Bacaterus / Kuliner / Kuliner Surabaya / 7 Tempat Makan Coto Makassar di Surabaya yang Wajib Dicoba

7 Tempat Makan Coto Makassar di Surabaya yang Wajib Dicoba

Berkuliner di Surabaya memang sangat seru. Di samping mencoba berbagai kuliner khas Jawa Timur, Surabaya juga memiliki sejumlah tempat makanan Chinese, Medan, sampai Makassar yang wajib dicoba. Nah, kalau berbicara mengenai makanan khas Makassar, Coto Makassar adalah salah satu hidangan Makassar yang sudah sangat dikenal di seluruh Nusantara.

Bacaterus mempunyai sejumlah rekomendasi tempat kuliner yang menjual Coto Makassar enak di Surabaya. Penasaran? Yuk, langsung saja cari tahu daftar tempat makan Coto Makassar di Surabaya yang wajib Anda kunjungi.

7 Tempat Makan Coto Makassar di Surabaya

1. Coto Makassar Daeng Kulle

Tempat makan Coto Makassar di Surabaya yang wajib Anda kunjungi pertama kali adalah Coto Makassar Daeng Kulle. Tempatnya kecil dan sederhana, tapi selalu ada saja pengunjung yang berdatangan kemari. Depot Coto Makassar yang satu ini memang yang paling terkenal di kota pahlawan, apalagi lokasinya juga strategis karena berada di tengah kota.

Di tempat ini menyajikan coto daging, lidah, babat, campur (aneka jeroan). Semangkuk coto dengan porsi yang besar ini bisa disantap dengan ketupat. Dari kuahnya saja kita sudah bisa merasakan bahwa Coto Makassar Daeng Kulle memang benar-benar lezat.

Sebagai penutupnya, jangan lupa memesan es pallu butung yang terkenal di depot ini. Lokasi Coto Makassar Daeng Kulle berada di Jalan Achmad Jais No. 4, Peneleh, Genteng, Surabaya.

2. Coto Makassar Daeng Rewa

Kedai Coto Makassar Daeng Rewa ini nampak sepi, tapi pengunjung selalu datang silih berganti sehingga tempatnya juga tidak penuh sesak. Kelezatan Coto Makassar Daeng Rewa memang sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat Surabaya, khususnya yang tinggal di Surabaya Timur.

Coto Makassar di sini memang terkenal enak dan sedap. Daging dan jeroannya pun terasa sangat empuk. Kalau ingin makan yang lebih berlemak, Anda pun bisa memesan sop konro.

Agar hidangan ini terasa lebih “Makassar”, nikmati coto dan sop konro yang dipesan dengan buras atau ketupat. Alamat Coto Makassar Daeng Rewa ada di Ruko Manyar Kerto Adi No. 81A, Manyar Sabrangan, Surabaya.

3. RM Aroma Makassar (Konro Perak)

RM Aroma Makassar (Konro Perak)

Hati-hati saat mencari RM Aroma Makassar di Surabaya. Pasalnya, banyak restoran yang menggunakan nama serupa, tapi yang asli hanya berada di Jalan Perak Timur 564 Blok A/5, Perak Utara, Pabean Cantian, Surabaya.

Rumah makan ini memang terkenal dengan sop konronya, tapi bukan berarti RM Aroma Makassar tidak menjual coto. Sop Saudara dan Coto Makassar adalah menu lain yang bisa dipesan selain sop konro. Cita rasa makanan di rumah makan ini memang “Makassar” banget!

Usai menyantap Coto Makassar atau Sop Konro, jangan lupa memesan es pallu butung-nya. Pallu butung di sini legit sekali meskipun hanya terbuat dari bubur sumsum, pisang kepok kukus, sirup, susu kental manis, dan es batu serut.

4. Coto Makassar Manalagi

Coto Makassar Manalagi

Puas berkeliling di Surabaya, saatnya mampir ke tempat makan Coto Makassar di Surabaya yang cukup terkenal, yaitu Coto Makassar Manalagi. Tempatnya sederhana dan jauh dari kesan mewah. Yang menjadi andalan di depot ini tentu saja Coto Makassar dengan kuahnya yang lezat, kaya rempah, dan isinya yang empuk.

Dengan tambahan jeruk nipis dan sambal, coto di depot ini semakin lezat. Coto Makassar Manalagi juga menyediakan ketupat untuk dimakan bersama dengan coto yang Anda pesan. Kalau penasaran dengan rasanya, datang saja ke Coto Makassar Manalagi di Jalan Rajawali No. 32, Krembangan, Surabaya.

5. Coto Makassar Daeng Mochtar

Coto Makassar Daeng Mochtar

Tidak ada yang istimewa dari tempat makan Coto Makassar di Surabaya Barat ini. Tempatnya hanya berupa warung kaki lima di pinggir jalan besar. Namun, jika dilihat dari parkiran mobilnya yang penuh, Anda pasti sudah bisa menduga bahwa warung Coto Makassar Daeng Mochtar memang ramai pengujung, terutama di jam makan siang.

Coto Makassar yang disajikan di warung ini sangat enak dan kuahnya juga kaya rempah. Tak hanya coto saja, warung ini juga menjual sop konro lengkap dengan burasnya. Dessert yang disediakan di sini hanya dua macam, yakni es pallu butung dan es kacang hijau. Coto Makassar Daeng Mochtar berlokasi di Jalan Raya Kupang Indah No. 31, Dukuh Kupang, Surabaya.

6. Coto Makassar Ala Maya

Berada di tepi jalan besar, Coto Makassar Ala Maya adalah jujugan yang tepat jika Anda ingin menyantap semangkuk coto yang gurih dan enak. Daging dan jeroan yang menjadi isi dari cotonya pun terasa empuk, bumbunya juga meresap hingga ke dalam daging.

Sayangnya, porsi Coto Makassar di sini tidak terlalu banyak. Anda bisa memesan ketupat untuk menjadi pendamping menyantap coto. Ketupat yang ditawarkan cukup padat dan tidak lembek. Semangkuk Coto Makassar Ala Maya bisa menjadi pengobat rindu bagi Anda yang ingin menyantap hidangan khas Makassar.

Selain coto, depot ini juga menjual sop iga, es pisang ijo, dan es pallu butung. Penasaran dengan kelezatan Coto Makassar Ala Maya? Kunjungi tempatnya di Jalan Mayjen Sungkono No. 71, Dukuh Pakis, Surabaya.

7. Nasi Kuning Dobo & Coto Makassar

Nasi Kuning Dobo & Coto Makassar

Anda pasti bertanya-tanya mengapa tempat makan Coto Makassar di Surabaya ini justru juga menjual Nasi Kuning Dobo yang notabene berasal dari Ambon? Ya, depot ini memang menjual makanan dari daerah yang berbeda. Akan tetapi, itu bukan berarti coto yang disajikan di sini kalah lezat dengan nasi kuningnya.

Coto Makassar di depot ini cukup enak. Kita juga bisa memesan porsi biasa atau porsi double jika ingin makan yang lebih puas. Walaupun tidak mengkhususkan diri menjual hidangan khas Makassar, depot ini tetap menyediakan buras dan ketupat untuk disantap bersama coto yang Anda pesan. Lokasi Nasi Kuning Dobo & Coto Makassar ini berada di Jalan Nginden Intan Raya No. 1D, Sukolilo, Surabaya.

Itulah sejumlah tempat makan Coto Makassar di Surabaya yang bisa Anda kunjungi. Daftar ini tidak dibuat berdasarkan peringkat. Jadi, semua coto yang kami rekomendasikan di sini enak dan tergantung selera masing-masing.

Yang pasti, warga Surabaya dan sekitarnya tidak perlu jauh-jauh terbang ke Makassar untuk menikmati coto yang enak. 7 tempat makan Coto Makassar ini bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin menikmati semangkuk Coto Makassar yang lezat dan disajikan lengkap dengan buras atau ketupatnya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment