Bacaterus / Jalan-Jalan / Wisata Indonesia / 9 Tempat Outbound di Medan untuk Wisata Alam dan Bermain

9 Tempat Outbound di Medan untuk Wisata Alam dan Bermain

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 November 2018

Outbound adalah bentuk  pembelajaran dari segala ilmu terapan yang disimulasikan dan dilakukan di alam terbuka, walaupun ada juga yang dilakukan di tempat tertutup. Outbond berisi kegiatan dalam bentuk permainan yang efektif, yang menggabungkan inteligensia, fisik, dan mental. Makanya, outbond sering diadakan metode training di perusahaan dan sekolah.

Outbond bukan sekedar bersenang-senang saja. Pasalnya, dengan tidak Anda sadari, outbond sekaligus menerapkan elemen mendasar dalam kehidupan, seperti saling percaya, proaktif, dan komunikatif dengan orang lain. Sekarang, Bacaterus mau membahas 9 tempat outbound di Medan yang recommended. Berikut adalah tempat-tempatnya.

9 Tempat Outbound di Medan

1. Kampoeng Stakoetoe

Kampoeng Stakoetoe tempat outbound di Medan

Stakoetoe adalah provider outbound terbesar di luar Jawa. Program yang ditawarkan adalah outbound, olahraga, dan rekreasi. Kampoeng Stakoetoe adalah penyedia layanan outbound yang pertama kali ada di kota Medan. Kampoeng Stakoetoe mempunyai lahan sendiri yang dibangun sejak awal tahun 2008 dan mulai dioperasikan pada Desember 2008. Di sini disediakan jasa outbound dan management training.

Mengutip dari Kampoeng Stakoetoe, outbond adalah program pelatihan pengembangan kerjasama kelompok maupun individu dengan menggunakan media luar ruangan, yaitu alam.

Sedangkan management training a.k.a pelatihan manajemen adalah program pelatihan manajemen di alam terbuka yang berdasarkan pada prinsip belajar melalui pengalaman langsung. Permainan, simulasi, diskusi, dan petualangan adalah media penyampaian materinya.

Olahraga, outbond, dan rekreasi di Kampoeng Stakoetoe meliputi memancing, archery (panahan) untuk anak hingga dewasa, paintball, rafting (arung jeram), dan jungle tracking (jelajah hutan). Untuk mengikuti kegiatan outbond di Kampoeng Stakoetoe, hubungi event organizer mereka di CV. Global Media Perkasa, Jalan Candi Mendut no. 5.

Kantornya buka dari Senin – Jumat dari jam 9 pagi – 5 sore dan Sabtu dari jam 9 pagi – 2 siang. Sedangkan hari Minggu tutup. Hubungi di nomor handphone 082247087888 atau e-mail ke [email protected]

2. Kampung Ladang

Kampung Ladang

Tempat outbound di Medan yang lainnya adalah Kampung Ladang. Tak hanya sebagai tempat outbond, Kampung Ladang adalah pusat rekreasi. Kampung Ladang menawarkan suasana pedesaan, sehingga outbond pun terasa lebih menyenangkan. Walaupun terkesan ndeso, Kampung Ladang memiliki perlengkapan berstandar internasional, loh!

Aneka permainan di tempat ini meluputi mobil ATV, mobil buggy, flying fox, sampan, aral rintang, fish game, water ball, high rope, paint ball, dan trampolin. Uniknya, Kampung Ladang menyediakan jasa paket tour outbond ke luar kota seperti ke Berastagi, Sembahe, daerah Sumatera Utara, daerah Jawa, daerah Indonesia lainnya, bahkan hingga ke luar negeri.

Kampung Ladang merupakan pilihan yang tepat untuk melakukan outbond bersama tim kantor, karena di sini tersedia aula, penginapan, hingga ruang karaoke. Anak-anak sekolahan juga bisa ikut paket outbond kids dengan minimal 50 orang.

Kegiatan outbond kids meliputi ice breaking, flying fox 50 m, susun menara, wisata perahu, menanam padi, dan menangkap ikan. Untuk outbond dewasa kegiatannya adalah ice breaking, high rope, flying fox 150 m, enggrang, slayer glass, titi keseimbangan, bambu ring, tiang vertikal, tarik tambang perahu karet, dan flash back. Untuk booking dan informasi lebih lanjut silakan hubungi 081265540160.

3. Toba Caldera Outbound

Toba Caldera Outbound

* sumber: tobacalderaoutbound.blogspot.com

Tempat outbound di Medan yang recommended selanjutnya adalah Toba Caldera Outbound. Di sini, Anda tidak akan melakukan kegiatan outbond yang cuma dapat fun-nya saja, tapi Anda akan belajar pentingnya kerjasama.

Dengan outbond bersama teman-teman sekolah/kantor, hubungan antar peserta pun akan lebih dekat. Per individu pun dapat merasakan perubahan yang signifikan seperti leadership jadi lebih kuat dan rasa percaya diri meningkat.

Toba Caldera Outbound dipandu oleh trainer yang berpengalaman dengan gelar pendidikan S1 dan S2 dari berbagai latar belakang ilmu dan skill, sehingga acara outbond yang diselenggarakan Toba Caldera dijamin berkualitas. Selain outbond, mereka juga mengorganisir berbagai kegiatan management training di alam terbuka seperti family gathering, traveling, dan jungle tracking.

Toba Caldera Outbound terletak di Jalan Sisingamangaraja no. 6, Teladan Barat. Lokasinya sama dengan Kolam Renang Paradiso Medan. Tempat ini dapat Anda kunjungi selama 24 jam. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi 0811632388, e-mail [email protected], atau kunjungi Facebook mereka di Toba Caldera Outbound.

4. Avros Park

Avros Park

* sumber: www.google.co.id

Jangan bawa buah hati ke mall melulu, Anda perlu mengajak mereka ke tempat eduwisata seperti Avros Park ini. Posisinya yang berada di tengah kota sangatlah strategis. Orang-orang suka sekali mengunjungi tempat ini untuk sekedar melepas penat di sela kesibukan harian mereka. Pasalnya, menghirup udara segar sambil melihat penghijauan memang dapat menyegarkan jiwa dan raga.

Ketika Anda baru menginjakkan kaki di gerbang taman, Anda hanya akan melihat taman kota biasa. Namun, setelah berjalan sekitar 500 m ke dalam taman, Anda akan melihat banyak tenda berjejer di sana. Tenda-tenda tersebut bukan hiasan, loh, melainkan camping ground sungguhan. Memang, selain berfungsi sebagai taman edukasi, Avros Park juga menawarkan sensasi kemping di tengah kota.

Anda akan mendapatkan fasilitas kasur, bantal, air minum, set perlengkapan mandi (minus handuk), dan sarapan. Saat malam harinya, Anda bisa menikmati barbeque. Uniknya, di sini ada coffee shop jika Anda malas masak dan membuat minuman sendiri. Fasilitas pendukung lainnya ada mushola dan WiFi.

Kalau Anda tidak mau menginap juga tidak apa-apa. Taman ini terbuka untuk siapa saja dan kapan saja, kok. Di Avros Park tersedia wahana lainnya untuk outing, seperti flying fox, susur sungai, panahan, dan masih banyak lagi.

Anda bisa juga menyewa spot taman untuk acara ulang tahun, pernikahan, outbond training, family gathering, dan lain-lain. Avros Park beralamat di Jalan Avros no. 60B, Kampung Baru, Medan Polonia, Kecamatan Medan Maimun.

5. Dunia Outbound Kita

Dunia Outbound Kita

* sumber: www.google.co.id

Dunia Outbound Kita, tempat outbound di Medan kesayangan kita semua. Tempat ini sudah mulai beroperasi sejak tahun 2000, loh. Pada mulanya, bisnis ini hanya berupa hobi saja untuk berpetualang di alam bebas, namun akhirnya berkembang jadi provider outbond dengan fasilitator bersertifikat. Acara outbond ini dapat diikutsertai oleh semua lapisan masyarakat, baik pribadi, pelajar, keluarga, maupun perusahaan.

Alamat Dunia Outbound Kita ada di Jalan Perjuangan, Deli Tua, Namo Rambe, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Anda bisa mendatangi tempat ini dari jam 8 pagi – 5 sore. Untuk info lebih lanjut, silakan hubungi nomor berikut: (061) 7031637.

6. Dusun Kreatif

Dusun Kreatif

* sumber: www.dimedan.co

Tempat outbound di Medan yang satu ini lebih berupa camp outbond dengan konsep tradisional. Jadi, semua kegiatan dan permainan yang dilakukan di sini khas Indonesia semua. Tujuan tempat ini adalah sebagai tempat tamasya sekaligus belajar di alam terbuka. Dusun Kreatif didirikan dan dikelola oleh Jelajah Indonesia sejak tahun 2013 silam.

Camp outbond ini diminati oleh segala kalangan, baik anak sekolah, klien pribadi, maupun perusahaan. Selain untuk refreshing, menjalani outbond di Dusun Kreatif juga akan meningkatkan komunikasi yang harmonis antar tim. Lokasinya ada di Jalan Leman Harahap, Gg. Viola/Nabila, Desa III B Mariendal Lorong 1, Marindal Satu, Patumbak, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Tidak sulit, kok, menuju Dusun Kreatif. Di arah menuju lokasi terdapat penunjuk jalan. Dari pusat Kota Medan, jarak menuju Dusun Kreatif adalah sekitar 9 KM. Dari arah Kota Medan masuk ke Jalan Bajak II, lalu terus saja ikuti Jalan Raya Marindal sampai ke persimpangan (prapatan) Simpang Kongsi.

7. Bumi Outdoors

Bumi Outdoors  tempat outbound di Medan

Selanjutnya di tempat outbound di Medan, kami merekomendasikan Bumi Outdoors. Tempat ini menyediakan outbond training atau team building (sekolah alam), paintball, rafting (arung jeram), recreational area design (konsultan pengembangan lokasi wisata), dan tour adventure (paket wisata).

Posisi tempat outbond ini ada di Jalan Avros, Kp. Baru, Medan Maimun. Anda bisa datang ke sana dari jam 8 pagi – 6 sore. Untuk informasi dan booking bisa Anda lakukan via e-mail [email protected], handphone 085358971888, dan pin BB 5A784D3B.

8. Rajasyah Outbond & Edu Center

Rajasyah Outbond & Edu Center

* sumber: www.google.co.id

Tempat outbound di Medan yang satu ini lebih kepada tempat wisata. Setiap Anda mau main wahana tertentu, Anda baru dikenai biaya. Jadi, jumlah uang yang dikeluarkan setiap orang akan berbeda-beda. Tiket masuk Rajasyah Outbond & Edu Center adalah Rp 15 ribu saja. Parkir kendaraan Rp 10 ribu.

Ada flying fox, kolam renang, kolam ikan yang bisa ditangkap ikannya, dan danau untuk naik perahu angsa. Ada sungai mengalir juga buat bersantai. Langsung saja ajak buah hati Anda ke Jalan Bunga Pariama, Namu Gajah, Medan Tuntungan. Tempat ini buka setiap hari dari jam 9 pagi – 6 sore.

9. Taman Pramuka Sibolangit

Taman Pramuka Sibolangit

* sumber: tempatasik.com

Taman Pramuka Sibolangit atau Perkemahan Bumi Pramuka Sibolangit ini selalu ramai dikunjungi oleh siswa dari berbagai sekolah. Tempat ini memang merupakan lokasi untuk berkemah. Biasanya siswa sekolahan datang untuk melaksanakan kegiatan ekstrakulikuler pramuka.

Anda tidak perlu khawatir ketika buah hati Anda berkemah di sini, karena walaupun dekat dengan hutan dan perbukitan, lokasinya berdekatan pula dengan pemukiman penduduk. Di hutannya tidak ada hewan berbahaya, jadi aman ketika dijelajahi oleh para pengunjung.

Itulah sembilan tempat outbound di Medan yang recommended dari Bacaterus. Ternyata ada cukup banyak lokasi outbond di Kota Medan ini, ya? Yuk, ajak keluarga atau tim kantor Anda outbond di sini!

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Syuri, ’94 liner, make up enthusiast, smeraldo flower admirer, calico cat snuggler.

Leave A Comment