Bacaterus / Kuliner / Kuliner Jakarta / Cobain 10 Tempat Makan Pempek Enak di Jakarta Ini, Yuk!

Cobain 10 Tempat Makan Pempek Enak di Jakarta Ini, Yuk!

Ditulis oleh

Siapa yang tak kenal kuliner khas Palembang yang satu ini, pempek. Dibuat dari tepung sagu dan ikan, membuat kudapan ini terasa sangat enak. Apalagi ketika ditambah kuah cuko yang segar dan pedas, rasanya pas sekali dimakan siang-siang atau dijadikan camilan.

Untuk menikmati pempek dengan rasa asli Palembang, Anda tidak perlu pergi jauh-jauh, kok. Karena, ada sepuluh tempat pempek enak di Jakarta yang bisa Anda kunjungi. Ini dia daftar tempat makan pempek yang enak banget di Ibu Kota yang telah Bacaterus rangkum untuk Anda.

10 Tempat Makan Pempek Enak di Jakarta

1. Pempek Pak Raden

Pempek Pak Raden

* sumber: batam-dine.com

Jika Anda orang asli Palembang, atau pernah berkunjung ke sana, pasti sudah tidak asing lagi dengan Pempek Pak Raden. Anda tidak perlu terbang ke Palembang untuk menikmati pempeknya Pak Raden, karena sudah ada banyak cabangnya di kota-kota lain, termasuk di Jakarta. Dan, kabar baik untuk warga Jakarta, karena cabang Pempek Pak Raden di kota ini ada banyak sekali.

Sudah melegenda dan terkenal ke mana-mana, kelezatan Pempek Pak Raden tidak bisa Anda ragukan lagi. Rasa ikannya sangat terasa dari pempek milik Pak Raden ini. Lalu, pempeknya pun tidak alot, melainkan krispi di luar dan lembut di dalam. Untuk kuah cukonya, Pempek Pak Raden mengeluarkan dua pilihan, yaitu kuah pedas dan kuah manis.

Di sini tersedia pempek biasa seperti lenjer, kapal selam, dan kulit, tapi ada juga menu fushion seperti Pempek Keju, yaitu pempek dengan keju yang meleleh di dalamnya, harganya Rp 5 ribu per buah.

Lalu, ada juga Pempek Sosis, Pempek Tahu, Pempek Keriting, Pempek Pistel/Kates (pepaya muda), hingga Pempek Panggang. Untuk Pempek Panggang, semua jenis pempek bisa Anda pesan. Cuma pempeknya tidak akan digoreng, tapi dipanggang.

Sebagai pencuci mulut, jangan lupa memesan Es Kacang Merah yang cocok banget dimakan setelah menghabiskan pempek. Tekstur es kacang merah di Pempek Pak Raden benar-benar pas, terasa lembut dan lumer di mulut. Lokasi Pempek Pak Raden di Jakarta ada cukup banyak, jadi kami me-list-nya seperti ini:

  • Jalan Raya Pasar Minggu no. 30, Pasar Minggu.
  • Jalan Meruya Ilir Raya no. 40, Meruya. Telp. (021) 58907753.
  • Jalan Raya Fatmawati no. 4B, Fatmawati. Telp. (021) 7504908.

2. Pempek 161

Pempek 161 tempat pempek enak di Jakarta

* sumber: www.burpple.com

Pempek 161 memiliki nama lengkap “Pempek Palembang & Otak Otak Kelapa Gading 161”. Tapi, untuk mempersingkat, Anda cukup mencari Pempek 161 di kolom Google dan akan langsung mendapatkan jawaban yang Anda inginkan.

Rumah makan ini merupakan speciality pempek dan otak-otak. Untuk pempeknya ada kapal selam, lenggang, lenjer, keriting, tunu (panggang), pastel, kulit, adaan, tahu, hingga model.

Pempek 161 sudah berdiri lebih dari 20 tahun di Jakarta. Dengan pengalaman tersebut, kelezatan Pempek 161 tentunya tidak bisa diragukan lagi. Pempek 161 bahkan punya formula kuah cuko khusus yang bisa membuat pelanggan merasa sedang makan pempek langsung di Palembang, karena memang semua bahannya datang langsung dari Sumatera.

Walaupun semua rasa pempeknya enak, yang paling sering cepat habis adalah Pempek Kulit-nya. Selain pempek, di sini juga tersedia kuliner khas Palembang lainnya seperti Martabak Har, Burgo, Laksa, dan Tekwan. Lokasi Pempek 161 ada sangat banyak di Jakarta, ini dia alamat-alamatnya:

  • (Pusat) Jalan Boulevard Raya Blok FW I no. 26, Kelapa Gading, Jakarta Utara. 021 4526607 / 021 4531501.
  • Jalan Radio Dalam Raya, Blok H 5C, Pondok Indah. Telp. (021) 7228971.
  • Jalan Tebet Raya No. 54 D, Tebet. Telp. (021) 8298941.

3. Pempek Megaria

Pempek Megaria merupaka tempat pempek enak di Jakarta yang sangat terkenal dan sudah melegenda. Pempek di sini rasanya persis seperti pempek Palembang asli. Pilihan pempeknya terdiri dari lenggang, kapal selam, dan masih banyak lagi. Menu yang recommended sih Lenggang Goreng, yaitu pempek lenggang yang digoreng dengan telur, bentuk jadinya mirip seperti telur dadar.

Lokasi Pempek Megaria ada di dekat Bioskop Metropole (dulu bernama Bioskop Megaria). Sekarang Pempek Megaria berjualan di dalam kompleks bioskop tersebut. Tempatnya cukup luas dan cukup nyaman untuk jadi tempat ngumpul bersama teman-teman. Apalagi lokasinya yang dekat dengan perkantoran, jadi Anda bisa makan siang di sini saat jam istirahat kerja.

Alamat Pempek Megaria ada dua di Jakarta, yaitu di:

  • Metropole 21, Jalan Pegangsaan Timur no. 21, Cikini. Telp. (021) 3910921.
  • Plaza Atrium, Lantai 4, Food Colony, Jalan Senen Raya No. 135, Senen. Telp. (021) 3853985.

4. Pempek Belida Mas Internasional (BMI)

Pempek Belida Mas Internasional (BMI)

* sumber: gedeinperut.com

Pempek Belida Mas Internasional (BMI) sedang ngehits sekali di Jakarta, karena mereka mengusung tema kekinian untuk pempeknya. Di sini ada lebih dari 21 jenis pempek dan 3 jenis mie ayam. Untuk pempeknya, Anda akan menemukan pempek klasik seperti lenjer dan kapal selam. Tapi, bukan itu yang membuat orang-orang penasaran dengan BMI.

BMI terkenal dengan pempeknya yang unik-unik seperti Pempek Mozarella, Pempel Seaweed, Pempek Telur Asin (Salted Egg Yolk Pempek), hingga Pempek Nutella, loh! Untuk harganya memang agak mahal, yaitu sekitar Rp 25.000 / pcs, but it’s really worth it! BMI terletak di Jalan Garuda no. 34, RT 01 RW 04, Kemayoran. Jam bukanya dimulai dari jam 10 pagi – 11 malam.

5. Pempek G Putra

Tempat pempek enak di Jakarta kita yang selanjutnya ada Pempek G Putra. Kedai pempek ini berada di daerah Kemayoran, tepatnya di Jalan Garuda. Anda mungkin akan kebingungan kalau pertama kali ke daerah sana karena ada banyak sekali kedai pempek. Tapi, yang paling enak tentu Pempek G Putra yang sudah berdiri sejak tahun 1972.

Ada banyak jenis pempek di sini, tapi yang paling recommended adalah Pempek Telor Spesial (pempek ukuran jumbo), Pempek Sosis yang unik, dan Pempek Panjang Keju yang gurih banget. Pempek-pempek ini rasanya pas sekali ketika diberi kuah cuko dan bubuk ebi. Yum! Langsung datang ke Pempek G Putra yuk supaya tidak penasaran. Alamatnya ada di Jalan Garuda no. 57A, Kemayoran. Telp. (021) 4216317.

6. Pempek Salmon PIK

Jika biasanya pempek dibuat dari ikan tenggiri, tempat pempek enak di Jakarta yang satu ini menjual pempek dari ikan salmon. Berlokasi di PIK membuat nama kedai ini menjadi Pempek Salmon PIK. Sensasi dan rasa yang ditawarkan tentunya berbeda dari pempek pada umumnya. Karena dibuat dari ikan salmon yang harganya lebih mahal dari ikan tenggiri, Pempek Salmon PIK bisa dibilang sebagai “pempek highclass”.

Varian pempek di sini cukup banyak juga, ada pempek panjang besar, keriting, telur kecil, panjang kecil, dan yang unik ada Kapal Salmon (berisi cincangan daging salmon), Salmon Skin, dan Salmon Tofu. Pempek Salmon PIK ini merupakan pencetus pempek salmon pertama di Indonesia, loh.

Anda bisa mengunjungi stall Pempek Salmon PIK di Emporium Pluit Mall, Lantai Lower Ground, Jalan Pluit Selatan Raya, Penjaringan. Telp. 0812-9866-9993.

7. Pempek Pak Jenggot

Pempek Pak Jenggot dari dulu hingga kini terkenal sebagai tempat pempek enak di Jakarta yang terbaik. Pempek ini terletak di Pasar Minggu, Jalan Raya Ragunan no. 17, RT 01 RW 01 (dekat SD Yayasan Bhakti Tugas dan Ramayana Pasar Minggu).

Di sini ada kapal selam (25K), lenjer (8K), adaan (8K), kulit (9K), tahu (9K), keriting (10K), lenggang (27K), hingga tekwan (25K) dan model (25K). Kalau Anda mau membeli tekwan kiloan juga bisa, harganya 135K / kg.

8. Pempek Eirin 10 Ulu

Pempek Eirin 10 Ulu merupakan restoran pempek yang sudah cukup lama berdiri. Menu andalan restoran pempek ini adalah Pempek Kulit dan tentunya Pempek Kapal Selam yang bentuknya kotak seperti pada gambar di atas. Kalau kuah cukonya terasa kurang pedas, Anda bisa menambahkan sambal yang tersedia di setiap meja. Pempek Eirin 10 Ulu beralamat di Jalan Pintu Kecil no. 3. Telp. (021) 6900929

9. Pempek Abing

Pempek Abing tempat pempek enak di Jakarta

* sumber: www.zomato.com

Pempek Abing juga termasuk ke dalam list 10 tempat pempek enak di Jakarta. Lokasi kedai pempek ini ada di Jalan Prof. dr. Satrio, kalau Anda berada di sekitar Jalan Sudirman atau Kuningan, pasti melewati jalan ini. Sayangnya, Jalan ini terkena aturan 3 in 1, jadi Anda bisa juga melakukan delivery order kalau Anda malas ke sana.

Pempek Abing buka setiap hari dari jam 11 siang – 11 malam. Untuk pilihan pempeknya sangat banyak, ada kapal selam, lenjer, adaan, kulit, pistel (pempek dengan isian pepaya muda), lenggang (lenjer yang digoreng dadar bersama telur), model (isi tahu), hingga tekwan. Untuk pemesanan, Anda bisa menghubungi Pempek Abing di nomor 08557826579.

10. Pempek Kiara

Pempek Kiara

* sumber: www.foody.id

Pempek Kiara merupakan tempat pempek enak di Jakarta yang terakhir. Di sini ada Pempek Kapal Selam (18K), Pempek Lenjer Besar (20K), hingga yang unik seperti Rujak Mie Tahu, Sate Lenjer Sosis, dan aneka kuliner khas Palembang lainnya yaitu tekwan dan mie celor.

Pempek Kiara ada di Jalan Pantai Indah Kapuk Blok B no. 65, Ruko Metro Broadway The Centro, RT 03 RW 07, Kapuk Muara, Penjaringan. Lokasi kedua Pempek Kiara ada di Metro Tanah Abang, Lantai 6, Jalan K.H. Wahid Hasyim no. 187 – 189, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Jadi ngiler, ya, habis melihat gambar pempek-pempek di atas? Kesepuluh tempat pempek enak di Jakarta ini terkenal sangat enak dan ada menu yang unik juga, makanya Bacaterus merekomendasikannya untuk Anda. Diantara kesepuluh tempat ini, manakah yang jadi favorit Anda?

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Syuri
Syuri, ’94 liner, make up enthusiast, smeraldo flower admirer, calico cat snuggler.

Leave A Comment