Bacaterus / Kuliner / Kuliner Jogja / 10 Tempat Makan Unik di Jogja yang Seru Buat Nongkrong

10 Tempat Makan Unik di Jogja yang Seru Buat Nongkrong

Ditulis oleh - Diperbaharui 12 November 2018

Sekarang berbisnis kuliner jadi lebih menantang. Kenapa? Karena orang-orang sudah sering makan di tempat yang biasa-biasa saja, sehingga kebanyakan orang mencari hal yang baru, entah itu makanannya, minumannya, tempatnya, konsepnya, atau cara pemasarannya. Apalagi di kota besar seperti Jogja.

Bacaterus berhasil mengumpulkan sepuluh tempat makan unik di Jogja yang pas banget buat nongkrong. Konon, kesepuluh tempat ini memiliki sesuatu yang berbeda dari kafe atau restoran kebanyakan. Penasaran ingin tahu ada tempat makan yang mana saja? Langsung saja, yuk, kita simak pembahasannya di bawah ini:

10 Tempat Makan Unik Di Jogja

1. The House of Raminten

The House of Raminten Tempat Makan Unik Di Jogja

* sumber: www.gudeg.net

Dari namanya saja sudah unik, perpaduan bahasa Inggris dengan nama perempuan Jawa. The House of Raminten sangat terkenal, loh. Yang datang ke tempat makan unik di Jogja ini tidak hanya warga lokal saja, tapi wisatawan dari kota maupun negeri lain juga!

The House of Raminten buka selama 24 jam. So, kalau Anda merupakan “anak kalong” dan mendadak kelaparan saat tengah malam, bisa banget langsung meluncur ke Raminten.

Suasana tempat makan ini Jawa banget, mulai dari eksterior, interior, seragam pelayannya, menu makanannya, hinga musik yang diputar semuanya khas Jawa. Ornamen-ornamen seperti sepeda kuno, foto-foto Jawa zaman dulu, pendopo, dan kereta kencana membuat suasana Jawa di The House of Raminten semakin kental.

Menu unggulan restoran ini adalah Sego Kucing (Nasi Kucing), Sego Gudeg (Nasi Gudeg), dan Ayam Koteka (ayam + telur yang dibakar di dalam bambu). Anda bisa juga memesan menu lainnya seperti Bubur Ayam Kelasworo, Kupat Tahu, Maheso Selo Gromo (hot stone steak, steaknya dimasak di atas batu), Sate Lilit, Pecel Raminten, Mangut Lele, dan masih banyak lagi menu makanan yang lezat lainnya.

Pilihan minuman dan dessert-nya juga ada banyak sekali. Mulai dari Es Tenda (terong Belanda), Es Carica, Es Kacang Abang (susu coklat dicampur kacang merah + cincau), Melonkolis (½ melon diberi topping es krim), Salad Buah, Es Krim Bakar, Perawan Tancep (minuman gula merah + jahe + kayu manis + spices), dan aneka wedang.

Walaupun menunya banyak, pelayanannya cekatan, tempatnya nyaman, dan gratis WiFi, harga di restoran ini murah-murah semuanya! Sego Kucing hanya dihargai 3 ribu saja, Wedang juga 3 – 4 ribu saja, seporsi Ayam Koteka hanya 11 ribu saja. Kayaknya hanya mengeluarkan 30 ribu juga Anda sudah bisa mencicipi makanan utama, minum, dan dessert, deh. The House of Raminten terletak di Jalan Faridan Muridan Noto No. 7, Kotabaru, Gondokusuman.

2. Joglo Pari Sewu

Joglo Pari Sewu

* sumber: makankeliling.com

Tempat makan unik di Jogja yang ke-2 adalah Joglo Pari Sewu. Restoran ini sangat unik karena berada di tengah kota, tapi memiliki pemandangan dan suasana yang asri. Ketika makan di joglo ini, Anda akan ditemani rimbunnya pepohonan dan suara gemericik air dari air terjun.

Anda akan selalu penasaran untuk makan di Joglo Pari Sewu, karena menu di tempat makan ini selalu berganti. Misalnya saja menu pancake buah, mereka selalu mengganti topping buah yang digunakan. Jika bulan ini Anda memesan pancake nangka, belum tentu menu ini masih tersedia pada bulan depannya. Anda juga pasti ingin cepat-cepat ke joglo karena takut kehabisan menunya.

Untuk makanan beratnya, ada menu yang unik, yaitu Nasi Pecel Bumbu Kacang Mete. Kenapa unik? Karena biasanya pecel disajikan dengan saus kacang tanah biasa, bukan kacang mete. Anda bisa juga memesan Bruin Bones kalau sedang tidak enak badan atau merasa kedinginan. Bruin Bones adalah bahasa Belanda untuk Snerek (sup kacang merah).

Para penikmat kopi pun dapat dimanjakan karena di Joglo Pari Sewu menyediakan berbagai varian kopi single origin asal nusantara. Metode penyeduhannya pun bisa dipilih, mau menggunakan V60 atau cold brew. 

Di sini Anda bisa menikmati makan minum sambil membebaskan diri dari hiruk pikuk perkotaan. Suasana yang sejuk, alunan gamelan yang merdu, dan kudapan yang lezat merupakan perpaduan yang ciamik dari Joglo Pari Sewu.

Anda bisa juga mengajak sanak saudara, terutama anak-anak, ke Joglo Pari Sewu. Kenapa? Karena di sini tersedia banyak sekali boneka, mulai dari the famous Teddy Bear hingga karakter animasi seperti Doraemon. Joglo Pari Sewu terletak di Bromonilan, RT 08 / RW 03, Purwomartani, Kalasan, Sleman. Nomor telepon rumah makan ini adalah 081347906126.

3. The Captain Urban Lounge

The Captain Urban Lounge

* sumber: chndradew.blogspot.co.id

Layaknya di kota-kota besar lainnya, inovasi kafe dan tempat makan di Jogja semakin kreatif saja. Contohnya tempat makan unik di Jogja ini. The Captain Urban Lounge menawarkan sensasi terbaru, yaitu makan dan nongkrong di dalam pesawat.

Tempat makan ini diciptakan dari hanggar pesawat yang sudah tidak dipakai. Kesan pesawat dari tempat ini semakin kental karena adanya kokpit, kursi pesawat, galley (dapur) pesawat, hingga troli kru kabin.

Yang menjadi daya tarik utama tempat makan ini pasti kokpitnya, karena benar-benar mirip seperti kokpit sungguhan. Tidak dikenakan biaya khusus untuk foto-foto di sini. Paling Anda cuma perlu sabar mengantri dan tahu diri untuk tidak berfoto terlalu lama, hehe. Restoran ala pesawat ini terletak di Jalan Damai No. 41, Sari Harjo, Ngaglik, Sleman. Restoran ini bukanya sore hingga malam, yaitu dari jam 17.00 – 00.00.

4. D’Padukan Pie & Resto

D’Padukan Pie & Resto

* sumber: gudeg.net

Ingin makan di tengah sawah? Bisa banget, loh! D’Padukan Pie & Resto merupakan sebuah tempat makan unik di Jogja yang dikelilingi oleh sawah. Anda juga bisa melihat gunung-gunung dari sana. Jadinya, Anda bisa cuci mata sambil cuci mulut di sini. Range harga makanan dan minumannya murah banget, yaitu mulai dari 10 ribuan saja. D’Padukan Pie & Resto ada di Jalan Kaliurang KM17, Pakem, Sleman.

5. Bong Kopitown

Bong Kopitown

* sumber: yuk-touring.blogspot.co.id

Anda ingin dipenjara? Sepertinya tidak ada yang mau dipenjara sungguhan, kan? Tapi, apakah Anda ingin mencoba nongkrong di tempat makan yang bentuknya mirip penjara? Bong Kopitown merupakan tempat makan unik di Jogja yang berkonsep penjara, mulai dari gedung, interior, hingga menu yang dihidangkan semua ala-ala penjara. Bahkan slogan mereka pun unik, yaitu “The happiest prisoner on earth”, lucu, ya?

6. The Manglung Café

The Manglung Café

Jika tempat makan unik di Jogja di atas membuat Anda merasa “terpenjara”, restoran yang satu ini akan membuat Anda merasa “terbebas”. The Manglung Café terletak di alam terbuka, yaitu di Bukit Bintang. Ketika siang hari, Anda bisa nongkrong di bawah pohon rindang sambil ngobrol seru bersama teman-teman. Kalau pada sore – malam hari, sepertinya lebih cocok untuk acara yang lebih intim dan romantis.

The Manglung Café beralamat di Jalan Ngoro Ngoro Ombo No. 16, Bukit Bintang, Patuk, Kabupaten Gunung Kidul. Mereka buka setiap hari Senin – Sabtu, pukul 12 siang – 10 malam. Jangan datang pada hari Minggu, ya, soalnya mereka tutup pada hari itu. Untuk info selanjutnya atau untuk reservasi, hubungi kafe ini di nomor 085878967893.

7. Lokal Restoran

Lokal Restoran

* sumber: lokalindonesia.com

Anda mencari restoran lokal? Nih, ada satu yang namanya Lokal Restoran. Kadang orang-orang menyingkatnya menjadi “Lokal Resto”. Lokasi restoran ini ada di Jembatan Merah No. 104C, Gajayana. Restoran ini hits banget karena sangat aesthetic. Daya tarik lainnya dari Lokal Resto adalah karena dipakai sebagai lokasi syuting AADC 2, sekuel dari film fenomenal “Ada Apa Dengan Cinta” yang rilis tahun 2016 lalu.

Untuk menunya, Lokal Resto terbilang sangat lengkap. Mereka menyediakan starter seperti Fruit Salad, Cheese Musel Gratin, Snack Platter, Mexican Bites, Bitter Ballen, dan masih banyak lagi. Lalu, untuk main course-nya mereka punya Nasi Goreng Roa, The Stir-Fry, Quail with Biryani Rice, Mie Kuning Alfredo, dll. Hidangan penutupnya juga banyak, Anda bisa memesan Affogato, Banana Fritter, Apple Spring Roll, hingga Combro!

8. Secret Garden Coffee and Chocolate

Secret Garden Coffee and Chocolate

* sumber: spotunik.com

Ingin mencoba yang namanya garden party? Langsung saja merapat ke Secret Garden Coffee and Chocolate. Tempat makan unik di Jogja ini mengusung tema piknik dengan atmosfir vintage yang kental.

Tempat ini cocok banget untuk berkumpul bersama teman-teman atau dengan kekasih. Karena tempatnya cukup luas, kafe ini kadang disewa juga untuk pesta seperti acara ulang tahun hingga pesta pernikahan dengan konsep garden party. 

Kenapa namanya Secret Garden? Karena tempat yang indah ini memang tersembunyi dari luar. Agak sulit mencarinya jika Anda baru pertama kali datang, karena tempat ini dilalui oleh gang-gang kecil dan rumah warga. Tapi, semua usaha Anda akan terbayar ketika sampai di lokasi. Secret Garden Coffee and Chocolate terletak di Jalan Amri Yahya No. 2, Pakuncen, Wirobrajan.

9. Rumah Makan Mang Engking Soragan Castle

Rumah Makan Mang Engking Soragan Castle

* sumber: www.panoramio.com

Rumah Makan Mang Engking Soragan Castle, atau bisa juga disingkat menjadi Soragan Castle, merupakan rekomendasi tempat makan unik di Jogja yang selanjutnya. Bangunan ini mirip 100% seperti kastil kuno yang suka muncul di film-film Eropa. Karena bentuk bangunannya ini lah, banyak orang yang menyewanya untuk foto pra-wedding juga.

Lokasi castle ini ada di Jalan Soragan No. 13. Jika Anda datang dari pusat kota, ambil arah ke Jalan Godean. Lalu, dari perempatan lampu merah Mirota Jalan Godean, belok kiri. Dari perempatan, Anda hanya perlu maju sekitar 200 meter lagi. Restoran ini berada di sisi kiri jalan.

10. Tap House Beer Garden & Beer House

Tap House Beer Garden & Beer House

Rekomendasi tempat makan unik di Jogja yang terakhir adalah Tap House Beer Garden & Beer House. Tempat ini lagi asyik diperbincangkan oleh kids jaman now Jogja. Dari bentuk bangunannya, mungkin Anda akan berpikir kalau ini rumah yang sedang dihancurkan untuk dibangun kembali. Dindingnya runtuh, atau lebih kepada hancur lebur. Lalu, dinding yang tersisa terkesan lusuh karena berjamur dan berlumut.

Lantainya berupa rumput Jepang yang tidak sepenuhnya hijau karena diinjak-injak. Penerangan seadanya. Jika Anda terbiasa nongkrong di kafe mewah ala-ala pasti bingung kenapa tempat seperti ini bisa fenomenal. Tapi, di situ lah daya tarik dari Tap House. Di sini, Anda dan teman-teman bisa minum bir sambil duduk santai di atas bean sack. Enjoy banget pokoknya, deh!

Datanglah setiap weekend, karena suka ada performance dari DJ lokal yang akan memeriahkan suasana. Tap House Beer Garden & Beer House terletak di Jalan Jlagran No. 18. Mereka mulai buka dari jam 6 sore – 3 subuh. Harga minuman yang ditawarkan di sini mulai dari 20 ribuan saja.

Yes, selesai sudah pembahasan kuliner Bacaterus tentang tempat makan unik di Jogja. Kota ini sangat besar dan luas, tentunya sepuluh tempat makan ini hanya secuil dari puluhan kafe atau resto lainnya di Jogja. Tempat lainnya yang recommended diantaranya adalah ViaVia Jogjakarta, Jejamuran, Il Tempo Del Gelato, dan masih banyak lagi. Ayo, rekomendasikan tempat makan unik favorit Anda di kolom komentar!

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Syuri, ’94 liner, make up enthusiast, smeraldo flower admirer, calico cat snuggler.

Leave A Comment