Bacaterus / Kuliner / Kuliner Jakarta / 10 Tempat Makan Soto Enak di Jakarta yang Bikin Ketagihan

10 Tempat Makan Soto Enak di Jakarta yang Bikin Ketagihan

Siapa yang tak kenal dengan soto? Makanan yang satu ini memang bisa ditemukan di hampir semua daerah, mulai dari Soto Betawi, Soto Lamongan, Soto Kudus, sampai dengan Soto Madura. Jadi, tidak sulit sebenarnya untuk menemukan makanan ini di mana pun Anda sedang berada. Sayangnya, tidak semua soto yang dijual di luar enak.

Untuk memberi panduan kepada Anda yang ingin menyantap soto saat berada di Jakarta, Bacaterus akan memberi review seputar tempat soto enak di Jakarta yang bakal bikin Anda ketagihan! Tidak percaya? Yuk, langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini.

10 Tempat Makan Soto Enak di Jakarta

1. Soto Kudus Blok M

Soto Kudus Blok M Tempat Soto Enak di Jakarta

Bila sedang membicarakan seputar tempat soto enak di Jakarta, kita pasti teringat pada Soto Kudus Blok M yang sangat hits itu. Ya, Soto Kudus Blok M menawarkan menu soto khas Kudus – Jawa Tengah dengan kuah yang lebih bening dibanding soto-soto pada umumnya.

Semangkuk soto dilengkapi dengan suwiran ayam yang tidak terlalu lembek, seledri, tauge, bawang goreng, dan kuah yang sangat sedap. Di sini, kita juga bisa menambahkan pelengkap seperti telur rebus, perkedel, otak goreng, ati, tempe goreng, dan sate kerang. Soto Kudus Blok M membuka beberapa cabang di Jakarta, di antaranya di Dharmawangsa, Tebet, Kelapa Gading, dan Kebon Jeruk.

2. Soto Betawi H. Husein

Soto Betawi H. Husein

Ada yang kurang rasanya jika ke Jakarta, tapi tidak mencoba Soto Betawi. Jika ingin menikmati Soto Betawi yang sudah terjamin kelezatannya, datang saja ke Soto Betawi H. Bedanya soto ini dengan soto lainnya adalah kuahnya yang menggunakan santan susu. Sementara itu, lauk di dalam soto bisa daging sapi atau jeroan sapi.

Tekstur kuah yang kental dengan rasa yang gurih akan terasa lebih nikmat karena di dalam soto ini juga terdapat potongan tomat segar dan emping melinjo yang membuatnya semakin sedap. Mencium aroma Soto Betawi H. Husein ini saja sudah bikin perut keroncongan! Yuk, kunjungi Soto Betawi H. Husein ini di Jalan Padang Panjang No. 6B-6C, Manggarai, Jakarta.

3. Soto Ayam Ambengan Pak Sadi

Soto Ayam Ambengan Pak Sadi

Percaya tidak percaya, ternyata salah satu soto terkenal di Jakarta sudah membuka cabang di Jakarta. Adalah Soto Ayam Ambengan Pak Sadi yang hadir dengan kuah yang kental dengan rasa yang tasty banget. Apalagi potongan daging ayam di depot ini sudah cukup tebal.

Rasa soto ayam yang satu ini jadi semakin nikmat jika Anda menambahkan sambal, jeruk nipis, dan koya (sejenis kerupuk dengan bawang putih). Untuk menikmati soto khas Surabaya Anda tak perlu terbang dulu ke kota pahlawan, cukup kunjungi Soto Ayam Ambengan Pak Sudi ini di Jalan Wortelmonginsidi No. 28, Senopati.

4. Soto Ceker Apjay

Soto Ceker Apjay

Warung Apjay memang terkenal dengan nasi goreng kebulinya. Namun, tahukah Anda bahwa Apjay bisa menjadi salah satu tempat soto enak di Jakarta karena menjual soto ceker yang sangat diminati pengunjung? Apjay meracik soto ceker ini menjadi luar basa enak. Kuah soto ini bening dan sudah terasa gurih meskipun tidak ditambahkan apapun.

Hanya saja jika Anda ingin rasa Soto Ceker Apjay ini jadi lebih nikmat, maka tak ada salahnya jika Anda turut menambahkan bihun, seledri, tomat, dan emping melinjo. Jika Anda tidak suka menyantap ceker, maka ceker tersebut juga bisa diganti dengan daging ayam atau daging sapi. Lokasi Apjay berada di Apjay Food Market, Jalan Panglima Polim IX No. 22, Melawai, Jakarta.

5. Soto Mie Puri H. Harjo

Soto Mie Puri H. Harjo

Mengingat ada banyak jenis soto yang dijual di Jakarta, mungkin Anda juga ingin mencoba soto yang berasal dari ibu kota. Ya, apalagi jika bukan soto mie. Di kawasan Puri – Jakarta Barat ada sebuah depot soto mie yang sangat legendaris, yakni Soto Mie Puri H. Harjo. Soto mie di sini sangat sedap, apalagi porsinya pun royal alias sangat besar sehingga dijamin puas jika menyantap soto ini.

Selain soto mie, depot ini juga menjual bakso. Akan tetapi, rasanya kurang pas jika Anda datang kemari tanpa mencicipi soto mie legendaris ini. Alamat Soto Mie Puri H. Harjo ada di Jalan Kembangan Abadi Utama Blok A7 No. 7, Puri, Jakarta.

6. Bale Soto

Bale Soto 1

Dari namanya saja Anda pasti sudah bisa menebak bahwa Bale Soto ini merupakan rumah makan yang menawarkan aneka soto sebagai menu utamanya. Memang benar jika di sini kita bisa mencicipi berbagai jenis soto, mulai dari Soto Bebek, Soto Wagyu, Soto Iga, Soto Ayam, dan masih banyak lagi.

Bale Soto 2

Harga soto di sini pun relatif murah mengingat tempat makan ini berada di Senopati yang dikenal sebagai kawasan yang sebagian besar berisi tempat makan mahal. Selain itu, suasana di Bale Soto juga cukup cozy, tidak seperti kedai makan soto kebanyakan. Bale Soto bertempat di Jalan Daksa I No. 11, Senopati, Kebayoran Baru, Jakarta.

7. Soto Padang H. St. Mangkuto

Soto Padang H. St. Mangkuto

Bagi pecinta Soto Padang, Anda dapat melipir ke salah satu tempat soto enak di Jakarta yang menjual menu tersebut, yakni di Soto Padang H. St. Mangkuto. Racikan Soto Padang di sini terasa begitu sedap dan mantap.

Kuahnya yang tasty berpadu dengan potongan daging sapi yang empuk. Jika Anda suka gajih (lemak) sapi, Anda pun bisa meminta tambahan gajih sapi tersebut di mangkuk soto Anda. Dijamin rasanya jadi sangat maknyus, lho! Bila Anda ingin turut mencicipi Soto Padang H. St. Mangkuto ini, datang saja ke tempatnya di Jalan KH Ahmad Dahlan No. 22B, Gandaria, Jakarta.

8. Soto Betawi H. Ma’ruf

Soto Betawi H. Ma’ruf

Berada dekat dengan Taman Ismail Marzuki (TIM), Soto Betawi H. Ma’ruf ini termasuk salah satu depot soto legendaris karena sudah berdiri sejak tahun 1940-an. Bahkan, citarasa soto di sini tetap sama sejak berubah, tak berubah meskipun bertambah tahun.

Soto Betawi di sini berisi jeroan sapi. Yang membuat soto ini jadi terasa istimewa adalah paru gorengnya yang tetap renyah meskipun sudah direndam di dalam kuah. Penasaran dengan kelezatan Soto Betawi H. Ma’ruf? Datang saja ke tempatnya di Jalan Cikini Raya 73, Jakarta.

9. Soto Roxy H. Darwasa

Soto Roxy H. Darwasa

Yang satu ini adalah kedai Soto Betawi yang sudah terkenal. Bahkan, pelanggannya pun ada yang dari kalangan artis dan pejabat, lho. Ya, Soto Roxy H. Darwasa merupakan satu dari sekian banyak Soto Betawi legendaris yang ada di ibu kota.

Soto ini berisi kuah santan yang gurih dan dipadukan dengan jeroan sapi dan yang paling favorit adalah daging gorengnya. Nikmati soto ini dengan emping melinjo agar citarasanya semakin terasa lezat. Soto Roxy H. Darwasa berlokasi di Jalan Tidore No. 2, Roxy, Jakarta.

10. Soto Madura (Juanda)

Soto Madura (Juanda)

Tidak ada nama khusus untuk depot yang menjual Soto Madura ini. Namun, mengingat lokasinya terletak di Jalan Ir. H. Juanda No. 16, Gambir, Jakarta, maka tempat ini lebih sering disebut sebagai “Soto Madura Juanda”

Bagi Anda yang ingin mencicipi soto khas Surabaya atau Madura, tempat ini nampaknya sangat cocok untuk Anda. Soto daging adalah menu yang paling favorit di sini karena kuahnya sangat gurih dan hadir dengan kaldu yang terasa pekat di lidah.

Ingin mencari tempat soto enak di Jakarta? Kunjungi saja 10 tempat yang kami rekomendasikan di atas. Dijamin Anda pasti akan ketagihan! Jika punya rekomendasi kedai soto lainnya, silakan tulis rekomendasi Anda di kolom komentar ya! Untuk mengetahui tempat nasi goreng enak di Jakarta, klik saja di sini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

2 Comments

  1. misle at - Reply

    anda harus nyobain soto hj,ridwan didaerah kebayoran lama kalo anda mau saya bisa antarkan anda untuk mencicipinya

    • Bacaterus
      Bacaterus at - Reply

      Terima kasih atas masukannya. 🙂

Leave A Comment