Bacaterus / Jalan-Jalan / Wisata Jawa Tengah / 10 Tempat Hunting Foto di Solo yang Paling Recommended

10 Tempat Hunting Foto di Solo yang Paling Recommended

Foto adalah sarana untuk mengabadikan setiap momen agar bisa dilihat di kemudian hari. Pemilihan spot foto tentu menjadi faktor penting dalam menentukan bagus tidaknya sebuah foto. Nah, bila Anda sedang berada di Solo, sebaiknya jangan hanya mengunjungi tempat wisata di Solo saja. Kunjungi juga tempat-tempat menarik untuk hunting foto yang cantik.

Anda pasti sudah bisa menebak bahwa pada kesempatan kali ini Bacaterus akan memberi ulasan seputar tempat hunting foto di Solo yang paling recommended. Selain banyak dikunjungi oleh fotografer yang sedang hunting foto, tempat-tempat berikut ini juga sering disinggahi oleh wisatawan yang ingin mendapatkan hasil foto yang bagus.

10 Tempat Hunting Foto di Solo

1. Keraton Surakarta Hadiningrat

Keraton Surakarta Hadiningrat Tempat Hunting Foto Di Solo

Solo adalah salah satu kota yang sangat kental dengan adat istiadat dan budayanya. Oleh karena itu, banyak fotografer maupun wisatawan yang memilih Keraton Surakarta Hadiningrat sebagai tempat hunting foto di Solo yang unik dan kental dengan sentuhan budaya khas Surakarta.

Banyak juga pasangan yang melakukan sesi foto pre-wedding dengan latar belakang keraton ini sambil memakai baju adat. Ya, Keraton Surakarta Hadiningrat ini memang akan membuat pasangan yang melakukan pre-wedding di sini nampak seperti raja dan ratu dari keraton tersebut.

2. Pasar Malam Ngarsopuro

Pasar Malam Ngarsopuro

Aktivitas warga Kota Solo di malam hari juga sangat menarik untuk diabadikan dalam lensa foto Anda. Pasar Malam Ngarsopuro adalah tempat hunting foto yang paling favorit saat malam hari. Meskipun ramai, aktivitas warga Solo di pasar malam ini jauh dari hingar bingar seperti di ibukota. Warga datang ke pasar malam ini untuk jalan-jalan atau sekedar mencari makan pada malam hari.

Jajaran lampu-lampu yang menerangi Pasar Malam Ngarsopuro ini akan membuat hasil foto Anda jadi semakin menarik. Siapa yang dapat menyangka jika pasar malam yang menarik ini dulunya adalah sebuah pasar malam kumuh yang akhirnya dikelola oleh pemerintah setempat?

3. Candi Cetho

Candi Cetho

Solo juga memiliki beberapa spot foto berupa candi. Adalah Candi Cetho yang merupakan candi bekas peninggalan kerajaan Hindu. Candi ini memiliki sebuah gapura yang cukup tinggi dan menjadi spot foto yang paling favorit kala senja menyapa.

Banyak fotografer maupun wisatawan yang berkunjung ke candi yang berada di kawasan Karanganyar ini pada saat pagi maupun senja untuk memperoleh foto terbaik. Jadi, Anda tidak perlu jauh-jauh ke Bali jika di Solo saja Anda bisa mendapatkan spot foto dengan candi berbentuk gapura seperti di Candi Cetho ini.

4. Kampung Batik

Kampung Batik

Lagi cari tempat hunting foto di Solo yang menarik dan Solo banget? Nah, datang saja ke Kampung Batik yang lokasinya berada di dekat Pasar Klewer. Ada dua kampung batik di kawasan ini, yakni Kampung Batik Kauman dan Laweyan. Keduanya sama-sama berada di antara bangunan-bangunan kuno peninggalan jaman kolonial.

Jalanan di sekitar kampung batik ini biasanya digunakan untuk hunting foto. Apalagi kadang-kadang ada becak yang mangkal di kawasan ini sehingga kita bisa menjadikan becak tersebut sebagai objek foto. Jalanan dan bangunan yang nampak klasik di Kampung Batik ini akan membuat foto Anda berkesan vintage.

5. Benteng Vastenburg

Benteng Vastenburg

Bila kali ini Anda ingin hunting foto dengan tema gothic atau vintage, Anda dapat langsung melipir ke Benteng Vastenburg. Benteng peninggalan jaman Belanda ini mungkin akan memberikan sedikit kesan angker. Namun, percayalah bahwa Benteng Vastenburg bisa memberikan sentuhan gothic sekaligus vintage pada hasil foto Anda.

Apalagi pohon-pohon rimbun yang menaungi bangunan benteng ini akan memberikan sentuhan magis tersendiri di dalam foto. Ada juga pasangan yang tertarik untuk melakukan foto pre-wedding dengan latar belakang benteng yang ternyata dibangun pada tahun 1475 ini, lho!

6. Vihara Dhamma Sundara

Vihara Dhamma Sundara

Hunting foto tidak harus selalu di tempat wisata alam. Anda juga bisa datang ke tempat ibadah jika memang Anda diperkenankan untuk foto-foto oleh pengelola tempat ibadah tersebut. Vihara Dhamma Sundara adalah tempat ibadah umat Buddha yang memiliki keunikan tersendiri sehingga sering dijadikan sebagai tempat hunting foto.

Di tengah-tengah vihara terdapat sebuah candi yang didominasi dengan warna putih. Meskipun candi tersebut tidak terlalu besar, tapi candi putih ini bisa membuat foto Anda nampak seperti berada di Thailand. Apalagi ada tambahan stupa berbentuk gajah berwarna putih.

7. Monumen Pers Nasional

Monumen Pers Nasional

Ada yang menarik dengan tampilan bangunan Monumen Pers Nasional yang berada di Surakarta. Arsitektur bangunan ini nampak seperti perpaduan antara bangunan jaman kolonial dengan peninggalan kerajaan Hindu-Buddha.

Bentuk bangunan yang sangat unik ini membuat Monumen Pers Nasional menjadi tempat yang sangat menarik untuk hunting foto. Sambil hunting foto, kita juga bisa menambah wawasan seputar pengetahuan sejarah pers di Indonesia, lho. Lokasi Monumen Pers Nasional ada di Jalan Gajah Mada No. 76, Timuran, Banjarsari, Surakarta.

8. Waduk Kedungombo

Waduk Kedungombo

Salah satu tempat hunting foto di Solo yang bisa Anda kunjungi adalah Waduk Kedungombo. Secara geografis, waduk ini memang tidak terletak di Solo, melainkan di Grobogan. Namun, dari Solo Anda bisa menempuh perjalan ke waduk ini selama 1,5 jam saja.

Waduk Kedungombo merupakan salah satu waduk besar di Indonesia. Luas waduk ini sekitar 6.576 hektar dan banyak orang yang memancing di sini. Yang membuat Wadung Kedungombo ini cocok untuk hunting foto adalah adanya latar belakang pegunungan yang membuat hasil foto Anda terlihat begitu natural.

9. Titik Nol Solo

Titik Nol Solo

Kawasan titik nol kilometer di Kota Solo juga bisa menjadi spot foto yang sangat menarik. Di tengah-tengah jalan terdapat sebuah tugu yang bernama Tugu Pademangan. Tugu ini bentuknya tidak terlalu besar dan dihiasi 4 buah lampu gantung.

Belum afdol rasanya jika ke Solo tanpa berfoto di Titik Nol Kilometer Kota Solo ini. Bukan hanya kalangan fotografer saja yang kerap foto-foto di sini, wisatawan pun juga banyak yang tertarik untuk mengunjungi kawasan ini untuk sekedar selfie. Titik Nol Solo bisa menjadi tempat hunting foto yang pas terutama saat malam hari.

10. Tawangmangu

Tawangmangu

Kawasan Tawangmangu memang tidak berada persis di Kota Solo karena letaknya di Kabupaten Karanganyar. Meskipun demikian banyak masyarakat dari Solo yang datang ke kawasan Tawangmangu untuk hunting foto. Banyak juga pasangan yang melakukan sesi foto pre-wedding di kawasan Tawangmangu ini.

Ada begitu banyak spot foto menarik ketika Anda berada di Tawangmangu, mulai dari kebun teh, Grojogan Sewu, Air Terjun Jumog, sampai dengan Arena Perkemahan Sekipan. Pokoknya Anda tidak akan menyesal sudah hunting foto di kawasan Tawangmangu ini.

Bersiaplah untuk mengunjungi 10 tempat hunting foto di Solo yang kami rekomendasikan di atas. Siapkan juga memori kamera Anda agar cukup mengambil foto di tempat-tempat yang kami sebutkan ini. Bila ingin menambahkan tempat hunting foto lainnya di Solo, silakan tulis rekomendasi Anda di kolom komentar.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment