Bacaterus / Kuliner / Kuliner Jogja / 8 Tempat Makan Coto Makassar di Jogja yang Harus Dicoba

8 Tempat Makan Coto Makassar di Jogja yang Harus Dicoba

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 September 2018

Coto Makassar tidak hanya bisa ditemukan di Makassar dan sekitarnya saja, lho. Makanan yang satu ini juga sudah terkenal di Nusantara. Anda dapat menemukan makanan ini dengan mudah di kota-kota besar, termasuk di Yogyakarta. Jangan underestimate dulu karena kelezatan Coto Makassar di Yogyakarta ini juga tidak kalah dengan yang berada di kota asalnya.

Bagi Anda yang masih bingung mencari tempat makan siang atau malam, 8 tempat makan Coto Makassar di Jogja ini mungkin bisa menjadi referensi Anda. Yuk, wisata kuliner bersama Bacaterus dengan menjajal deretan Coto Makassar enak ini.

8 Tempat Makan Coto Makassar di Jogja

1. La-Capila

La-Capila Tempat Makan Coto Makassar di Jogja

* sumber: blogunik.com

Kalau ngomongin tempat makan Coto Makassar di Jogja yang paling terkenal, La-Capila inilah juaranya. Siapa sih yang nggak tahu La-Capila? Depot ini memang spesial menjual Coto Makassar yang enak, gurih dan bikin ketagihan. Coto di sini makin nikmat dan mengenyangkan karena disajikan bersama ketupat.

Di tempat ini pengunjung bebas memilih isian lauk untuk Coto yang dipesan, yakni daging sapi atau jeroan. Keduanya sama-sama enak kok, tinggal kembali ke selera masing-masing. Usai menyantap Coto Makassar di sini, Anda bisa memesan es pisang ijo sebagai makanan penutup yang segar. Alamat La-Capila berada di Jalan Krasak No. 5, Kotabaru, Yogyakarta.

2. Khansa

Khansa

* sumber: makanjogja.com

Coto Makassar memang gandengannya es pisang ijo. Kedua makanan ini memang wajib dipesan karena keduanya merupakan makanan utama dan penutup yang tak terpisahkan. Khansa adalah warung makan yang menjual kedua menu tersebut. Tempat makan ini tidak terlalu besar, sehingga ketika pengunjungnya membludak maka kita harus rela antri untuk menunggu giliran makan.

Atau Anda juga bisa membungkus Coto Makassar yang lezat ini untuk dibawa pulang. Jangan lupa untuk turut membungkus es pisang ijo yang segarnya cocok untuk melepas dahaga. Lokasi Coto Makassar dan Es Pisang Ijo Khansa ada di Jalan Bung Tarjo, Gondokusuman, Yogyakarta.

3. Kedai Losari

Kedai Losari

* sumber: www.instagram.com

Yang satu ini bukan hanya sekedar tempat Coto Makassar di Jogja, Kedai Losari menjual berbagai menu populer dari Makassar. Tak hanya bisa menemukan Coto Makassar, Anda juga bisa menemukan Sop Sodara, Sop Konro, dan Jalangkota di sini. Primadona yang paling sering dipesan di Kedai Losari adalah Coto Makassar dan Sop Konro.

Kuah Coto Makassar di sini rasanya benar-benar gurih. Daging sapinya pun terasa empuk dan bumbu-bumbu yang digunakan terasa meresap ke dalam daging. Sambil menyantap Coto Makassar, paling enak jika Anda turut memesan Es Pisang Ijo atau Es Pallu Butung yang manis dan segar. Kunjungi Kedai Losari di Ruko Kentungan Blok D No. 22, Jalan Kaliurang KM 6,5, Condongcatur, Sleman, Yogyakarta.

4. Tenda Macora

Tenda Macora

* sumber: eatjogja.com

Sudah pernah mencoba Coto Makassar Tenda Macora? Kalau belum, ini saatnya Anda mencoba salah satu Coto Makassar enak di Yogyakarta tersebut. Menurut sebagian besar review pengunjung, rasa Coto di sini mungkin tidak sama persis dengan Coto dari kota asalnya. Namun, rasanya tetap enak dan bisa diterima oleh lidah seluruh masyarakat.

Coto Makassar Tenda Macora ini ternyata sudah buka sejak pertangahan tahun 90-an, lho. Sampai saat ini, kenikmatan Coto di sini tidak berubah. Apalagi sekarang Anda bisa memesan Es Pisang Ijo-nya sebagai dessert. Coto Makassar Tenda Macora bertempat di Jalan Sultan Agung No. 14, Wirogunan, Yogyakarta.

5. The Makassar

The Makassar

Dari namanya saja Anda pasti sudah tahu bahwa The Makassar memang spesial menjual makanan khas Makassar, salah satunya adalah Coto Makassar. Tempat yang satu ini cukup bersih dan nyaman. Pengunjung pun terlihat silih berganti datang dan pergi meskipun tempatnya tidak terlihat crowded.

Kelezatan Coto Makassar di sini memang tiada lawan. Kuahnya terasa lezat dengan perpaduan rempah-rempah yang pas. Selain itu, daging sapinya pun tidak keras sehingga kita dapat sangat enjoy saat mengunyahnya. Kalau mau pesan yang segar-segar, tentu saja The Makassar juga menjual Es Pisang Ijo. The Makassar dapat Anda kunjungi di Jalan Seturan Raya No. 46, Condongcatur, Sleman, Yogyakarta.

6. Coto Makassar Bu Mochtar

Coto Makassar Bu Mochtar

Mungkin tak ada yang tahu bahwa ternyata ada tempat makan Coto Makassar di Jogja yang berada di daerah Kwarasan, Nogotirto, Gamping. Ya, tempat tersebut adalah Coto Makassar Bu Mochtar. Tempatnya hanya berada di rumah kecil, tapi suasananya bersih.

Keunggulan Coto Makassar di sini dibanding tempat lain adalah kuahnya memiliki rasa dan aroma yang cukup kuat. Potongan dagingnya cukup besar dan teksturnya empuk. Ditambah dengan taburan bawang goreng, Coto yang Anda pesan akan terasa semakin maknyus. Lokasi Coto Makassar Bu Mochtar ada di Jalan Nusa Indah No.323, Kwarasan, Nogotirto, Gamping, Sleman, Yogyakarta.

7. Coto Makassar Ewako

Coto Makassar Ewako

* sumber: id-makassar-ewako.blogspot.com

Siapa yang pernah makan di Coto Makassar Ewako? Meskipun tempatnya tidak seramai La-Capila, tetapi Coro Makassar Ewako ini menyajikan Coto yang sangat enak, lho. Pengunjung juga leluasa memilih lauk isian sotonya sendiri, mulai dari daging, paru, babat, ati, atau campur daging dan jeroan.

Coto Makassar di sini disajikan dengan buras, ketupat, atau putih. Coto Makassar Ewako juga menawarkan menu Jalangkote, sejenis pastel khas Makassar. Tak lupa di sini juga tersedia minuman segar untuk penutup seperti Es Pisang Ijo dan Es Pallu Butung. Coto Makassar Ewako berlokasi di Jalan Sukoharjo, Sleman, Yogyakarta.

8. Coto Makassar Daeng Imba

Coto Makassar Daeng Imba

* sumber: kubikelyusuf.wordpress.com

Satu lagi tempat makan Coto Makassar di Jogja yang menurut pengunjung rasanya hampir mendekati dengan Coto Makassar yang asli dari kota asalnya. Adalah Coto Makassar Daeng Imba, sebuah tempat makan dengan Coto bercita rasa otentik. Kalau Anda sering kecewa dengan warung makan Coto yang menjual Coto yang rasanya mirip sop daging biasa, maka Anda perlu berkunjung kemari.

Kenikmatan Coto Makassar Daeng Imba cukup terkenal di kalangan masyarakat Yogyakarta. Sayangnya, tempat makan ini kurang diekspos sehingga tidak seramai kompetitornya, seperti La-Capila. Meskipun demikian, Anda tidak akan kecewa sudah makan di sini. Coto Makassar Daeng Imba beralamatkan di Jalan Rajimin, sebelah selatan GOR Sleman, Yogyakarta.

Itulah 8 tempat makan Coto Makassar di Jogja yang menarik untuk dikunjungi. Setiap tempat makan menawarkan Coto Makassar dengan cita rasa tersendiri. Meskipun rasanya berbeba-beda, tapi Coto di tempat-tempat ini rasanya tetap enak dan nagih.

Kalau saat ini Anda sedang ingin menyantap Coto Makassar tapi bingung mencari di mana tempat makan Coto yang benar-benar recommended, 8 tempat makan Coto Makassar di Jogja ini bisa menjadi rekomendasi yang menarik bagi Anda.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment