Bacaterus / Dunia Mistis / Misteri Indonesia / 10 Tempat Paling Angker di Indonesia yang Menyeramkan

10 Tempat Paling Angker di Indonesia yang Menyeramkan

Ditulis oleh - Diperbaharui 5 September 2018

Selain wisata kulinernya, Indonesia juga dikenal sebagai salah satu destinasi wisata mistis. Hampir setiap kota di Indonesia memiliki spot mistis yang banyak mengundang rasa penasaran. Maka dari itu pada artikel kali ini saya akan mengulas berbagai tempat paling angker di Indonesia.

Tempat angker di Indonesia sangatlah beragam. Ada yang berupa komplek pemakaman, goa bekas jaman penjajahan, rumah sakit tua, hingga bangunan kampus dan sekolah. Semua tempat tersebut biasanya memiliki penunggunya masing-masing dengan latar belakang yang sangat menyeramkan. Di mana sajakah itu? Yuk simak daftarnya berikut ini.

Tempat Angker di Jakarta

Walaupun berstatus sebagai kota metropolitan, namun unsur mistik masih banyak menyelimuti beberapa tempat di Jakarta. Beberapa lokasi di kota yang berbatasan dengan Bekasi dan Depok tersebut dipercaya memiliki kekuatan gaib yang kuat. Berikut adalah beberapa tempat paling angker di Jakarta:

1. Rumah Pondok Indah

rumah hantu pondok indah

Sekitar tahun 80an ada sebuah rumah di Jalan Metro, Jakarta, yang ditinggali oleh 7 warga negara asing. Suatu hari terjadi perampokan di rumah tersebut dan semua penghuninya dibunuh, termasuk anak-anak dan pembantunya. Semenjak saat itu rumah tersebut menjadi angker dan tidak berpenghuni.

Banyak warga yang kemudian sering melihat penampakan di rumah tersebut. Bahkan banyak yang mengatakan rumah tersebut adalah kerajaan setan. Saking tenarnya, kisah rumah Pondok Indah ini juga sempat difilm-kan beberapa tahun yang lalu. Kini rumah tersebut telah dirobohkan.

2. Perlintasan Kereta Bintaro

tempat paling angker di Indonesia bintaro

Tragedi Bintaro

Pada tanggal 19 Oktober 1987 terjadi kecelakan kereta api terbesar di Indonesia. Kecelakaan yang terjadi di perlintasan kereta dekat Stasiun Sudimara Bintaro tersebut menewaskan ratusan orang. Hingga kini sering terdengar suara jeritan minta tolong di malam hari ataupun penampakan hantu yang mencari anggota tubuhnya di wilayah tersebut.

3. Terowongan Casablanca

terowongan casablanca

Terowongan Casablanca merupakan sebuah terowongan yang dibangun di atas tanah yang dahulunya merupakan komplek pekuburan. Karena hal itulah terowongan ini kemudian menjadi sangat angker. Banyak terjadi kecelakaan aneh yang terjadi di sini. Menurut saksi mata, sering ada hantu perempuan yang tiba-tiba melintas di jalan sehingga membuat pengemudi banting setir dan terjadi kecelakaan.

4. TPU Jeruk Purut

tpu jeruk purut

Tempat pemakaman umum di daerah Jeruk Purut, Jakarta Selatan, juga memiliki kisah yang menyeramkan. Konon, di pemakaman tersebut sering terjadi penampakan pastor tanpa kepala. Pastor tersebut bertubuh besar dan mengenakan pakaian serba hitam. Ia sering berkeliling makam dengan menuntun anjing dan menenteng kepalanya sendiri.

5. Jembatan Ancol

jembatan ancol

Salah satu kisah misteri paling melegenda di Jakarta adalah hantu Si Manis Jembatan Ancol. Ya, di sebuah jembatan di atas kali Ancol, Jakarta Utara, pernah terjadi pemerkosaan dan pembunuhan terhadap seorang wanita cantik.

Semenjak kejadian tersebut, banyak warga di sekitar daerah tersebut yang melihat penampakan hantu wanita cantik di malam hari. Saking populernya, kisah urban legend ini banyak diadaptasi ke film dan juga sinetron.

6. Lubang buaya

Lubang buaya

Lubang Buaya merupakan sebuah sumur tua tempat dibantainya para jenderal TNI secara sadis dalam kasus G30S/PKI. Konon, hingga saat ini masih ada warga yang sering mendengar suara jeritan dan tangisan dari korban pembantaian tersebut.

7. Rumah Kentang

Rumah Kentang

Di sebuah rumah di kawasan Pranpanca, jakarta Selatan sering tercium bau kentang yang menyengat. Konon katanya pada jaman dahulu ada seorang ibu yang sedang merebus kentang dalam panci yang besar. Namun si ibu tersebut lalai sehingga anaknya yang masih kecil masuk ke dalam panci tersebut dan meninggal terebus bersama puluhan kentang.

Karena kejadian tersebut, di sekitar rumah tersebut sering tercium bau kentang yang misterius di malam hari. Menurut Indocropcircle, Banyak paranormal yang mengatakan jika bau kentang tersebut merupakan aroma dari genderuwo yang tinggal di daerah tersebut.

8. Mall Klender

Mall Klender

Masih ingat kejadian pilu yang pernah dialami Indonesia pada Mei 1998? Krisis ekonomi yang menjadi akhir dari pemerintahan orde baru ini merupakan sejarah kelam, di mana penjarahan, pembantaian, dan pemerkosaan terjadi di mana-mana.

Salah satu bangunan yang menjadi tempat penjarahan adalah Yogya Plaza di kawasan Klender. Tempat ini dibakar oleh para penjarah di saat ada 300 orang yang masih berada di dalamnya karena berusaha bersembunyi dari penjarah.

Peristiwa yang menewaskan 300 orang itu membuat Yogya Plaza di tutup selama beberapa tahun, tapi dibuka kembali pada tahun 2000an dengan nama Mall Klender. Cerita seram yang santer terdengar di tempat ini adalah bau daging terbakar saat berada di dalam mall pada malam hari.

Selain itu, ada juga kisah sopir angkot yang mengangkut banyak penumpang pada malam hari dari kawasan Buaran. Kemudian, penumpang tersebut turun dan masuk ke dalam bangunan Yogya Plaza yang baru terbakar beberapa hari yang lalu. Ketika diamati, kulit dari para penumpang tersebut gosong seperti terbakar.

Tempat Angker di Bandung

Bandung merupakan gudangnya objek lokasi wisata mistis. Banyak tempat angker tersebar di kota yang sering disebut sebagai Paris van Java ini. Berikut adalah beberapa tempat paling angker yang dapat Anda kunjungi di Bandung:

1. Kampus ITB

kampus itb

Komplek perguruan tinggi yang sudah ada sejak jaman kolonial belanda ini memang banyak memiliki kisah misteri. Banyak mahasiswa ITB yang sering melihat penampakan di beberapa lokasi seperti lab mesin, aula barat, PAU, lapangan, sipil, dan lainnya. Penampakan hantunya juga beraneka ragam, ada hantu muka rata, hantu yang menyerupai teman kita, dan lainnya.

Selain di komplek kampusnya, wilayah sekitar ITB juga terkenal sangat menyeramkan. Di antaranya adalah Jalan Tamansari yang rimbun dengan pepohonan dan dianggap menjadi tempat tinggalnya para kuntilanak. Di sekitar jalan Dayang Sumbi juga banyak yang sering melihat penampakan.

2. Rumah Ambulans

rumah ambulance

Di sebuah rumah di Jalan Bahureksa terdapat ambulans tua yang ditutup dengan terpal. Konon ambulans tersebut tidak bisa dipindahkan dan sering menyala sendiri di malam hari. Ambulans tersebut katanya pernah membawa jenazah sang pemilik rumah yang meninggal akibat kecelakaan. Namun alih-alih kembali ke rumah sakit, ambulans tersebut justru malah kembali ke rumah tersebut.

3. SMAN 3 dan 5 Bandung

sma 3 dan 5 bandung

Tidak hanya terkenal sebagai salah satu SMA favorit di Bandung, komplek sekolah SMAN 3 dan 5 juga dikenal karena keangkerannya. Konon di bangunan sekolah berdesain khas Belanda tersebut sering muncul penampakan sesosok noni Belanda bernama Nancy. Hantu tersebut sering terlihat di salah satu jendela di lantas atas pada malam hari.

4. Goa Belanda dan Jepang

tempat paling angker di Indonesia

Di kawasan taman hutan raya Ir. Juanda, Dago Pakar, terdapat dua buah goa peninggalan Belanda dan Jepang. Goa yang terdapat di dalam hutan tersebut merupakan bekas tahanan dan tempat penyiksaan para romusha yang tidak patuh ketika bekerja.

Hingga kini sering terdengar suara jerit kesakitan dan tangisan di dalam goa tersebut. Selain itu, para pengunjung goa tersebut juga dilarang untuk mengucapkan kata “lada” karena bisa menyinggung penghuni goa tersebut. Jika mengucapkan kata tersebut, maka biasanya orang tersebut akan langsung kesurupan. Jika Anda ingin berkunjung ke sini, simak review kami di artikel ini.

5. Jalan Siliwangi

babakan siliwangi

Tidak jauh dari kampus ITB, tepatnya di Jalan Siliwangi, terdapat sebuah mitos yang sangat melegenda. Konon pada tahun 80an di jalan tersebut ada seorang anak kecil yang meninggal dunia akibat tertabrak mobil. Anak kecil tersebut kabarnya sering menampakan diri sambil mencari bonekanya yang hilang ketika terjadi kecelakaan.

Tempat Angker Lainnya

Selain di Jakarta dan Bandung, masih banyak tempat angker dan berhantu lainnya yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Berikut adalah daftar tempat paling angker di Indonesia tersebut:

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Hobi membaca dan menulis segala sesuatu tentang olahraga, teknologi, makanan, hingga hal-hal berbau mistis. Saat ini menjadi penulis dan CEO di Bacaterus.com dan Carisinyal.com.

41 Comments

  1. faizah ain 26 Juni 2015 at 00:57 - Reply

    Kerren,,, goa belanda dan goa jepang dimana ya?

    • jeki 29 Juni 2015 at 10:55 - Reply

      di padang

    • senia noviana 19 Oktober 2015 at 12:24 - Reply

      Di Bandung

  2. Fahrul Razyi 14 Juli 2015 at 12:21 - Reply

    Bagus”Tangga Lawang Sewu Nya

    • senia noviana 19 Oktober 2015 at 12:23 - Reply

      Di , Bandung.

      • firman maulana 9 Desember 2017 at 08:31

        gua ska kisah dan cerita mistis,tapi gua kurang percaya ama yang gitu gituan,klau gua yang lihat lngsung baru gua prcaya….!

  3. wans 11 Agustus 2015 at 05:20 - Reply

    1 tempat lagi d yogyakarta om… yaitu Balai Yasa Pengok (bengkel kereta api), disitu msh ada bagian2 dr lokomotif tragedi bintaro yg konon pengepul brg bekas aj gak mau ambil selain itu disitu tempat lokomotif2 diperbaiki.

    • Ganjar Maulana 24 Agustus 2015 at 04:54 - Reply

      wah menarik juga ya, terima kasih informasinya 🙂

      • senia noviana 19 Oktober 2015 at 12:20

        Informasinya memang menarik cocok dikasih 5 bintang.

    • senia noviana 19 Oktober 2015 at 12:17 - Reply

      Serem kali ya bikin kaki gemetaran. Tapi sih cocoknya tempat itu di jadi kan , tempat uji nyali , dong.

  4. hesty 27 Februari 2016 at 11:27 - Reply

    pengen kesana

  5. Ariel Prasetya 4 April 2016 at 19:37 - Reply

    gue juga baca di websitenya Teh Pucuk Harum kalo didesa trunyan juga serem banget, banyak tengkoraknya gitu.

  6. Gudination 29 Desember 2016 at 10:25 - Reply

    anjir serem serem amat ya tempatnya gan

  7. Detung 31 Desember 2016 at 04:34 - Reply

    kalo di tempat tinggal saya. ada kejadian seseorang yang hilang selama 9bulan, dan selama masa hilang nya kami sekampung bahkan orang2 luar wilayah desa,kecamatan,kabupaten pun ikut serta membantu. ini kisah nyata kejadian nya tahun 2013/2014.
    kronologinya.
    seseorang yang berusia kira2 36tahun hilang,sebelum pergi waktu itu sempat membasuh kedua kaki ibu&bapaknya (waktu itu saya pun lagi nongkrong di pinggir jalan depan rumah nya sambil main gitar). bahkan saya tau ketika beliau pergi, dia pergi ke arah timur belum 10 menit pun terus bapak nya menjerit2 meminta bantuan suruh ngejar dan kami langsung bergegas lari. padahal belum lewat 10 menit tapi sosoknya sudah tak terlihat, berganti jam lalu kita sekampung berpencar mencari beliau hingga pagi di perkebunan,sawah,hutan.
    malam pun terlewati. nah di pagi hari ada sesuatu yang menurut pandangan sekampung pada heran,di persawahan langkahan kakinya _+ mencapai 3meter perlangkah (jejak telapak kakinya).
    singkat : setiap orang2 yang pintar (KIAI,USTAD,HAJI,AHLI PESANTRENAN bahkan para Dukun2) mengatakan beliau di ambil/culik bangsa siluman/jin, lebih dari 1000 mahkluk halus yang merasukinya.
    dan keadaan beliau sekarang jd 1/2edan.
    ceritanya panjang saya nulisnya pegel,jadi saya singkat,padahal point2 penting nya bnyak yang real mistis nya.
    ini kisah nyata asli

    • Detung 31 Desember 2016 at 05:03 - Reply

      kalo mau lebih jelasnya ntar deh gw catet.
      kisah nya super serem super mistis,super bkin gw ga punya nyali.

  8. Randy 8 Januari 2017 at 21:29 - Reply

    Dri makassar juga ada tuh. Tepatnya di jln metro tanjung bunga

  9. Nabila qisti 11 Januari 2017 at 13:12 - Reply

    Di daerah saya ,ada kebun pohon karet ,yang konon di sebut hantu “neng gelis”..kalo gk percaya datang aja daerahnya kp cipetir,kecamatan sukatani,desa cilalawi,kabupaten purwakarta

  10. Barangdiskon 17 Januari 2017 at 20:43 - Reply

    Wow it’s creepy

  11. Dhewy 23 Januari 2017 at 14:02 - Reply

    Wow kisahnya keren bangett .. Pngen ksna jdinya ????????

  12. Lucky clasher sejati 23 Januari 2017 at 17:33 - Reply

    Di depok,jawa barat adalah tmpat paling serem nomor 4 di indonesia lhooo (itu rumah saya).kalo ke-3 yogyakarta

  13. Sahid nur cahyo 25 Januari 2017 at 16:21 - Reply

    Ceritanya rame,tapi di kalimantan selatan juga bnyk yg terkenal di gunungnya,yaitu gunung kayangan,gunung pamaton,dll.

  14. Jagad mencari cinta 26 Januari 2017 at 16:51 - Reply

    Salam semua buat pecinta dunia mistis,,saya penggemar Dan pembaca cerita-cerita tentang berbau mistis,,kalo Anda y͡ɑ̤̈̊ñƍ penasaran dengan merasakan/mungkin y͡ɑ̤̈̊ñƍ mempunyai indar ke 6 cobalah datang ke suatu kampung y͡ɑ̤̈̊ñƍ masuk dalam kota PEMALANG-JAWA TENGAH,, singaka aja All
    -pokok cerita adalah sebuah jembatan bekas belanda
    -penghuni y͡ɑ̤̈̊ñƍ terfavorite oleh warga yaitu sesosok NYAI RONGGENG beserta grub musik gamelan JAWA
    -pemindahan dari jenis-jenis makhluk halus ke jembatan kata nƔά̲̣̣̣̥ sih tervafourite bagi makhluk halus
    -sering memakan korban jiwa
    -bila y͡ɑ̤̈̊ñƍ terjatuh perempuan biasanya masih hidup
    -bila Laki-Laki biasa nƔά̲̣̣̣̥ tak bisa di selamatkan lagi alias mati
    -masih banyak juga jenis-jenis makhluk halus y͡ɑ̤̈̊ñƍ lain nƔά̲̣̣̣̥
    -ITU se pengalaman aku bila Anda merasa penasaran boleh rasakan sendiri/melihat dengan indra ke 6/ uji nyali boleh juga
    sekian info cerita Iήi masih banyak Dan tak kalah juga y͡ɑ̤̈̊ñƍ lebih mistis lagi

  15. Fitri 5 Februari 2017 at 13:47 - Reply

    Dicibitung juga ada,tmpat menyeramkan

  16. Carla 8 Februari 2017 at 17:43 - Reply

    Baca deh wentira di palu. Paling msiterius tuh.

  17. jawaedan 12 Februari 2017 at 15:51 - Reply

    Di arab juga ada nama nya desa sukasasarean banyak hantu yg kawin kontrak

  18. Dobi ariansah 29 Maret 2017 at 00:00 - Reply

    Salam kenal guys saya Dobi ariansah sungai guci akan berbagi sedikit imformasi mengenai”misteri tikungan #atek yang setiap tahun menelan jiwa”setiap korban yang mengalami kecelakaan di tempat tersebut adalah laki-laki walaupun kecelakaan terjadi pada laki2 dan perempuan”pasti yang meninggal adalah laki2″menurut cerita masyarakat tempat tersebut pernah terjadi kelakuan sadis yang dilakukan oleh rombongan laki-laki yang memperkosa seorang gadis hingga tewas dan jasadnya di buang dekat tikungan itu (tikungan atek),mulai sejak itu tempat tersebut menjadi angker.sekilas tentang cerita misteri tikungan atek masi banyak lagi cerita2 angker yang terdapat di desa (SUNGAI GUCI)

  19. cristanti yolanda panggabean 1 April 2017 at 12:59 - Reply

    di kampung kami juga ada pohon jabi jabi namanya konon katany pohon itu pindah tempat tanpa sepengetahuan warga rencana pohon itu mau ditebang tapi karena pohon itu berpenghuni jadi batal dech ditebang seorang wanita cantik yg menempati pohon itu kalau aku dengar2 wanita itu mati karena diperkosa sampai mati iiihhhhhh……… ngeri jadi takut ni

  20. Jessica Kumala 9 April 2017 at 12:18 - Reply

    Thanks for sharing

  21. dedy 22 April 2017 at 15:51 - Reply

    iiiiiiihhhhhh celeeeeeeemmmmm….

  22. anam 29 April 2017 at 07:45 - Reply

    Asikk

  23. Roihan Abi Maftuh 8 Mei 2017 at 12:16 - Reply

    Di Bekasi juga ada gan yg serem yakni Gedung Juang Bekasi jadi malem-malem ki prana lewu pernah ke lantai 2 di gedung juang lalu ketika di lantai 2 ada penampakan tangan yg mau menggapai/menarik ki prana lewu dari belakang tapi sosok tangan tersebut tidak dapat menggapai/menarik ki prana lewu namun ki prana lewu tidak menyadari hal tersebut hanya kameramen nya yg melihat sosok tangan tersebut

    • rama 9 Februari 2018 at 16:35 - Reply

      itu tangan bencong yg lg mangkal murun bang

  24. Nur R 22 Mei 2017 at 14:47 - Reply

    Keren… Pengen Kesana… Sama tim DA

  25. Gavriel 6 Juni 2017 at 00:40 - Reply

    Di jawa timur juga banyakk tuu….. mr tukul aja.. kesini..

  26. latifah x scorpio 15 Juni 2017 at 12:15 - Reply

    ceritanya bagus -bagus deh

  27. aldi suro 21 Juni 2017 at 07:58 - Reply

    Di kudus juga ada seperti stasiun kudus yang tidak beroperasi lagi

  28. tita apriliantika 3 Juli 2017 at 11:52 - Reply

    di tempat aku juga ada, di depan rumah aku ada lapangan bola meñurut orng yg bisa lihat ” katanya” lapangan bola itu pasarnya setan, apalagi pas di depan rumahku d pinggir lapangan ada pohon pinang berjejer mirip seperti gerbang atau pintu.

  29. Joni 19 Juli 2017 at 22:40 - Reply

    Woww..

  30. ika 21 September 2017 at 21:51 - Reply

    Di toko saya udah jadi kerajaan setan…udah gak mau di usir..ganggu nya bener2 parah…

  31. barbieimuet 27 September 2017 at 16:48 - Reply

    Sma juga ternyata ada hantunya

  32. Liyoskin 26 Januari 2018 at 15:44 - Reply

    ngeri juga ya sama tempat-tempat angkernya, ceritanya juga serem-serem..

Leave A Comment