Bacaterus / Kuliner / Kuliner Indonesia / 9 Tempat Makan Saung di Depok untuk Makan Beramai-ramai

9 Tempat Makan Saung di Depok untuk Makan Beramai-ramai

Ditulis oleh - Diperbaharui 24 September 2018

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, saung adalah sebuah gubug atau rumah kecil yang dibangun di sawah, ladang, atau kebun. Namun di era modern seperti ini, saung dimanfaatkan sebagai konsep tempat makan. Terbukti ada banyak rumah makan yang berkonsep saung di berbagai kota, termasuk di Depok.

Tempat makan saung memang cocok dipilih untuk makan ramai-ramai dengan sahabat, keluarga, atau rekan kerja. Kali ini, Bacaterus akan merekomendasikan 9 tempat makan saung di Depok yang dapat Anda kunjungi bersama rombongan.

9 Tempat Makan Saung di Depok

1. Rumah Makan Saung Talaga

Rumah Makan Saung Talaga Tempat Makan Saung di Depok

* sumber: www.sukita.info

Tempat makan saung di Depok yang pertama adalah Rumah Makan Saung Talaga. Saung-saung makan yang ada di sini berdiri di atas danau buatan. Jadi, Anda akan merasakan makan di atas danau yang mengingatkan kita akan suasana pedesaan.

Makanan yang ditawarkan di sini adalah hidangan khas Sunda yang sudah pasti menggugah selera. Hidangan ayam, ikan, sayuran, dan lalapan yang enak akan membuat santap siang atau malam Anda jadi lebih nikmat.

Rumah Makan Saung Talaga adalah jujugan yang tepat jika Anda ingin mencari tempat makan yang dapat menampung rombongan yang cukup banyak. Lokasi rumah makan ini ada di Jalan Raya Sawangan No. 1, Pancoran Mas, Depok.

2. Rumah Makan Saung Situ Jatijajar

Saung Situ Jatijajar

Satu lagi tempat makan saung di Depok yang akan memanjakan lidah Anda, namanya Rumah Makan Saung Situ Jatijajar. Tempat makan ini juga menyediakan makanan khas Sunda, mulai dari nasi timbel, ayam bakar, ayam goreng, aneka jenis ikan, dan aneka sambal yang menambah selera makan.

Berbeda dari Rumah Makan Saung Talaga, di sini saung-saungnya berada di atas tanah, bukan di atas danau. Hanya saja suasananya yang tenang tetap mengingatkan kita pada suasana khas pedesaan yang jauh dari hingar bingar kota. Rumah Makan Saung Situ Jatijajar dapat dikunjungi di Jalan Naterman Rt 01/02, Depok.

3. Saung Fitri

Saung Fitri

Saung Fitri adalah tempat makan yang eksis dan cukup terkenal di Kota Depok. Meskipun bangunannya sederhana, tapi cita rasa makanan di Saung Fitri memang enak. Alhasil, tempat makan ini selalu didatangi oleh pengunjung entah di siang maupun malam hari.

Berbicara soal makanan, Saung Fitri tidak hanya menyajikan menu khas Nusantara saja, tapi ada juga makanan barat dan Cina. Sebagai contoh kita bisa memesan French Fries, Beef Burger, Club Sandwich, Nasi Cap Cay, sampai dengan Gurami Tahu Tausi. Kalau suka makanan khas Indonesia, pilihan hidangan Nusantara di Saung Fitri cukup banyak kok. Alamat Saung Fitri ada di Jalan Kartini No. 35, Pancoran Mas, Depok.

4. Pondok Laras

Pondok Laras

* sumber: rumahkuyangkedua.blogspot.com

Bagi Anda yang pernah berkuliah di Universitas Indonesia (Kampus Depok), Anda pasti sudah familiar dengan tempat makan saung di Depok yang satu ini. Adalah Pondok Laras yang lokasinya masih berada di sekitaran UI. Kalau jam makan siang banyak juga mahasiswa yang datang kemari secara rombongan.

Adapun makanan yang disajikan di Pondok Laras adalah hidangan khas Sunda yang rasanya nikmat banget. Menu andalan di sini antara lain adalah gurame bakar, ayam plenet, empal goreng, tumis kangkung, ikan asin, sayur asem, dan nasi uduk. Kalau ingin lebih hemat, Pondok Laras menyediakan paket perserorangan mulai harga 20 ribuan, lho. Pondok Laras bertempat di Jalan Akses UI No. 2, Cimanggis, Depok.

5. Gubug Makan Mang Engking

Gubug Makan Mang Engking

* sumber: www.dream.co.id

Cita rasa makanan yang disajikan di Gubug Makan Mang Engking memang tidak perlu diragukan lagi. Hampir semua makanan di sini enak dan disajikan dari bahan-bahan segar berkualitas. Gubug Makan Mang Engking sendiri sudah membuka cabang di beberapa kota. Dari dulu, rumah makan ini memang mengedepankan konsep saung untuk memberikan suasana makanan yang lebih santai.

Di Depok, Gubug Makan Mang Engking berdiri di dekat Universitas Indonesia. Meskipun demikian, yang datang kemari bukan hanya mahasiswa UI saja, tapi banyak juga pegawai kantoran atau keluarga yang rumahnya cukup jauh dari tempat ini. Mereka rela menempuh jarak yang jauh karena makanan Sunda di tempat makan ini benar-benar lezat luar biasa.

Gubug Makan Mang Engking berlokasi di Jalan Prof. Miriambudiarjo, Danau Dalam Kampus UI, Depok.

6. Nasi Timbel Saung Kuring

Nasi Timbel Saung Kuring

* sumber: kuliner.panduanwisata.id

Dari nama tempatnya saja Anda pasti sudah bisa menebak jika tempat makan ini spesial menyajikan menu nasi timbel. Ya, Nasi Timbel Saung Kuring merupakan tempat makan saung di Depok yang terkenal dengan nasi timbel dan nasi uduknya.

Kalau ingin menyantap nasi putih, tempat ini juga menyediakan berbagai pilihan lauk yang lezat, seperti ikan mas, gurami, bawal, dan cumi-cumi yang dapat dimasak sesuai selera Anda. Menyantap aneka hidangan lezat ini akan terasa semakin nikmat karena kita bisa menikmatinya di atas saung dengan suasana yang santai. Alamat Nasi Timbel Saung Kuring ada di Jalan Punak No. 7, Komp. AL-Pangkalan Jati, Cinere, Depok.

7. Goeboek Bamboe

Goeboek Bamboe

Saung-saung bambu di restoran yang satu ini nampak asri dan santai. Ya, Goeboek Bamboe adalah tempat makan saung yang bisa dijadikan pilihan ketika Anda berada di Depok. Suasananya yang asri berkat rumput hijau dan tumbuhan-tumbuhan yang nampak subur di sekitar saungnya.

Menu makanan di sini sangat beragam, mulai nasi goreng, olahan daging sapi, ayam, ikan, sampai dengan cumi. Berbicara soal harga, menu makanan di Goeboek Bamboe ini dibandrol dengan harga yang terjangkau. Lokasi Goeboek Bamboe berada di Jalan Tole Iskandar No. 32, Pancoran Mas, Depok.

8. Pondok Ikan Gurame

Pondok Ikan Gurame

Selanjutnya, ada tempat makan saung di Depok yang spesial menyajikan olahan ikan gurami segar. Pondok Ikan Gurami menyediakan tempat makan saung yang berada di atas kolam ikan yang cukup besar. Kalau ingin makan di dalam ruangan, tempat ini juga menyediakan ruangan VIP yang ber-AC.

Hidangan yang disajikan di tempat ini cukup menggugah selera, seperti gurami yang bisa dimasak dengan cara dibakar, digoreng, atau steam. Selain gurami, rumah makan ini turut menawarkan ikan bawal, bandeng, cumi, udang, dan ayam. Kunjungi Pondok Ikan Gurami di Jalan Raya Ksu Pemancar RRI No. 2, Sukmajaya, Depok.

9. Gubug Udang Situ Cibubur

Gubug Udang Situ Cibubur

* sumber: blogstmasriah.blogspot.com

Kapan lagi bisa menikmati makan di dalam saung yang berdiri di atas danau buatan kalau tidak di Gubug Udang Situ Cibubur? Salah satu restoran yang populer di Depok ini menawarkan konsep saung yang asri, bersih, dan nyaman.

Bagaimana dengan menu makanannya? Gubug Udang Situ Cibubur menyediakan berbagai olahan udang dari beragam ukuran. Selain udang ada juga ikan gurami, kepiting, cumi, dan sayuran. Semua hidangan di sini dijamin enak banget. Gubug Udang Situ Cibubur dapat dikunjungi di Bumi Perkemahan & Graha Wisata Pramuka Cibubur, Depok.

Nikmatnya bersantap di 9 tempat makan saung di Depok ini tentu saja bisa memberikan pengalaman kuliner yang tak terlupakan bagi Anda dan rombongan yang Anda bawa. Kunjungi juga artikel tempat makan enak di Depok ini untuk menambah referensi kuliner Anda.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment