Bacaterus / Kuliner / Kuliner Bandung / Mau yang Beda? Coba 10 Tempat Makan Unik di Bandung Ini

Mau yang Beda? Coba 10 Tempat Makan Unik di Bandung Ini

Kalau sedang mencari tempat makan unik, pasti Anda terpikirkan Kota Bandung. Memang, di Kota Kembang ini ada banyak sekali tempat makan unik, baik itu makanan/minumannya, tempatnya, atau cara mengonsumsinya yang unik.

Nah, sekarang Bacaterus mau memberi tahu Anda sepuluh tempat makan unik di Bandung yang baru-baru ini happening. Yuk, langsung cus ke semua tempat di list ini supaya Anda tidak dibilang ketinggalan zaman!

10 Tempat Makan Unik di Bandung

1. Rabbit Hole

Rabbit Hole

Di jajaran pertama tempat makan unik di Bandung ada Rabbit Hole. Tempat makan dengan nama imut-imut ini menjual dessert yang bentuknya tak kalah imut-imut dari namanya. Rabbit Hole berlokasi di Jalan Rancabentang No. 11A, Ciumbeleuit. Jika Anda kebingungan dengan tempatnya, Rabbit Hole berada di bawah Miss Bee Providore.

Seperti namanya, kafe dessert ini berbentuk seperti lubang tempat kelinci hidup. Menu dessert di Rabbit Hole didominasi oleh waffle. Tapi, di sana juga ada menu-menu lainnya seperti sandwitch, burger + cheese, sosis + berbagai macam keju, Mac and Cheese, dan Lemongrass Beef.

Harga minuman di Rabbit Hole sekitar 20 – 30 ribuan, dessert-nya sekitar 30 – 40 ribuan, dan makanannya sekitar 60 ribuan. Di sini Anda bisa snap-snap lalu langsung di-upload ke Instagram karena ada free WiFi yang kencang. Rabbit Hole buka dari jam 10 pagi – 9 malam setiap harinya.

2. Kalpa Tree

Kalpa Tree

Anak gaul Bandung pasti tahu dong ada tempat nongkrong terbaru di daerah Ciumbuleuit yang berbau kolam-kolaman? Adalah Kalpa Tree, sebuah kafe dengan ambience luar biasa dan udara yang sejuk. Pemandangan di Kalpa Tree sangat luar biasa. Bayangkan saja suasana kolam yang menenangkan ditambah pemandangan Kota Bandung dari dataran tinggi. Perpaduan yang sempurna, bukan?

Yang menjadi incaran orang-orang untuk datang ke Kalpa Tree adalah tempat duduk yang berada di tengah kolam ini. Unik banget, ya? Tidak hanya tempatnya saja yang top banget, makanan dan minuman di sini juga enak-enak. Yuk, langsung saja cobain nongkrong di Kalpa Tree, Jalan Kiputih No. 37, Ciumbuleuit.

3. Abandoned Café

Abandoned Café

Jika biasanya Bandung menjual suasana yang nyaman dan udara yang sejuk, ada yang beda dari kafe ini. Abandoned Café menjual suasana mencekam yang bakal bikin merinding siapapun yang datang ke sana. Saat pertama masuk ke dalam kafe, Anda akan “disambut” oleh seorang anak perempuan yang menatap Anda dengan tatapan kosongnya yang mencekam.

Naik ke lantai dua, Anda akan mendapatkan pengalaman lebih seram lagi. Tangga menuju lantai dua dibuat gelap, lalu temboknya diberi coretan-coretan warna merah yang mirip dengan coretan dari darah. Ayo ajak teman-teman Anda yang suka cerita horor makan di Abandoned Café di Jalan Dr. Setiabudi No. 3A.

4. Southbank Gastrobar

Southbank Gastrobar

Southbank Gastrobar memang sudah ada sejak bertahun-tahun lalu. Tapi, Southbank Gastrobar masih menjadi tempat tujuan orang-orang ketika sedang mencari tempat makan unik di Bandung. Kenapa? Pertama, karena konsepnya. Southbank Gastrobar mengusung tema industrial dengan bentukan mirip restoran sekaligus bar pada zaman ’60-an.

Bisa ditebak oleh Anda dari namanya, kalau Southbank Gastrobar ini merupakan sebuah bar. Tapi, di sini tidak hanya ada minuman saja, loh. Di Southbank Gastrobar Anda bisa makan makanan berat seperti nasi goreng dan pizza. Atau, Anda bisa juga cemal-cemil Samosa, Tahu Pletok dan Spring Roll di sana. Sambil makan-makan, Anda dapat menikmati interior Southbank Gastrobar yang bentuknya mirip bar di London pada zaman dulu.

Anda perlu menyiapkan uang dari 25 – 150 ribuan untuk makan dan minum di Southbank Gastrobar. Tempat makan unik di Bandung ini terletak di Jalan Aceh No. 61. Southbank Gastrobar dapat Anda kunjungi dari jam 5 sore – 1 malam saat weekday dan jam 5 sore – 4 pagi pada akhir pekan. Oh, iya, Anda dapat melakukan reservasi atau menanyakan keperluan Anda lewat nomor telepon (022) 9218 3888.

5. Mimiti Coffee & Space

Mimiti Coffee & Space

Mimiti Coffee & Space merupakan tempat makan unik di Bandung yang ke-5. Sekarang pasti ada ratusan coffee shop di Bandung. Suasana, udara, dan image Kota Bandung memang sangat pas buat menjadi tempat ngopi sambil menenangkan pikiran. Makanya wajar jika hampir setiap bulan ada saja tempat ngopi baru di kota ini.

Kalau Anda ingin bersantai sambil ngopi di tempat yang unik, langsung saja datang ke Mimiti Coffee & Space. Ya, tempat ini tidak hanya menjual kopi, tapi juga menjual “suasana”. Mimiti Coffee & Space dipenuhi oleh pepohonan tinggi dan kursi kayu, sehingga dapat memberikan sensasi baru dalam minum kopi.

Tentu saja Mimiti Coffee & Space punya banyak space untuk foto-foto lalu di-upload di media sosial Anda. Kalau mau lebih seru, datangnya sekitar sore dan malam, ya. Soalnya kalau siang nanti Anda bisa kepanasan, kecuali Anda mau ngopinya di bagian indoor. Mimiti Coffee & Space dapat Anda temukan di Jalan Karang Sari No. 1.

6. Talad Thai Resto & Combi Café

Talad Thai Resto & Combi Café

Suka masakan Thailand? Di Bandung ada tempat makan masakan Thai yang recommended dan kebetulan lagi jadi buah bibir karena konsepnya unik. Kenapa? Karena, gedung tempat makan ini ala Belanda banget, karena memang ada banyak gedung peninggalan Belanda di Bandung. Tapi, yang dijual di sana adalah masakan Thailand. Jadi, semacam cross culture, ya?

Kafe ini sudah berdiri sejak tahun 2015. Tidak semakin tenggelam, justru Talad Thai semakin banyak saja penggemarnya dari hari ke hari. Nanti saat Anda datang ke sana, Anda akan menemukan gedung dengan warna oranye cerah yang di sampingnya ada mobil VW Combi. Mobil itu bukan hiasan semata, loh. Jadi, untuk memesan makanannya Anda pergi ke gedung oranye, lalu untuk memesan minumannya di mobil Combi itu.

Di sana Anda bisa makan makanan Thailand sambil menikmati interior rumah tua Belanda atau menikmati udara sejuk Bandung sambil foto-foto bersam mobil Combi di luar. Di sana fasilitasnya terbilang lengkap, wcnya bersih dan sangat layak pakai, lalu ada mushola juga. Yuk, langsung saja datang ke Talad Thai di Jalan Terate No. 12.

7. Saka Bistro and Bar

Saka Bistro and Bar

Pernah mencoba makan di kafe bernuansa tropical? Saka Bistro & Bar merupakan salah satu kafe dengan konsep tersebut di Bandung. Lengkapnya, Saka Bistro & Bar di Jalan Karangsari No. 2 (dekat Jalan Setiabudi). Nilai plus dari kafe ini adalah bangunannya sangat luas, baik indoor maupun outdoor-nya.

Untuk makanannya memang didominasi kudapan western, tapi ada juga kok menu khas nusantaranya. Lalu, untuk minumannya Anda bisa memilih aneka teh, kopi, mocktail, jus, dan masih banyak lagi. Harga makanan di sini termasuk wajar, yaitu mulai dari Rp 20 – 120 ribuan. Saka Bistro & Bar dapat Anda kunjungi setiap harinya dari jam 10 pagi – 11 malam.

8. Pinisi Resto Glamping Lake Side

Pinisi Resto Glamping Lake Side

Istilah glamping mulai banyak disukai oleh orang Indonesia, sehingga mulai bermunculan tempat wisata dengan tema tersebut. Glamping sendiri merupakan bahasa slang yang diambil dari kata glamour dan camping. 

Maksud dari kata ini adalah, Anda dapat menikmati keindahan alam tapi tetap menggunakan fasilitas yang “mewah”. Contohnya seperti Anda tidak perlu capek-capek mengumpulkan kayu bakar untuk memasak, dan lain sebagainya.

Nah, di Bandung ada satu tempat wisata kuliner terbaru yang mengusung konsep glamping. Adalah Pinisi Resto Glamping Lake Side, atau orang lebih sering menyebutnya sebagai Glamping saja, karena sejauh ini baru ada satu resto glamping di Bandung. Tempat makan unik di Bandung ini berlokasi di daerah Rancabali, Ciwidey. Seperti tempat wisata kebanyakan, Anda tidak bisa menggunakan uang cash di sini.

Sebaliknya, Anda perlu melakukan penukaran uang cash dengan uang dalam magnetic card dengan kelipatan Rp 10.000. Bentuk tempat makan ini benar-benar seperti perahu yang sedang menepi di pinggir Situ Patenggang. Pemandangan di sini tidak ada bandingannya dengan uang yang Anda keluarkan untuk makan nantinya.

9. Blue Doors

Blue Doors

Satu lagi coffee shop yang patut Anda datangi saat sedang main di Bandung, yaitu Blue Doors. Tempat ngopi ini identik dengan pintu depannya yang dibuka dari dua sisi dan dicat warna biru. Blue Doors terkenal karena kopinya yang nikmat walau harganya terjangkau. Lalu, atmosfir yang ditawarkan Blue Doors juga sangat nyaman, apalagi ditambah dengan konsepnya yang bertema rustic. Blue Doors berlokasi di Jalan Gandapura No. 61.

Karena ukurannya “mini”, Blue Doors terasa seperti kafe milik sendiri, karena kesan yang diciptakannya sangat hangat. Kalau Anda ingin benar-benar merasa sendirian, datangnya sekitar jam pagi, ya. Soalnya kalau siang tempat ini suka penuh. Jika Anda tidak bisa minum kopi, di Blue Doors juga tersedia berbagai macam teh, kok.

10. Little Wings Book Café

little wings

Kalau cowok-cowok macho pasti ogah datang ke sini, karena Little Wings Book Café bertemakan sebuah rumah yang hangat yang dipenuhi buku dan pernak-pernik girly lainnya. Konsep kafe ini adalah rumah vintage berlantai tiga.

Di lantai pertama Anda akan disambut oleh satu bangku persegi panjang dengan beberapa sofa untuk satu orang. Lalu ada meja panjang dengan kursi kayu panjang juga. Dan ada satu meja bundar mungil dengan kursi sofa.

Di lantai satu ada rak yang berisi ratusan buku dan juga boneka Teddy Bear besar yang super cuddly. Lalu, di lantai dua Anda akan menemukan dapur-dapuran yang bisa dipakai sebagai latar tempat foto. Di lantai dua ada 2 meja yang lebar dan besar banget, cocok buat yang mau kerja kelompok atau rapat. Lalu ada beberapa meja mungil di dekat jendela. Spot itu bagus banget buat foto-foto.

Lalu di lantai tiga merupakan yang paling unik, karena di sana ada sebuah ranjang single! Tapi, ranjang tersebut hanya sebuah prop, bukan untuk ditiduri, ya. Di lantai tiga tersedia meja-meja kecil dengan kursi rotan yang nyaman banget buat dipakai duduk-duduk sambil ngopi. Oh, iya. Di lantai tiga juga ada balkon, di sana juga ada meja kalau Anda mau duduk di luar. Baca review lengkapnya di sini.

Little Wings Book Café letaknya ada di dataran tinggi Bandung, yaitu di Jalan Cigadung Raya Barat No. 2, Cibeunying Kaler. Range harga makanan dan minuman di sini murah meriah, loh, yaitu mulai dari Rp 5 – 30 ribuan saja. Anda bisa datang setiap hari ke sana dari jam 12 siang kecuali hari Selasa (tutup). Oh, iya, kalau Anda mau foto-foto pakai kamera (bukan handphone), Anda akan dikenakan charge Rp 30.000.

Ya, itu dia sepuluh tempat makan unik di Bandung menurut Bacaterus. Ada tempat makan yang unik karena makanannya, dan ada juga yang unik karena konsep dan interiornya.

Apakah Anda pernah datang ke tempat makan yang kami sebutkan di atas? Bagaimana menurut Anda makanan dan konsep tempat tersebut? Atau, apa Anda tahu tempat makan unik di Bandung yang lain? Bagikan pengalaman dan pengetahuan Anda di kolom komentar, ya.

About the Author:

Syuri
Syuri, ’94 liner, make up enthusiast, smeraldo flower admirer, calico cat snuggler.

Leave A Comment