malam hari.

Kalau takut kemalaman sebaiknya menginap saja di Safari Lodge. Penginapan ini berada di lingkungan Taman Safari dan mengusung konsep penginapan back to nature. Anak-anak pasti sangat gembira jika diajak merayakan tahun baru di Taman Safari Bogor.

7. Taman Yasmin

Taman Yasmin

* sumber: www.lovelybogor.com

Pada hari biasa, Taman Yasmin sering menjadi tempat kongkow atau olahraga bagi masyarakat Kota Bogor. Akan tetapi, di tanggal 31 Desember taman yang di tengahnya terdapat kolam ini menjadi sangat ramai. Banyak warga yang antusias untuk tahun baruan di taman ini.

Adapun Taman Yasmin berubah menjadi seperti pasar malam mendadak di malam pergantian tahun. Banyak pedagang yang membuka lapaknya di sekitar taman. Selain itu, di penghujung hari juga ada pesta kembang api yang tak kalah meriah dengan yang ada di tempat lain.

8. Hutan Pinus Gunung Pancar

Hutan Pinus Gunung Pancar

* sumber: www.indonesiatraveller.id

Tidak semua orang gemar merayakan tahun baru dengan suasana yang semarak. Beberapa orang justru memilih merayakan malam tahun baru di teman yang sejuk, tenang, dan jauh dari keramaian. Apabila Anda termasuk tipe orang yang menyukai ketenangan, rayakan malam tahun baru Anda di Hutan Pinus Gunung Pancar.

Di hutan pinus ini Anda bisa berkemah sambil menyalakan api unggun. Anda pun dapat merasakan sensasi berendam di kolam air panas tengah malam. Tak perlu khawatir menjadi satu-satunya wisatawan di sini karena Hutan Pinus Gunung Pancar juga cukup ramai dikunjungi wisatawan di malam tahun baru.

9. Taman Ekspresi

Taman Ekspresi

* sumber: www.bogorraincake.com

Satu lagi tempat tahun baru di Bogor yang ekonomis dan sangat meriah, yaitu Taman Ekspresi. Taman ini pada dasarnya memang buka 24 jam. Namun, di hari biasa taman ini pasti sudah sangat sepi menjelang tengah malam. Berbeda saat tanggal 31 Desember di mana jumlah pengunjung taman ini sangat membludak.

Biasanya orang akan datang kemari untuk bersantai sambil menunggu tengah malam. Ketika tengah malam tiba, mereka akan ramai-ramai meniup trompet dan menyalakan kembang api yang sudah disiapkan dari rumah.

10. Taman Kencana

Taman Kencana

* sumber: www.tempat.me

Bogor memang memiliki sejumlah taman yang bisa dimanfaatkan masyarakatnya untuk merayakan malam tahun baru. Taman Kencana adalah satu dari sekian banyak taman yang tidak pernah absen dijadikan tempat untuk merayakan tahun baru.

Di penghujung tahun, taman ini menjadi sangat ramai dikunjungi masyarakat Bogor. Pasalnya, biasanya di sini terdapat pertunjukan musik akustik yang siap memberikan hiburan semalam suntuk. Saat tengah malam, di Taman Kencana ini juga terdapat pesta kembang api.

Nah, 10 tempat tahun baru di Bogor ini bisa menjadi ide bagi Anda yang belum punya rencana merayakan malam tahun baru. Simak juga artikel tempat liburan tahun baru di Indonesia jika Anda ingin mencari tempat berlibur dalam negeri di akhir tahun nanti.

Baca juga artikel lainnya tentang , atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment