Bacaterus / Kuliner / Kuliner Indonesia / 6 Tempat Makan Enak di Pekanbaru yang Wajib Anda Coba!

6 Tempat Makan Enak di Pekanbaru yang Wajib Anda Coba!

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 September 2018

Pekanbaru merupakan salah satu kota di Indonesia yang terletak di Sumatera bagian tengah dengan julukan Kota Madani. Kota Pekanbaru adalah ibukota Provinsi Riau yang mayoritas penduduknya adalah melayu. Pada tahun 2014 Pekanbaru meraih penghargaan Adipura sebagai Kota Besar terbersih.

Selain itu, Pekanbaru juga memiliki tempat makan yang enak dan patut kita coba. Wisata kuliner di Pekanbaru terkenal dengan makanan melayu sebagai makanan khasnya. Bagi wisatawan domestik dan mancanegara, ada beberapa makanan yang wajib Anda coba jika sedang atau akan berkunjung ke Pekanbaru. Berikut 6 tempat makan yang bisa Anda coba.

6 Tempat Makan Enak di Pekanbaru

1. Sultan Resto Pekanbaru

* sumber: kumparan.com

Tak lengkap rasanya ke Pekanbaru jika tidak mencicipi makanan khas melayu. Salah satu restoran melayu adalah Sultan Resto yang terletak di Jalan Ronggowarsito No. 12. Restoran yang sudah ada sejak tahun 2017 ini digagas atas kecintaan pemilik resto terhadap budaya melayu. Sultan resto memberikan warna baru pada restoran melayu yang ada di Kota Pekanbaru. Unsur melayu sangat terasa saat kita memasuki restoran ini.

Desain pintu, jendela, hingga ukiran yang ada di resto ini mengadopsi arsitektur Kesultanan Siak. Restoran yang memiliki 2 lantai ini juga tersedia berbagai fasilitas pendukung serta bisa dipergunakan untuk berbagai macam acara. Tersedia ruang VIP, musholla yang bersih dan nyaman, terpisah untuk laki-laki dan perempuan. Restoran ini mampu menampung 120 orang pada lantai 1 dan 60 orang untuk lantai 2.

Salah satu menu andalan Sultan Resto adalah Asam Pedas Ikan Baung, sensasi segar perpaduan kuah asam dengan daging ikan baung akan membuat Anda ketagihan untuk mencicipinya. Rentang harga untuk setiap menu cukup terjangkau, mulai dari Rp.15.000 – Rp.80.000. Selain hidangan khas melayu, di sini juga menyediakan makanan khas minang dan menu lainnya yang bisa dipesan ala carte.

2. Rumah Makan Pak Nurdin

Rumah Makan Pak Nurdin

* sumber: www.brosispku.com

Bagi Anda pecinta rendang, Rumah Makan Pak Nurdin wajib Anda kunjungi saat ke Pekanbaru. Rendang di sini sangat istimewa karena dimasak secara maksimal hingga warnanya berubah menjadi kehitaman. Rumah makan ini sudah ada sejak tahun 2000-an dan sudah memiliki 3 cabang.

Pusatnya terletak di Jalan Kaharudin Nasution sebrang POM Bensin M-Point, cabang pertama berada di Jalan HR. Soebrantas dan cabang kedua berada di Jalan yang sama dengan resto pusatnya di Jalan Kaharudin Nasution, namun lebih dekat ke Kampus Universitas Islam Riau (UIR). Rumah Makan Pak Nurdin beroperasi dari jam 8 pagi sampai jam 9 malam.

Selain menu rendang yang sangat istimewa, di sini juga menyediakan berbagai menu layaknya rumah makan padang. Oh iya, ada satu menu istimewa lagi yang ada disini, yakni Sate Parahyangan, sate dengan daging ayam tebal yang disajikan di atas hotplate dipadu dengan kuah kacang yang halus. Enak banget! Harga seporsinya hanya Rp.25.000 saja. Ingat semuanya, kalau mencari rendang terenak di Pekanbaru, Rumah Makan Pak Nurdin tempatnya.

3. Sop Tunjang Pertama

Sop Tunjang Pertama

* sumber: riauberbagi.blogspot.com

Tempat makan yang satu ini menyajikan makanan yang jauh dari unsur santan, asam, dan berbagai jenis bumbu gulai lainnya yang sangat khas pada makanan melayu. Rumah makan yang berasal dari Air Molek ini sudah memiliki 5 cabang di Pekanbaru. Ada yang di Jalan Soekarno Hatta, Jalan Kayu Manis, Jalan Pinang, Garuda Sakti, dan Depan Waterbom Labersa.

Sop yang disajikan di sini terasa ringan dengan daging yang lembut dan wanginya harum. Kabarnya, sop di sini dimasak menggunakan kayu bakar dengan bumbu khusus selama 4 jam.

Selain sop tunjang, di sini juga kita bisa menikmati sop daging, sop ayam, dan sop sumsum. Satu porsi sop dihargai Rp.17.000. Sop tunjang pertama sudah buka pukul 9 pagi hingga 9 malam. Biasanya tempat ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang baru berkunjung ke Pekanbaru.

4. Rumah Makan Cuik

Rumah Makan Cuik

* sumber: bayuwinata.wordpress.com

Rumah makan ini sudah buka sejak tahun 70-an dan salah satu kuliner legendaris di Pekanbaru yang sampai saat ini masih mempertahankan cara memasak tradisional dengan kayu bakar. Rumah makan yang sudah melewati generasi kedua, masih saja ramai dikunjungi para pelanggan. Kata “Cuik” berasal dari nama sang pemilik.

Berlokasi di Jalan Yos Sudarso, sebelum lampu merah pertigaan Jalan Sekolah. Tempatnya kecil dan nyempil, butuh sedikit kejelian untuk menemukan tempat ini. Hanya ada etalasi bertuliskan nama “Rumah Makan Cuik” sebagai penanda keberadaannya.

Hidangan utama yang menjadi andalan di sini adalah Gulai Ikan Baung, harganya Rp.22.000/potong. Jika Anda ingin mencoba makanan di sini, Anda harus datang pada jam makan siang, karena jam operasional di sini sangat singkat, dari jam 11 siang sampai jam 3 sore.

5. Sate Cun

Sate Cun

* sumber: www.brosispku.com

Satu lagi kuliner legendaris di Pekanbaru, Sate Cun. Jika Anda pecinta sate padang maka tempat ini sangat wajib Anda kunjungi. Sudah hampir 38 tahun berdiri memanjakan penikmat sate padang di Pekanbaru. Nama “Cun” merupakan nama dari bapak penjualnya yang mulai berjualan tahun 1979.

Lokasinya berada tepat di depan pagar Camp Chevron Rumbai. Menyusuri Jalan Yos Sudarso sampai ke perempatan lampu merah lalu belok kanan ke Jalan Paus. Harga satu porsinya Rp 16.000 jika dibungkus dan Rp 17.000 jika makan di tempat, karena sudah termasuk kerupuk cabe yang langsung disiram kuah sate. Sate Cun sudah buka dari jam 6 sore hingga 10 malam. Jangan datang hari senin malam karena di hari itu sate cun tutup.

6. Ikan Bakar RM Fauzi

Ikan Bakar RM Fauzi

* sumber: kulinerpku.co

Jika Anda tidak suka jenis makanan yang digoreng atau digulai, maka menu ikan bakar di RM Fauzi ini bisa Anda coba. Sudah ada sejak 8 tahun lalu, rumah makan ini masih setia dengan menu andalan mereka. Ada dua jenis ikan, yakni ikan nilai dan ikan gurami. Ikan bakar di sini dikabar dengan bumbu kacang kemudian ditaburi bawang goreng setelah matang.

RM Fauzi ada di dua tempat, ada di Jalan Pangeran Hidayat ada juga di Jalan Cut Nyak Dien, belakang Pustaka Wilayah. Buka jam 10 pagi sampai 10 malam, bisa dijadikan pilihan untuk makan siang atau makan malam.

Untuk gurami bakar dihargai Rp 45.000/porsi dan nila bakar Rp 24.000/porsi sudah termasuk gulai jengkol, gulai daun ubi, cabe hijau, dan kuah kecap sebagai pendamping. Selain menu bakar, di sini juga menyediakan menu lauk lain, ada ayam bakar, rendang, goreng ikan, dendeng, goreng ikan, sampadeh, dll.

Bagaimana, kira- kira tempat makan mana yang akan kalian kunjungi? Itulan 6 tempat makan di Pekanbaru yang wajib kalian kunjungi, mudah-mudahan artikel ini membantu kalian dalam berwisata kuliner di Pekanbaru. Jika teman-teman ada rekomendasi tempat makan lainnya, silakan bagikan di kolom  komentar.

Oh iya, 10 Oleh-oleh Khas Pekanbarusetelah berkunjung ke Pekanbaru, Anda juga tidak boleh melupakan buah tangan untuk dibawa pulang ke rumah. Berikut ada artikel yang bisa Anda pertimbangkan untuk dijadikan buah tangan.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Seorang pemuda yang lahir dan besar di sebuah pulau kecil bernama Dabo Singkep yang letaknya nun jauh disana, kalau ga tau silakan cari di peta. Dilahirkan pada hari Senin pagi tanggal 10 Juni 1996. Sejak dilahirkan hingga lulus SMA, tinggal di sana. Kemudian melanjutkan studi ke Pekanbaru hingga sekarang. Status belum menikah tapi akan segera menikah, kegiatan sehari-hari adalah sebagai mahasiswa semester akhir jurusan teknik sipil.

Leave A Comment