Bacaterus / Kuliner / Kuliner Jakarta / 10 Tempat Buka Puasa di Jakarta Pusat yang Wajib Dicoba

10 Tempat Buka Puasa di Jakarta Pusat yang Wajib Dicoba

Ditulis oleh - Diperbaharui 23 September 2018

Tinggal di kota besar seperti Jakarta, artinya Anda tidak perlu pusing mencari makanan untuk buka puasa. Hampir di setiap jalan Ibu Kota selalu terdapat warung kaki lima atau restoran yang bisa kita kunjungi untuk berbuka puasa. Hanya saja, tidak semua tempat makan tersebut menyajikan hidangan yang enak. Jadi, mau tidak mau kita harus lebih selektif dalam memilih.

Bagi Anda yang berada di Jakarta Pusat, Anda bisa menemukan beberapa spot makan yang enak untuk berbuka. Agar tidak bingung saat memilih, Bacaterus sudah merangkum 10 tempat buka puasa di Jakarta Pusat yang enak dan wajib untuk dicoba.

10 Tempat Buka Puasa di Jakarta Pusat

1. Seribu Rasa

Seribu Rasa Tempat Buka Puasa di Jakarta Pusat

Apabila Anda ingin mengajak rekan bisnis atau keluarga untuk berbuka bersama di sebuah restoran yang eksklusif, tempat buka puasa di Jakarta Pusat ini nampaknya cocok untuk Anda. Seribu Rasa adalah sebuah restoran mewah yang menawarkan hidangan Asia dan Nusantara.

Meskipun harga makanannya mahal, tetapi cita rasa makanan dan kenyamanan tempatnya membuat banyak orang tertarik untuk makan di sini. Adapun menu makanan yang bisa dipesan di sini antara lain seperti Beef Satay Kotagede, Tom Yam Fish Pattaya, Sambal Udang Bukit Tinggi, dll. Kunjungi Seribu Rasa yang bertempat di Jalan Haji Agus Salim No. 128, Menteng, Jakarta Pusat.

2. Rumah Makan Aceh Seulawah

Rumah Makan Aceh Seulawah

Berada di kawasan Tanah Abang, Rumah Makan Aceh Seulawah adalah salah satu tempat yang menjual Mie Aceh paling enak di Jakarta. Buka puasa dengan seporsi Mie Aceh yang digoreng, direbus, atau ditumis adalah ide yang bagus.

Jika tidak ingin menyantap Mie Aceh, rumah makan ini juga menyediakan menu Nasi Goreng, Roti Cane, Ayam Tangkap, Gule Bebek Aceh, dan beberapa menu makanan lainnya.

Setiap Jumat, rumah makan ini menyediakan Nasi Briyani, kalau hari Sabtu dan Minggu ada Nasi Gurih. Lokasi Rumah Makan Aceh Seulawah berada di Jalan Bendungan Hilir Blok G2 No. 8, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

3. Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Ingin berbuka puasa dengan nasi goreng kambing yang legendaris? Warung Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih adalah pilihan yang tepat. Ini adalah warung kaki lima yang spesial menjual nasi goreng kambing. Tempat makan ini sudah berkali-kali diliput oleh stasiun TV nasional. Bahkan, tempat makan sederhana ini selalu mendapat ulasan positif dari foodblogger.

Ciri khas memasak di tempat ini adalah wajan akan dipenuhi nasi sampai terlihat menggunung. Nasi tersebut akan ditumis dengan bumbu-bumbu yang sudah disiapkan sebelumnya.

Cita rasa nasi goreng kambing ini memang tidak ada lawannya. Daging kambingnya pun empuk dan tidak berbau. Kunjungi Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih di Jalan Kebon Sirih Barat Dalam I No. 22, Menteng, Jakarta Pusat.

4. Soto Betawi H. Ma’ruf

Soto Betawi H. Ma’ruf

* sumber: www.ikurniawan.com

Sebuah tempat makan Soto Betawi legendaris ini sangat terkenal sejak dulu. Semangkok soto di sini memiliki rasa dan aroma yang menggugah selera. Yang membuat tempat ini unik adalah bangunannya yang masih menempati rumah adat Betawi.

Selain Soto Betawi, depot ini juga menawarkan Laksa Betawi, Ayam Goreng, Sate Sapi, Sate Kambing, dan Perkedel. Walaupun pilihan menu makanannya tidak banyak, tetapi rasa Soto Betawi di sini memang juara dan cocok dijadikan menu makanan untuk buka puasa. Soto Betawi H. Ma’ruf berlokasi di Komplek Taman Ismail Marzuki, Jalan Cikini Raya No. 73, Menteng, Jakarta Pusat.

5. Wisata Kuliner Pecenongan

Wisata Kuliner Pecenongan

* sumber: kota.tokopedia.com

Bagian yang paling menyenangkan saat bulan suci Ramadhan tiba adalah kita bisa memperbanyak momen kumpul bersama keluarga dan teman. Berbagai acara buka bersama digelar untuk menjalin silaturahmi. Akan tetapi, selera makanan setiap orang pasti berbeda-beda. Anda memerlukan tempat buka puasa di Jakarta Pusat yang menawarkan beragam jenis makanan?

Wisata Kuliner Pecenongan adalah pilihan yang tepat karena di sepanjang jalan ini terdapat pedagang kaki lima yang menjual berbagai macam makanan. Belum lagi banyak pedagang es di Pecenongan yang bisa kita beli dagangannya sebagai takjil.

6. Joni Steak

Joni Steak

* sumber: theatmojo.com

Steak juga bisa menjadi makanan untuk buka puasa yang nikmat. Apalagi jika steaknya enak dan harganya terjangkau, tentu saja bisa membuat kita jadi lebih bahagia. Joni Steak adalah salah satu restoran steak murah dan enak. Tak heran jika tempatnya selalu ramai pengunjung setiap waktu.

Semua steak yang dijual di sini harganya tidak sampai 100 ribu rupiah. Selain itu, potongan daging steaknya juga cukup besar sehingga memuaskan. Nah, jika Anda penasaran dengan kelezatan steak yang disajikan di Joni Steak, datang langsung ke tempatnya yang berada di Jalan Samanhudi No. 65, Pasar Baru, Jakarta Pusat.

7. Pondok Laguna

Pondok Laguna

Restoran seafood yang satu ini memang terkenal banget di Jakarta Pusat. Pondok Laguna selalu menjadi pilihan masyarakat ibu kota untuk berbuka puasa dengan menu seafood segar dengan cita rasa yang lezat. Selain tempatnya luas, suasana di sini juga cukup nyaman meskipun berisik ketika sedang ramai pengunjung.

Kepiting adalah menu favorit di Pondok Laguna yang wajib Anda pesan. Selain itu, pilihan ikan yang ditawarkan di sini juga banyak, mulai dari baronang, bawal putih, kerapu, sampai dengan kakap. Pondok Laguna beralamatkan di Jalan Batu Tulis Raya No. 45, Gambir, Jakarta Pusat.

8. Bunga Rampai

Bunga Rampai

* sumber: www.garnesia.com

Satu lagi pilihan tempat buka puasa di Jakarta Pusat yang cukup eksklusif, yaitu Bunga Rampai. Tempatnya sendiri berada di sebuah bangunan vintage yang dihias dengan interior klasik nan mewah. Ada juga ruangan yang atap dan dindingnya terbuat dari kaca sehingga nampak seperti rumah kaca.

Makanan yang ditawarkan di Bunga Rampai ini cukup mahal, tetapi cita rasanya sangat authentic dan enak. Tempat ini sangat cocok jika Anda ingin mengajak berbuka puasa kolega atau rekan bisnis Anda. Lokasi Bunga Rampai berada di Jalan Cik Ditiro No. 35, Menteng, Jakarta Pusat.

9. Sulaiman Resto

Sulaiman Resto

Tidak semua makanan Cina mengandung babi, lho. Sulaiman Resto adalah restoran Chinese food yang dijamin halal. Pemiliknya sendiri adalah Sulaiman Han, seorang keturunan Tionghoa yang memeluk agama Islam.

Makanan yang disajikan di sini rata-rata adalah Chinese food, seperti Tomat Cah Telur Ayam, Kucai Telur Ayam, Cah Capcai, Tahu Mapo, sampai dengan Kwetiau. Kalau mau memesan menu makanan olahan daging kambing, Sulaiman Resto juga menyediakannya. Alamat Sulaiman Resto berada di Jalan Batu Ceper No. 73, Gambir, Jakarta Pusat.

10. Salero Jumbo

Salero Jumbo

Ini adalah sebuah rumah makan Padang yang cukup terkenal di Jakarta Pusat, yaitu Salero Jumbo. Rumah makan ini terkenal menyajikan Nasi Padang yang enak dan pilihan lauknya juga lengkap.

Setiap lauk yang disajikan di sini terasa enak dan bumbunya sangat meresap ke dalam lauk. Bahkan, satu porsi saja terasa tak cukup jika Anda menyantap Nasi Padang di sini. Lokasi Salero Jumbo berada di Jalan Timor No. 12, Menteng, Jakarta Pusat.

Inilah sejumlah tempat buka puasa di Jakarta Pusat yang bisa Anda kunjungi. Jika ingin mencari rekomendasi tempat buka puasa lainnya di Jakarta, Anda bisa menuju ke artikel ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment