Bacaterus / Kuliner / Kuliner Jogja / Yuk Kuliner Hemat ke 10 Tempat Makan Murah di Jogja Ini

Yuk Kuliner Hemat ke 10 Tempat Makan Murah di Jogja Ini

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 November 2018

Di antara begitu banyak kota atau daerah di Indonesia, Yogyakarta adalah salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Selain kental dengan budaya maupun adat istiadatnya, Jogja juga menawarkan perjalanan wisata yang murah. Mulai dari hotel, tempat wisata, sampai dengan tempat kuliner di Jogja semuanya serba bisa dijangkau meskipun budget pas-pasan.

Wisata kuliner di kota pelajar tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Kunjungi 10 tempat makan murah di Jogja berikut ini jika Anda ingin menikmati makanan lezat tanpa membuat kantong bolong! Yuk, simak review dari Bacaterus berikut ini.

10 Tempat Makan Murah di Jogja

1. Pecel Bu Ramelan

Pecel Bu Ramelan Tempat Makan Murah Di Jogja

* sumber: travelingyuk.com

Mau cari sarapan murah, enak, dan mengenyangkan? Yuk, singgah di Pecel Bu Ramelan. Tempat makan murah di Jogja yang satu ini cukup terkenal di kalangan masyarakat, terutama para backpacker yang suka hunting kuliner murah. Hanya dengan 5 ribu rupiah Anda bisa menikmati sepiring nasi pecel dengan sayur yang cukup banyak dan bumbu kacang yang pedas tapi nikmat.

Jika ingin menambah telur, Anda hanya perlu membayar 2 ribu rupiah lagi. Aneka gorengan yang dijual di Warung Pecel Bu Ramelan ini juga murah meriah, yakni hanya lima ratus rupiah per buah. Lokasi Pecel Bu Ramelan ada di Jalan Laksda  Adisucipto KM 6 (sebelah timur Hotel Ambarrukmo).

2. Angkringan Pak Panut

Angkringan Pak Panut

* sumber: food.idntimes.com

Makanan yang wajib dicoba ketika berada di Jogja adalah angkringan. Bila ingin mencari angkringan yang murah tapi enak, Anda harus datang ke Angkringan Pak Panut. Di sini, nasi kucing (nasi dengan lauk yang porsinya kecil) dihargai 1.000 rupiah saja. Sementara itu, aneka sate, seperti sate usus dibandrol seharga 500 – 1.000 rupiah. Belum lagi ada gorengan yang harganya cuma 300 perak.

Hanya di Angkringan Pak Panut Anda bisa makan kenyang tanpa mengeluarkan banyak uang. Warung kaki lima ini berlokasi di kumpulan kios Gedung Olahraga Klebengan Bulaksumur yang letaknya di sebelah utara Fakultas Teknik Univesitas Negeri Yogyakarta (UNY).

3. Spesial Sambal Bawang Mas Kobis

Spesial Sambal Bawang Mas Kobis

* sumber: santapjogja.com

Sesuai dengan namanya, menu andalan di warung kali lima ini adalah sambal bawang. Sedapnya sambal bawang buatan Mas Kobis membuat para pengunjung yang tidak kebagian tempat di warungnya rela makan di dalam mobil atau di pos ronda yang letaknya tidak jauh dari warung.

Hanya dengan 10 ribu rupiah Anda sudah bisa mendapatkan telur, tahu, dan tempe penyet dengan sambal bawang yang super maknyus. Bahkan, harga 10 ribu tadi sudah bersama dengan es teh atau es jeruk. Warung Spesial Sambal Bawang Mas Kobis berada di Jalan Alamanda, tepatnya sebelah timur Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

4. Warung Nasi Langgi Pak Man

Warung Nasi Langgi Pak Man

Satu lagi tempat makan murah di Jogja yang wajib banget Anda kunjungi, yaitu Warung Nasi Langgi Pak Man. Pemiliknya sudah berjualan sejak harga nasi per bungkusnya hanya 8 rupiah sampai saat ini harganya sudah 5 ribu rupiah. Sebungkus nasi langgi ala Pak Man ini berisi nasi gurih, kering tempe, kedelain hitam, abon, serundeng, dan empal.

Ini adalah hidangan khas keraton yang sudah dimodifikasi oleh Pak Man agar bisa dinikmati oleh semua kalangan. Gorengan pendamping nasi langgi ini juga dijual seharga 500 – 1.000 rupiah saja. Alamat Warung Nasi Langgi Pak Man ada di Jalan Magelang No. 124, Sinduadi, Sleman.

5. Mie Ayam Tumini

Mie Ayam Tumini

Cuma di depot Mie Ayam Tumini Anda bisa menikmati mie ayam seharga 6 – 7 ribu rupiah per mangkok. Tak heran jika Mie Ayam Tumini bisa menjual hingga 700 porsi setiap hari lantaran harganya murah dan rasanya pun cukup enak.

Mie Ayam Tumini pernah kami review dalam datar tempat mie ayam enak di Jogja. Bahkan, kepopuleran mie ayam di sini sudah tersebar hingga keluar Jogja sehingga banyak wisatawan yang datang untuk mencicipi mie ayam ekonomis ini. Kelezatan Mie Ayam Tumini bisa Anda coba di tempatnya yang berada di Jalan Imogiri Timur 187 UH, Terminal Giwangan, Umbulharjo.

6. Ayam Geprek Bu Rum

Ayam Geprek Bu Rum

* sumber: resepdanmasakan.com

Demam ayam geprek memang sedang melanda di berbagai wilayah di Indonesia, tak terkecuali di Yogyakarta. Ayam Geprek Bu Rum adalah salah satu tempat makan di Jogja yang menjual menu ayam geprek.

Ayam goreng tepung yang ditumbuk dengan cabe rawit, bawang putih, dan terasi buatan Bu Rum ternyata benar-benar enak. Ayamnya sangat crispy dan sambalnya pun bisa dibuat sesuai selera kita menurut banyaknya jumlah cabe yang dipakai. Satu porsi ayam geprek berserta nasi dan sayur dijual seharga 10 ribuan saja. Warung Ayam Geprek Bu Rum berlokasi di Jalan Wulung Lor, Papringan.

7. Gudeg Mbah Lindu

Gudeg Mbah Lindu

Begitu banyak gudeg yang dijual di Jogja tentu membuat Anda bingung memilihnya. Jika ingin menyantap gudeg murah, enak, dan terkenal, maka Anda harus berkunjung ke Gudeg Mbah Lindu. Mbah Lindu sendiri usianya sudah 97 tahun dan terbaring sakit. Namun, usahanya diteruskan oleh anak-anaknya.

Gudeg Mbah Lindu memiliki citarasa yang benar-benar enak dan tidak bisa ditemukan di tempat gudeg lainnya. Satu porsi nasi gudeg seharga 15-20 ribu berisi krecek, tahu, telur, dan ayam.

Sebelum sakit, biasanya Mbah Lindu sendiri yang meracik nasi gudeg untuk pembelinya. Anda bisa menemukan lapak sederhana Gudeg Mbah Lindu di sebuah pos ronda yang berada di Jalan Sosrowijayan, Sosromenduran, Gedong Tengen.

8. Rumah Makan Padang Lima Sekawan

Rumah Makan Padang Lima Sekawan

* sumber: travelingyuk.com

Lagi di Jogja kok makan Nasi Padang? Tak masalah jika Anda benar-benar mencari tempat makan murah di Jogja, maka Anda bisa berkunjung ke Rumah Makan Padang Lima Sekawan. Yang membuat tempat makan ini semakin menarik, kita bebas mengambil nasi, kuah, sambal, dan daun singkong sendiri!

Ditambah dengan tahu, tempe, dan teh, Anda hanya perlu membayar 10 ribu rupiah saja. Wah, murah banget, bukan? Alamat Rumah Makan Padang Lima Sekawan berada di Jalan Kaliurang KM 4,5 CT III/07, Karang Asem Barek.

9. Soto Ayam Pak Man

Soto Ayam Pak Man

* sumber: www.gudeg.net

Bertempat di Jalan Sagan, tepatnya berada sekitar 50 meter dari sebelah utara Galeria, terdapat sebuah warung yang sangat ramai pengunjung. Adalah warung Soto Ayam Pak Man yang menjual soto enak dengan harga 10 ribu rupiah per mangkok.

Tak hanya sekedar murah, soto ayam di sini benar-benar gurih dan mantap. Apalagi porsinya juga bisa dibilang pas untuk mengenyangkan perut.

10. Kedai Rakjat Djelata

Kedai Rakjat Djelata

* sumber: www.info-jogja.com

Kapan lagi Anda bisa makan enak di tempat yang nyaman dengan harga kaki lima? Cuma di Kedai Rakjat Djelata saja Anda bisa menikmati berbagai panganan di bawah 10 ribu yang rasanya enak banget. Tempat makan ini menjual aneka makanan khas Indonesia, terutama hidangan khas Yogyakarta.

Baik makanan maupun minuman harganya sangatlah murah meskipun porsinya tidak terlalu kecil. Penasaran dengan kelezatan hidangan murah meriah di Kedai Rakyat Djelata? Datang saja ke tempatnya di Jalan Dr. Sutomo No. 54, Baciro, Gondokusuman.

Dengan adanya 10 tempat makan murah di Jogja ini, Anda bisa traveling ke Yogyakarta dengan budget yang terbatas. Tinggal cari penginapan murah saja dan naik transportasi umum saat berada di Jogja!

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment