Bacaterus / Jalan-Jalan / Wisata Jogja / 10 Tempat Hunting Foto di Jogja yang Keren dan Kekinian

10 Tempat Hunting Foto di Jogja yang Keren dan Kekinian

Setiap orang yang memiliki hobi dalam dunia fotografi tentu sangat gemar mencari tempat-tempat hunting foto yang bagus. Di mana pun orang tersebut berada pasti selalu bisa menemukan tempat hunting foto yang menarik. Nah, apakah Anda memiliki hobi fotografi dan selalu mencari tempat-tempat menarik untuk menghasilkan foto yang cantik?

Jika Anda sedang berada di Yogyakarta, ada beberapa tempat hunting foto di Jogja yang kekinian alias sedang populer. Bacaterus akan merekomendasikan 10 tempat yang pastinya bisa dijadikan spot hunting foto bila Anda sedang berada di Jogja. Yuk, langsung saja catat list­-nya berikut ini.

10 Tempat Hunting Foto di Jogja

1. Pantai Slili

Pantai Slili Tempat Hunting Foto di Jogja

Tempat hunting foto di Jogja ini berada di Gunung Kidul, kawasan wisata yang sudah cukup banyak dikunjungi oleh wisatawan. Pantai Slili adalah tempat hunting foto yang sangat cantik. Pantainya sendiri tidak terlalu ramai dan terlihat indah dengan pasir putihnya.

Banyak juga pasangan yang memilih Pantai Slili sebagai tempat untuk melakukan foto pre-wedding. Ada juga spot foto menyerupai bingkai berbentuk hati. Spot tersebut sering digunakan oleh pasangan untuk berfoto-foto. Mau memotret keindahan pantainya saja atau memotret dengan model semuanya akan terasa luar biasa jika Anda melakukannya di Pantai Slili.

2. Puncak Kosakora

Puncak Kosakora

Masih berada di kawasan Gunung Kidul, kali ini Bacaterus merekomendasikan sebuah tempat yang berada di ketinggian, meskipun bisa dibilang tidak terlalu tinggi. Dinamakan Puncak Kosakora bukan berarti ini adalah puncak di sebuah gunung.

Ini adalah sebuah bukit yang berada di tepi pantai. Anda akan mendapatkan background foto berupa pantai dari atas bukit ini. Panorama pantai akan terlihat lebih menawan bila Anda menikmati dari Puncak Kosakora ini. Banyak orang yang memotret panorama pantai dari atas Puncak Kosakora, terlebih pada saat waktu matahari terbenam.

3. Candi Abang

Candi Abang

Yang satu ini adalah desa wisata Candi Abang yang memang sedang populer saat ini. Spot yang paling terkenal adalah bukit Teletubbies. Bukit hijau yang tampak seperti terawat dengan baik ini memang mirip dengan bukit di film anak-anak Teletubbies.

Pemandangan di bukit ini memang sangat natural. Apalagi jika cuaca sedang cerah, maka Anda dapat memotret bukit hijau dengan langit biru yang nampak bersahabat. Perpaduan antara warna bukit dan warna langit ini memang sangat memanjakan mata. Meskipun tidak ada wahana permainan di sini, tapi keindahan bukit Teletubbies di Candi Abang ini sudah membuat banyak wisatawan ingin berkunjung ke sini.

4. Situs Ratu Baka

Situs Ratu Boko

Situs Ratu Baka atau yang lebih dikenal sebagai Candi Ratu Boko merupakan tempat hunting foto di Jogja yang baru-baru ini menjadi terkenal. Awalnya, wisatawan hanya berkunjung kemari untuk melihat situs peninggalan yang sangat bersejarah.

Namun, dari hari ke hari pengunjung salah satu tempat romantis di Jogja ini bukan hanya berasal dari kalangan wisatawan, lantaran fotografer yang ingin hunting foto juga datang kemari. Candi ini memberikan nuansa yang sangat romantis, tapi tetap dengan sentuhan historical yang kental. Sunset di Candi Ratu Boko adalah waktu terbaik untuk hunting foto yang lebih cantik.

5. Hutan Pinus Imogiri

Hutan Pinus Imogiri

Pernah melihat film Twilight? Atau mungkin Anda salah satu penggemar film tersebut? Nah, di film Twlight banyak adegan yang mengambil lokasi di hutan pinus. Untuk dapat memotret hutan pinus secantik di film Twilight Anda tidak perlu jauh-jauh ke Forks, Washington, USA. Pasalnya, di Jogja juga ada sebuah hutan pinus yang biasa digunakan sebagai lokasi hunting foto, yakni Hutan Pinus Imogiri.

Pepohonan di hutan ini memang tidak serapat pepohonan dii lokasi syuting Twilight. Namun, dengan demikian sinar matahari bisa lebih masuk lebih banyak sehingga memberikan pencahayaan yang sempurna untuk setiap foto-foto Anda.

6. Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo

Yang satu ini memang bukan tempat hunting foto yang baru di Jogja. Gumuk Pasir Parangkusumo ini sudah lama ada dan dikenal luas. Namun, bila Anda menginginkan sebuah foto dengan nuansa yang berbeda, yakni nuansa padang pasir, maka tempat ini merupakan jujugan yang cocok.

Bagi Anda yang berdomisili di luar Yogyakarta pasti tidak akan menyangka bahwa ada sebuah padang pasir di kota pelajar ini. Banyak fotografer yang datang kemari untuk sekedar hunting foto atau bahkan memotret pasangan yang melakukan pre-wedding. Selain dijadikan tempat hunting foto, Gumuk Pasir Parangkusumo ini juga menjadi tempat yang tepat untuk Anda yang ingin menjajal olahraga sandboarding.

7. Watu Lumbung

Watu Lumbung

Mengingat akses ke Watu Lumbung ini masih belum terlalu mudah, maka pantai yang satu ini memang belum banyak dikunjungi masyarakat. Namun, Watu Lumbung merupakan rekomendasi tempat hunting foto di Jogja yang kekinian dan cocok bagi Anda yang tidak menyukai hunting foto di tempat yang terlalu ramai.

Pantai ini cukup unik karena tidak ada pasir pantai di sini, hanya ada jajaran batu karang dan bukit. Selain itu, di sini juga ada Kampung Edukasi yang menyediakan tempat makan bernama Kedai Wedangan. Di kedai ini suasananya juga tak kalah menarik karena bentuknya menyerupai rumah pohon.

8. Embung Nglanggeran

Embung Nglanggeran

Sejatinya, Embung Nglanggeran dibangun bukan sebagai tempat wisata, apalagi tempat untuk hunting foto. Ini merupakan danau buatan yang dibangun untuk menampung air hujan dan dimanfaatkan untuk mengairi perkebunan petani di musim kemarau.

Namun, karena lokasinya berada dekat dengan gunung api purba dan menawarkan panorama yang begitu cantik, maka Embung Nglanggeran dibuka sebagai tempat wisata umum. Tempat yang satu ini memang sangat Instagrammable. Banyak orang yang berkunjung kemari untuk hunting foto, terutama pada saat matahari terbenam.

9. Kalibiru Kulon Progo

Kalibiru Kulon Progo

Wisata Kalibiru di Kulon Progo juga merupakan tempat hunting foto di Jogja yang paling populer. Mulai dari fotografer amatir sampai dengan profesional pasti pernah memotret keindahan panorama Kalibiru. Spot paling favorit adalah gardu pandang, di mana kita dapat menikmati panorama sekitar dari ketinggian.

Tidak ada waktu khusus untuk datang kemari karena panorama yang disajikan oleh Kalibiru selalu menarik di setiap waktu. Dari atas gardu pandang ini kita dapat menikmati pemandangan Waduk Sermo yang tampak natural, apalagi pada saat tertutup kabut tipis.

10. KM 0 Jogja

KM 0 Jogja

Titik nol kilometer Yogyakarta adalah tempat hunting foto paling favorit jika Anda hanya ingin mengambil foto tanpa perlu berpergian jauh dari pusat kota. Suasana kawasan KM 0 Jogja ini begitu vintage dan unik.

Banyak fotografer yang tidak melewatkan untuk mengabadikan potret kawasan ini pada malam hari. Bangunan yang ada di sekitar kawasan ini memang masih berupa bangunan peninggalan jaman kolonial. Jadi, kesan vintage di kawasan ini masih sangat kental.

Tempat Hunting Foto di Jogja Lainnya

Masih ingin jalan-jalan di Jogja sambil foto-foto di spot yang kekinian? Jangan khawatir, masih ada banyak tempat hunting foto lainnya yang akan Bacaterus bagikan. Berikut daftar tempatnya:

11. Kebun Tebu Gendu

Di Jogja, kebun tebu saja bisa menjadi tempat hunting foto yang sangat menarik. Bahkan, berfoto di Kebun Tebu Gendu ini bakal membuat hasil foto Anda terlihat lebih keren. Kebun tebu ini sejatinya berada di Girimulyo, Kulonprogo.

Latar belakang pohon dan bunga tebu akan membuat foto Anda tampak natural. Apalagi jika angin menggoyangkan pohon-pohon tebu ini secara alami, pasti hasil foto Anda akan terlihat dramatis. Kebun Tebu Gendu sendiri sudah sering dijadikan sebagai tempat hunting foto, jadi jangan sampai ketinggalan untuk turut hunting foto di lokasi ini.

12. Grojogan Pucung

Grojogan Pucung

* sumber: niagatour.com

Berlokasi di Bantul, Grojogan Pucung ini adalah air terjun minimalis yang tidak terlalu tinggi. Boleh dibilang bahwa Grojogan Pucung adalah air terjun pendek yang sangat mempesona. Air yang mengalir di sungai yang bertempat di bawah air terjun sangat jernih. Saking jernihnya, rasanya sampai ingin mandi atau sekedar membasuh muka.

Berfoto di Grojogan Pucung adalah pilihan yang tepat. Pasalnya, Anda bisa bergaya dengan background air terjun minimalis atau membawa pelampung di bersantai di atas pelampung yang hanyut di sungai bawah air terjun. Grojogan Pucung adalah tempat hunting foto di Jogja yang sangat menarik untuk dicoba.

13. Pinus Pengger Dlingo

Pinus Pengger Dlingo

* sumber: wisatabaru.com

Pinus Pengger Dlingo adalah sebuah hutan pinus yang asri dan sudah dikelola menjadi tempat wisata. Spot foto yang terdapat di sini cukup banyak, sehingga Anda pun bisa hunting foto dengan sangat leluasa.

Dari atas Pinus Pengger Dlingo kita bisa menikmati pemandangan Kota Yogyakarta ketika malam hari. Menghabiskan malam di sini memang membuat lupa waktu karena saking betahnya. Apalagi ada spot foto menarik, seperti tangan raksasa yang atau kemah buatan yang memiliki latar belakang lampu-lampu Kota Yogyakarta.

14. Landasan Pacu Aeromodeling Pantai Depok

Landasan Pacu Aeromodeling Pantai Depok

* sumber: kotajogja.com

Segala sesuatu tentang Jogja memang sangat unik, tak terkecuali ketika kita membahas tempat hunting foto di Jogja. Landasan pacu aeromodeling sepanjang 500 meter saja bisa menjadi tempat yang bagus untuk berfoto. Ketika Anda berfoto di landasan pacu ini, hasil fotonya akan tampak seperti berada di jalanan luar negeri.

Tanah gersang di kanan dan kiri jalan ini juga ditumbuhi oleh cemara udang yang merupakan pepohonan khas pantai. Jadi, suasana di Landasan Pacu Aeromodeling Pantai Depok ini adalah tempat terbaik untuk menghasilkan foto dengan sentuhan berbeda.

15. Abhayagiri Restaurant

Abhayagiri Restaurant

Hunting foto kok di restoran? Tunggu dulu sampai Anda melihat pemandangan di Abhayagiri Restaurant. Resto yang satu ini sangat cantik dengan panorama alam ala pedesaan. Jalan setapak yang di sisinya terdapat sawah terlihat sangat cocok untuk berfoto. Apalagi di sepanjang jalan ini diterangi oleh lampu berbentuk lentera.

Romantisme ala pedesaan di Abhayagiri Restaurant ini sangat kental. Bahkan, tempat ini sangat cocok untuk melamar pasangan sekaligus memanggil fotografer untuk mendokumentasikan momen indah tersebut.

Itulah 10 tempat hunting foto di Jogja yang direkomendasikan oleh Bacaterus. Bila Anda ingin menambahkan tempat hunting lainnya yang berada di Yogyakarta, silakan tulis rekomendasi Anda di kolom komentar.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment