Bacaterus / Jalan-Jalan / Wisata Bandung / Olahraga, Yuk! Inilah 10 Tempat Jogging di Bandung yang Seru

Olahraga, Yuk! Inilah 10 Tempat Jogging di Bandung yang Seru

Ditulis oleh - Diperbaharui 24 Agustus 2018

Setelah lima hari bekerja, saatnya Anda olahraga di akhir pekan. Olahraga yang paling simpel dan murah adalah jogging. Sebenarnya Anda bisa jogging di mana saja, tapi kalau Anda ingin suasana lari yang mendukung, Bacaterus punya rekomendasinya. Berikut ini adalah daftar sepuluh tempat jogging di Bandung yang seru.

Walaupun Bandung kotanya kuliner, jangan sampai Anda jajan terus sampai tidak olahraga, ya! Sekali-kali isi hari Anda dengan kegiatan yang bermanfaat untuk tubuh. Yuk, datangi tempat-tempat seru untuk jogging dan olahraga ini!

10 Tempat Jogging di Bandung

1. GOR Saparua

GOR Saparua tempat jogging di Bandung

* sumber: jabar.tribunnews.com

Tempat jogging di Bandung yang pertama ada Gelanggang Olahraga Saparua alias GOR Saparua. Tempat ini tidak dikhususkan untuk lari, tapi merupakan gedung serbaguna yang jadi tempat orang-orang Bandung berolahraga basket, bulu tangkis, futsal, basket, seni bela diri, lari, sepatu roda, wall climbing, dan lain-lain.

Untuk trek lari GOR Saparua sama seperti di tempat lainnya, yaitu berupa tanah merah. Ukuran treknya cukup besar dan luas, walaupun masih kalah besar dengan Gasibu dan Sabuga yang akan kami bahas di bawah. Enaknya, kalau Anda jogging di GOR Saparua itu banyak penghijauannya.

Selain itu, di sekitarnya banyak penjual makanan seperti nasi kuning, ayam bakar, lontong kari, batagor, dim sum, dan masih banyak lagi. Jadi, sesudah lari pagi Anda bisa langsung sarapan, deh. Lokasi GOR Saparua terletak di Jalan Banda no. 28, Citarum, Bandung Wetan. Anda bisa mendatangi GOR ini kapan saja karena bukanya 24 jam! Untuk info lebih lanjut, Anda bisa menghubungi nomor telepon GOR Saparua di (022) 4207761.

2. Saraga (Sarana Olahraga Ganesha)

Saraga Sarana Olahraga Ganesha

* sumber: seeties.me

Anak ITB pasti sudah sering ke sini. Tapi, tidak hanya mahasiswa ITB saja, kok, yang bisa olahraga di Saraga, karena tempat ini dibuka untuk umum juga. Lokasi Saraga ada di bagian utara kampus ITB. Saraga terdiri dari lapangan basket, voli, tenis, sepak bola, dan lari tentunya. Bahkan di Saraga tersedia juga kolam renang, wall climbing, dan fitness center.

Trek lari Saraga cukup luas, panjang, dan lebar. Sepuluh kali mengelilingi lapangan ini pasti sudah bisa membuat Anda banjir keringat. Kalau Anda capek, istirahat saja dulu di pinggir trek lari. Ada kursi dan kamar mandi di sana. Suasanya cukup adem karena terdapat cukup banyak tanaman hijau dan lokasinya dekat dengan Babakan Siliwangi (Baksil).

3. Lapangan Gasibu

Lapangan Gasibu

* sumber: www.destinasibandung.co.id

Tempat jogging di Bandung yang selanjutnya adalah Lapangan Gasibu. Beberapa tahun yang lalu lapangan ini penuh sesak oleh pedagang pakaian, sepatu, boneka, makanan, dan lain-lain. Kini, Lapangan Gasibu kembali ke fungsi awalnya yaitu sebagai area publik dan tempat olahraga.

Fasilitas Lapangan Gasibu sangat lengkap sebagai area publik. Ada mushola, perpustakaan, dan yang paling menarik perhatian tentunya jogging track-nya yang berwarna biru itu. Di bagian tengah trek lari merupakan lapangan yang ditanami rumput. Lalu, ada pula taman cantik dan ada air mancurnya juga. Cocok buat istirahat sambil selfie-selfie.

Buat Anda yang belum tahu Lapangan Gasibu ada di mana, lokasinya berdekatan dengan Gedung Sate yang menjadi ikon kota Bandung. Lebih tepatnya ada di Jalan Diponegoro, Citarum, Bandung Wetan. Anda bisa berlari jam berapa saja di Lapangan Gasibu karena tempat ini buka 24 jam, itu juga kalau Anda tidak takut lari pada tengah malam, hihihi.

4. GOR Pajajaran

GOR Pajajaran

* sumber: wikimapia.org

Kalau Anda ingin merasakan jogging seperti atlet profesional, datanglah ke GOR Pajajaran. Gelanggang olahraga ini sudah berdiri sejak 1974 dan sering diadakan perlombaan atlet tingkat daerah hingga tingkat provinsi di sana.

Walaupun terkesan sangat serius, siapa saja bisa berolahraga di GOR Pajajaran, kok. Alamat tempat olahraga ini adalah di Jalan Pajajaran no. 37, Pasir Kaliki, Cicendo. Buka setiap hari, tutup jam 5 sore.

5. Stadion Siliwangi

Stadion Siliwangi

* sumber: www.infobdg.com

Penggemar PERSIB pasti hapal banget dengan Stadion Siliwangi. Bagaimana tidak, di stadion inilah para bintang PERSIB “lahir.” Sebut saja Adjat Sudradjat, Iwan Sunarya, dan Robby Darwis yang merupakan pemain legendaris Tim Maung Bandung tersebut.

Pada saat dibangun, tempat yang awalnya bernama Lapangan SPARTA ini ditujukan untuk pembinaan jasmani anggota Kodam III/Siliwangi. Kenapa? Karena lapangan ini memang milik Kodam III/Siliwangi, bukan milik pemerintah Bandung. Lokasi Stadion Siliwangi ada di Jalan Lombok no. 10, Merdeka, Sumur Bandung.

6. Lapangan Tegalega

Lapangan Tegalega

Hampir mirip dengan kondisi Lapangan Gasibu, dulu Lapangan Tegalega dipenuhi oleh pedagang. Akan tetapi, sekarang sudah tidak lagi. Anda bisa berolahraga macam-macam di lapangan yang sangat luas ini. Mau lari? Bisa. Mau main bulu tangkis? Bisa, bahkan ada tempat penyewaan raket dan shuttlecock-nya! Mau main sepak bola? Ada lapangan khusus walaupun ukurannya tidak terlalu luas.

Kalau Anda haus setelah berolahraga, jangan khawatir karena Anda akan mudah menemukan para pedagang air minum dan camilan. Istirahat sejenak sambil menikmati taman yang dipenuhi rumput hijau dan bunga-bunga indah. Alamat Lapangan Tegalega terletak di Jalan Otto Iskandar Dinata no. 592, Ciateul, Regol. Lapangan ini bisa diakses selama 24 jam full.

7. Stadion Si Jalak Harupat

Stadion Si Jalak Harupat

* sumber: juara.bolasport.com

Nama Si Jalak Harupat tentu sudah tak asing lagi buat para pecinta sepak bola Indonesia, karena stadion ini sering dipakai ketika pertandingan. “Si Jalak Harupat” merupakan nama julukan pahlawan nasional kita yang berasal dari Bandung, yaitu Otto Iskandardinata, yang menjadikan nama stadion ini begitu berarti.

Stadion ini mulai dibangun pada Januari 2003 dan selesai pada April 2005. Walaupun merupakan basecamp-nya dua tim sepakbola asal Bandung, Anda bisa juga kok jogging di stadion ini. Alamat Stadion Si Jalak Harupat ada di Soreang, Simpang Selegong, Kopo, Kutawaringin. Untuk info lebih lanjut, hubungi (022) 60975777.

8. Stadion UPI (Universitas Pendidikan Indonesia)

Stadion UPI

Tak cuma ITB, kampus UPI juga punya fasilitas olahraga yang lengkap, karena di kampus ini memang ada jurusan olahraganya. Untuk trek larinya terletak di kawasan gymnasium UPI. Tentu trek lari ini sering dipakai oleh mahasiswa untuk keperluan belajar dan untuk olahraga, tapi siapapun bisa olahraga di sana, kok.

Capek setelah mengitari lintasan lari selama satu jam? Istirahatlah dulu di bangku yang ada di pinggir lintasan. Kalau Anda mau olahraga yang lain juga di gymnasium UPI ada kolam renang berstandar internasional, lapangan bulu tangkis, sepak bola, tenis, baseball dan softball, voli, basket, hingga tempat khusus berlatih atletik dan teater terbuka.

9. Taman Lansia

Taman Lansia

* sumber: bersapedahan.wordpress.com

Ingin ke tempat jogging di Bandung yang rindang dan dipenuhi pepohonan? Taman Lansia lah tempatnya. Iya, taman lanjut usia (lansia) ini merupakan spot yang seru buat olahraga lari. Lalu kenapa namanya lansia?

Jadi, dulu sering ada komunitas lansia yang rutin berolahraga di taman itu, makanya namanya jadi Taman Lansia. Pada kenyataannya tak hanya lansia saja yang datang, malah tempat ini dipenuhi oleh anak muda dan keluarga yang membawa buah hati mereka.

Jika capek berlari, berjalan kaki mengelilingi taman juga sudah cukup menguras keringat, kok. Jangan khawatir kepanasan, karena taman ini benar-benar lebat pepohonannya. Kalau lelah, Anda bisa duduk-duduk sambil minum air. Alamat taman ini ada di Jalan Cisangkuy, Citarum, Bandung Wetan. Buka 24 jam! Jadi Anda bisa mau lari malam hari juga (kalau berani), haha.

10. Binjas Sulaiman

Binjas Sulaiman

* sumber: www.balebandung.com

Rekomendasi tempat jogging di Bandung yang terakhir adalah Binjas Sulaiman. Sebenarnya tempat ini merupakan Lapangan Pembinaan Jasmani Kemiliteran (Binjaskemil) Lanud Sulaiman, Kec. Margahayu, Kab. Bandung. Tapi, tempat ini juga dibuka untuk umum.

Trek larinya tidak terlalu luas, tapi cukup panjang dan bikin keringetan. Kalau Anda beruntung, Anda bisa melihat perwira yang sedang mengikuti tes jasmani atau yang sedang berolahraga rutinan di lapangan ini. Lokasi Binjas ada di Jalan Terusan Kopo-Soreang no. 456, Margahayu Selatan.

Nah, itu dia sepuluh tempat jogging di Bandung yang recommended versi Bacaterus. Selain di tempat-tempat di atas, Anda bisa juga lari di car free day, taman-taman tematik Bandung, atau mungkin Anda punya tempat yang recommended lainnya? Bagikan di kolom komentar, ya!

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Syuri, ’94 liner, make up enthusiast, smeraldo flower admirer, calico cat snuggler.

Leave A Comment