Bacaterus / Kuliner / Kuliner Jogja / 10 Tempat Bakpia Enak di Jogja yang Cocok Buat Oleh-Oleh

10 Tempat Bakpia Enak di Jogja yang Cocok Buat Oleh-Oleh

Ditulis oleh - Diperbaharui 23 Oktober 2018

Bakpia adalah kue khas Yogyakarta yang biasanya berisi kacang hijau dan campuran gula agar rasanya manis. Adonan kacang hijau akan dibungkus dengan tepung, lalu dimasak dengan cara dipanggang. Rasa manis dari isi bakpia akan berpadu dengan rasa gurih dan asin dari kulitnya. Hasilnya, kue yang satu ini memang cocok untuk menjadi teman minum teh Anda.

Kalau ke Yogyakarta rasanya tidak lengkap jika pulang tanpa membeli bakpia. Di kota pahlawan sendiri ada begitu banyak tempat yang menjual bakpia. Namun, untuk mempermudah Anda menemukan bakpia yang enak, Bacaterus akan membantu Anda dengan merangkum 10 tempat bakpia enak di Jogja.

10 Bakpia Paling Enak di Jogja

1. Bakpia Pathok 25

Bakpia Pathok 25 Bakpia Enak Di Jogja

Di Jogja ada banyak sekali tempat yang menjual bakpia dengan menggunakan angka sebagai logonya. Namun, jangan salah pilih karena salah satu bakpia enak di Jogja adalah Bakpia Pathok 25. Di tempat penjualan Bakpia Pathok 25, kita tidak hanya bisa membeli bakpia saja, tapi kita bisa melihat proses pembuatan bakpianya, lho.

Bakpia Pathok 25 menawarkan beberapa varian rasa, mulai dari kacang hijau, nanas, cokelat, keju, durian, dan beberapa pilihan rasa lainnya. Pusat penjualan Bakpia Pathok 25 ada di Jalan AIP II KS Tubun NG1/504, Yogyakarta. Selain itu, merk bakpia ini juga membuka cabang lain di luar toko pusatnya.

2. Bakpia Patuk 75

Bakpia Patuk 75

Salah satu kompetitor terbesar dari Bakpia Pathok 25 adalah Bakpia Patuk 75. Bahkan, tempat produksi kedua merk bakpia ini juga berdekatan. Bakpia Patuk 75 berusaha mempertahankan cita rasa tradisional dari bakpia-bakpia yang diproduksinya. Bahkan, cara memasaknya pun juga masih tradisional.

Di sini, Anda bisa membeli bakpia basah yang tahan sampai 2 minggu jika disimpan di lemari es atau bakpia kering yang bertahan sampai 1 bulan. Rasa-rasa yang ditawarkan Bakpia Patuk 75 antara lain adalah cokelat, buah-buahan, sampai dengan cappuccino. Lokasi pusat dan produksi Bakpia Patuk 75 ada di Jalan KS Tubun No. 75, Yogyakarta.

3. Bakpia Merlino

Bakpia Merlino

Meskipun tergolong baru, cita rasa yang ditawarkan Bakpia Merlino memang luar biasa enak. Apalagi ukuran bakpianya yang lebih kecil membuat kita lebih mudah dan nyaman saat memakannya.

Sama seperti merk bakpia terkenal lainnya di Yogyakarta, Bakpia Merlino juga menawarkan aneka rasa yang kekinian, seperti cappuccino, susu, green tea, dan cokelat. Namun, ada juga rasa tradisional, seperti kacang hijau, ubi ungu, dan kumbu hitam.

Harga setiap kotak Bakpia Merlino cukup terjangkau, yakni sekitar 50 ribu rupiah saja. Bakpia Merlino sangat cocok dibeli untuk dijadikan buah tangan yang nikmat.

4. Bakpia Citra Premium

Bakpia Citra Premium

* sumber: bonvoyagejogja.com

Berikutnya, ada sebuah merk bakpia enak di Jogja yang cukup terkenal, yaitu Bakpia Citra Premium. Bakpia ini menawarkan kulit yang gurih dan renyah ketika digigit. Sementara itu, kulit bakpia yang renyah akan berpadu sempurna dengan isi bakpia yang legit, seperti kacang hijau, cokelat, kumbu hitam, durian, dan susu.

Ketika membeli sekotak Bakpia Citra Premium Anda boleh mix 4 varian rasa di dalamnya. Bakpia Citra Premium juga dikemas dalam kotak yang eksklusif sehingga pantas dijadikan oleh-oleh yang cantik dan memanjakan lidah. Lokasi penjualan Bakpia Citra Premium ada di Jalan Pandean 2 Gang Legi No. 20, Condongcatur, Yogyakarta.

5. Bakpia Kurnia Sari

Bakpia Kurnia Sari

Bakpia Kurnia Sari terkenal karena kulitnya yang renyah dan tipis, tetapi isinya sangat penuh sehingga kita puas menyantapnya. Diameter bakpia ini juga cukup besar, sehingga lebih mengenyangkan perut. Rasa-rasa andalan dari Bakpia Kurnia Sari antara lain adalah keju, durian, cokelat, dan green tea.

Kue bakpia ini dijamin tanpa pengawet, tetapi bisa bertahan hingga 3 minggu jika Anda menyimpannya di dalam kulkas. Satu kota Bakpia Kurnia Sari berisi 15 biji dan harganya pun tidak sampai 50 ribu rupiah. Cukup murah, bukan? Kunjungi Bakpia Kurnia Sari di Jalan Glagah Sari No. 97C, Yogyakarta, dan cabang-cabang lainnya di kota pelajar ini.

6. Bakpia Kencana

Bakpia Kencana

Satu lagi merk bakpia terkenal di Yogyakarta yang tidak pernah sepi pengunjung. Adalah Bakpia Kencana yang memiliki gerai penjualan dengan konsep yang unik. Pengunjung yang datang membeli bakpia bisa langsung melihat proses pembuatan bakpianya di depan mata.

Bakpia Kencana sangat disukai konsumen karena kulit tepungnya tipis dan isinya sangat padat sehingga terasa lebih legit. Rasa yang ditawarkan Bakpia Kencana adalah kacang hijau, keju, ubi ungu, kumbu hitam, cokelat, green tea, susu, dan durian. Beli Bakpia Kencana sekarang juga di Jalan Water KM 6, Gamping, Sleman, Yogyakarta.

7. Bakpiapia

Bakpiapia

* sumber: www.info-jogja.com

Kalau menyantap bakpia dengan cita rasa tradisional dan authentic mungkin sudah biasa. Kali ini, Bacaterus ingin mengajak Anda menikmati bakpia yang sudah dimodifikasi di Bakpiapia. Merk bakpia ini memang menjual berbagai inovasi bakpia dengan cita rasa yang berbeda dari yang tradisional.

Salah satu menu andalan di Bakpiapia adalah Bakpiapia Blasteran, dimana bakpia ini menggunakan isi atau topping yang belum pernah dipakai sebelumnya, seperti Abon, Blueberry Cheese, Peda Ijo, Tuna Pedas, dll.

Cita rasa yang berbeda ini akan memberikan pengalaman baru bagi Anda dalam menyantap bakpia. Penasaran dengan rasa unik Bakpiapia? Kunjungi gerainya di Jalan Mataram, Jalan Dagen Malioboro, Jalan Kaliurang, dan Jalan Raya Wates.

8. Bakpia Djava

Bakpia Djava

* sumber: www.tuguwisata.com

Dari begitu banyak bakpia enak di Jogja, ternyata hanya Bakpia Djava yang disukai oleh Ibu Iriana Jokowi, istri Presiden RI Ke-8. Walaupun terbilang sebagai pendatang baru di dunia penjualan bakpia, Bakpia Djava ini hadir dengan rasa yang enak dan manis yang pas.

Konon, pemilik Bakpia Djava masih menggunakan resep dan cara pembuatan tradisional turun temurun untuk menghasilkan bakpia dengan cita rasa authentic. Jika Anda ingin mencoba bakpia yang menjadi favorit bagi istri orang nomor satu di Indonesia ini, kunjungi outlet-nya di Jalan KS Tubun No. 93, Yogyakarta.

9. Bakpia Soemadigdo

Bakpia Soemadigdo

* sumber: travelingyuk.com

Masih bingung memilih bakpia enak di Jogja? Mungkin Anda belum berkunjung ke Bakpia Soemadigdo. Pasalnya, ini juga merupakan merk bakpia yang cukup laris di Yogyakarta. Kulit bakpia ini tipis dan tidak rapuh ketika digigit. Selain itu, isinya juga cukup tebal sehingga kita tidak rugi membelinya.

Hanya saja Bakpia Soemadigdo masih kalah populer dibanding beberapa merk bakpia lain di atas. Namun, Anda bisa mencoba untuk membeli Bakpia Soemadigdo ini karena harganya pun cukup terjangkau. Datang langsung ke Bakpia Soemadigdo di Jalan Ireda No. 11, Prawirodirjan, Gondomanan, Yogyakarta.

10. Bakpiaku

Bakpiaku

Bisnis bakpia di Yogyakarta memang sangat marak. Namun, merk Bakpiaku ini berhasil memasuki pasar bakpia di Jogja dan merebut hati konsumen. Bakpiaku menyajikan bakpia dengan cita rasa tradisional, tetapi dipadukan dengan beberapa filling yang modern, seperti green tea, cokelat, dan cappuccino.

Kelezatan Bakpiaku ini membuatnya sangat cocok menjadi kudapan untuk menemani saat minum teh atau kopi. Jika Anda tidak sabar untuk menikmati Bakpiaku, kunjungi tokonya di Jalan Gajahmada No. 60 Depok, Slemat, Yogyakarta.

Nah, 10 ide bakpia enak di Jogja ini bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin mencari oleh-oleh enak saat berkunjung ke Jogja. Ingin tahu lebih banyak seputar tempat oleh-oleh di Jogja? Kunjungi artikel ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment