Bacaterus / Kuliner / Kuliner Jakarta / 10 Tempat Makan Kambing Guling di Jakarta yang Enak

10 Tempat Makan Kambing Guling di Jakarta yang Enak

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 November 2018

Kambing guling sudah seperti menu wajib untuk acara spesial seperti pernikahan, reuni, dan aqiqah anak. Apalagi jika Anda sangat menyukai olahan kambing, maka Anda harus mencoba kelezatan kambing guling.

Roasted goat alias kambing guling merupakan cara memasak kambing secara utuh (biasanya kepala dan ujung kaki kambing tidak diikutsertakan). Kambing yang digunakan biasanya kambing muda. Setelah kepala dan ujung kakinya dipisahkan, kambing diberi bumbu dan ditusuk lalu dipanggang di atas bara api sambil diguling-gulingkan agar matangnya merata.

Jika Anda sedang mencari resto atau tempat yang menyediakan kambing guling, maka Anda sangat beruntung. Datanglah ke tempat-tempat makan kambing guling di Jakarta yang Bacaterus rekomendasikan ini untuk merasakan kambing guling paling enak se-ibu kota.

10 Tempat Makan Kambing Guling di Jakarta

1. Raja Kambing Guling

Raja Kambing Guling

* sumber: www.google.co.id

Rekomendasi tempat makan kambing guling di Jakarta yang pertama adalah Raja Kambing Guling. Jadi, tempat ini bukan berupa restoran, melainkan katering yang khusus menyediakan kambing guling. Jika Anda mau mengadakan acara pesta pernikahan, ulang tahun, gathering, atau acara lainnya, percayakan pada Raja Kambing Guling.

Mereka memulai bisnis kambing guling ini sejak tahun 2005, sehingga pengalaman dan profesionalismenya berani diadu dengan tempat lainnya. Mereka bisa dipesan untuk daerah Jakarta, Bekasi, Karawang, Cibubur, Depok, Bogor, Puncak dan Tangerang.

Kenapa harus Raja Kambing Guling? Soalnya, mereka tahu sekali bagaimana cara meracik kambing supaya jadi enak. Sebelum kambing dipotong, mereka memilih jenis kambing yang khusus. Lalu kesehatan, usia, dan kesegaran kambingnya juga diperiksa.

Raja Kambing Guling selalu memulai pembakaran kambing 5 jam sebelum jadwal pengiriman, sehingga rasa dagingnya masih fresh. Jika Anda tertarik, silakan datang ke Komplek Abadi di Jalan Antasena no. 10 A, Duren Sawit, Jakarta Timur. Silakan hubungi nomor 085772595993, WhatsApp 0817802664, atau e-mail [email protected]

2. Kambing Guling Haji Ishak

Kambing Guling Haji Ishak

Masih tempat makan kambing guling di Jakarta yang berbentuk katering, kali ini Bacaterus mau merekomendasikan Kambing Guling Haji Ishak. Usaha katering ini sudah lebih legendaris lagi, karena mereka memulainya pada tahun 1964. Dulu nama usahanya adalah “Penyelenggara Jamuan Pesta Pak Ishak”, namun kini beralih nama jadi Kambing Guling Haji Ishak.

Sekarang, usaha ini sudah dipegang generasi kedua. Tenang saja, mereka masih menjaga keaslian bumbu yang diturunkan langsung oleh Haji Ishak. Pada waktu itu (1960-an), orang-orang hanya mengetahui kuliner babi guling saja.

Tapi, karena mayoritas penduduk Indonesia muslim sehingga tidak bisa makan babi, Haji Ishak pun berpikir untuk membuka usaha kambing guling. Beliau menggunakan bumbu ala Eropa yang dominan rasa lada dan garamnya. Ternyata, kambing gulingnya diminati orang Eropa, Amerika, hingga Arab.

Barulah pada awal tahun 1970 orang-orang lokal mulai mengenal kambing guling khas Haji Ishak. Karena mulai populer di kalangan pribumi, Haji Ishak pun menambahkan bumbu yang familiar dengan lidah orang Indonesia seperti bawang putih dan ketumbar.

Selain kambing guling, mereka juga menyediakan sapi guling, ayam guling, dan kalkun guling. Semua menunya bisa diantar hingga Bandung, Balikpapan, Riau, dan kota-kota yang jauh lainnya juga, loh. Padahal, selama ini Haji Ishak tidak pernah menggunakan jasa iklan, semua ini berasal dari mouth to mouth saja. Keren, ya?

Untuk olahan kambing gulingnya, Haji Ishak mengeluarkan harga mulai dari Rp 10 – 26 ribu per porsi. Tertarik memesan kambing guling dari Haji Ishak? Datang langsung ke Jalan Cempaka V no. 44, Bintaro, 12330. Hubungi WhatsApp 081319904227, telepon (021)73885406 atau (021)7657849, e-mail [email protected] dan cek Instagram mereka di @pusatkambingguling.

3. Kaum Jakarta

Kaum Jakarta tempat makan kambing guling di Jakarta

* sumber: www.tripadvisor.co.id

Nah, tempat makan kambing guling di Jakarta yang satu ini baru merupakan restoran. Namanya adalah Kaum Jakarta. Yang membuat orang-orang tertarik pada tempat ini adalah karena desain interiornya yang unik. Kalau kata milenial sih instagramable banget.

Menu makanan yang ditawarkan seputar menu rumahan seperti ikan goreng bumbu pesmol, sate ayam, batagor, tahu gejrot, rujak kangkung, tapi tentunya ada juga yang sedikit spesial seperti kepiting soka saus padang, sate sapi wagyu maranggi, dan kambing guling bumbu rempah.

Setiap menu di Kaum Jakarta tidak ada yang mengecewakan. Apalagi kuliner dagingnya, selalu lembut dan membuat setiap orang puas. Hal lainnya yang disukai dari Kaum Jakarta adalah pelayanannya yang oke, ramah, dan sigap melayani para pengunjung. Alamat Kaum Jakarta ada di Jalan Dr. Kusuma Atmaja no. 77-79, seberang Graha Mandiri, Jakarta 10310.

4. Mouton Slice & Grill

Mouton Slice & Grill

* sumber: www.cosmopolitan.co.id

Mouton Slice & Grill adalah sebuah restoran barbeque & grill yang pertama kali buka di Bandung. Mereka spesialisasi daging kambing yang dibakar sendiri oleh pengunjungnya. Karena memiliki banyak peminat, restoran ini pun membuka cabang di Yogyakarta, Medan, dan Jakarta. Untuk cabang Jakarta letaknya ada di Kebayoran Baru dan Kelapa Gading.

Selain kambing, Anda bisa menikmati daging sapi, ayam, dan aneka seafood yang dinikmati dengan cara dibakar juga. Kalau Anda mengincar kambing, tentunya harus mencoba Mouton Signature Lamb yang hadir dalam berbagai ukuran, Anda bisa memilih antara 200 gram hingga 1.5 kilogram.

Slow Roast Ribs juga merupakan salah satu menu kambing yang best seller. Kambing di sini masih muda-muda, jadi lemaknya tidak terlalu banyak dan rendah kolesterol.

Restoran Mouton Slice & Grill terbagi menjadi tiga ruangan, yaitu indoor, outdoor, dan private room. Mereka buka dari jam 11 pagi – 11 malam. Alamatnya ada di Jalan K.H. Ahmad Dahlan no. 2, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Telepon: 085882665946. Dan satu lagi ada di Jalan Boulevard Raya Blok RA11 no. 19, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Telepon: (021)22452036.

5. Roemah Rempah

Roemah Rempah tempat makan kambing guling di Jakarta

* sumber: www.nibble.id

Masih tempat makan kambing guling di Jakarta yang berkonsep restoran, namanya adalah Roemah Rempah. Sebenarnya restoran ini menjajakkan masakan khas Indonesia, jadi selain kambing guling ada banyak menu lainnya juga. Tapi, highlight restoran ini memang kambing gulingnya. Lokasinya ada di Plaza Senayan.

Kambing guling di Roemah Rempah super tender dan tidak berbau sama sekali. Bahkan orang yang tidak suka kambing saja bisa jadi suka setelah mencoba olahan kambing gulingnya. Bumbunya terasa sampai ke dalam-dalam, makanya rasanya enak banget. Apalagi ketika dicocol ke sambal kecapnya, beuh, mantap!

Lokasi Roemah Rempah ada di Plaza Senayan, Lantai 4. Jalan Asia Afrika, Senayan, Jakarta Selatan. Mereka buka setiap hari dari jam 10 pagi – 10 malam, sesuai jam operasional mall saja. Kisaran harga sekali makan di sini adalah 50 – 100 ribu per orang.

6. Nasi Goreng Kebon Sirih

Nasi Goreng Kebon Sirih

* sumber: myeatandtravelstory.wordpress.com

Para penggemar kambing dan nasi goreng di Jakarta pasti tahu banget Nasi Goreng Kebon Sirih. Kedai nasgor ini terkenal banget bahkan sampai keluar kota. Wajar saja, soalnya kedai ini sudah dirintis oleh H. Nein Amad sejak tahun 1958. Kenapa namanya nasgor Kebon Sirih karena lokasinya ada di kedua sisi Jalan Kebon Sirih Barat I. Mereka buka setiap hari dari jam 5 sore.

Padahal jalannya sempit, tapi tidak membuat orang-orang berhenti berdatangan ke kedai nasgor Kebon Sirih. Ada yang makan di tempat, minta nasgornya dibungkus, dan banyak pula driver ojek online yang mau mengambil pesanan. Karena pengunjungnya banyak banget, nasgor di sini dibuat seabrek-abrek dengan wajan super besar.

Walaupun menu andalan mereka adalah nasgornya, Anda patut mencoba Nasi Ala Kambing Guling-nya. Harganya lumayan mahal, sih, yaitu Rp 50 ribu per porsi. Tapi, menurut orang-orang yang sudah mencoba, nasi kambing guling ini jauh lebih worth it daripada nasgornya. Menu ini berupa nasi yang diberi taburan bawang goreng, potongan kambing guling yang melimpah, irisan tomat segar, dan emping goreng.

Langsung saja Anda coba sendiri kelezatan nasi kambing guling di Nasi Goreng Kebon Sirih, Jalan Kebon Sirih Barat Dalam I, Menteng, Jakarta Pusat 10340.

7. Bakaraloka

Bakaraloka

* sumber: www.instagram.com

Bakaraloka merupakan sensasi terbaru menikmati kambing guling. Mereka menjajakan kambing gulingnya sambil jalan-jalan naik mobil. Yup, mereka berjualan di food truck berwarna biru tua metalik.

Cicipi kambing guling ala Bakaraloka yang disajikan dengan 3 pilihan bumbu, yaitu bumbu rempah, original, dan kecap + tomat. Kambingnya memiliki cita rasa dan aroma tersendiri karena dimasak dengan rempah pilihan.

Mereka menggunakan kambing muda yang telah dilumuri bumbu, lalu dipanggang dengan SOP tersendiri, sehingga dagingnya bakal terasa empuk dan lembut. Satu porsi kambing guling bisa Anda nikmati bersama nasi atau pun lontong.

Bakaraloka merupakan pelopor kambing guling mobile. Karena mereka menggunakan food truck, Anda jadi harus “mengejar-ngejar” mereka kalau mau mencicipi semangkuk kambing gulingnya. Biasanya mereka mengikuti event-event kuliner.

Untuk tahu lokasi mereka saat ini, pantengin Instagram mereka di @bakaraloka_foodtruck. Atau, Anda bisa juga menelepon di nomor 081210112272 / 085695215215 dan e-mail [email protected]

8. Namaaz Dining

Namaaz Dining

* sumber: pergikuliner.com

Makanan apaan, tuh? Kok gosong? Hihi, makanan ini tidak gosong, loh. Dan, perlu Anda ketahui kalau makanan di atas merupakan kambing guling. Makanan yang tampilannya unik ini merupakan bagian dari menu Namaaz Dining. Restoran milik koki Andrian Ishak ini menyajikan set menu masakan Indonesia modern dengan penyajian yang unik dan menarik ala gastronomi molekuler.

Di sini Anda bakal merasakan sensasi baru menikmati makanan, contohnya saja menu kambing guling ini. Jika biasanya kambing guling berbentuk seperti daging yang diiris berwarna cokelat karena dipanggang, kambing guling di Namaaz Dining ini warnanya hitam legam. Sang koki terinspirasi dari arang yang dipakai untuk memanggang kambing. Makanya, kambing gulingnya pun dibentuk seperti arang.

Saat dimakan tidak akan ada rasa aneh atau pun pahit, rasanya begitu saja seperti kambing guling pada umumnya. Karena restoran ini mengusung tema yang unik dengan teknologi mutakhir, Anda perlu menyiapkan kocek cukup besar untuk makan di sini. Namaaz Dining terletak di Jalan Gunawarman no. 42, Senopati. Telepon (021)33061000. Mereka buka setiap hari (kecuali Senin dan Minggu) dari jam 7 malam – 11 malam.

9. Asia Restaurant

 Asia Restaurant

* sumber: www.viva.co.id

Rekomendasi tempat makan kambing guling di Jakarta selanjutnya adalah Asia Restaurant. Menu kambing guling di sini namanya Javanese Kambing Guling. Daging kambingnya sangat lembut dan empuk. Dan, terasa sekali bumbu rempah khas Timur Tengah-nya.

Restoran ini menawarkan hidangan prasmanan yang sangat lengkap dengan konsep dapur terbuka interaktif. Asia Restaurant berlokasi di The Ritz-Carlton Hotel Mega Kuningan, Jalan DR. Ide Anak Agung Gde Agung, Kav. E.1.1 no.1, Jakarta Pusat. Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi (021)25518888.

10. Kambing Guling Kanye

Kambing Guling Kanye

* sumber: www.instagram.com

Terakhir, ada Kambing Guling Kanye. Bukan, ini yang punyanya bukan Kanye West, rapper asal Amerika Serikat itu, ya. Kedai ini menyediakan nasi kambing guling yang dipadu dengan sambal khas Indonesia, yaitu sambal kecap, sambal matah, dan sambal hijau pedas gurih.

Kalau mau mencoba kambing guling khas Kanye, datang ke PHX Grogol Lantai 2, Jalan Dr. Susilo Raya no. 341, Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Stalk Instagram mereka di @kanye.jkt.

Ya, itu tadi list tempat makan kambing guling di Jakarta yang recommended dari Bacaterus. Cukup banyak juga ternyata restoran dan kedai yang menyediakan kambing guling, ya? Kalau Anda tahu tempat lainnya, boleh menambahkan di kolom komentar.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Syuri
Syuri, ’94 liner, make up enthusiast, smeraldo flower admirer, calico cat snuggler.

Leave A Comment