Bacaterus / Kuliner / Kuliner Surabaya / 10 Tempat Makan Unik di Surabaya yang Seru Buat Nongkrong

10 Tempat Makan Unik di Surabaya yang Seru Buat Nongkrong

Buat yang hobi kulineran, makan-minum doang sih sudah biasa.. bukankah begitu? Lalu, bagaimana kalau makan dan minum dengan menu unik, di tempat yang unik, dengan konsep unik? Nah, itu baru luar biasa!

Di artikel yang sebelumnya Bacaterus sudah membahas 10 tempat makan murah di Semarang. Sekarang kami mau merekomendasikan 10 tempat makan unik di Surabaya yang menawarkan konsep berbeda dari kafe kebanyakan.

Diantara tempat makan ini mungkin ada yang sudah pernah dan ada yang belum Anda kunjungi. Kira-kira di mana sajakah tempatnya? Yuk, langsung saja disimak!

10 Tempat Makan Unik Di Surabaya

1. Antler Cabin – Caffeine Curator

Antler Cabin - Caffeine Curator

* sumber: www.inijie.com

Antler Cabin merupakan tempat makan unik di Surabaya yang pertama. Kafe ini terletak di Jalan Raya Darmo Permai 2 No. 16. Sesuai dengan namannya, Antler Cabin mengusung tema pondokan (Inggris: cabin). Sebagaimana kita ketahui, pondok kayu tidak lazim di Indonesia, karena musim di Indonesia hanya ada kemarau dan penghujan, jadi tidak memerlukan pondok kayu yang hangat.

Nah, jika Anda datang ke Antler Cabin, Anda bisa merasakan sensasi baru nongkrong di dalam kabin. Kafe Antler Cabin ini menggebrak tren kafe kekinian yang biasanya mengusung tema minimalis dan vintage. Suasana di dalam kafe sangat nyaman karena dibuat layaknya rumah pondokan asli. Pilihan furniturnya pun memperlihatkan pondokan sekali, seperti adanya perapian, karpet kulit hewan, hiasan kepala hewan, dan shot gun. 

Menu-menu yang recommended di Antler Cabin diantaranya adalah Mexican Breakfast. Kalau Anda datang ke Antler Cabin di jam sarapan, Anda wajib banget pesan menu ini.

Mexican Breakfast terdiri dari sup yang punya banyak isian seperti mixed beans, bacon, jamur, lalu di”selimuti” oleh dua buah telur yang gemay alias puffy banget. Kami tidak tahu bacon yang digunakan terbuat dari apa, jadi sebelum memesan sebaiknya tanya dulu halal atau tidaknya, ya.

Lalu, signature drink di Antler Cabin itu kopinya. Mereka menjuluki diri sebagai caffeine curator, jadi mereka tidak main-main soal kopi. Kisaran harga makanan dan minuman di Antler Cabin termasuk wajar dan tidak terlalu mahal, kok. Aneka kopinya berkisar 20 – 30 ribuan dan makanannya antara 30 – 80 ribuan. Anda bisa mengunjungi tempat ini setiap hari (kecuali hari Rabu) dari jam 08.30 – 22.00.

2. Carnivor Steak & Grill Restaurant Surabaya

Carnivor Steak & Grill Restaurant Surabaya

* sumber: www.inijie.com

Penggemar berat daging mana suaranya? Nih ada satu restoran yang 100% menunya dibuat dari daging semua, yaitu Carnivor Steak & Grill Restaurant Surabaya. Tempat makan unik di Surabaya ini punya bangungan yang luas banget, loh. Ruangannya saja sampai dibagi tiga, yaitu ruangan utama, bar, dan taman. Ruangan utama pun terbagi lagi menjadi VIP dan ruang biasa.

Di Carnivor Steak & Grill Restaurant ini, Anda wajib banget mencoba Baby Back Ribs (pork, non-halal). Restoran ini menggunakan daging babi yang langsung datang dari US. Setiap porsinya, Anda akan mendapatkan 700 gram ribs. So, pastinya Anda bakal merasa kenyang banget. Lalu, Anda juga wajib mencoba Crispy Pork Belly, Pasta Bacon Aglio Olio, Thin Crust Pizza dan Choco Smores sebagai makanan penutup.

Minumnya? Jangan lewatkan aneka mocktail di bagian bar restoran ini. Salah satu menu mocktail andalan Carnivor Steak & Grill Restaurant adalah Blue Sapphire dan Shirley Temple. Pasti segar rasanya minum mocktail setelah makan yang berlemak, kan? Tempat makan unik di Surabaya ini terletak di Jalan Bali No. 27. Jam buka restoran ini mulai dari jam 5 sore – 10.30 malam.

3. Kudos Cafe

Kudos Cafe

Untuk list tempat makan unik di Surabaya yang ke-3, Bacaterus merekomendasikan Kudos Cafe. Tempat makan ini kekinian banget, di mana mereka mengusung tema monochrome (hitam putih). Kafe ini dipenuhi oleh spot foto buat OOTD lalu di-upload ke Instagram.

Kudos Cafe sebenarnya lebih kepada coffee shop, dan mereka memang tidak main-main soal itu. Untuk mesin espresso yang digunakan saja dari merk Mirage. Mesin ini termasuk kualitas terbaik dengan harga high-end. Kalau dianalogikan dengan mobil, Mirage sama dengan Mercedes-Benz. Dan, tentu saja kopi Kudos Cafe tidak akan mengecewakan Anda. Rasa kopi yang dihasilkan benar-benar ciamik.

Kalau Anda ingin makan makanan berat, cobalah Salmon&Leek Pasta, Savvy Sandwich, dan Cream Mushroom Soup. Anda bisa juga merayakan hari istimewa di Kudos Cafe dengan paket “Kudos Pesta”.

Untuk lebih lengkapnya, hubungi Kudos di nomor 031-99016791. Atau, Anda bisa langsung berkunjung ke tempatnya di Pakuwon Square AK 2 No. 3, Surabaya Barat. Mereka buka pada weekdays (8 pagi – 10 malam) dan Sabtu – Minggu (8 pagi – 11 malam).

4. Carpentier Kitchen

Ingin nongki cantik tapi budget terbatas? Carpentier Kitchen lah tempatnya. Kafe dengan nama akun Instagram @carpentierkitchen ini terletak di Jalan Untung Suropati No. 83. Menu makanan yang recommended di kafe ini adalah Carpentier Ultimate Burger, Fettucine Cream Sauce ala Carpentier, dan signature dish mereka, yaitu Virginia Cheese Fries. Mau makan yang manis-manis, cobalah Nutella Pancake dan Red Velvet Waffle.

Kalau untuk minumannya, Anda wajib coba Banana Milk Shake, Vanilla Latte, dan Soda Cap Badak. Soda ini susah ditemukan di Surabaya karena asalnya dari Medan. Tapi, Anda bisa menikmatinya di Carpentier Kitchen ini. Buat yang bingung, Carpentier Kitchen ini masih satu gedung dengan ORE Store (toko hipster kekinian Surabaya). Anak-anak gaul Surabaya pasti kenal banget deh, sama dua tempat ini.

Jadi, Anda bisa belanja barang-barang autentik di ORE Store, terus habis itu makan sambil santai di Carpentier Kitchen. WiFi di kafe ini kenceng banget, terus ada musholanya juga buat para muslim. Anda bisa mendatangi tempat makan unik di Surabaya ini setiap hari kecual hari Minggu. Mereka buka pada Senin – Sabtu (11.00 – 22.00) dan Jumat dari jam 1 siang – 10 malam.

5. Orange Cafe

Kafe dengan nuansa garden yang sejuk jarang banget ditemui di Surabaya. Bisa dibilang kalau Orange Cafe merupakan salah satu dari kafe dengan konsep taman yang terbaik di kota. Karena konsepnya yang unik ini, Orang Cafe sering kebanjiran order untuk disewa sebagai gedung pernikahan, acara pertunangan/ulang tahun, dan surprise party yang romantis.

Alamat Orange Cafe adalah di Jalan Raya Prapen No. 22 (dekat SMAN 16). Anda bisa memilih mau duduk di bangku yang 100% outdoor, yaitu yang tidak ada atapnya. Bangku yang tidak beratap ini akan diberikan lilin kalau matahari sudah terbenam. Romantis banget, ya? Tapi, Anda bisa juga duduk di bangku yang ada atapnya. Bangku ini mungkin lebih sejuk kalau Anda datang ke kafe siang-siang.

Ada lagi yang unik dari Orange Cafe, yaitu cara memesannya. Setiap meja diberikan bel tetot-tetot seperti yang biasa digunakan oleh penjual roti goreng keliling. Bel ini sengaja diberikan untuk memudahkan memanggil waiter, karena area kafenya luas banget. Bisa-bisa Anda capek karena berteriak terus untuk memanggil pelayannya.

Karena konsep dan luas tempat makan ini, banyak orang yang berpikir kalau menu makanan dan minumannya pasti mahal-mahal. Padahal, tidak sama sekali, loh! White Chocolate Toast harganya cuma Rp 14 ribu, Mocktail Sex on The Beach cuma Rp 11 ribu, dan menu-menu lainnya juga tidak ada yang mahal, kok.

Anda bisa memesan aneka pasta, roti, es krim, kopi, milkshake, teh, smoothies, latte, blended, dan mocktail non-alkohol (halal).

6. Heerlijk Cafe

Heerlijk Gelato Cafe atau Heerlijk Cafe adalah tempat makan unik di Surabaya yang wajib banget Anda coba. Kafe ini terletak di Jalan Taman Mayangkara No. 6 (di samping Perpustakaan Bank Indonesia, eks Museum Empu Tantular). Seperti kafe kekinian pada umumnya, yaitu vintage dan minimalis. Tembok warna biru pastel pasti langsung menarik perhatian Anda.

Heerlijk Cafe menjual gelato yang heerlijk (Belanda: lezat)! Walaupun nama, bentuk bangunan, dan konsep yang diusung kafe ini ala Belanda, tapi daftar menunya menggunakan bahasa Surabaya, loh! Unik, ya?

Buat yang tidak mengerti bahasa Surabaya, menu makanan ditulis sebagai “badogan” dan minuman sebagai “ombenan”. Untuk makanannya, Anda bisa memesan nasi goreng, mie goreng, nasi jamur, kentang goreng, tahu goreng, dan roti canai.

Ingin minum yang segar-segar? Pesanlah es jeruk, soda, jus buah, atau es teh. Dan, karena kafe ini merupakan spesialis gelato, tentunya dosa besar jika Anda tidak mencoba gelatonya, dong! Menu gelato andalan mereka sama seperti nama kafenya, yaitu Heerlijk Gelato Café.

Kisaran harga di Heerlijk Cafe ini murah meriah, loh, yaitu mulai dari 9 – 40 ribuan saja. Selain itu, di setiap meja sudah dilengkapi stop kontak. Terus, WiFi di kafe ini juga kenceng banget, loh. Cocok banget buat kerja atau belajar sambil ngemil gelato di Heerlijk Cafe. Anda bisa mengunjungi kafe ini setiap hari dari jam 9 pagi – 11 malam.

7. Stilrod Cafe

Punya mimpi untuk melancong ke Inggris? Sebelum jauh-jauh ke sana, mampir saja yuk ke Stilrod Cafe, anggap saja sebagai starter sebelum benar-benar ke Inggris, hihi.

Tempat makan unik di Surabaya ini mengusung tema yang berbau Inggris. Bisa terlihat dari interiornya yang memiliki ciri khas London, seperti kotak telepon merah, bendera Inggris, hingga tembok yang diberi wallpaper agar mirip dengan gedung-gedung di London.

Kafe ini punya dua bagian, yaitu indoor ber-AC dan outdoor buat bbq party. Lokasi outdoor dari Stilrod Cafe ini bisa disewa untuk lokasi foto prewed hingga untuk acara pernikahannya itu sendiri.

Menu-menu di kafe ini tentunya didominasi oleh makanan ala Eropa seperti Bangers and Mash (69 ribu), Egg Benedict (49 ribu), dan Stilrod Beef Ribs (49 ribu). Karena ada menu non-halal, sebaiknya orang beragama Islam bertanya dulu sebelum memesan, oke?

8. INTRO ID

 

INTRO ID

* sumber: www.inijie.com

Sebenarnya INTRO ID bukanlah sebuah restoran atau kafe, tapi seperti real magazine venue. Jika normalnya Anda hanya membaca majalah saja, kini Anda diajak untuk masuk ke dunia majalah itu sendiri. Tempat ini sangat lengkap. Layaknya majalah sungguhan, venue ini berisi live style, musik, fashion, dan tentunya kuliner. Mungkin jadinya tempat ini jadi mirip mall karena banyak tenant-nya.

INTRO ID berlokasi di Dharmahusada Indah, dekat sekali dengan Galaxy Mall. Eksterior dan interior kafe ini serba putih! Memanjakan mata buat orang-orang yang mencintai minimalist style. Karena memang berupa majalah, Anda bisa menemukan majalah mereka di dalam gedung INTRO ID.

Untuk culinary section, Anda akan menemukan Tamp & Pull Coffee, Lareia Cake, Fat Chicken, Egg’es Project, Baker’s King, Basta Pasta, Good Fresh, dan Dore – Hokkaido Fromage Cake yang legendaris. Banyak banget pilihannya, ya? Awas, jangan sampai kalap, hihi! Untuk referensi Anda, Matcha Mousse by “Bakers King”, Mille Crepes dan Sweet Potato Pie by “Lareia” merupakan salah satu menu yang wajib Anda coba.

9. Crab ‘n Chef

Crab ‘n Chef

* sumber: www.inijie.com

Anda mungkin sudah tahu kalau restoran seafood yang menjajakan makanannya langsung di atas meja (bukan di piring) sedang naik daun. Nah, ada juga kok restoran seperti ini di Surabaya. Namanya adalah Crab ‘n Chef. Restoran ini bergaya Amerika, lebih tepatnya adalah dengan style ala Lousiana.

Menu andalan restoran boga bahari ini tentu saja kepitingnya. Alaskan King Crab, Russian King Crab, kepiting lokal, hingga kerang dan udang merupakan menu yang paling sering dipesan di Crab ‘n Chef. Lalu, Anda harus coba saus garlic + olive oil + butter di sini. Rasanya enak banget dan tidak akan Anda temui di resto seafood lainnya. Level pedas juga bisa diatur, loh, di sini. Jadi, jangan takut kepedasan, ya.

Harga makanan di sini dihitung per ons. Russian King Crab 110-120 ribu/ons, Alaskan Snow Crab 90 ribu/ons, Alaskan King Crab 150 ribu/ons, Mud Crab 29 ribu/ons, Lobster 70 ribu/ons, dan Mussels 10 ribu/ons. Kalau mau pesan menu porsian juga bisa, kok. Ada Prata, Mantau, Garlic Bread, dan Hot/Iced Tea.

Crab ‘n Chef beralamat di Jalan Manyar Kertoarjo V No, 6-8. Anda bisa melakukan reservasi lewat nomor telepon 031-5947938

10. Hacienda Mexican Bar & Grill

tempat makan unik di Surabaya Hacienda Mexican Bar & Grill

* sumber: www.inijie.com

Restoran Meksiko pasti banyak Anda temui di Pulau Bali. Tapi, bagaimana dengan di Kota Pahlawan, Surabaya? Ada satu tempat yang tepat, yaitu Hacienda Mexican Bar & Grill. Karena menu makanan Meksiko kurang familiar di Indonesia, untuk starter, coba pesan Shrimp Quesadillas saja. Kenapa? Karena menu ini dianggap lumayan familiar di lidah orang Indonesia.

Lalu, kalau lidah Anda sudah terbiasa, coba hidangan lainnya seperti Chile con Carne. Menu ini adalah sup yang dibaut dari kacang merah, tomat, dan ground beef. Rasa sup ini pedas karena ada irisan jalapeno tapi gurih karena ada melted cheese-nya juga. Endeusss banget, pokoknya! Kalau masakan ala Eropa lebih familiar di lidah Anda, pesan saj Steak Rojo (baca: Roho).

Selesai sudah rekomendasi 10 tempat makan unik di Surabaya dari Bacaterus. Bagaimana, setelah melihat kesepuluh tempat tadi, apakah perut Anda jadi keroncongan? Kalau iya, langsung saja kunjungi kafe-kafe di atas, yuk! Atau, apakah Anda sudah punya kafe unik buat dikunjungi selain dari list di atas?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Syuri
Syuri, ’94 liner, make up enthusiast, smeraldo flower admirer, calico cat snuggler.

Leave A Comment