Bacaterus / Jalan-Jalan / Wisata Jawa Timur / 10 Tempat Ngabuburit di Malang untuk Menunggu Maghrib

10 Tempat Ngabuburit di Malang untuk Menunggu Maghrib

Ditulis oleh - Diperbaharui 3 Oktober 2018

Sudah pulang kerja atau sekolah, tapi tidak ada kegiatan sembari menunggu adzan Maghrib berkumandang? Selain tidur, Anda juga bisa ngabuburit bersama teman-teman atau keluarga sambil menunggu adzan maghrib. Ngabuburit bisa di mana saja, di rumah, tempat kerja, sekolah, atau bahkan di sejumlah tempat yang merupakan fasilitas umum.

Jika Anda ingin sesuatu yang berbeda di acara ngabuburit kali ini, ajak orang terdekat Anda untuk pergi ke sejumlah tempat ngabuburit di Malang. Bacaterus sudah menyiapkan 10 tempat di kota apel ini yang bisa Anda singgahi untuk menunggu waktu buka puasa tiba.

10 Tempat Ngabuburit di Malang

1. Alun-alun Malang

Alun-alun Malang Tempat Ngabuburit di Malang

* sumber: malangchannel.com

Tak susah untuk mencari tempat ngabuburit di Malang. Ada beragam fasilitas umum yang bisa kita gunakan untuk ngabuburit dengan melakukan berbagai kegiatan positif.

Alun-alun Malang adalah tempat ngabuburit yang paling asyik di kota apel. Tanaman di alun-alun ini ditata sangat rapi dan tumbuh dengan subur. Anda bisa bercengkrama dengan sahabat, membaca buku, berfoto, atau sekedar duduk-duduk santai di Alun-alun Malang ini.

Di beberapa sudut terdapat gazebo yang bisa dipakai untuk bersantai. Alun-alun ini juga dilengkapi dengan jogging track, taman bermain, dan bikers track. Yang bikin Anda betah berada di Alun-alun Malang adalah ketersediaan WiFi gratis yang bisa dipakai oleh seluruh masyarakat yang datang kemari. Hebat sekali, bukan?

2. Alun-alun Tugu

Alun-alun Tugu

* sumber: www.seputarmalang.com

Berada di tengah kota, Alun-alun Tugu diapit oleh jalan protokol yang banyak dilalui kendaraan bermotor. Mengingat letaknya sangat strategis, maka tak sulit untuk menemukan Alun-alun Tugu ini.

Usut punya usut, alun-alun ini sudah ada sejak tahun 1930-an. Nilai historis dari taman ini bisa terlihat dari monumen tugu yang berada di tengah taman ini. Boleh dibilang bahwa Alun-alun Tugu adalah saksi perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Di siang hari, alun-alun yang dipenuhi dengan bunga warna-warni ini tidak terlalu dipenuhi pengunjung karena tempatnya panas dan tidak ada tempat untuk berteduh. Namun, saat sore hari Alun-alun Tugu mulai dipadati pengunjung yang ingin ngabuburit sambil ngobrol, membaca, atau justru bermain gadget.

3. Alun-alun Kota Batu

Alun-alun Kota Batu

* sumber: dolandolen.com

Melipir sejenak dari pusat Kota Malang menuju Batu. Ternyata di Batu juga terdapat alun-alun yang asri dan bisa dipilih sebagai tempat ngabuburit. Menariknya, di dalam alun-alun terdapat bianglala yang bisa dipakai oleh pengunjung. Meskipun untuk naik bianglala kita harus membayar karcisnya, tapi harga karcisnya sangat terjangkau.

Di tengah alun-alun juga terdapat air mancur yang di atasnya memiliki simbol buah apel. Berada di taman yang bersih ini pasti akan membuat Anda betah. Waktu menunggu berbuka puasa jadi tidak terasa lama jika Anda singgah di Alun-alun Kota Batu bersama orang terdekat.

4. Taman Slamet

Taman Slamet

* sumber: malangpers.com

Berbahagialah Anda yang berdomisili di Malang. Pasalnya, kota ini memiliki sejumlah tempat yang bisa dipakai untuk ngabuburit. Tempat ngabuburit di Malang selanjutnya adalah Taman Slamet. Taman yang mengusung konsep hidden paradise ini sangat bersih dan asri.

Ada banyak pohon rimbun di Taman Slamet sehingga pengunjung yang datang di siang hari tidak akan kepanasan karena bisa berteduh. Taman Slamet juga memiliki spot selfie. Jadi, Anda akan sangat menikmati pengalaman ngabuburit di taman kota yang indah ini.

5. Taman Singha

Taman Singha

* sumber: ilovemalang.net

Berada di Jalan Mertoyo Selatan, Merjosari, Malang, taman yang satu ini sangat cocok untuk ngabuburit bersama anak-anak atau sekedar ingin seru-seruan bersama sahabat. Di Taman Singha ini terdapat playground dan beberapa wahana permainan yang menarik. Selain itu, ada juga kolam pasir untuk anak-anak.

Semua yang ada di Taman Singha ini benar-benar menarik untuk dicoba. Bahkan, di sini juga ada foot therapy yang bisa dikunjungi jika kaki sedang pegal. Meskipun tidak ada pepohonan yang rimbun, Taman Singha tetap menjadi tempat ngabuburit yang cantik lantaran banyak bunga berwarna-warni yang tampak menyejukkan mata.

6. Taman Trunojoyo

Taman Trunojoyo

* sumber: www.tatitujiani.com

Satu lagi tempat ngabuburit di Malang yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga maupun teman-teman, Taman Trunojoyo. Taman ini selalu ramai pengunjung, terlebih di waktu bulan puasa. Banyak orang yang ngabuburit di sini sembari menunggu waktu buka puasa. Di taman ini terdapat fasilitas bermain.

Selain itu, di tengah taman juga terdapat air mancur, tempat di mana anak-anak biasanya bermain di taman sambil basah-basahan. Walaupun Taman Trunojoyo tidak terlalu besar, tapi taman ini sangat adem karena ditumbuhi dengan pepohonan yang rimbun. Jadi, tidak masalah jika Anda ngabuburit di sini sewaktu matahari masih bersinar terang.

7. Taman Merbabu

Taman Merbabu

* sumber: travelingyuk.com

Merbabu Family Park atau yang lebih dikenal dengan Taman Merbabu adalah tempat ngabuburit di Malang yang cukup happening. Ruang publik ini sering dimanfaatkan oleh warga Kota Malang yang ingin bersantai, olahraga, atau sekedar mengajak anak-anak bermain di area playground-nya.

Sembari anak-anak bermain di playground, orang tua akan menunggu di bangku-bangku taman yang sudah disediakan. Taman ini juga ditumbuhi oleh pepohonan yang rimbun sehingga lebih sejuk. Jika Anda sudah ngabuburit di keramaian, Taman Merbabu ini bisa menjadi pilihan tempat yang asyik sambil menunggu bedug maghrib.

8. Hutan Kota Malabar

Hutan Kota Malabar

Ngabuburit di tempat yang sejuk dan menyatu dengan alam bisa membuat kita menjadi lebih santai. Hutan Kota Malabar bisa menjadi destinasi ngabuburit yang pas bagi Anda yang menginginkan suasana tenang dan sejuk.

Hutan kota yang berada di Jalan Malabar ini memang dibuka untuk umum. Biasanya, hutan ini dipakai untuk berolahraga. Akan tetapi, jika Anda ingin jalan-jalan santai sambil menunggu waktu buka puasa, Anda bisa mampir kemari. Hutan Kota Malabar sangat bersih dan sejuk, Anda pasti betah menghabiskan waktu di sini.

9. Jalan Soekarno Hatta

 Jalan Soekarno Hatta

Ngabuburit kok di jalan, tidak salah? Mungkin pertanyaan itu langsung muncul dalam benak Anda saat mengetahui bahwa tempat ngabuburit yang akan kami bahas selanjutnya adalah sebuah jalan raya.

Pada bulan suci Ramadhan, sepanjang Jalan Soekarno Hatta ini dipenuhi dengan pedagang kaki lima yang berjualan takjil. Jadi, sambil menunggu waktu buka puasa Anda bisa mampir kemari sambil membeli takjil yang sesuai selera. Pilihan takjil yang dijual di sepanjang jalan ini sangat variatif. Yang paling penting harga takjilnya sangat terjangkau.

10. Masjid Tiban Turen

Masjid Tiban Turen

* sumber: oknusantara.com

Kalau Anda sedang ada di Malang, sempatkan diri untuk mampir di Masjid Tiban Turen. Masjid yang nampak megah ini bisa menjadi tempat ngabuburit yang seru. Pasalnya, ada cerita misterius di balik pembangunan masjid ini.

Masyarakat sekitar percaya bahwa masjid ini dibangun oleh para jin sehingga bangunannya muncul begitu saja di pemukiman penduduk. Konon, tidak ada masyarakat yang tahu mengenai aktivitas pembangunan masjid megah ini.

Itulah 10 tempat ngabuburit di Malang yang dapat Anda kunjungi. Jangan lupa untuk turut berbagi pengalaman Anda mengenai tempat ngabuburit lainnya yang ada di kota apel ini dengan menuliskan komentar Anda di bawah ini. Mau tahu tempat buka puasa di Malang yang recommended? Cari tahu di sini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment