Bacaterus / Jalan-Jalan / Wisata Jogja / Inilah 10 Tempat Belanja di Jogja yang Murah Meriah

Inilah 10 Tempat Belanja di Jogja yang Murah Meriah

Tahukah Anda bahwa ada banyak hal menarik yang bisa Anda lakukan ketika sedang berada di Yogyakarta? Mulai dari berwisata kuliner mencicipi jajanan khas Jogja, berwisata mistis mengunjungi tempat-tempat angker di Jogja, sampai dengan belanja. Ya, ada banyak pasar maupun pusat perbelanjaan murah di Jogja yang bisa memuaskan para shopaholic.

Tak perlu berlama-lama, saat ini Bacaterus ingin mengajak Anda untuk membahas 10 tempat belanja di Jogja yang murah meriah. Tunggu apalagi, mari segera berwisata belanja ke tempat-tempat berikut ini.

10 Tempat Belanja di Jogja yang Murah

1. Malioboro

Malioboro Tempat Belanja di Jogja

Ada yang kurang ketika Anda pergi ke Yogyakarta tanpa singgah di Malioboro. Ini merupakan tempat belanja di Jogja favorit para wisatawan. Di pinggir Jalan Malioboro terdapat toko-toko yang menjual pakaian, kerajinan seni, atau oleh-oleh khas Jogja.

Di depan toko-toko sepanjang Jalan Malioboro juga terdapat pedagang kaki lima yang harga barang dagangannya bisa Anda tawar. Temukan batik khas Jogja dengan harga terbaik di Malioboro. Kawasan belanja ini buka selama 24 jam, tapi toko-tokonya biasanya hanya buka sampai pukul 10 malam.

2. Pasar Klithikan (Pasar Maling)

Pasar Klithikan

Ternyata Pasar Maling bukan hanya berada di Surabaya, lho. Di Jogja, kita juga bisa menemukan pasar dengan nama yang sama. Namun, di pasar yang memiliki nama lain sebagai Pasar Klithikan ini mayoritas pedagangnya menjual onderdil sepeda motor.

Asal usul nama Pasar Maling di Jogja hampir sama dengan yang ada di Surabaya, yakni barang dagangannya berasal dari barang curian. Akan tetapi, anggapan tersebut tidak benar karena di sini menjual barang bekas dan baru yang bukan hasil curian. Lokasi Pasar Klithikan sendiri berada di Pakuncen, Wirobrajan, Yogyakarta.

3. Kasongan

Gerabah Kasongan

Bagi Anda penggemar kerajinan gerabah atau keramik, maka Anda harus mampir ke Kasongan. Di sini, Anda dapat menemukan guci, patung ukiran, hiasan dinding, dan berbagai jenis pajangan lain dengan model yang sangat unik.

Harga kerajinan yang dijual di Kasongan juga lebih murah dibanding yang dijual di galeri seni yang ada di pusat kota. Bahkan, kita bisa menawar harga barang yang dijual di sini apabila membeli dalam jumlah banyak.

Kasongan berada di Desa Bangunjiwo, Kecamata Kasihan, Bantul, Yogyakarta. Tak hanya sekedar berbelanja kerajinan gerabah dan keramik, di Kasongan kita juga bisa melihat proses pembuatan barang-barang hasil kerajinan gerabah dan keramik.

4. Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo

Salah satu tempat belanja di Jogja yang terkenal murah meriah adalah Pasar Beringharjo. Boleh dibilang bahwa pasar ini adalah pusat grosir batik. Mau mencari kain batik atau pakaian batik yang sudah jadi semua ada di pasar ini. Selain harganya murah, kita juga bisa menawar agar si pedagang mau memberikan harga yang lebih murah lagi.

Namun, Anda juga harus memperhatikan jenis batik yang akan dibeli karena jika batik tulis yang terbuat dari kain sutera tentu saja harganya bisa berkali-kali lipat lebih mahal dibanding batik biasa. Tak hanya diisi dengan pedagang batik, Pasar Beringharjo juga menyediakan aneka sepatu, tas, dan perlengkapan rumah tangga lainnya.

5. Manding

Manding

Suka dengan dompet, sepatu, atau tas yang terbuat dari kulit? Di Jogja ternyata ada pusat kerajinan kulit yang cukup terkenal, yakni Manding. Harga barang-barang yang dijual di Manding tergolong lebih murah dibanding Anda membeli hasil kerajinan kulit di pusat perbelanjaan modern.

Lokasi Manding berada di sebelah selatan Yogyakarta, tepatnya di Jalan Parangtritis KM 11, Bantul, Yogyakarta. Kelebihan berbelanja di Manding ini adalah barang-barangnya bisa ditawar. Apalagi jika Anda membeli dalam jumlah banyak Anda bisa meminta harga grosir ke si pedagang.

6. Pasar Tumpah UGM

Pasar Tumpah UGM

Tidak setiap hari Pasar Tumpah UGM ini buka. Pasar yang memiliki nama beken “SunMor” alias Sunday Morning ini hanya buka setiap hari Minggu pada pukul 05:00 – 12:00. Apabila Anda sedang berada di Jogja, mampirlah sejenak ke pasar periodik ini.

Barang-barang yang dijual di sini antara lain adalah pakaian, barang-barang kerajinan batik, tas, sepatu, dan berbagai kebutuhan rumah tangga. Tak hanya sebatas berbelanja, di sini kita juga bisa sarapan dengan mencoba makanan-makanan yang dijual di sini. Selain harganya lebih murah dibanding berbelanja di mall, kita juga bisa menawar saat berada di SunMor ini, lho.

7. Pusat Kerajinan Perak Kotagede

Pusat Kerajinan Perak Kotagede

Di Jogja ternyata ada salah satu tempat yang merupakan pusat kerajinan perak, yakni berada di Kotagede. Di sini, kita bisa mendapatkan berbagai kerajinan perak yang sudah dibentuk dengan harga murah. Perhiasan dari perak di sini hadir dalam bentuk yang bervariasi, mulai dari sekedar cincin, kalung, dan gelang, sampai ada juga patung, miniatur, dan wayang.

Semakin rumit ukiran pada kerajinan perak yang Anda pilih, maka semakin mahal pula harganya. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena di pusat kerajinan perak yang ada di Kotagede ini kita bisa menawar harga yang dibandrol oleh penjual.

8. Sentra Kerajinan Batik Desa Wisata Krebet

Sentra Kerajinan Batik Desa Wisata Krebet

Apa benda yang wajib dibeli ketika berada di Jogja? Tentu saja batik! Ya, batik sudah menjadi ciri khas Jogja meskipun di daerah lain juga memiliki batik dengan motif yang berbeda-beda. Di Sentra Kerajinan Batik yang berada di Desa Wisata Krebet, kita tidak hanya menjumpai kain atau pakaian batik saja, tapi ada juga kerajinan kayu yang juga dilukis dengan motif batik.

Berbagai kerajinan tangan dari kayu yang bermotif batik ini sangat unik dan cantik. Kita bisa membelinya untuk dijadikan pajangan di rumah. Hasil kerajinan batik dari Desa Wisata Krebet ini juga ada yang diimpor ke negara lain.

9. Shopping Center Jogja

Shopping Center Jogja

Namanya sih Shopping Center Jogja, tapi sebenarnya kawasan ini dipenuhi dengan toko-toko buku bekas. Jika di Jakarta ada Kwitang dan di Surabaya ada Jalan Semarang, maka Jogja memiliki Shopping Center ini sebagai pusat toko buku bekas.

Nama dari kawasan ini sebenarnya sudah diganti dengan Komplek Buku Taman Pintar, tapi tetap saja kita lebih mengenalnya dengan nama Shopping Center. Di salah satu tempat belanja di Jogja yang murah ini kita bisa mendapatkan buku-buku langka yang sudah tidak diterbitkan lagi.

10. Desa Banyusumurup

Desa Banyusumurup

Banyak yang menganggap bahwa keris adalah benda yang sarat dengan unsur mistis. Akan tetapi, di Jogja keris dijual sebagai souvenir. Siapa saja bisa membeli keris ketika berada di Desa Banyusumurup. Keris yang dijual di sini bisa dijadikan buah tangan atau pajangan di dalam rumah.

Tidak perlu takut karena keris yang dijual di sini tidak ada mahluk gaibnya kok! Keris-keris yang dijual di sini terlihat cantik dan memiliki nilai seni yang tinggi.

Itulah rekomendasi 10 tempat belanja di Jogja yang murah dan bisa Anda kunjungi ketika berlibur di kota pelajar ini. Punya pengalaman seru saat berbelanja di Jogja? Yuk, bagikan pengalaman Anda kepada kami dengan menulis di kolom komentar.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment