Bacaterus / Jalan-Jalan / Wisata Indonesia / 8 Tempat Liburan Tahun Baru di Indonesia Favorit Wisatawan

8 Tempat Liburan Tahun Baru di Indonesia Favorit Wisatawan

Ditulis oleh - Diperbaharui 24 Oktober 2018

Tidak perlu ke luar negeri untuk mengisi liburan akhir tahun. Di Indonesia sendiri ada banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi saat tahun baru. Negara kita memang tidak pernah kekurangan tempat wisata. Selalu ada banyak pilihan tempat wisata yang bisa dikunjungi untuk merayakan pergantian tahun.

Nah, bagi Anda yang masih belum mendapatkan ide destinasi liburan tahun baru, Bacaterus ingin memberikan rekomendasi 10 kota yang bisa menjadi tempat liburan tahun baru di Indonesia. Kota-kota ini menjadi langganan wisatawan untuk menghabiskan liburan akhir tahun tanpa perlu ke luar negeri.

8 Tempat Liburan Tahun Baru di Indonesia

1. Jakarta

Jakarta Tempat Liburan Tahun Baru di Indonesia

Kemeriahan perayaan tahun baru di ibu kota memang tidak perlu diragukan lagi. Jakarta menjadi tempat liburan tahun baru di Indonesia yang sangat seru dan asyik. Di kota ini kita bisa berkunjung ke sejumlah tempat-tempat wisata populer, mulai dari Ancol sampai dengan Taman Mini Indonesia Indah.

Bagi Anda yang gemar berbelanja, Jakarta adalah surga bagi para pecinta belanja. Ada puluhan pusat perbelanjaan ekonomis sampai eksklusif yang berdiri di Jakarta. Menjelang akhir tahun tentu saja pusat perbelanjaan tersebut juga banyak memberikan diskon dan penawaran yang menarik.

Malam tahun baru di Jakarta juga begitu istimewa. Anda bisa memilih ingin tahun baruan di tempat umum nan ekonomis, seperti Monas atau Bundaran HI atau booking tempat di sejumlah hotel berbintang yang selalu menggelar acara pergantian tahun dan pesta kembang api. Cari tahu tempat lainnya di artikel 7 Tempat Tahun Baruan Meriah di Jakarta.

2. Bali

Bali

* sumber: www.baligetaway.co.id

Pulau Bali juga merupakan tempat liburan tahun baru di Indonesia yang paling banyak diminati. Setiap akhir tahun jumlah wisatawan di Bali selalu membludak. Harga penginapan di Bali pun jadi meningkat ketika akhir tahun. Namun, tingginya akomodasi menjelang akhir tahun tidak pernah menyurutkan minat wisatawan untuk berlibur tahun baru di Bali.

Soal tempat wisata, Bali memang jagonya. Ada puluhan pantai menarik yang bisa Anda kunjungi ketika berada di Bali. Bahkan, club-club tepi pantai di Bali juga kian menjamur sehingga Anda memiliki banyak pilihan tempat untuk menghabiskan waktu liburan di Bali.

Di tanggal 31 Desember, Bali juga selalu memiliki sejumlah acara malam tahun baru. Biasanya, Jalan Legian sampai dengan Pantai Kuta pasti dipadati oleh masyarakat yang ingin menyaksikan pesta kembang api. Sejumlah hotel dan tempat hiburan malam di Bali juga pasti tak akan ketinggalan untuk membuat acara malam tahun baru yang semeriah mungkin. Cari tahu tempat seru lainnya di artikel 9 Tempat Tahun Baruan yang Paling Meriah di Bali ini.

3. Bandung

Bandung

* sumber: blog.reddoorz.com

Tak ada alasan untuk tidak menjadikan Bandung sebagai tempat liburan tahun baru di Indonesia. Kota yang tenang ini memiliki tata kota yang indah, udara yang bersih dan sejuk, dan pilihan tempat wisata yang sangat beragam. Anda tidak akan kecewa memilih kota ini sebagai tempat liburan akhir tahun.

Menjelang akhir tahun, kawasan Lembang pasti dibanjiri oleh wisatawan dari luar maupun dalam Kota Bandung. Adapun tempat wisata di Lembang yang selalu dikunjungi ketika liburan akhir tahun adalah Gunung Tangkuban Parahu, Dusun Bambu, Farm House, dan Curug Maribaya. Selain itu, masih ada banyak tempat wisata baru yang bisa Anda kunjungi ketika berlibur di kawasan Lembang.

Kawasan Dago di Bandung juga selalu dipadati masyarakat ketika malam tahun baru. Tak hanya Dago, Lapangan Gasibu dan kawasan di depan Gedung Sate juga selalu menjadi tempat merayakan malam tahun baru yang ekonomis dan meriah. Ingin tahu tempat seru lainnya di Bandung? Baca juga artikel 10 Tempat Tahun Baruan yang Paling Seru ini.

4. Bogor

Bogor

* sumber: bogor.net

Setiap akhir pekan dan libur panjang, jalan menuju puncak selalu mengalami kemacetan. Hal tersebut menandakan bahwa Bogor tetap menjadi destinasi liburan tahun baru favorit bagi sebagian orang. Hawa puncak yang sejuk dan banyaknya tempat wisata membuat kota ini memang cocok dijadikan sebagai tempat berlibur kapan pun waktunya.

Salah satu tempat wisata di Bogor yang selalu ramai ketika liburan akhir tahun adalah Taman Safari. Kebun binatang yang satu ini memang merupakan tempat yang ideal untuk berlibur bersama keluarga. Selain itu, bersantai di villa-villa yang ada di Puncak Bogor juga bisa menjadi aktivitas untuk mengisi liburan tahun baru Anda.

Malam tahun baru di Bogor juga selalu meriah. Baik di kawasan puncak maupun kota selalu ada saja pesta kembang api dan pertunjukan musik. Pokoknya, Bogor masuk sebagai salah satu kota terbaik untuk berlibur di penghujung tahun. Jangan lewatkan juga 10 Tempat Tahun Baru yang Seru di Bogor ini, ya!

5. Yogyakarta

Yogyakarta

* sumber: www.infobudaya.net

Kota yang sarat akan seni dan budaya ini juga tidak pernah luput dalam daftar tempat liburan tahun baru di Indonesia. Selalu ada acara yang menarik di Yogyakarta ketika menjelang akhir tahun. Apalagi di sini banyak tempat wisata yang bisa Anda kunjungi, mulai dari Candi Prambanan sampai dengan Gunung Kidul.

Beberapa kawasan di Yogyakarta juga menawarkan acara malam tahun baru yang meriah, sebut saja Malioboro, Titik Nol Yogyakarta, sampai dengan Alun-alun Kidul. Bahkan, Yogyakarta yang biasanya jalanannya selalu lancar pasti akan mengalami kemacetan di titik-titik tertentu ketika malam tahun baru tiba. Ingin tahu tempat tahun baruan di Jogja? Cari tahu di artikel 8 Ide Tempat Tahun Baruan di Jogja ini.

6. Lombok

Lombok

* sumber: www.klikhotel.com

Pasca gempa dan tsunami, Lombok sudah berbenah dan siap untuk kembali melayani wisatawan dari dalam maupun luar negeri. Lombok merupakan tempat terbaik untuk menghabiskan waktu liburan akhir tahun Anda.

Ada banyak pantai maupun gili yang siap untuk menyambut Anda. Villa dan penginapan di Lombok juga sama berkualitasnya dengan penginapan di Pulau Dewata. Club maupun tempat hiburan malam di Lombok juga cukup beragam meskipun tidak sebanyak Bali.

Habiskan malam tahun baru Anda di Lombok dengan pesta kembang api di tepi pantai. Anda juga bisa menghadiri acara-acara live music dan countdown yang banyak disediakan di café, bar, maupun hotel berbintang di Lombok.

7. Malang

Malang

* sumber: www.photomalang.com

Untuk sampai ke Kota Malang kita harus menempuh perjalanan darat selama kurang lebih 2 jam dari Surabaya. Namun, saat ini Malang sudah memiliki bandar udara sendiri yang melayani rute penerbangan dari beberapa kota, salah satunya Jakarta. Jika ingin berlibur di tempat yang adem dan banyak tempat wisatanya, Malang adalah pilihan yang tepat.

Kota ini sangat dekat dengan Kota Batu yang memiliki sejumlah kawasan wisata, seperti Museum Angkut, Jatim Park, dan Batu Night Spectacular. Tahun baruan di Malang adalah ide yang sangat menyenangkan. Anda bisa menikmati pesta kembang api di beberapa tempat wisata. Selain itu, jalan-jalan di Kota Malang juga pasti dipadati masyarakat yang ingin konvoi menyambut pergantian tahun.

Masih ada banyak sekali tempat tahun baruan yang seru di Malang. Ingin tahu tempatnya? Kalau begitu, silakan baca artikel 10 Tempat Tahun Baru di Malang yang wajib didatangi saat 31 Desember.

8. Surabaya

Surabaya

* sumber: wahyualam.com

Terakhir, ada sebuah kota metropolitan kedua di Indonesia yang bisa Anda singgahi untuk mengisi liburan tahun baru Anda, yaitu Surabaya. Kota ini merupakan tempat liburan tahun baru di Indonesia yang sangat menarik. Apalagi tata kota dan pertamanan di Surabaya sudah jauh lebih baik sehingga wisatawan pun semakin nyaman untuk berlibur di kota ini.

Selain mall, Surabaya juga menawarkan beberapa tempat wisata seperti Kebun Binatang Surabaya, Ciputra Waterpark, Jembatan Suramadu, sampai dengan House of Sampoerna. Kalau ingin ke kawasan “puncak”, Anda bisa berkendara ke Tretes, kawasan pegunungan yang biasa dikunjungi warga Surabaya untuk refreshing.

Malam tahun baru di Surabaya juga tidak kalah meriah. Biasanya, di Kantor Wali Kota Surabaya ada panggung musik. Bahkan, di beberapa jalan juga diberlakukan car free night sehingga warga bisa tahun baruan sambil jalan kaki dan membeli jajanan yang dijual oleh pedagang-pedagang kaki lima dadakan.

Sebenarnya, masih banyak tempat tahun baruan yang seru di Surabaya. Anda bisa cari tahu tempatnya pada artikel 10 Tempat Tahun Baruan yang Asyik di Surabaya ini. Selamat liburan!

Itulah, 8 kota yang bisa menjadi tempat liburan tahun baru di Indonesia. Kalau ada kota-kota yang menarik ini untuk apa liburan ke luar negeri? Tapi, kalau Anda tetap ingin ke luar negeri, bisa pertimbangkan 5 Negara yang Punya Tradisi Perayaan Tahun Baru Unik ini. Atau ingin mengadakan pesta sendiri? Kalau begitu, cari tahu 10 Ide Acara Tahun Baru yang menarik untuk dicoba ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment