Bacaterus / Kuliner / Kuliner Jogja / 10 Tempat Makan Gudeg Enak di Jogja yang Wajib Dicoba

10 Tempat Makan Gudeg Enak di Jogja yang Wajib Dicoba

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 September 2018

Apa makanan khas Jogja yang wajib Anda cicipi ketika berada di kota pelajar tersebut? Sudah pasti jawabannya adalah gudeg. Ada yang kurang rasanya jika ke Yogyakarta tanpa makan gudeg langsung dari daerahnya. Namun, ada puluhan sampai ratusan tempat makan gudeg di Yogyakarta. Para wisatawan di luar kota ini pasti tidak tahu mana gudeg yang recommended.

Sebagai panduan bagi Anda yang ingin pergi ke Yogyakarta, Bacaterus sudah merangkum daftar 10 tempat makan gudeg enak di Jogja yang wajib dicoba. 10 tempat makan ini menyajikan gudeg sebagai menu utamanya. Bahkan, tempat makan yang akan kami review berikut ini sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat Yogyakarta.

10 Tempat Makan Gudeg Enak di Jogja

1. Gudeg Pawon

Gudeg Pawon

Tempat makan gudeg enak di Jogja yang satu ini sudah pernah Bacaterus review dalam daftar tempat makan enak di Jogja. Saking enaknya Gudeg Pawon ini, kami memasukkannya kembali ke dalam daftar ini. Nama Gudeg Pawon diambil dari lokasinya yang memang di sebuah dapur rumahan. “Pawon” adalah bahasa Jawa dari “Dapur”

Meskipun tempat ini buka larut malam, tapi pengunjung masih tetap banyak dan mereka rela mengantri untuk menyantap seporsi gudeg yang gurih dengan rasa yang mantap. Di Gudeg Pawon kita juga bisa melihat proses pembuatan gudegnya yang masih tradisional. Gudeg Pawon berlokasi di Jalan Janturan No. 36, Warungboto, Umbulharjo, Yogyakarta.

2. Gudeg Yu Djum

Gudeg Yu Djum Tempat Makan Sekitar Malioboro

Ngomongin soal gudeg enak dan terkenal di Yogyakarta, Anda pasti tidak akan melupakan Gudeg Yu Djum yang sangat legendaris ini. Dengan rasa gudeg yang nikmat, Gudeg Yu Djum berhasil menjadi salah satu dari sekian banyak tempat gudeg terkenal di kota ini.

Adapun Gudeg Yu Djum juga diolah engan cara yang tradisional untuk mempertahankan citarasanya sejak jaman dulu. Selain itu, isi gudeg di sini juga sangat komplit dengan porsi yang memuaskan. Alamat Gudeg Yu Djum ada di Jalan Dagen No. 2C, Malioboro, Yogyakarta.

3. Gudeg Mercon Bu Tinah

Gudeg Mercon Bu Tinah Tempat Makan Gudeg Enak di Jogja

Selama ini, gudeg dikenal dengan rasanya yang sedikit manis dan beberapa tambahan lauk dengan rasa yang sedikit asin. Berbeda dengan Gudeg Mercon Bu Tinah yang sangat hits ini. Di sini gudeg yang disajikan memiliki rasa yang pedas. Bahkan, saking pedasnya bisa membuat mulut Anda kebakaran.

Bukan hanya gudegnya saja yang ditambahkan dengan cabe rawit, tetapi lauk lainnya yang biasa didominasi dengan rasa pedas dari tambahan cabe rawit. Warung gudeg ini buka pada pukul 9 malam, tapi 30 menit sebelum warungnya buka sudah banyak pembeli yang antri. Lokasi Gudeg Mercon Bu Tinah ada di Jalan Asam Gede No. 8, Jetis, Yogyakarta.

4. Gudeg Permata Bu Pujo

Gudeg Permata Bu Pudjo

Dinamakan sebagai warung Gudeg Permata karena pertama kali buka di sini ada sebuah bioskop yang bernama “Permata” buka tak jauh dari warung tersebut. Walaupun saat ini bioskopnya sudah tutup, tapi warung ini tetap dikenal sebagai Gudeg Permata. Kuah gudeg di sini tidak terlalu kering dan harum aroma santan sebagai campuran kuahnya sangat pekat.

Gudeg Permata sudah buka di kawasan ini sejak tahun 1951. Di tempat makan gudeg enak di Jogja menyediakan lauk gudeg yang cukup lengkap, mulai dari tahu tempe bacem, telur pindang, kepala ayam, sayap, ceker, ati ampela dan masih banyak lagi. Kunjungi Gudeg Permata Bu Pujo di Jalan Gajah Mada RT36/RW007, Yogyakarta.

5. Gudeg Bu Hj. Ahmad

Gudeg Bu Hj. Ahmad

Posisinya yang berada di dekat Universitas Gajah Mada ini membuat kedai Gudeg Bu H. Ahmad banyak dikunjungi oleh mahasiswa dari UGM. Isi dari gudeg ini terbilang cukup lengkap, tetapi lauk yang paling enak menurut kami adalah ayam dan sambal kreceknya yang sangat maknyuss.

Mengingat tempatnya berada di dekat kampus sehingga sering disinggahi oleh mahasiswa, maka harga makanan di Gudeg Bu Ahmad ini sangat terjangkau. Selain itu, gudeg ini juga bisa dibungkus dengan poci untuk dijadikan oleh-oleh. Harga santap makan malam di  tempat ini juga sangat murah, lho. Tidak percaya? Datang saja ke Gudeg Bu Hj. Ahmad di Jalan Kaliurang KM 4,5 Blok CT3 No. 5, Sleman, Yogyakarta.

6. Gudeg Kendil Bu Tjitro

Gudeg Kendil Bu Tjitro

Tak hanya sekedar enak, Gudeg Kendil Bu Tjitro ini juga menawarkan tempat makan yang nyaman. Ini adalah salah satu gudeg terenak di Yogyakarta yang wajib dikunjungi. Nasi gudeg di tempat ini sangat komplit karena dilengkapi dengan sambal goreng krecek, tempe kedelai, telor itik dan telor ayam kampung, serta kacang tholo.

Banyak wisatawan yang mampir kemari untuk menikmati kelezatan Gudeg Kendil Bu Tjitro. Ada juga yang membawa gudeg ini sebagai oleh-oleh karena nasi gudeg ini bisa bertahan selama 48 jam meskipun tidak mengandung pengawet, lho. Lokasi Gudeg Kendil Bu Tjitro ada di Jalan Janti No. 330, tepatnya di seberang gedung Jogja Expo Center.

7. Gudeg Sagan

Gudeg Sagan

Gudeg Sagan merupakan gudeg basah yang cukup dinikmati oleh masyarakat Yogyakarta. Ciri khas dari gudeg di sini adalah porsi arehnya yang cukup banyak sehingga membuat gudeg tetap basah seperti berkuah ketika disantap.

Bagi pecinta gudeg basah, Gudeg Sagan ini sangat most recommended. Selain citarasa gudegnya yang tiada duanya, suasana di Gudeg Sagan ini sangat nyaman, lho. Di malam hari sering ada live music yang menghibur pengunjung yang datang kemari. Alamat Gudeg Sagan ada di Jalan Prof.  Dr. Herman Yohanes No. 53, Depok, Yogyakarta.

8. Gudeg Manggar

Gudeg Manggar

Ada yang berbeda dengan tempat makan gudeg enak di Jogja yang satu ini. Jika gudeng pada umumnya berbahan dasar gori, di sini gudegnya terbuat dari manggar alias kembang kelapa muda. Bentuknya sedikit bertekstur tetapi terasa pas di lidah ketika disantap bersama dengan lauk nasi gudeg lainnya.

Karena keunikannya inilah Gudeg Manggar menjadi salah satu tempat makan gudeg yang wajib Anda coba. Yang lebih unik lagi, jika Anda ingin membeli gudeg ini untuk dibawa pulang, si penjual sudah menyediakan kendhil atau periuk dari tanah liat untuk membungkus gudeg yang Anda pesan. Gudeg Manggar Ibu Jumilah berada di Jalan Srandhakan KM 8, Bantul, Yogyakarta.

9. Gudeg Bu Sri Kuncen

Gudeg Bu Sri Kuncen

Yang satu ini adalah depot gudeg yang tidak kalah terkenal di Yogyakarta. Adalah Gudeg Bu Sri Kuncen yang cukup terkenal dengan nasi gudeg basahnya. Semua lauk pendamping gudeg disajikan dengan citarasa yang pas dan mantap.

Selain itu, harga nasi gudeg di sini juga sangat terjangkau dan tidak bikin kantong bolong. Lokasi Gudeg Bu Sri ini cukup strategis karena berada di Jalan HOS Cokroaminoto No. 50, Kuncen, Yogyakarta.

10. Gudeg B. Djuminten

Gudeg B. Djuminten

Gudeg B. Djuminten merupakan gudeg legendaris di Yogyakarta karena sudah berdiri sejak tahun 1926. Tempat makannya sendiri masih tetap sama sejak pertama kali depot ini buka pada tahun 1926 itu. Yang membuat gudeg di sini spesial adalah campuran arehnya yang membuat rasa gudeg jadi manis dan gurih.

Selain itu, sambal goreng kreceknya pun memiliki rasa pedas yang pas. Banyak tokoh terkenal maupun pejabat negara yang sering mampir untuk makan di sini. Lokasi Gudeg B. Djuminten berada di Jalan Asem Gede 14 / Jalan Kranggan 69, Yogyakarta.

Kuliner Gudeg Enak di Jogja Lainnya

belum puas dengan 10 tempat makan gudeg di atas? tenang saja, Bacaterus masih punya rekomendasi kuliner gudeg lainnya yang wajib Anda coba ketika berada di Jogja. Berikut daftar lengkapnya:

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment