Bacaterus / Kuliner / Kuliner Indonesia / 10 Tempat Makan Murah di Semarang yang Enak Banget

10 Tempat Makan Murah di Semarang yang Enak Banget

Piye kabare wong Semarang? Kali ini Bacaterus kembali dengan daftar tempat makan, dan kali ini berlokasi di Semarang. Lebih tepatnya, Bacaterus mau membahas 10 tempat makan murah di Semarang yang recommended dan enak banget.

Makanan khas Semarang ada banyak sekali, loh! Bacaterus sampai pusing memilih mana sepuluh yang terbaik. Tapi, akhirnya kami telah memutuskan kalau kesepuluh tempat makan inilah yang wajib Anda datangi kalau sedang berkunjung ke Kota Semarang.

10 Tempat Makan Murah Di Semarang

1. Nasi Ayam Bu Widodo

Tempat makan murah di Semarang yang pertama adalah Nasi Ayam Bu Widodo. Untuk Anda yang belum tahu apa itu Nasi Ayam, sebenarnya mirip-mirip seperti Nasi Liwet-nya Kota Solo. Jika nasi liwet menggunakan kuah areh, nasi ayam menggunakan kuah opor kuning.

Tidak sulit mencari pedagang nasi ayam di Semarang, karena bisa Anda temui di setiap pinggiran jalan pada saat malam hari. Akan tetapi, jika Anda ingin mencoba nasi ayam yang sudah pasti enak dan terkenal ke mana-mana, ya di Nasi Ayam Bu Widodo tempatnya.

Bu Widodo sudah berjualan sejak tahun 1994 di areal Simpang Lima. Saat masuk ke dalam kedai, Anda akan disambut oleh panci-panci besar yang isinya adalah topping untuk Nasi Ayam. Nanti, para pengunjungnya akan makan sambil lesehan di atas tikar.

Nasi Ayam biasanya berisi telur rebus bumbu, tahu opor, sayur labu manis + krecek, dan tentunya suwiran ayam. Lalu, nasi ayam akan diguyur dengan kuah opor kuning yang enak banget. Yum! Kalau Anda ingin menambah topping juga bisa, kok. Ada sate telur, sate usus, atau opor dengan pilihan daging ayam bagian paha, dada, sayap, dan kepala.

Nasi Ayam Bu Widodo buka mulai pukul 5 sore – 11 malam. Waktu prime time warung ini adalah jam 10 malam. Alamat lengkap warung makan ini adalah di Area Kuliner Simpang Lima, Semarang. Untuk mencapai tempat ini, Anda bisa jalan ke arah Telogorejo, tempat ini diapit oleh Hotel Ciputra dan Plaza Simpang Lima. Seporsi Nasi Ayam di sini dihargai Rp 10.000 – 27.000 saja. Yuk, dicoba!

2. Soto Bangkong

Jangan salah. Soto Bangkong bukan dibuat dari bangkong (kodok), loh. Soto Bangkong dimulai dari pedagang soto keliling bernama H. Soleh Sukarno pada tahun ’50-an. Anda mungkin pernah melihat kedai Soto Bangkong di kota Anda. Ternyata, kedai-kedai tersebut bukan frenchise, tapi benar-benar cabang yang dibuka langsung oleh H. Soleh.

So, tidak aneh jika Soto Bangkong menjadi icon kuliner Kota Semarang, bukan? Soto Bangkong ini soto ayam yang berisi nasi, soun, tauge, tomat, dan ayam suir. Soto ayam, lalu kenapa dinamai bangkong? Sejarahnya, karena tempat makan ini pada mulanya terletak di Perempatan Bangkong yang menghubungkan Jalan Brigjen Katamso, Jalan A. Yani, dan Jalan MT. Haryono.

Anda bisa menikmati seporsi Soto Bangkong dengan mengeluarkan uang sebesar Rp 13 ribu saja. Kalau Anda mau menyantap makanan pendamping, Anda hanya akan dikenai harga 4 ribu per tusuk untuk sate telur, sate kerang, dan sate ayam, 1.500 untuk sate tempe, dan 3 ribu untuk sate perkedel. Lalu, untuk yang kriuk-kriuk, Anda bisa mengambil kerupuk, rambak atau karak yang dijual seharga 3.500 per bungkus.

Soto Bangkong sekarang terletak di Jalan Brigjen Katamso No. 1. Soto Bangkong buka setiap hari pukul 7 pagi – 9.30 malam.

3. Mangut Welut Warung Bu Nasima

Anda pasti tahu, dong, Bondan Winarno. Itu loh, pakarnya kuliner sekaligus host acara kuliner di televisi. Beliau terkenal dengan gimmick-nya yang selalu mengatakan “Top Markotop” dan “Maknyus” setiap selesai makan makanan yang enak. Nah, menurut Pak Bondan, Mangut Welut Warung Bu Nasima merupakan tempat yang wajib dikunjungi kalau sedang ke Semarang.

Mangut Welut Warung Bu Nasima terletak di Jalan Menoreh Raya No. 10, Sampangan. Sebenarnya tempat makan ini lebih mirip seperti warung nasi, karena menu lauk untuk nasinya ada macam-macam. Tapi, tentu saja lauk yang paling populer adalah mangut welutnya. Welut itu Belut, ya, dalam bahasa Indonesia.

Yang membuat mangut welut di sini memorable karena rasa pedasnya yang sangat ekstrim! Walaupun begitu, Anda tidak perlu khawatir dengan harganya. Seporsi Mangut Welut Warung Bu Nasima hanya dihargai Rp 10.000 saja, kok.

4. Kue Lekker Paimo

Kue Lekker lagi famous banget, nih. Mungkin karena akun kuliner di Instagram banyak yang mempostingnya di akun mereka. Banyak yang bertanya-tanya, kue lekker itu makanan apa dan darimana asalnya. Jadi, kue lekker khas Kota Semarang beda banget sama kue lekker yang mungkin ada di kota asal Anda.

Kue lekker Semarang cenderung lebih krispi dan enak seperti crepes. Kalau bentuknya mungkin agak mirip seperti martabak mini, kali, ya. Ada kue lekker yang terkenal banget di Semarang, namanya adalah Kue Lekker Paimo. Di sini, untuk isiannya, Anda bisa memilih yang manis (cokelat, pisang, jagung, susu, karamel, dll) dan yang asin (telur, sosis, keju, tuna, mozarella, dll).

Kue Lekker Paimo terletak di Jalan Karang Anyar No. 37, Brumbungan, Semarang Tengah. Lebih tepatnya lagi, ada di depan Kolese Layola. Jam buka kedai ini adalah dari jam 9 pagi – sehabisnya. Range harga kue lekker dimulai dari Rp. 1.000 – Rp. 14.000 saja. Murah, kan?

5. Nasi Goreng Babat Pak Hengky

Nasi goreng babat merupakan kuliner khas Semarang yang terkenal banget. Salah satu tempat nasi goreng babat yang terkenal adalah milik Pak Hengky. Nasi Goreng Babat Pak Hengky berlokasi di Pujasera Puri Anjasmoro.

Selain Mangut Welut di atas, Nasi Goreng Babat Pak Hengky juga menjadi favoritnya pak Bondan Winarno, loh. Cita rasa nasi goreng babat adalah minyaknya yang banyak. Jadi nasi goreng ini tidak garing seperti nasi goreng pada umumnya.

6. Lumpia Mataram

Lumpia Mataram

Ada satu lagi makanan khas dari Semarang, yaitu lumpia. Dan, kalau Anda mencari lumpia yang enak dan legendaris, Lumpia Mataram adalah jawabannya. Kedai lumpia ini berdiri sejak tahun 1988. Di mulai dari menjual dengan gerobak hingga kini menjadi kedai sekaligus toko oleh-oleh yang besar.

Lumpia ini dibuat dari rebung, ayam, udang, telur, dan rempah. Untuk “teman”nya, lumpia biasanya disandingkan dengan saos kental, daun bawang, acar, dan lombok rawit. Keunggulan Lumpia Mataram adalah telah mendapatkan sertifikat halal dari MUI, sehingga Anda yang beragama Islam tidak perlu ragu untuk makan di sini, secara makanan di Semarang banyak juga yang tidak halalnya.

Lumpia Mataram dijual dengan harga Rp 13.000 per buah. Cukup mahal, ya, dibandingkan lumpia yang biasa ditemukan di kota Anda? Tapi, cita rasa lumpia ini dijamin beda dan enak banget. Apalagi, ukurannya juga jumbo. Kalau perut Anda tidak kuat makan banyak-banyak, pasti makan satu juga sudah cukup kenyang.

Tempat makan ini terletak di Kp. Baris 501, Jalan MT. Haryono No. 533 A, Mataram, Semarang. Anda bisa menelepon untuk memesan lumpianya di nomor 024-70525307

7. Tahu Gimbal Pak H. Edy

Tahu gimbal merupakan kuliner yang bisa Anda temukan di seluruh penjuru Kota Semarang. Tahu gimbal memang sebuah kuliner pinggir jalan yang sederhana, tapi merupakan yang paling banyak dicari jika sedang berada di Semarang. Kalau Anda ingin tahu tempat tahu gimbal yang recommended, Tahu Gimbal Pak H. Edy lah tempatnya.

Tahu Gimbal Pak H. Edy dibuka dari sore – malam hari. Tahu gimbal merupakan sebuah kudapan yang dibuat dari tahu yang digoreng renyah. Tahu renyah ini disantap dengan ketupat, kol segar, gimbal udang (bakwan udang), dan disiram bumbu kacang petis kental. Anda bisa menambah telur mata sapi juga sebagai additional topping.

Buat pencuci mulutnya, Anda bisa memesan es teler atau yang recommended adalah es campur durian. Seporsi tahu gimbal dan es teler di warung H. Edy dibanderol seharga 16.000 per porsi. Sedangkan es campur duriannya agak lebih mahal, yaitu 22.000 per porsi. Kalau mau hemat, Anda bisa memesan es jeruk dan es teh yang harganya cuma 5.000 saja per gelas.

8. Nasi Gandul Pak Subur

Nasi gandul sebenarnya merupakan makanan khas Pati, masih 70 KM dari Semarang. Tapi, kulineran ini terkenal juga di Semarang, loh.

Makanan ini dinamakan “nasi gandul” karena awalnya si penjual menjajakan dagangan dengan cara dipikul sambil berkeliling kampung. Tempat nasi dan kuahnya dikaitkan pada setiap ujung pikulan, makanya ketika dibawa, tempat tersebut akan menggantung (Jawa: gandul). Dari situlah asal muasal nama nasi gandul.

Salah satu tempat makan nasi gandul yang terkenal adalah Nasi Gandul Pak Subur yang terletak di Jalan KH. Ahmad Dahlan. Patokannya, tempat makan murah di Semarang ini ada di seberang Rumah Sakit Telogorejo. Nasi gandul di sini disajikan di atas piring yang telah dilapisi daun pisang. Nasinya terlihat tenggelam oleh kuah. Setiap harinya, Nasi Gandul Pak Subur buka dari menjelang maghrib – 11 malam.

Seporsi nasi gandul + minum es teh atau es jeruk hanya seharga Rp 15 ribu saja, loh! Dijamin hemat dan enak, deh, makan di sini. Uniknya, walaupun berada di pinggir jalan, Nasi Gandul Pak Subur suka mengadakan live music, bukan pengamen, loh, ya.. Dan, Anda bisa request mau mendengarkan lagu apa saja, mulai dari lagu pop, lagu Jawa, dangdut koplo, hingga lagu pop luar negeri.

9. Toko Oen Semarang

Cuaca di Kota Semarang seringkali panas. Es krim merupakan jawaban dari masalah ini. Ada satu tempat makan es krim yang legendaris di Semarang. Adalah Toko Oen, restoran yang sudah berdiri sejak tahun 1936. Bentuk bangunannya tidak banyak berubah, masih dapat kesan “jadul”nya. Toko Oen masih berada di jalan yang sama, yaitu di Jalan Pemuda No. 52.

Ketika masuk ke dalam gedung, Anda akan disambut oleh toples-toples besar yang berisi aneka macam kue kering. Ada egg roll, putri salju, katetong (lidah kucing), dan masih banyak lagi. Kue-kue tersebut dapat Anda cicipi secara gratis, loh! Ya, welcome food di Toko Oen adalah kue-kue kering ini. Seru banget, ya?

Restoran ini menjual aneka macam makanan, mulai dari makanan pembuka, makanan utama, dan dessert. Nah, si dessert ini lah yang terkenal banget hingga ke daerah-daerah lain. Es krim Toko Oen masih dibuat dengan cara jadul. Untuk pilihan rasa pun tidak banyak, cuma ada vanila, aneka buah, moka, kopyor, dan cokelat. Harga semangkuk es krim ini adalah Rp 15.000-an.

Kalau Anda ingin es krim dengan tambahan topping seperti sukade, slagroom (krim kocok), maka harganya akan naik sedikit. Atau, pesan saja menu es krim unik seperti Nesselrode Room dan Vruchten Sorbet yang kisaran harganya mencapai 20.000-an saja. Ada juga menu Es Krim Potong Tutti Frutti yang harganya agak mahal lagi, yaitu Rp 30.000-an seporsi.

Anda juga harus mencoba Oen’s Symphony, yaitu lima scoop es krim dengan rasa yang berbeda disajikan dengan slagroom dan katetong. Kalau Anda mau membawa pulang es krim ini, ada yang dijual dengan ukuran satu liter dengan harga Rp 200.000-an.

10. Mie Kopyok Pak Dhuwur

Untuk tempat makan murah di Semarang yang terakhir, Bacaterus mau merekomendasikan mie kopyok. Mie ini merupakan salah satu kuliner khas Semarang juga. Rasanya gurih dan manis, cocok banget buat lidah orang Jawa. Mie ini disajikan dengan tahu goreng, tauge, lontong, kerupuk karak, dan disiram kuah bawang putih. Mie kopyok yang enak banget ada di Mie Kopyok Pak Dhuwur.

Tempat ini terletak di Jalan Tanjung, seberang Kantor PLN Pemuda. Kenapa Anda harus makan mie kopyok milik Pak Dhuwur? Karena, Pak Dhuwur telah berjualan sejak tahun 1966 dan kualitas rasanya tidak pernah berubah semenjak itu. Mie Kopyok Pak Dhuwur beroperasi dari jam 8 pagi – 4 sore atau sehabisnya. Seporsi mie kopyok ini harganya sekitar Rp 10.000-an saja.

Selain kesepuluh tempat makan murah di Semarang yang sudah Bacaterus bahas di atas, tentunya masih ada banyak tempat lainnya yang recommended juga. Orang-orang merekomendasikan juga Babat Gongso Pak Karmin, Bakmi Jawa Pak Gareng, dan masih banyak lagi. Apakah Anda tahu tempat lainnya yang harus dicoba kalau sedang traveling ke Semarang?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Syuri
Syuri, ’94 liner, make up enthusiast, smeraldo flower admirer, calico cat snuggler.

Leave A Comment